Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 14:33 WIB | Minggu, 10 Desember 2017

Abu Dhabi Ternyata Pembeli Lukisan Yesus yang Capai Rekor

Lukisan karya Leonardo da Vinci, Salvator Mundi, yang dilelang di Balai Lelang Christie New York, AS. (Foto: Huffinton Post Australia)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Uni Emirat Arab di Abu Dhabi menyatakan pihaknya adalah pembeli misterius lukisan Leonardo da Vinci yang telah lama hilang, dengan mencapai harga rekor 450 juta dolar (setara Rp6,095 triliun) dalam lelang.

Departemen itu, seperti diberitakan NHK, pada hari Jumat (8/12/2017) memastikan pihaknya telah membeli lukisan "Salvator Mundi", atau "Penyelamat Dunia". Reuters menyebutkan, lukisan Yesus Kristus yang diperkirakan dibuat tahun 1500 tersebut merupakan karya seniman besar Italia yang juga mempunyai minat di bidang ilmu dan teknologi, Leonardo da Vinci (1452 – 1519).

Dalam pelelangan di New York pada 15 November lalu, pembeli tidak teridentifikasi.

Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi seperti diberitakan banyak media, mengatakan karya seni itu akan ditampilkan di Louvre Abu Dhabi yang baru dibuka, bersebelahan dengan karya da Vinci lainnya yang tengah dipinjam dari Museum Louvre di Prancis.

Kedutaan besar Arab Saudi di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan al-Saud membeli lukisan tersebut mewakili Abu Dhabi. Beberapa media sebelumnya melaporkan bahwa pembeli itu adalah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Namun berita itu dibantah Kerajaan Saudi.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home