Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:38 WIB | Senin, 11 Mei 2020

10 Hari Lagi Selandia Baru Akhiri Penguncian

Masuk ke level dua dari sistem empat tingkatan.
Seorang pria yang mengenakan masker sedang menunggu bus di Selandia Baru. (Foto: dok. AFP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Selandia Baru akan mengakhiri penguncian virus corona dalam 10 hari ke depan setelah berhasil menekan penularan virus, meskipun beberapa batasan akan tetap ada, kata Perdana Menteri Jacinda Ardern, hari Senin (11/5).

Ardern mengatakan bahwa mulai hari Kamis (14/5), mal, restoran, bioskop, dan taman bermain akan dibuka kembali, di mana negara itu bergerak ke level dua dalam sistem empat tingkatannya.

Namun Perdana Menteri berusia 39 tahun itu memperingatkan bahwa "tidak ada di antara kita yang dapat menganggap COVID-19 tidak bersama kita (lagi)." Dia mengatakan Selandia Baru saat ini hanya memiliki 90 kasus aktif setelah penutupan selama tujuh pekan.

"Upaya Anda, warga Selandia Baru, telah membawa kita ke tempat ini di depan sebagian besar dunia menghadapi banyak kematian yang ditimbulkan COVID-19 di banyak tempat lain," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi. "Tapi ada risiko di depan, jadi harap tetap waspada."

Selandia Baru, dengan populasi lima juta jiwa telah mencatat 1.147 kasus terinfeksi virus corona, termasuk 21 kematian. Jumlah kasus baru telah mencapai satu angka sejak pertengahan April, dengan tiga infeksi baru dicatat pada hari Senin.

Penerbangan Internasional Masih Tutup

Di bawah batasan level dua, perbatasan internasional Selandia Baru tetap tertutup, tetapi kehidupan di dalam negeri akan kembali ke sesuatu yang mendekati normal.

Sementara jarak sosial masih harus dipraktikkan, saran bahwa orang-orang mengisolasi diri di rumah dan tetap “gelembung” Anda tidak akan berlaku lagi.

"Ini adalah transisi dari “gelembung” kita, Anda dapat melihat orang yang belum Anda lihat dalam beberapa waktu lalu, tapi Anda tidak bisa melakukannya sekaligus," kata Ardern.

"Di level dua, kita keluar dan lagi, hampir semua bagian ekonomi dibuka lagi."

Penguncian pertama kali dilonggarkan dua pekan lalu, memungkinkan orang membeli makanan untuk dibawa pulang, dan dimulainya kembali beberapa kegiatan rekreasi, tetapi kebebasan yang diberikan oleh relaksasi terbaru akan jauh lebih besar.

Mereka yang berusia di atas 70 akan diizinkan keluar lagi setelah lebih dari tujuh pekan menjalani karantina wajib.

Perjalanan Domestik

Perjalanan domestik akan diizinkan, memberikan dorongan bagi industri pariwisata yang lumpuh untuk kembali bergerak, dan sekolah-sekolah akan dibuka kembali pada hari Senin pekan depan.

Bar tidak akan kembali dalam bisnis hingga 21 Mei mendatang, memberi mereka waktu ekstra untuk memastikan mereka dapat memisahkan pelanggan dengan baik.

Tim olahraga juga akan kembali, dengan perencanaan yang sudah berjalan untuk memulai versi domestik Super Rugby pada 13 Juni mendatang yang melibatkan lima tim dalam kompetisi yang berbasis di Selandia Baru.

Ardern mengatakan berpindah ke level dua akan dinilai kembali setelah dua pekan, dengan pelonggaran lebih lanjut mungkin tergantung pada perkembangan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home