stripe
Jalan - Jalan

10 Tips Nyaman Mudik dengan Kereta Api

Penulis : Nuke Ernawati
10 Tips Nyaman Mudik dengan Kereta Api
Kereta api adalah moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Termasuk untuk mudik (Foto : Istimewa)

SATUHARAPAN.COM/LIFE - Tak terasa, Lebaran sebentar lagi datang. Seiring dengan itu, bagi Anda yang masih memiliki orangtua di kampung halaman pasti akan melakukan perjalanan mudik. Banyak cara dilakukan agar bisa pulang kampung. Berikut ini adalah tips mudik dengan menggunakan kereta api :

1. Pastikan Anda sudah memiliki karcis kereta api untuk mudik dan pulang balik. Lihat tanggal, jam keberangkatan, nama kereta api dan stasiun tempat keberangkatan kereta yang akan digunakan untuk mudik. Jangan sampai Anda salah tanggal, jam, jenis kereta dan stasiun keberangkatan. Ingat, kereta api tak akan menunggu Anda.

2. Cermat mengatur waktu keberangkatan dari rumah ke stasiun tempat keberangkatan kereta. Ingat, saat musim mudik, tidak hanya Anda yang akan mudik. Jadi, bisa dipastikan bahwa arus lalulintas menuju stasiun kereta akan padat.

3. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Ada beberapa stasiun kereta yang untuk naik ke gerbong harus menggunakan tangga kayu. Pastikan Anda bisa mengatasi itu semua dengan berpakaian yang tepat dan benar. Bagi anda yang perempuan, akan lebih nyaman mengenakan celana panjang daripada rok.

4. Barang bawaan sebaiknya dikemas dalam kardus atau tas yang bisa membedakan dengan barang bawaan orang lain. Kalau perlu, bisa diberi nama atau angka dan warna tertentu sehingga tidak tertukar dengan barang bawaan orang lain.

5. Atur barang bawaan di bagasi di atas tempat duduk. Tak perlu bertikai dengan penumpang lain yang juga membawa barang bawaan yang banyak. Bila tak ada tempat lagi, Anda bisa meminta bantuan petugas kereta api untuk menyimpannya. Perlu diingat, barang berharga sebaiknya tidak Anda letakkan di bagasi gerbong. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Kenakan tas kecil yang bisa diselempangkan atau diikatkan di bagian tubuh seperti pinggang dan kaki untuk meletakkan barang-barang berharga Anda.

7. Bila bepergian mudik sendirian, jangan sampai lengah dengan barang-barang bawaan Anda!

8. Bila mudik bersama keluarga, sebaiknya atur waktu tidur sehingga ada yang mengawasi barang bawaan.

9. Bawa obat-obatan sendiri untuk menjaga serangan sakit kepala, mual dan sebagainya.

10. Saat berada di kereta api dan ingin melepas alas kaki, sebaiknya simpanlah di dalam kantong plastik untuk menjaga alas kaki bergeser ke bangku lain.

Selamat mudik ya.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter