Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:38 WIB | Sabtu, 21 Desember 2013

25 Ribu Ansor-Banser Jaga Gereja di Jawa Timur

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) se-Jatim. (Foto: beritajatim.com)

LAMONGAN, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 25 ribu personel PC GP Ansor dan Satkorcab Barisan Ansor Serbaguna (Banser) se-Jawa Timur akan dilibatkan guna membantu kepolisian dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Tiga hari lalu di Batu saat acara kursus Banser lanjutan, kami sudah sampaikan kepada perwakilan Danrem 084/Bhaskara Jaya dan Polda Jatim, kalau Ansor dan Banser menyatakan siap mengamankan Natal," kata Ketua PW GP Ansor Jatim periode 2009 hingga 2013, Alfa Isnaeni kepada wartawan di sela-sela Konferwil Ansor Jatim, Ponpes Sunan Drajat, Paciran-Lamongan, pada Sabtu (21/12) di Jawa timur.

Alfa Isnaeni menilai, langkah pengamanan gereja-gereja di Jatim ini sebagai wujud konkret sebagai penjaga kebhinekaan dan jatidiri Ansor-Banser sebagai kader Bangsa. "Ini sudah bukan urusan internal organisasi, lebih kepada toleransi keberagamaan. Jadi, kami meskipun Muslim tidak hanya menjaga satu ideologi saja," kata dia.

Target Sasaran Teror Berada di Surabaya, Malang dan Kawasan Mataraman

Ketua PW GP Ansor Jatim itu merincinkan, sebanyak 25 ribu personel yang diterjunkan di antaranya terdiri dari aparat Banser Lalu Lintas (setiap cabang ada 60 orang)yang  ditempatkan di depan Gereja dan Densus 99 Banser dikerahkan sebagai deteksi dini aksi teror di Jatim. Menurut dia,Densus setiap cabang per kabupaten/kota ada 21 orang sedangkan Ddi Jatim ada 41 cabang Banser-Ansor.

"Untuk Banser-Ansor akan bergerak pada 23 Desember 2013. Sedangkan, untuk pasukan Densus 99 sudah turun duluan untuk mendeteksi dini. Menurut laporan teman-teman cabang, ada dugaan target sasaran teror berada di Surabaya, Malang dan kawasan Mataraman (Ngawi, Madiun, Magetan)," imbuh Alfa Isnaeni.

Dia menambahkan, setiap gereja akan diberlakukan penjagaan sebanyak tiga shift, di mana masing-masing shift dijaga satu peleton yang berjumlah 21 orang. "Koordinasi tetap dengan kepolisian, kami sifatnya membantu pengamanan. Sedangkan untuk Posko Tahun Baru masing-masing cabang akan didirikan 1 posko," kata Ketua PW GP Ansor Jatim itu. (beritajatim)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home