Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 10:29 WIB | Jumat, 02 Mei 2014

11.000 Ha Hutan Bengkalis Musnah Akibat Kebakaran

Perambahan hutan dengan pembakaran di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, seperti terekam Februari 2014. (Foto: Antara/Satgas Bencana Asap Riau)

PEKANBARU, SATUHARAPAN.COM - Lebih dari 11.000 hektare (ha) lahan termasuk hutan lindung di Kabupaten Bengkalis, Riau, musnah akibat kebakaran yang terjadi dalam waktu empat bulan pertama 2014.

"Jumlah pastinya 11.164 hektare. Kebanyakan merupakan kawasan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis Burhanuddin dalam rilis yang diterima Antara, Jumat (2/5).

Dia mengutip data yang dirangkum Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Dinas Kehutanan Provinsi Riau. Data tersebut mencatat luas lahan hutan yang terbakar kali ini jauh lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu tidak lebih dari 10 ribu ha hutan terbakar. Tahun ini, baru empat bulan berjalan sudah lebih 11.000 ha yang terbakar," katanya.

Kondisi lahan hutan di Bengkalis saat ini sudah sangat krisis dan mengkhawatirkan sehingga sepantasnya ada antisipasi dini untuk mencegah agar kebakaran hutan tidak kembali terjadi pada musim kemarau yang akan datang.

"Kalau sempat terjadi lagi, tidak menutup kemungkinan sisa hutan yang sedikit ini akan lenyap," dia menambahkan.

Peristiwa kebakaran lahan dan hutan di Bengkalis, menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun kesehatan, dan khususnya bagi lingkungan. Ia menjelaskan, pemerintah melalui instansi terkait, tidak pernah henti menyosialisasikan bahaya dan dampak buruk pembakaran atau kebakaran lahan dan hutan yang selama ini terjadi.

"Dengan harapan, dapat menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan saat membuka kawasan perkebunan," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home