stripe
Kesehatan

5 Sebab Menstruasi Tidak Teratur

Penulis : Indira Soewarno
5 Sebab Menstruasi Tidak Teratur
Ilustrasi. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Perempuan yang sudah dewasa pasti mengalami menstruasi setiap bulan. Namun sebagian perempuan mengalami keadaan tidak teratur menstruasi bahkan berhenti hingga beberapa bulan. Menurut National Institute for Health and Care Excellence (NICE), perempuan harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hal tersebut karena bisa jadi ada masalah.

Kondisi di atas bisa terjadi karena beberapa sebab. Jika belum saatnya mengalami menopause, bisa jadi disebabkan :

1.Terlalu banyak olahraga. Olahraga berlebihan menyebabkan produksi hormon terganggu yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur bahkan terhenti beberapa bulan.

2.Tubuh terlalu kurus. Ini menyebabkan tubuh mematikan beberapa sistem di dalamnya termasuk menstruasi. Mengapa? Tubuh akan berkonsentrasi menjalankan sistem yang lebih penting seperti bernapas, mengedarkan darah dan lain-lain. Itu sebabnya, para perempuan diminta untuk tetap menjaga pola makan yang tepat agar punya cukup tenaga.

3.Depresi. Kondisi ini sering menimpa kaum perempuan. Depresi menyebabkan kadar hormon stres seperti kortisol menjadi tinggi akan mengganggu hormon menstruasi. Tak heran, menstruasi menjadi tidak teratur bahkan bisa berhenti tiba-tiba karenanya.

4.Premature Ovarium Failure (POV). Menopause biasanya terjadi saat perempuan sudah berusia di atas 45 tahun. Meskipun sangat jarang, bisa saja terjadi kondisi POV yang tanda-tandanya mirip dengan menopause. Tak heran POV sering juga disebut sebagai menopause dini. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan berobat ke dokter. Biasanya akan diberikan terapi hormon agar bisa menstruasi kembali.

5. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Ini adalah gangguan keseimbangan kadar hormonal pada perempuan. Tubuh perempuan yang mestinya memproduksu sangat sedikit hormon pria (androgen), dalam sindrom ini justru memproduksinya secara berlebihan. Para ahli belum bisa secara spesifik menjelaskan penyebabnya. Kondisi ini bisa memicu terjadinya infertilitas atau ketidaksuburan yang membuat perempuan sulit hamil. Selain itu sindrom ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit berbahaya seperti panyakit jantung dan diabetes. Untuk pengobatan, dokter biasanya akan memberikan obat diabetes metformin untuk membantu mengendalikan PCOS. Selain iru,  diet glikemik tinggi rendah protein rendah juga direkomendasikan.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter