Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:47 WIB | Kamis, 12 Juli 2018

10 Negara Ikuti Choir Festival di Bali

Ilustrasi. Bali International Choir Festival 2018 (Foto: Antara Bali/Dewa Wiguna/BICF/2018).

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 146 peserta dari 10 negara akan mengikuti kompetisi paduan suara internasional atau "Choir Festival" di Bali, yang menampilkan beragam aliran musik untuk kategori anak-anak hingga dewasa.

"Melalui ajang ini para peserta bisa saling mengenali kebudayaan negara masing-masing termasuk mempromosikan kebudayaan Indonesia," kata Presiden Direktur Bandung Choral Society Tommyanto Kandisaputra selaku panitia penyelenggara di Denpasar, Kamis (12/7).

Menurut dia, hingga Rabu (10/7) tercatat sudah ada 10 negara mendaftar yakni tuan rumah Indonesia, Kanada, Latvia, Lithuania, Polandia, China, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, dan Thailand.

Indonesia, kata dia, akan diwakili oleh para peserta dari 26 provinsi yang akan berlaga pada kompetisi yang digelar 24-28 Juli 2018.

Dia mengatakan, ada 16 kategori dengan puluhan juri dari 16 negara berperan pada ajang kompetisi musik bertajuk "Bali International Choir Festival" (BICF) ke-7 itu, di antaranya kategori paduan suara pertunjukan atau "show choir", pop dan jazz, remaja, acapella, campuran, anak-anak, serta ketegori wanita dan pria.

Selain itu kategori paduan suara senior, gospel dan spiritual, "folklore", grup vokal, hingga "musica sacra". Sebanyak 16 ahli paduan suara dari seluruh dunia juga didatangkan sebagai juri dalam kompetisi paduan suara tersebut.

Beberapa juri adalah perwakilan American Choral Directors Association, dan tidak ketinggalan musisi dari Indonesia, di antaranya Catharina Leimena, Avip Priatna, Daud Kosasih, dan Andreas Sugeng.

BICF, kata dia, digelar untuk mengakomodasi perkembangan paduan suara di Indonesia, yang semakin hari semakin berkembang dan semakin butuh tantangan.

Ia meyakini, para peserta akan mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman, untuk mengasah kemampuan dari sebuah kompetisi bertaraf internasional.

Pembukaan festival itu akan diadakan di Hongkong Garden pada Selasa (24/7) pukul 19.00 WIB, dengan didahului lima paduan suara yang akan berpartisipasi dalam kegiatan amal di Katedral Roh Kudus. Hasil dari penampilan tersebut akan disumbangkan bagi anak-anak yang membutuhkan biaya pendidikan. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home