stripe
Kesehatan

Pendapatan Berkorelasi pada Harapan Hidup

Penulis : Prasto Prabowo
Pendapatan Berkorelasi pada Harapan Hidup
Ilustrasi. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Meskipun menjadi kaya bukan satu-satunya ukuran kesuksesan manusia, namun bisa dipastikan setiap orang pasti ingin kaya. Minimal hidup berkecukupan. Karena dengan memiliki uang dan kekayaan, kita bisa hidup dengan layak. Dan sebuah penelitian yang dilansir Jacob Bor, ScD, assistant professor pada Boston University School of Public Health, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa orang kaya punya harapan hidup lebih lama ketimbang mereka yang kurang mampu.

Menurut Bor, mereka yang miskin memiliki tingkat kesehatan yang buruk yang ditandai dengan buruknya akses mereka terhadap pelayanan kesehatan. Kondisi finansial yang buruk membuat mereka juga kesulitan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang mestinya bisa menunjang kesehatan. Tempat tinggal yang buruk semakin memperparah kondisi tersebut.

Bor dalam studinya yang dipublikasikan jurnal kesehatan The Lancet seperti dikutip LIFE SatuHarapan.com dari Time mengungkapkan fakta bahwa orang-orang terkaya di Amerika Serikat punya harapan hidup 15 tahun lebih lama daripada orang dengan pendapatan terendah di negara tersebut.

Hal di atas tentu sangat memprihatinkan. Itu sebabnya semua orang harus terpacu untuk memiliki pendapatan yang mencukupi agar level kesehatan berada pada tingkat yang baik. Dan menjadi tugas pemerintah di negara manapun untuk menyediakan akses pelayanan kesehatan, menyiapkan pangan sehat dengan harga terjangkau serta lingkungan hidup yang bersih untuk rakyatnya. 

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter