Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:47 WIB | Jumat, 25 Oktober 2019

600 Ha Hutan di Desa Modang untuk Program Kampung Iklim

Ilustrasi. Penilaian Kampung Markisa oleh perwakilan dari KLHK terkait program kampung iklim. (Foto: Antara)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM – Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, menyiapkan sekitar 600 hektare (ha) lahan di kawasan hutan, untuk mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

Menurut Kasi Ketahanan dan Sosial Budaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Huzaimah, yang dihubungi dari Samarinda, pada Kamis (24/10), total kawasan hutan di desa tersebut kurang lebih 1.600 ha.

Ia mengatakan, kurang dari separuh luas wilayah hutan disiapkan untuk program pengurangan emisi karbon Forest Carbon Partnersihip Fasility (FCPF) Carbon Fund 2020-2024.

Ia menambahkan, tim DPMPD Kaltim melakukan monitoring dan evaluasi sosialisasi proklim secara serentak di tujuh kabupaten se-Kaltim, 22-26 Oktober 2019.

"Khusus Desa Modang, monitoring dan evaluasi dilaksanakan, Kamis ini. Tim didampingi Kepala Desa Modang beserta perangkatnya," kata dia.

Huzaimah menjelaskan di Desa Modang terdapat kawasan hutan seluas 1.600 ha lebih.

"Seluas 1.000 ha diperuntukkan untuk hutan hayati dan 600 ha untuk hutan proklim,” kata dia.

Lokasi hutan proklim berjarak sekitar delapan kilometer dari kantor desa dengan medan yang cukup ekstrem.

Hasil monitoring dan evaluasi tersebut mengungkapkan bahwa kepala desa, LPM, BPD, dan tokoh masyarakat bersedia bekerja sama dalam kegiatan proklim yang direncanakan di Desa Modang.

"Mereka secara prinsip siap menunggu tindak lanjut pelaksanaan program,” kata dia. (Ant)

 

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home