Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:17 WIB | Minggu, 04 Oktober 2020

28 Pejuang Suriah Pro Turki Tewas dalam Pertempuran di Karabakh

Tangkapan gambar dari video yang tersedia di situs web resmi Kementerian Pertahanan Azerbaijan pada 28 September 2020, diduga menunjukkan pasukan Azeri melakukan operasi tempur selama bentrokan antara separatis Armenia dan Azerbaijan di wilayah yang memisahkan diri di Nagorno-Karabakh. (Foto: dok. AFP)

KARABAKH, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 28 pejuang pemberontak Suriah pro Turki telah tewas dalam bentrokan antara pasukan Armenia dan Azerbaijan atas konflik Nagorno Karabakh, kata pengawas yang berbasis di Inggris, hari Jumat (2/10).

Mereka termasuk di antara lebih dari 850 kombatan dari faksi Suriah pro Ankara yang dikirim Turki untuk memperjuangkan Azeri sejak pekan lalu, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Kerabat tiga pejuang mengonfirmasi kepada AFP bahwa mereka telah dibunuh, sementara pengguna media sosial membagikan foto empat pejuang yang tewas dalam bentrokan itu.

Armenia menuduh Turki mengirim pejuang Suriah untuk bertempur di pihak Azeri di Nagorno Karabakh, meskipun Azerbaijan dan Turki membantah hal itu.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada hari Jumat menuntut Turki menjelaskan apa yang dia katakan sebagai kedatangan pejuang jihadis di Azerbaijan.

Laporan intelijen telah menyebutkan bahwa 300 pejuang Suriah yang ditarik dari "kelompok-kelompok jihadis" dari kota Aleppo di Suriah telah melewati Gaziantep di Turki dalam perjalanan ke Azerbaijan, katanya.

Bentrokan berkecamuk antara pasukan Armenia dan Azerbaijan sejak hari Minggu (27/9) di Nagorno Karabakh, Provinsi etnis Armenia yang memisahkan diri dari Baku dalam perang sengit pada 1990-an. (AFP)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home