Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:37 WIB | Jumat, 09 November 2018

Acara Akhir Pekan 10 – 11 November 2018

Ilustrasi. Sanggar Andika meraih gelar Juara Pertama dalam kegiatan Indonesia Menari 2016.. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di bulan November ini diramaikan oleh beberapa acara  di Ibukota, di antaranya pertunjukan tari bersama Indonesia Menari 2018, pameran properti, pameran alat pancing, expo Travel Big Bang, Indo Marine 2018 Expo & Forum, dan festival kuliner.  

Beberapa daerah menggelar acara festival, yakni lomba Internasional Musi Triboatton 2018 di Palembang, Festival Bekudo Bono 2018 di Riau, dan Festival Tempo Doeloe Kota Tua di Jakarta.

Berikut acara pilihan Redaksi Satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 10 November

Kota Kasablanka, Jakarta, Pameran Grand Property

Acara berlangsung pada Selasa (6/11) – Minggu (11/11), masuk gratis.

Grand Property merupakan salah satu property expo yang diselenggarakan oleh MCI Management, yang berlokasi di Kota Kasablanka (Mosaic Walk). Pada property expo kali ini penyelenggara menyajikan berbagai pilihan hunian untuk keluarga di antaranya adalah Savasa at Kota Deltamas, Transpark Cibubur, One Parc Puri, Gateway Park & Lrt City Jaticempaka, Tamansari Iswara, Aston Ciloto Puncak Hotel & Resort, Capitol Suites Apartment, D Luxor, Perum Perumnas – TOD KAI Rawa Buntu, Evensio Property, yang memberikan penawaran menarik selama periode pameran.

Untuk Info Lebih Lengkap: IG: @mcimanagement, FB: MCI Management, Twitter: @mcipromo

Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Pameran Alat Pancing Jakarta, 6th IFTE – Indonesia Fishing Tackle Exhibition 2018

Acara berlangsung pada Kamis (8/11) – Minggu (11/11).

Pameran alat-alat pancing terbesar di Indonesia, 6th IFTE disponsori oleh Shimano, didukung oleh brand-brand ternama dari lokal dan luar negeri. Kegiatan: bazaar, discount, talkshow, games, undian berhadiah, dan Grand Prize Motor.

Info dan kontak: e-mail ifte.event@gmail.com, SMS/WA: 0819-5839-9495, www.indonesiafte.com

ICE BSD City Tangerang, Indonesia International Travel Show 2018: Travel BIG BANG

Acaa berlangsung pada Jumat (9/11) – Minggu (11/11), harga tiket masuk Rp30.000.

Jangan lewatkan “Travel Big Bang” di gelaran Indonesia International Travel Show 2018, 9-11 November 2018 di Hall – ICE BSD City – Tangerang. Banyak destinasi menarik dan paket tour yang menggiurkan, serta banyak cash back dan promo lain.

Info lebih lengkap: IG : @indonesiatravelshow, #bigbang #iits #travelfair #iits2018 #traveling#travelingindonesia #traveling

JIExpo Kemayoran Jakarta, Indo Marine 2018 Expo & Forum

Acara berlangsung pada Rabu (7/11) – Sabtu (10/11).

Sebagai tanggapan terhadap pertumbuhan industri kelautan yang pesat di Indonesia, Jakarta akan menjadi tuan rumah Acara Keamanan Maritim No 1, Indonesia - Indo Marine 2018 Expo dan Forum dari 7-10 November 2018 di JIExpo Kemayoran - Jakarta, Indonesia.

Acara ini didukung oleh Kementerian Perhubungan dan Departemen Kelautan dan Perikanan, Badan Koordinasi Keamanan Maritim Indonesia, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Angkatan Laut Indonesia, Polisi Maritim. Indo Marine 2018 Expo dan Forum adalah acara yang sangat penting bagi industri kelautan komersial Indonesia dan Asia.

Diselenggarakan bersamaan dengan expo akan ada forum internasional yang diharapkan dapat menarik lebih dari 300 pengambil keputusan tingkat atas dari pemerintah dan sektor komersial, pameran dan forum ini adalah platform paling penting bagi industri maritim untuk berbagi pengalaman, membangun jaringan, dan membangun kemitraan strategis.

Manfaatkan peluang penjualan terbaik dan bertatap muka dengan ribuan pembeli berkualitas yang mencari produk baru, ide, dan layanan inovatif.

Info dan kontak:  Facebook: Indo Marine Expo & Forum, Twitter: @IndoMarineExpo, Website: indomarine.co

JIExpo Kemayoran Jakarta, Indo Aerospace & Indo Helicopter 2018 Expo & Forum

Acara berlangsung pada Rabu (7/11) – Sabtu (10/11).

Jakarta akan sekali lagi menjadi tempat penyelenggaraan International Flight, Aircraft & Airport Technology Show 6th Indonesia - Indo Aerospace yang menampilkan Indo Helicopter 2018 Expo & Forum dari 7-10 November 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Indonesia.

Diselenggarakan bersamaan dengan expo akan menjadi Konferensi Industri Aerospace Indonesia yang diharapkan dapat menarik lebih dari 400 pengambil keputusan dari kedua pemerintah dan sektor komersial. Konferensi ini adalah platform paling penting bagi industri kedirgantaraan untuk berbagi pengalaman, membangun jaringan dan membangun kemitraan strategis.

Selama 4 hari penuh aksi, Anda juga dapat menghadiri konferensi internasional, banyak presentasi teknis gratis, lihat demonstrasi produk langsung, dan jaringan dengan pakar industri.

Indo Aerospace 2018 Expo & Forum bergabung dengan Indo Defence 2018 Expo & Forum dan Indo Marine 2018 Expo & Forum

Info dan kontak:  Facebook: Indo Aerospace & Helicopter Expo & Forum, Twitter: @IndoAerospace, Website: indoaerospace.com

Bundaran Tarian Langit, Harapan Indah, Bekasi, La Fonte Festival Pasta Bisa 2018 di 3 Kota

Acara berlangsung di Bekasi pada Sabtu (10/11) – Minggu (11/11).

La Fonte Festival Pasta Bisa 2018 di 3 Kota.

Setelah sukses dengan Ice Cream Festival @icecream_fest kali ini Lian Mipro menggelar La Fonte Festival Pasta Bisa.

Nikmati 30 menu pasta istimewa cuma Rp 10.000 + bonus pasta bawa pulang bersama @chefbrianwicaksono

Catat jadwal acaranya di 3 kota : Bekasi tanggal 10-11 November 2018 di Bundaran Tarian Langit, Harapan Indah – Bekasi, Cibinong tanggal 01-02 Desember 2018 di Cibinong City Mall, Lampung tanggal 08-09 Desember 2018 di Lapangan GOR Saburai – Bandar Lampung

Share ke semua temen kamu yang doyan banget sama pasta ya.

Info dan kontak: Instagram: @festivalpastabisa, Website: pastabisa.com

Aula Terapung UI, Pelatihan GIS UI 2018

Acara berlangsung pada Kamis (8/11) – Sabtu (10/11).

Harga tiket masuk: Rp1.250.000 untuk mahasiswa S1/D3 dan 1.750.000 untuk Instansi/Umum

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan serta keterampilan mengenai Geographical Information System (GIS), dan penggunaan drone/UAV untuk pemetaan kepada masyarakat umum terutama yang membutuhkan keterampilan GIS serta pemanfaatannya di berbagai bidang.

Kelompok Studi Geografi Universitas Indonesia dan Line House Production mempersembahkan Pelatihan GIS 2018 dengan tema “Do Your Own Map”

GIS pada perkembangannya menggunakan foto udara sebagai data spasial. Foto udara menggunakan drone menghasilkan gambar/citra dengan resolusi tinggi yang dapat digunakan untuk pemetaan yang nantinya akan digunakan di bidang ilmu geografi maupun bidang ilmu lainnya yang membutuhkan.

Fasilitas yang akan didapatkan: Sertifikat, Modul dasar dan lanjutan, Coffee break, Lunch, Goodie bag, Info penginapan

Format Pendaftaran : Nama lengkap_Mahasiswa/Umum

Dikirim melalui : 08990050151 Ananda, 089608963886 Yerisca Whatsapp/SMS/Phone

Info dan kontak: 0896 0896 3886 (yerisca)

Lippo Mall Kemang, Bazaar Flavours of Asian – Jakarta

Acara berlangsung pada Kamis (8/11) – Minggu (11/11).

Kami mencari rasa autentik dari Asia seperti Jepang, Korea, China, Taiwan, India, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Indonesia untuk bergabung dengan kami.

Hubungi kami dan kirim Menu Asia Anda. Yang terpilih akan bergabung dengan kami.

Info dan kontak: Instagram: @garudaorganizer

Bentara Budaya Bali, Pukul 8.00 WITA, Lomba Musikalisasi Puisi se-Bali

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, menyelenggarakan Lomba Musikalisasi Puisi serangkaian peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, dilaksanakan di Bentara Budaya Bali.

Merujuk tajuk “Pelestari Seni dan Budaya, Pahlawan Baru Bangsa“, lomba ini diniatkan untuk membuka ruang kreativitas dan apresiasi seluasnya bagi generasi muda melalui ragam kesenian kolaboratif yang lintas bidang. Musikalisasi puisi bukan saja mengedepankan unsur-unsur susastra dalam puisi, namun mempertautkan pula seni musik dan pemanggungan atau seni panggung.

Lomba terbuka bagi siswa SMA/SMK/Sederajat se-Bali, masing-masing kelompok terdiri atas minimal 5 orang. Sebagai juri yakni: Ida Bagus Martinaya (Jurnalis, Pegiat Teater, Kartunis), Wendra Wijaya (Pegiat Musikalisasi Puisi), Wayan Sumahardika (Sutradara Teater).

Minggu, 11 November

Grand Indonesia Jakarta, The Park Mall Solo, dan Mall 23 Paskal Bandung, di Taman Indonesia Kaya Semarang, Pukul 16.00, Indonesia Menari 2018

Indonesia Menari, merupakan sebuah gerakan menari bersama untuk mendekatkan kembali masyarakat Jakarta dengan tari tradisional Nusantara dengan cara mengemas tari-tarian Indonesia dalam konsep yang modern dan menyenangkan terutama untuk anak-anak muda, diadakan di tiap bulan November.

Tahun ini, Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan Indonesia Menari 2018 dan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi di ajang menari massal ini.

Penari atau bukan, siapapun boleh berpartisipasi dalam acara ini! Pendaftaran dibuka bagi para peserta yang ingin mendaftarkan komunitasnya, maupun para peserta yang ingin mendaftar secara perorangan. Untuk pendaftar atas nama komunitas minimal membawa 5 orang peserta dan maksimal membawa 7 orang peserta.

Palembang, Sumatera Selatan, Internasional Musi Triboatton 2018

Acara berlangsung pada Rabu (7/11) – Minggu (11/11).

Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan, kembali menggelar acara tahunan International Musi Triboatton 2018 (IMT 2018) yang menempuh jarak lebih dari 500 km di Sungai Musi yang berkelok-kelok, dan yang diharapkan tahun ini diikuti 20 tim internasional dan provinsi. Acara tahun ini merupakan cara yang ke-8 kali dilaksanakan sejak tahun 2012.

Acara olah raga ini, menampilkan lomba arung jeram dan renang serapungan yang merupakan metode tradisional mengikat batang bambu dengan rotan yang biasa digunakan masyarakat untuk menyeberangi Sungai Musi.

Internasional Musi Triboatton (IMT) 2018 bergabung dengan tiga petualangan sungai dengan menggunakan 3 jenis kapal berbeda, yaitu kapal sungai, kayak, dan kapal balap tradisional, diikuti oleh kapal induk sepanjang jalan dari hulu, melewati arus kuat sepanjang total 500 km.

Selain itu, acara ini juga menampilkan pertunjukan pendukung seperti pertunjukan tarian tradisional.

Internasional Musi Triboatton tahunan dipentaskan untuk menciptakan acara seru bagi para wisatawan yang dapat dinikmati dan berpartisipasi, sekaligus memicu pembangunan infrastruktur di kawasan yang akan mempercepat pembangunan ekonomi Sumatera Selatan.

Sembilan negara ikut Internasional Musi Triboatton Sumsel.

Area Kota Tua Jakarta Barat, Festival Tempo Doeloe Kota Tua

Acara berlangsung pada Sabtu (10/11) - Jumat (16/11).

Festival Tempo Doeloe adalah event yang diselenggarakan di area Kota Tua Jakarta untuk menciptakan suasana tempo dulu dan ada zona pertunjukan teater sesuai era tahun tertentu. Pengunjung wajib memakai pakaian era tersebut dan secara tidak langsung ikut berperan dalam pertunjukan teater.

Acara ini juga diramaikan panggung ekspresi seperti gambang kromong, lawak, Atraksi budaya Betawi, lenong Betawi, dan tari-tarian. Beberapa stand makanan dan cenderamata juga akan memeriahkan festival ini.

Teluk Meranti, Provinsi Riau, Festival Bekudo Bono 2018 di Riau

Acara berlangsung pada Selasa (12/11) – Kamis (15/11).

Penggemar surfing, pencari sensasi, dan pecandu adrenalin, bersiap diri! Pada tahun 2018, Festival Bekudo Bono 2018 kembali menghadirkan gelombang yang paling menantang, tidak berada di pantai seperti surfing pada umumnya, tapi jauh ke dalam Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Tahun ini festival ini akan berlangsung saat air pasang berada pada posisi tertinggi yaitu pada tanggal 12 - 15 November 2018.

Baru-baru ini ditemukan oleh komunitas surfing, sungai pasang surut internasional, Bono Tidal Bore melaui muara Sungai Kampar di Provinsi Riau, menarik komunitas selancar dari seluruh dunia ke “pororoca” Indonesia yang menakjubkan ini.

Kampar adalah, sungai yang panjang yang mengalir dari pegunungan Bukit Barisan di sebelah barat Pulau Sumatera. Sungai mengalir deras di sepanjang pantai barat pulau itu, lalu berkelok-kelok di seluruh Provinsi Riau, akhirnya mencurahkan air ke Selat Malaka, di pantai timur Sumatera. Sepanjang jalurnya yang panjang, sungai tersebut terbelah menjadi dua cabang besar yang dikenal sebagai Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Kedua cabang ini kemudian bertemu di Langgar di Kabupaten Pelalawan, di muara Kampar.

Di sini kedua cabang bergabung dengan banyak sungai lainnya sehingga Kampar menyalurkannya ke mulut sungai yang lebar. Pada setiap pasang, ombak tinggi dari laut terhempas dan bertemu arus hilir sungai Kampar. Dua energi yang berlawanan bertemu, dan  apalagi, yang disebabkan oleh corong sungai, - gelombang pasang surut Kampar yang fenomenal terbentuk, mengalir deras di pedalaman, berguling ke lebih dari 60 km ke hulu sungai.

Gelombang pasang ini dikenal oleh masyarakat lokal dengan sebutan "Bono", yaitu  gelombang yang cepat dengan suara gemuruh keras pada kecepatan 40 kilometer per jam. Surfing di sungai bisa naik setinggi 4 sampai 6 meter, sekaligus menciptakan barrel yang disukai peselancar.

Setiap tahun, festival ini menampilkan usaha untuk memecahkan rekor dunia untuk perjalanan terpanjang dan terjauh di sungai. Tahun lalu, setidaknya 20 peselancar paling berpengalaman di dunia ambil bagian dalam festival sejenis ini. Sebuah rekor individu baru dibuat oleh Australian Surfer James Cotton yang berhasil mengendarai pasang surut selama 1,2 jam dengan jarak tempuh 17,2 km. Prestasi tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Steve King dari Inggris yang menempuh jarak 12,23 km dalam 1,6 jam.

Gelombang pasang Kampar yang dinamai Bono oleh penduduk setempat terjadi secara teratur di Teluk Meranti, pertama kali ditemukan oleh bore-rider Prancis dan Brasil, di mana mereka menemukan sensasi yang berbeda. Sejak saat itu, banyak penggemar bore-ride telah berkelana untuk berselancar di gelombang Sungai Kampar atau dikenal juga “Tujuh Hantu”.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home