Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 21:08 WIB | Senin, 13 April 2015

10 ISIS Perkosa Tahanan Umur 9, Kini Hamil (+Video)

Suasana histeris mewarnai pembebasan warga Yazidi dari tahanan ISIS, Rabu (8/4). (Foto: AP)

SATUHARAPAN.COM – Gadis sembilan tahun yang diculik dan dijadikan sebagai budak seks oleh kelompok ekstremis Negara Islam (Islamic  State of Iraq and Syria/ISIS). Ia diperkosa 10 militan dan sekarang hamil.

Menurut seorang pekerja bantuan, gadis itu adalah anggota dari kelompok agama minoritas Yazidi. Mereka menghadapi penganiayaan di seluruh wilayah yang diduduki ISIS.

Dia telah diterbangkan keluar dari Irak oleh badan bantuan Kurdi, Toronto Star, Kamis (9/4) melaporkan. Dan, ia sekarang sedang dirawat oleh badan amal medis di Jerman.

Tapi Yousif Daoud, seorang pekerja bantuan yang berbasis di Kanada yang baru saja kembali dari wilayah itu, mengatakan kepada Star bahwa gadis itu “secara mental dan fisik mengalami trauma” setelah pelecehan yang ia alami. Dan, ia ada kekhawatiran ia mungkin tidak selamat.

Para perempuan Yazidi di Kirkuk setelah dibebaskan ISIS. (Foto: EPA)

“Gadis ini sangat muda dia bisa mati jika dia melahirkan,” katanya. “Bahkan operasi caesar berbahaya.”

Ketika ia menemukan gadis itu, ia “dalam kondisi sangat buruk,” kata Daoud. “Dia mengalami pelecehan seksual oleh tidak kurang dari 10 orang. Kebanyakan dari mereka adalah pejuang garis depan atau pelaku bom bunuh diri yang memberikan gadis itu sebagai hadiah.”

Tapi, Daoud—bersaksi dengan nama samaran—memberikan alasan yang sangat berbeda mengapa  ISIS melepaskan perempuan dan anak gadis yang sudah diperkosa para militan.

Dia mengatakan komunitas itu telah menghadapi stigma hilang kesucian di kalangan masyarakat Yazidi konservatif. “Mengirim kembali gadis-gadis dan wanita itu adalah cara mempermalukan seluruh masyarakat.”

Lebih dari 200 warga Yazidi, termasuk 40 anak-anak, dibebaskan ISIS untuk mempermalukan masyarakat Yazidi. (Foto: AP)

Gadis umur sembilan tahun adalah satu di antara ratusan gadis dan wanita yang diculik yang dikirim kembali ke tanah yang dikuasai Kurdi pada Rabu sebelumnya.

Ada 40 anak lain di antara lebih dari 200 tawanan yang baru dibebaskan. Sisanya kebanyakan orang tua—dan semua menanggung tanda penyiksaan dan pelecehan.

Serah terima berlangsung di Himera barat daya dari Kirkuk, 290 kilometer  utara Baghdad. Dan, ada adegan emosional ketika mereka diperiksa oleh dokter lapangan Peshmerga.

Beberapa mengira mereka akan dibawa untuk eksekusi ketika dibawa masuk ke bus oleh ISIS. “Kami sangat senang sekarang,” kata Mahmoud Haji, salah satu warga Yazidi yang dibebaskan. “Kami khawatir bahwa mereka membawa kami ke Suriah dan Raqqa.”

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyambut baik pembebasan itu, kata juru bicaranya.

Stephane Dujarric mengatakan: “Jelas, setiap pembebasan warga sipil tak berdosa harus disambut. Dan, saya pikir salah satu tidak bisa membantu, tetapi dipindahkan oleh gambar.” (independent.co.uk)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home