stripe
Kesehatan

Pentingnya Ibu Hamil Menjaga Diri dari Flu

Penulis : Indira Soewarno
Pentingnya Ibu Hamil Menjaga Diri dari Flu
Ilustrasi. Sumber : Istimewa

 

 

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Sebagai sebuah penyakit yang dialami manusia beberapa kali dalam hidupnya, flu adalah hal yang “biasa”. Untuk mengobatinya, biasanya orang akan banyak istirahat, minum banyak air putih, mengkonsumsi asupan bergizi, serta meminum obat pereda flu. Namun hati-hati bagi ibu hamil. Flu bisa menyebabkan masalah pada otak janin.

Menurut penelitian yang dipimpin Dr.Alexandre Bonnin, Assistant Professor pada Department of Cell & Neurobiology, Zilkha Neurogenetic Institute di  Keck School of Medicine, University of Southern California, Amerika Serikat, sering flu pada trimester pertama kehamilan bisa menyebabkan problem perkembangan otak janin. Hal ini haru segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan agar jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut Dr.Bonnin, ibu hamil yang sering mengalami flu akan menyebabkan tubuhnya mengaktifkan asam amino yang memperkuat kekebalan tubuh. Namun plasenta akan memproduksi serotonin lebih tinggi. Kadar serotonin yang sangat tinggi terutama di bagian otak akan menyebabkan otak justru tidak berkembang. Kadar selotonin ini bisa menumpuk di janin melalui plasenta.

Itu sebabnya ibu hamil harus sangat menjaga dirinya agar jangan sampai terkena flu. Jika sampai terkena flu, segeralah untuk ke dokter kandungan agar bisa didapatkan pertolongan yang efektif dan aman.  [Zeenews]

 

 

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
READ THIS
x

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/satuhara/public_html/life/template/article.tpl on line 232
Thank you for subscribing our newsletter