Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:57 WIB | Kamis, 25 Februari 2021

200 RT di Jakarta Terdampak Banjir, Waspada Hujan Empat Hari ke Depan

Pangdam Jaya, Mayjen Dudung Abdurachman, beserta Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, menyusuri banjir di RW04 Cipinang Melayu, Jakarta Timur, menggunakan perahu karet, hari Sabtu (20/2). (Foto:Andi Firdaus/pri via Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Banjir parah kembali melanda di beberapa wilayah di ibu kota Jakarta, hari Jumat (19/2) soreI hingga hari Sabtu (20/2). Lebih dari seribu orang meninggalkan rumah mereka untuk mengungsi, sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperingatkan bahwa hujan deras masih berpotensi terjadi dalam beberapa hari kedepan.

Banjir menlanda wilaha Jakarta setidaknya mencakup 200 RT (Rukun Tetangga), dan sekitar 1.380 warga Jakarta Selatan dan Jakarta Timur terpaksa mengungsi. Banjir juga melanda wilayah Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Genangan air bahkan ada yang mencapai lebih dari dua meter. Di Media sosial banyak warga yang mem posting foto dan video tentang situasi banjir di wilayah mereka, dan tim bantuan dengan perahu kareat membantu evakluasi bagi anak-anakl dan warga usia lanjut.

"Dua ratus RT telah terpengaruh, menurut data terbaru," kata Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, pada hari  Sabtu pagi.

Waspada Beberapa Hari ke Depan

Badan Meteorologi Indonesia (BMKG) memperingatkan hujan deras di musim ini mungkin masih akan turun di Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari mendatang. Ini disebutnya sebagai cuaca ekstrem, dengan hujan lebat yang bisa disertai petis, dan angin kencan. “Ini masa kritis yang perlu kita waspadai,” kata Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG.

Dia mengatakan bahwa Jakarta dan sekitarnya masih dalam masa puncak musim hujan yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir Februari atau awal Maret.

BMKG menyebutkan, Jakarta harus siaga selama empat hari ke depan, di mana data BMKG  menunjukkan curah hujan tinggi dalam 24 jam terakhir, seperti wilayah Pasar Minggu yang mencatat curah hujan hingga 226 milimeter sejak hari Jumat.

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home