stripe
Gadget

4 Penyebab Terjadinya 404 Error Not Found

Penulis : Prasto Prabowo
4 Penyebab Terjadinya 404 Error Not Found
Ilustrasi. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Internet dan smartphone memang mengubah banyak hal. Mencari informasi misalnya, tinggal ambil perangkat, masuk mesin pencari lalu ketikkan kata kunci maka ribuan informasi akan tersaji di layar. Sangat mudah! Namun pernahkah anda saat sedang mengakses sebuah website, muncul tampilan 404 Error Not Found? Ini sering membuat kesal. Tapi tahukah anda apa penyebabnya? Disarikan dari berbagai sumber, di bawah ini adalah beberapa kemungkinan :

1.Koneksi bermasalah. Coba cek router yang anda gunakan. Reset lalu nyalakan kembali. Jika masih tidak bisa, cek DNS (domain name system) adalah sebuah layanan jaringan yang menerjemahkan nama website menjadi alamat internet. Gunakan DNS public untuk memastikan anda bisa berinternet lagi. 

2. Browser bermasalah. Coba cek. Jika browser yang anda gunakan terlalu banyak cache dan cookies segera bersihkan. Cache dan cookies yang terlalu banyak bisa menyebabkan masalah saat sedang berselancar di internet.

3. Firewall dan Antivirus yang sangat sensitif. Aplikasi-aplikasi pelindung ini memang berfungsi mengamankan perangkat dari serbuan malware yang demikian banyak di dunia internet. Jika website yang anda akses mencurigakan secara sistem, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan mengaktifkan sistem pertahanan sehingga muncul 404 Error Not Found.

4. Website bermasalah. Ada kemungkinan website atau situs yang anda akses diblokir oleh institusi pengatur internet dan provider. Hal ini bisa terjadi karena kontennya yang dianggap tidak baik  (konten sensitif, hoax, atau pornografi). Selain masalah kontennya, bisa jadi website tersebut bermasalah dengan server hosting nya. Seperti diketahui, server hosting adalah server yang mengatur dan menyimpan database website. Server bisa dimiliki sendiri atau bisa juga menyewa dari jasa penyewaan hosting.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter