stripe
Keluarga

Kegiatan Ini Bisa Bikin Puasa Berlalu Lancar

Penulis : Nuke Ernawati
Kegiatan Ini Bisa Bikin Puasa Berlalu Lancar
Membaca buku di perpustakaan, bisa menjadi alternatif kegiatan saat berpuasa. Sumber:istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE- Bulan Ramadan sudah tiba, saatnya menunaikan ibadah Puasa. Tentu hal cukup berat, memulai kembali berpuasa setelah 11 bulan dengan jadwal makan dan minum yang teratur. Bawaannya pasti ingin segera berbuka puasa. Agar puasa Anda tak terasa dan Anda dikagetkan karena waktu berbuka tinggal sebentar lagi, berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan saat menjalankan ibadah puasa :

1. Bila Anda pekerja kantoran, menjalankan ibadah puasa tak akan terasa berat karena Anda disibukkan dengan tugas-tugas rutinitas. Anda bahkan bisa memerbanyak ibadah dengan menghabiskan waktu makan siang dengan menunaikan ibadah shalat dan sedikit tidur siang. Tidur siang sebentar di kantor atau di mushola bisa membuat Anda segar setelah pagi-pagi bangun untuk sahur. Air wudhu juga pastinya akan menyegarkan Anda sehingga siap menjalankan sisa pekerjaan di kantor.

2. Bila Anda ibu rumah tangga, berpuasa tidak akan terasa karena Anda disibukkan dengan bersih-bersih rumah, berbelanja dan menyiapkan hidangan berbuka. Menyibukkan diri dengan ide-ide masakan untuk sahur dan buka puasa, adalah aktivitas menyenangkan yang bisa Anda coba. Anda bisa melihat banyak ide menu sahur dan buka puasa melalui Internet atau toko buku.

3. Bila Anda pelajar atau mahasiswa yang sedang libur puasa, cobalah untuk mengisi waktu dengan merapikan kamar dan membaca buku. Jangan kebanyakan browsing Internet atau ber-media sosial karena kadang konten akan membatalkan puasa Anda. Kembalilah pada kebiasaan membaca buku. Kunjungilah perpustakaan terdekat. Terkesan kuno, tetapi Anda akan kaget dengan koleksi buku-buku yang bahkan Internet tidak mampu menayangkannya.

4. Bila Anda pekerja lapangan, berpuasa pastinya sebuah tantangan besar. Namun, semua kembali pada niat. Teriknya matahari dan macetnya jalanan, adalah tantangan sehari-hari. Coba ingat-ingat, apakah di hari lain Anda sering minum saat melakukan pekerjaan lapangan seperti mengantar barang dan menyetir? Pastinya tidak juga bukan? Jadi, tak ada alasan untuk tidak berpuasa! Anda justru bisa lebih semangat karena sepulang kerja, keluarga sudah menanti dan berkumpul untuk bersama-sama berbuka puasa.

5. Bila Anda pekerja freelance, menjalankan puasa akan lebih mudah bagi Anda karena Anda tak terikat dengan jam kantor. Anda bisa mengisi waktu dengan lebih produktif atau membuat kegiatan lain seperti menata atau menyiapkan meja kerja di rumah apabila biasanya Anda ke kafe sembari bekerja.

Yang terpenting dalam menjalankan ibadah puasa adalah bahwa Anda harus sibuk! Bila Anda tak sibuk, maka rongrongan rasa lapar dan haus akan lebih terasa menganggu ketimbang bila Anda disibukkan dengan pekerjaan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter