Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 21:15 WIB | Sabtu, 24 September 2016

2017 Tiap Desa Terima Rp 1 Miliar

Peningkatan jumlah tersebut, lanjut dia, karena komitmen pemerintah yang tinggi dalam membangun desa.
Ilustrasi. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada masyarakat Kabupaten Bandung di Desa Linggar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung dan Dusun Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, hari Sabtu (17/9). (Foto: BPMI)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi, mengatakan tiap desa akan menerima sekitar Rp 1 miliar pada tahun 2017.

"Jika pada 2016, tiap desa menerima Rp 614 juta, maka pada 2017 setiap desa akan menerima Rp 1 miliar sebagai Dana Desa," kata Anwar dalam acara Ekspo Potensi Desa di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (24/9).

Peningkatan jumlah tersebut, lanjut dia, karena komitmen pemerintah yang tinggi dalam membangun desa. Pada awal pemberian Dana Desa, tiap desa hanya menerima Rp 250 juta.

Dia berharap dengan peningkatan jumlah tersebut, sejumlah desa tertinggal bisa terentaskan.

"Perlakuan yang seadil-adilnya untuk desa adat. Kami tidak ingin ada desa yang mendapatkan perlakuan berbeda. Dengan demikian, kami berharap desa bisa maju dan berkembang mensejahterakan warganya."

Ekspo Potensi Desa 2016 berbeda dengan ekspo potensi desa tahun sebelumnya yang hanya pada tingkat kabupaten.

Anwar menjelaskan mulai tahun 2016, pihaknya mengangkat pada level yang lebih tinggi yakni nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengeluhkan Dana Desa yang nilainya tidak sebanding dengan jumlah penduduk.

"Kalau di Pulau Jawa, jumlah penduduknya 400.000 jiwa tapi jumlah desanya mencapai 18 desa, tapi di sini satu nagari jumlah penduduknya mencapai ratusan ribu jiwa," kata Irwan.

Irwan juga meminta agar Dana Desa tidak dipotong tapi justru dinaikkan untuk tahun berikutnya, tujuannya agar pembangunan di desa semakin merata.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home