Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:02 WIB | Senin, 02 Januari 2017

10 Januari, Obama Akan Sampaikan Pidato Perpisahan di Chicago

Presiden AS Barack Obama. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan menyampaikan pidato perpisahannya pada tanggal 10 Januari mendatang untuk mengenang waktu yang ia habiskan di Gedung Putih dan berterima kasih kepada para pendukungnya, kata dia dalam surat elektronik yang dirilis pada hari Senin (2/1).

Obama ingat bahwa Presiden pertama AS, George Washington, menulis pidato perpisahannya pada tahun 1976, menyatakan dia akan menyampaikan pidato perpisahannya di kampung halamannya di Chicago.

“Saya berpikir tentang (pernyataan George Washington) sebagai kesempatan untuk mengucapkan terima kasih untuk perjalanan yang menakjubkan ini, untuk merayakan bagaimana Anda telah mengubah negara ini menjadi lebih baik dalam delapan tahun terakhir dan untuk menawarkan beberapa pemikiran kemana kita harus melangkah,” kata dia.

Presiden terpilih dari Partai Republik Donald Trump akan dilantik pada tanggal 20 Januari mendatang. Selama kampanye menuju Gedung Putih, Trump berjanji untuk membatalkan banyak program-program Obama terkait kebijakan termasuk hukum di bidang pelayanan kesehatan.

Obama, yang bersusah payah mempromosikan lawan Trump, Hillary Clinton, telah berupaya untuk memastikan kelancaran transisi kekuasaannya meskipun ada perbedaan kebijakan utama dengan penggantinya. Dia juga meninggalkan partainya tanpa tokoh yang jelas saat ia meninggalkan Gedung Putih.

“Sejak tahun 2009, kami telah menghadapi tantangan yang cukup adil dan datang melalui mereka yang lebih kuat,” kata Obama dalam surel tersebut.

“Itu karena kita tidak pernah melepaskan keyakinan yang telah membimbing kami sejak menjabat. Keyakinan yang membuat kita percaya kita bisa mengubah negara ini menjadi lebih baik.” (Reuters)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home