Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 14:59 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

29 Juli Microsoft Akan Luncurkan Windows 10

Teknisi Microsoft sedang mendemonstrasikan sistem operasi Windows 10 dalam konferensi pengembang aplikasi Microsoft Build di San Francisco, California, AS. (Foto: reuters.com/Robert Galbraith)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Microsoft pada Senin (1/6) mengumumkan bahwa versi sistem operasi Windows terbarunya akan tersedia pada 29 Juli 2015 untuk pengguna komputer dan komputer tablet.

"Dibangun dengan bantuan lebih dari empat juta orang di seluruh dunia, Windows 10 menandai mulainya era baru teknologi yang personal, didesain untuk memberdayagunakan manusia untuk melakukan hal-hal hebat," tulis Microsoft dalam pernyataan seperti dilansir cnnindonesia.com.

Windows 10 akan tersedia sebagai pembaruan gratis bagi pengguna Windows 7 atau Windows 8.1 dan akan tersedia di 190 negara.

Windows 10 akan terpasang di sejumlah komputer dan komputer tablet yang kompatibel dengan Microsoft mulai 29 Juli dan akan dijual pada tahun ini.

Langkah itu menandai peluncuran penting bagi Microsoft, pascakegagalan relatif Windows 8, yang diluncurkan pada 2013.

Untuk melengkapi konsumen rumah tangga, Microsoft juga menyediakan Windows 10 Pro. Ini akan setara Windows 8 Pro dengan kemampuan Windows Update for Business untuk pelanggan korporasi.

Selain itu ada pula edisi Windows 10 Enterprise untuk korporasi, Windows 10 Education bagi dunia pendidikan, serta Windows 10 IoT Core untuk perangkat ukuran kecil yang terhubung dengan Internet.

Microsoft juga menawarkan edisi Windows 10 Mobile Enterprise untuk korporasi besar dengan lisensi sistem operasi pada perangkat ponsel pintar dan tablet. Namun, rilis sistem operasi untuk perangkat mobile ini tidak bersamaan dengan Windows 10 untuk komputer pribadi.

Microsoft sangat mengandalkan Windows 10, yang pihaknya ingin melihat perangka lunak itu terpasang di miliaran gadget di seluruh dunia pada 2018. Gagasannya untuk memenangkan para pengembang aplikasi.

Windows 10 diperkirakan akan memiliki basis umum sehingga para pengembang akan mampu membuat aplikasi yang berfungsi di smartphone, komputer tablet, PC, desktop bahkan Xbox. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home