Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:14 WIB | Rabu, 10 September 2014

453 Jemaah Haji Kloter 1 Indonesia Tiba di Mekah

Sebanyak 453 jamaah haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), tiba di Mekah, pada Selasa (9/9) tengah malam. (Foto: dok. satuharapan.com)

MEKAH, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 453 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), tiba di Mekah, pada Selasa (9/9) tengah malam, setelah menempuh perjalanan sekitar tujuh jam dari Madinah. Jemaah yang berasal dari Provinsi DKI Jakarta ini menjadi rombongan haji pertama yang tiba di Mekah Al-Mukarramah.

Mereka ditempatkan di Sektor G di Hotel Al Wahdah. Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Daerah Kerja Mekah Endang Jumali dan perwakilan Muassasah, Isham Uwar.

Setelah beristirahat sebentar dan menaruh barang-barang rombongan akan langsung melakukan umrah wajib ke Masjidil Haram. Sebelumnya mereka telah melakukan niat melakukan umrah wajib di Miqat Bir Ali, Madinah.

Kloter pertama embarkasi ini terbang dari Indonesia ke Arab Saudi pada 1 September, dan langsung diinapkan di Madinah selama delapan hari, antara lain untuk melaksanakan sunah arbain atau salat wajib lima waktu selama delapan hari di Masjid Nabawi.

Menurut jadwalkedatangan Daker Mekah, sebanyak 10 kelompok terbang (kloter) jemaah haji akan tiba ke Mekah, mulai Selasa (9/9) tengah malam waktu Arab Saudi, hingga Rabu (10/9) sore atau Rabu (10/9) dini hari hingga malam WIB.

Setelah rombongan pertama tersebut, empat kloter yakni masing-masing kloter pertama dari Batam, Bekasi, Surabaya, Medan, dan Padang akan tiba berbarengan pada Rabu (10/9) pukul 13.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Berikutnya, adalah kloter pertama embarkasi Makassar, Solo, Lombok dan kloter dua embarkasi Solo dijadwalkan tiba pukul 15.00 WAS.

Sebanyak 116 penginapan disiapkan di Mekah untuk menampung jemaah haji. Dari jumlah tersebut sebanyak 70 penginapan minimal setara hotel berbintang tiga, lainnya apartemen.

Keberangkatan jemaah haji Indonesia ke Arab Saudi dibagi dua gelombang.

Gelombang pertama mulai 1 September, jemaah akan turun di bandara Madinah dan di bandara Jeddah, yang kemudian diinapkan di Madinah. Setelah selama berada delapan hari di Madinah, jemaah haji secara bertahap mulai bergerak menuju Mekah.

Sementara itu gelombang kedua jemaah haji dimulai tanggal 15 September. Jemaah haji gelombang kedua turun di bandaraJeddah dan langsung menuju Mekah. Jemaah gelombang kedua ini baru menuju Madinah untuk Arbain setelah melaksanakan ibadah haji. (kemenag.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home