stripe
Kuliner

7 Hidangan Lebaran Khas di Dunia

Penulis : Nuke Ernawati
7 Hidangan Lebaran Khas di Dunia
Jika di Indonesia, hidangan khas lebaran adalah lontong dan opor ayam, bagaimana dengan makanan hidangan khas di tempat lain di dunia ini? (Foto-foto : Berbagai sumber)

SATUHARAPAN.COM/LIFE - Hari besar identik dengan perayaan. Perayaan tak bisa dilepaskan dari tradisi. Demikian juga dengan hari besar Idul Fitri yang tak luput dari tradisi selama bertahun-tahun. Bila kita di Indonesia biasa mendapati sajian ketupat opor ayam dan sambal goreng saat Lebaran serta aneka kue kering seperti nastar, kaastengel, putri salju dan sebagainya. Bagaimana dengan tradisi perayaan Idul Fitri di negara lain? Apa saja makanan khas-nya? Yuk kita intip:

1. Kue Kahk di Mesir. Kahk adalah makanan kecil yang biasa disajikan oleh warga saat hari raya Idul Fitri. Seperti di negara-negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam lainnya, Idul Fitri selalu menjadi hari besar yang dirayakan paling meriah di Mesir,dengan hari libur yang panjang dan diisi perjamuan besar antara keluarga besar dan kerabat. Kahk terbuat dari tepung dan kacang dengan taburan gula di atasnya..

 

2. Kue Kaak di Tunisia. Kue Kaak dikenal juga sebagai roti patthar ki roti atau stone bread dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya adonannya dipipihkan di atas batu serta dibentuk, dan dipanggang di sebuah tandoor (belanga besar). Ketika proses pemanggangan inilah Kaak akan berubah menjadi sekeras batu. Namun, setelah dingin roti ini akan berubah menjadi seempuk bantal.

  

 

3. Nasi Kabsa di Saudi Arabia. Ini merupakan nasi yang dihidangkan di dalam satu nampan besar dan untuk disantap hingga tujuh orang. Nasinya terbuat dari beras Basmati yang diadon bersama cabe, daging, rempah-rempah, kacang dan sayuran.

 

4. Ketupat dan Bubur Lambuk di Malaysia. Negara tetangga Indonesia ini memiliki banyak kesamaan, baik dari segi budaya maupun makanan. Namun, yang menjadi favorit saat Lebaran adalah Bubur Lambuk. Bubur lambuk terbuat dari beras, bumbu rempah-rempah dan daging kambing atau sapi.

 

5. Hyderabad Haleem India. Ini merupakan bubur gandum tradisional dengan campuran kacang lentil. Bubur ini bercitarasa pedas dan gurih dengan suwiran daging domba, kambing atau sapi dan bumbu yang kaya rempah seperti jahe, bawang putih, kunyit, jinten, kayu manis, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lainnya.

 

6. Roti pide dan Iftariye di Turki. Iftariye berupa sajian kurma, zaitun, keju dan roti pide. Roti pide hanya dijual saat Bulan Ramadan. 

 

7. Qatayef di Yordania. Penganan ini seperti pancake kecil yang dilipat dan diberi isian kacang kenari, keju dan gula.

Nah, unik-unik bukan hidangan khas Lebaran di dunia? [berbagai sumber]

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter