stripe
Otomotif

7 Langkah Siapkan Mobil untuk Mudik

Penulis : Prasto Prabowo
7 Langkah Siapkan Mobil untuk Mudik
Untuk perjalanan jauh dan biasanya diwarnai kemacetan parah, mau tidak mau anda harus mempersiapkan kondisi mobil agar selalu dalam kondisi prima. Oleh karena itu lakukan pengecekan agar perjalanan aman dan nyaman (Foto : betcars.com)

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Lebaran sebentar lagi. Bagi masyarakat Indonesia ada tradisi mudik yang selalu menyertai perayaan ini. Berbondong-bondong pulang ke kampung halaman bertemu sanak saudara adalah kebahagiaan tersendiri. Moda transportasi yang digunakan pun beragam. Ada yang menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, kereta api maupun bis, tapi tidak sedikit yang menggunakan mobil pribadi.

Untuk perjalanan jauh dan biasanya diwarnai kemacetan parah, mau tidak mau anda harus mempersiapkan kondisi mobil agar selalu dalam kondisi prima. Oleh karena itu lakukan pengecekan sebagai berikut agar perjalanan aman dan nyaman seperti diungkapkan Patmono, kepala mekanik Borobudur Mobilindo kepada LIFE SatuHarapan.com :

1.Lakukan pemeriksaan cairan seperti air radiator, oli mesin, oli transmisi, minyak power steering, serta minyak rem. Untuk amannya, anda bisa menguras dan mengganti semua cairan tersebut mengingat perjalanan mudik sangatlah berat karena pasti macet parah.

2.Lakukan pemeriksaan sistem kopling dan rem. Coba rasakan apakah ada yang aneh saat anda menggunakan kopling atau rem. Minta bengkel anda memeriksa dan melakukan perbaikan atau penggantian komponen jika diperlukan.  

3.Lakukan pemeriksaan sistem kelistrikan mobil. Cek semua lampu baik lampu depan, lampu rem, dan lampu isyarat agar selalu dalam kondisi menyala.

4. Lakukan pemeriksaan kaki-kaki. Indikasinya tidak sulit. Jika mobil terasa enak dikendarai dan tidak ada bunyi dari bawah, artinya kaki-kaki dalam kondisi siap tempur menempuh perjalanan jauh. Periksa juga kondisi ban. Jika ada yang botak, segera ganti demi keamanan.  Jangan lupa spooring dan balancing!

5.Bersihkan interior mobil. Hampir bisa dipastikan, perjalanan mudik adalah perjalanan panjang. Berada dalam mobil berjam-jam membutuhkan kondisi interior yang bersih dan wangi agar seluruh penumpang nyaman. Anda bisa meminta bantuan salon mobil untuk membersihkan interior.

6.Bersihkan kaca mobil dari jamur. Untuk menjamin pandangan yang clear saat mengemudi, jamur harus dilenyapkan dari kaca mobil anda. Agar praktis, minta bantuan salon mobil untuk melakukannya.

7. Jangan lupa menyiapkan kondisi fisik tubuh. Sesempurna apapun kondisi mobil akan sia-sia jika fisik pengemudi drop. oleh karena itu, cukup istirahat, makan dan minum asupan bergizi serta berkonsentrasi penuh dalam mengendarai mobil. Bawa hiburan yang disukai seperti compact disc berisi lagu-lagu kesukaan agar perjalanan menjadi menyenangkan.

Selamat mudik!

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter