stripe
Psikologi

Cinta Membuat Orang Sulit Berpikir Logis?

Penulis : Indira Soewarno
Cinta Membuat Orang Sulit Berpikir Logis?
Ilustrasi. Sumber : Shutterstock

 

 

SATUHARAPAN.COM/LIFE – “Jatuh cinta berjuta rasanya”. Begitu katanya. Benarkah seperti itu? Yang pasti, jatuh cinta akan membuat orang mengedepankan sisi emosionalnya ketimbang logika. Bahkan orang yang berpikir logispun bisa menjadi tida rasional. Namun itu wajar karena cinta adalah bicara rasa bukan pikiran.

Dalam sebuah riset yang dilakukan Universiteit Leiden di Belanda dan University of Maryland di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang sedang jatuh cinta akan “kehilangan” kemampuan kognitifnya karena mereka mencurahkan energinya ke perasaan ketimbang ke logika.

Riset ini melibatkan 43 partisipan yang memiliki hubungan cinta selama enam  bulan dimana mereka diminta untuk melakukan “permrosesan” informasi penting dalam waktu yang cepat. Dan ditemukan fakta bahwa sebagian besar individu ternyata mengabaikan berbagai informasi penting yang mereka dapatkan dan banyak partisipan yang kesulitan berpikir secara logis atas informasi yang ada.

Dr.Henk van Steenbergen dari Universiteit Leiden menyarankan, meskipun jatuh cinta memang sangat menguras perasaan, namun kontrol pikiran tetap harus tetap ada. Karena antara logika dan perasaan tetap harus berjalan beriringan. [today.com]

 

 

 
Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter