Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:18 WIB | Sabtu, 28 Mei 2016

100.000 Pengungsi Suriah Terjebak Dekat Perbatasan Turki

Ilustrasi: Anak-anak pengungsi Suriah menunggu di gerbang perbatasan Oncupinar Turki untuk kembali ke Suriah, pada 8 Februari 2016. (Foto: haaretz.com)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM - Sedikitnya 100.000 orang terjebak pada hari Jumat (27/5) di sepanjang perbatasan Suriah-Turki setelah ISIS menguasai seluruh wilayah pemberontak di provinsi Aleppo, kata kelompok HAM dan aktivis.

Serangan mendadak ISIS terhadap dua kota yang dikuasai pemberontak terjadi saat kelompok ekstremis itu menghadapi serangan di basisnya, provinsi Raqa.

Sejumlah ekstremis ISIS memotong jalan penting antara Kota Azaz, dekat perbatasan Turki, dan Marea, ujar jurnalis Maamoun Khateeb kepada AFP dari Azaz.

“Ini sebuah bencana,” ujarnya, seraya menambahkan sekitar 15.000 orang saat ini terkepung di Marea.

Serangan ISIS itu mengancam puluhan ribu pengungsi Suriah yang tinggal di kamp informal dekat perbatasan kedua negara, yang ditutup Turki selama beberapa bulan.

“Kami sangat khawatir… terkait sekitar 100.000 orang yang terjebak antara perbatasan Turki dengan pertempuran aktif di garis depan,” kata Pablo Marco, manajer pelaksana regional Doctors Without Borders (MSF). (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home