stripe
Keluarga

KISS, Cara Efektif Disiplinkan Anak

Penulis : Indira Soewarno
KISS, Cara Efektif Disiplinkan Anak
Foto : Ilustrasi. Sumber : finest.sg

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Anak yang sedang tumbuh membutuhkan perhatian orangtua dalam perkembangannya. Dalam masa itu, anak harus dibimbing agar mengerti mana yang benar dan mana yang salah. Perilaku buruk sangat mungkin terjadi, namun yang lebih penting adalah bagaimana anak dibantu memperbaiki dan tidak mengulanginya lagi.

Untuk membuat anak menjadi baik perlu “seni” yang luar biasa. Orangtua tidak bisa menerapkan pola sangat ketat yang bisa membuat kreativitas anak mandek namun juga tidak bisa dilakukan cara penuh toleransi yang bisa membuat anak punya perilaku kurang ajar kelak. Semua harus dipadukan. Kapan harus ketat dan kapan harus longgar. Yang pasti disiplin adalah hal yang wajib orangtua ajarkan.

Saat anda mendisiplinkan anak, disarankan untuk menggunakan metode KISS atau Keep It Short and Simple. Orangtua tidak perlu berpanjang-panjang kalimat hingga detail untuk menjelaskan do dan don't. Kalimat yang panjang malah membuat message anda tidak terekam oleh otak anak. Akhirnya anak akan  mengulangi ketidakdisiplinannya. Lakukan dengan kalimat yang pendek dan tegas. Ini jauh lebih efektif.

Demikian menurut Dr.William Coleman, MD,  pediatrician dari Duke University Hospital dan University of North Carolina Hospital seperti dirangkum LIFE SatuHarapan.com dari parents.com.

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter