Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 11:08 WIB | Senin, 21 April 2014

11 Negara akan Ikuti Pesta Budaya Erau

Kirab budaya Erau di Tenggarong pada tahun 2010. (Foto: Antara)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM – Sebelas negara akan mengikuti pesta adat, seni, dan budaya Erau yang digelar di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, 15-22 Juni 2014.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kutai Kertanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Senin (21/4), mengatakan 11 negara yang akan mengikuti pesta budaya itu adalah Belanda, Italia, Hongaria, Latvia, Rusia, Kroasia, Filipina, Korea Selatan, Kolumbia, Mesir, dan Bangladesh.

"Pesta adat itu akan dimeriahkan dengan partisipasi tim kesenian dari 11 negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF)," katanya.

Seluruh kontingen atau tim kesenian dari 11 negara tersebut berjumlah 259 orang, yang akan ambil bagian pada pesta budaya Erau.

Menurut Sri, kontingen dari negara-neraga anggota CIOFF tersebut akan datang ke Tenggarong satu hari sebelum pembukaan, yakni 14 Juni.

Partisipasi tim kesenian dari negara-negara anggota CIOFF pada pesta budaya Erau di Tenggarong tahun merupakan yang kedua kalinya. "Pada 2013 saat pertama kali dilaksanakan, dimeriahkan oleh atraksi kesenian dari delapan negara anggota CIOFF, yaitu Prancis, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Mesir, Yunani, Belgia, dan Republik Ceko," ujarnya.

Sri menjelaskan, partisipasi negara-negra anggota CIOFF pada pesta budaya Erau merupakan pertukaran dan pembelajaran seni pertunjukan.

Bagi Sri, peristiwa itu juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang memperkenalkan Tenggarong atau Kutai Kertanegara dan budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura kepada masyarakat luar.

"Melalui kegiatan ini, Kutai Kartanegara dan Tenggarong khususnya menjadi salah satu pusat kegiatan seni budaya nasional," kata Sri.

Erau adalah salah pesta budaya tertua di Indonesia yang digelar di Tenggarong. Pesta budaya ini merupakan tradisi Kerajaan Kutai Kartanegara sejak abad ke-13. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home