stripe
Kesehatan

Cegah Asma dengan Buah-buahan Ini

Penulis : Indira Soewarno
Cegah Asma dengan Buah-buahan Ini
Ilustrasi tomat. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan dimana terjadi peradangan dan penyempitan saluran yang menyebabkan sesak. Gejala lain yang dialami penderita adalah batuk terus menerus dan nyeri di dada. Penyebab utamanya belum diketahui namun berdasarkan penelitian, udara dingin, debu, asap rokok, aktivitas fisik berlebihan dan paparan virus bisa memicu terjadinya penyakit ini.

Penyakit ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Namun begitu, penyakit ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah di bawah ini :

1.Pisang. Buah ini mengandung pyridoxine yang berperan penting dalam pembentukan Adenosine triphosphate dan Cyclic adenosine monophosphate untuk merilekskan jaringan otot pada saluran pernapasan. Penelitian yang dilakukan Imperial College London menyebutkan bahwa makan satu buah pisang per hari membantu penurunan risiko asma hingga 34%.  

2.Tomat. Kandungan lycopene pada tomat memperkecil risiko terjadinya masalah pada paru-paru.

3.Apel. Kandungan quercetin pada apel sangat efektif menangkal terjadinya asma.    

4.Alpukat. Buah ini mengandung L-glutathione yang sangat baik melindungi sel dan menghindari terjadinya peradangan. Ini bagus untuk mencegah terjadinya asma.

5.Jeruk dan kiwi. Kedua buah ini mengandung vitamin C konsentrasi tinggi. Sebuah riset menyebutan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi buah ini lebih jarang mengalami pilek dan sesak napas. [berbagai sumber]

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter