Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:52 WIB | Senin, 22 Desember 2014

7 Juta Surat untuk Santa Melalui UPU

Pasukan penjaga perdamaian PBB di Bolivian mengenakan pakaian Santa Claus dan membagikan biskuit selama pertunjukan film animasi oleh pasukan PBB itu. (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Menjelang hari Natal, ‘’tokoh dongeng’’ yang terkait dengan Natal telah mendapat kiriman surat dari anak-anak di seluruh dunia melalui kantor pos Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atau Universal Postal Union (UPU).

Tumpukan surat sekitar tujuh juta surat dari anak-anak diseluruh dunia dikirim untuk Santa Claus dan tokoh hiburan lainnya. Demikian data yang dirilis UPU, hari Jumat (19/12). Dan disebutkan angkanya akan naik hingga 25 Desember mendatang.

Tulisan anak-anak dari  negara-negara di seluruh dunia itu ditujukan kepada Santa Claus dan tokoh liburan populer lainnya seperti Tiga Orang Bijak (dari Timur), dan Santa Nicholas, hingga Ded Moroz.

Total surat yang dikirimkan ke Kotak Pos Santa tetap stabil dibandingkan tahun lalu. Sementara kantor Pos di Kanada dan Perancis menyebutkan rekor jumlah surat yang dikirimkan tahun lalu, dan volume yang tetap tinggi diproyeksikan terulang pada tahun 2014 ini.

UPU yang merupakan badan khusus PBB menyebutkan bahwa mereka di Kanada membalas surat yang ditulis dalam lebih dari 30 bahasa, termasuk dengan huruf Braille. Sebagian besar ditujukan kepada Santa dan menggunakan kode pos khusus: H0H 0H0.

Di Portugal, Santa Claus (Pai Natal) berupaya memastikan sekitar 2.000 anak yang kurang beruntung untuk mendapatkan hadiah Natal mereka menjadi kenyataan. Surat mereka diterbitkan di situs web yang didedikasikan untuk itu dan tersedia di kantor pos di seluruh Portugal. Siapapun dapat mensponsori surat itu dan menawarkan hadiah yang diinginkan anak-anak itu. Correios Portugal akan mengirimkan paket tersebut secara gratis atas nama Pai Natal.

"Mainan masih mendominasi harapan anak-anak untuk hadiah Natal, tetapi permintaan untuk pakaian, hewan peliharaan atau bahkan menjadi saudara dan saudari juga meningkat," kata Isabel Tavares dari Correios Portugal.

Pola yang sama terlihat di Swedia, di mana Kotak Pos Santa menerima sekitar 22.000 surat. "Santa menerima surat dari anak-anak di seluruh dunia, kebanyakan dari Asia. Mereka sering mengirimkan keinginan untuk keberuntungan dan kesehatan yang baik daripada mainan. Yang terakhir disebutkan biasanya lebih umum untuk anak-anak Eropa," kata Maria Ibsen dari Swedia Post.

Di Atlantik, 20 kantor pos di seluruh Amerika Serikat berpartisipasi dalam program "Surat untuk Santa." Di New York City, 500.000 surat diproses setiap tahun dan program ini disebut sebagai 'Operasi Santa'.

Karena Santa adalah superstar universal, dia memiliki alamat di banyak bagian dunia. Surat itu sering digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menulis alamat secara benar dalam meproses surat kepada tokoh liburan favorit mereka.

UPU didirikan pada tahun 1874, dan mempunyai pusat di Berne, Swiss. Ini adalah organisasi antar pemerintah tertua kedua di dunia dan telah menjadi badan khusus PBB sejak tahun 1948.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home