stripe
Jalan - Jalan

Ini 7 Tips Berwisata Kuliner

Penulis : Nuke Ernawati
Ini 7 Tips Berwisata Kuliner
Foto : Ilustrasi. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE- Dalam berwisata, pasti kita akan menyisipkan agenda wisata kuliner (wiskul). Hal ini dikarenakan tak afdol rasanya bila mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi kuliner khas-nya, apalagi bila tempat yang dituju adalah untuk pertama kalinya dikunjungi.

Saat melihat aneka penganan yang mungkin baru pertama kali menjumpainya, bisa dipastikan setiap wisatawan mengalami apa yang sering disebut sebagai fenomena “lapar mata”. Ini lumrah manakala melihat jajanan kaki lima, maupun sajian di restoran dan pusat jajan. Terkadang, karena kita tidak tahu apa kandungan dari jajanan tersebut, kita asal beli dan ujung-ujung makanan tersisa atau mubazir karena kita kurang cocok.

Untuk menghindari makanan mubazir maupun perut kekenyangan karena terlalu banyak menuruti keinginan mata untuk mencicip aneka penganan, maka berikut ini tips melakukan wiskul :

1. Pastikan Anda tidak berwisata seorang diri. Bila ya, maka untuk mencicipi aneka penganan, Anda harus bertanya detail kepada penjualnya, tentang bahan makanan dan bumbu. Hal ini untuk memastikan Anda bisa memakannya dan makanan tidak bersisa. Ingat, tak baik membuang-buang makanan!

2. Bila berwisata bersama keluarga atau teman-teman, atur agar masing-masing membeli satu jenis penganan yang berbeda untuk kemudian saling mencicipi. Bila sudah ketemu makanan yang cocok, barulah membeli bila masih merasa lapar.

3. Anda juga bisa melakukan browsing terlebih dahulu tentang kuliner kota atau negara yang akan dikunjungi. Beruntunglah sekarang ada akses Internet sehingga memudahkan mencaritahu. Bila sudah ketemu kuliner yang dituju, pastikan sekali lagi bahwa Anda bisa memakannya tanpa halangan alergi, larangan dokter dan sebagainya.

4. Belilah makanan jenis basah atau tidak tahan lama, dalam porsi sedikit. Jangan karena terlalu suka dengan citarasanya, Anda memborong dan kemudian menyesal karena makanan ternyata cepat basi. Untuk lebih jelasnya, bisa bertanya kepada penjualnya, atau bertanya kepada teman yang menguasai ilmu kuliner sehingga bisa memperkirakan daya tahan suatu makanan.

5. Jangan terjebak makanan dan minuman beraneka warna. Makanan dan minuman seperti ini hanya cocok untuk selfie, wefie dan display picture. Seringkali, makanan dan minuman berwarna meriah tersebut juga taste-nya kurang.

6. Hindari makan di restoran waralaba yang hampir di setiap kota di dunia, terdapat kedainya. Hal ini untuk mencegah Anda kekenyangan ketika suatu ketika menjumpai aneka jajanan kaki lima yang menggiurkan.

7. Penting dilakukan adalah, sediakan selalu uang receh mata uang setempat untuk membeli jajanan kaki lima. Dengan menyediakan uang receh, Anda bisa dengan nyaman jajan di kaki lima.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter