Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:49 WIB | Jumat, 10 Agustus 2018

Acara Akhir Pekan 11- 12 Agustus 2018

Ilustrasi. Seorang wanita mengenakan kostum berhias bunga pada kegiatan karnaval Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 di Tomohon, Sulawesi Utara, Selasa pada (8/8/2017). (Foto: Antaranews.com)

SATUHARAPAN.COM – Agenda acara di pertengahan bulan Agustus ini diramaikan oleh beberapa acara  di Ibukota, antara lain pertunjukan musik a cappella, kerocong, pertunjukan teater, pameran pernikahan, juga pameran flora dan fauna.

Selain itu ada beberapa festival budaya yang digelar beberapa daerah, yang sangat menarik dan sudah mendunia yakni, International Gamelan Festival 2018, Tomohon International Flower Festival 2018, Festival Pesona Lipuku 2018 Kepulauan Togean, dan Festival Lembah Baliem 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 11 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan A Cappella Suara Cinta untuk Indonesia oleh Jamaica Cafe

Jamaica Cafe yang telah berkarier dengan membesarkan A Cappella Indonesia lebih dari 20 tahun, akan membawakan kisah mengenai perjuangan dan kecintaan mereka terhadap Indonesia, melalui lagu-lagu nasional dari berbagam daerah hingga lagu-lagu perjuangan, untuk menceritakan kembali kisah perjuangan Indonesia dengan karakter Jamaica Cafe yang unik hanya untuk pencinta seni Galeri Indonesia Kaya.

Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki Jakarta, pukul 14.00 dan 20.00, Pertunjukan Teater Lakon Brigade Orgil oleh Kayan Production

Acara berlangsung pada Jumat (10/8) – Sabtu (11/8).

Brigade Orgil adalah kisah yang terjadi di sebuah negeri, bernama Negeri Gilabeh. Di negeri itu sedang terjadi wabah yang aneh dan mencemaskan. Semua orang seperti terserang kegilaan. Lalu mereka teringat sebuah ramalan, bahwa pada suatu hari akan datang wabah aneh yang membuat semua orang menjadi kehilangan kewarasan.

Wabah aneh itu memuncak ketika tak seorang pun mau menjadi pejabat atau pemimpin dan Negeri Gilabeh terancam vakum. Bagaimana tidak khawatir akan kevakuman, apabila yang  terjadi ketika dilakukan pemilihan umum, yang menang justru kotak kosong? Bagaimana pun Negeri Gilabeh tak boleh bubar.

Untuk itu pemilihan umum harus diulang. Harus ada yang maju menjadi pemimpin. Namun sayangnya, tak ada yang mau. Semua kader partai mundur teratur. Menjadi pemimpin adalah beban dan kutukan, bisa-bisa nasib mereka berakhir di penjara. Lalu dengan siasat yang rapi, mendadak ditetapkan satu orang yang dipaksa untuk maju jadi pemimpin. Sejarah orang ini misterius. Tiba-tiba saja dipilih menjadi pemimpin. Baru belakangan diketahui, orang ini adalah orang gila yang kabur dari rumah sakit.

Di tengah kegilaan, orang gila menjadi tidak nampak gila. Bahkan sebaliknya, di tengah wabah kegilaan, orang yang tak gila justru terlihat gila. Pemimpin Baru lahir di Negeri Gilabeh dengan pemikiran dan ide-ide cemerlang. Ide dan gagasanya memang terkesan gila, tetapi justru masuk akal dan bisa diterima semua orang. Keputusan-keputusan ganjil justru terasa masuk akal.

Para politisi bersaing menggunakan bermacam kegilaan untuk mencapai tujuan. Mereka mengorganisasi, orang-orang dan membentuk kekuatan barisan. Setiap anggotanya harus menjadi gila lebih dulu. Harus dites dan diuji kadar kegilaannya. Syarat menjadi anggota yang baik adalah lulus ujian kegilaan dan mendapatkan sertifikat dan kartu anggota Brigade Orgil.

Brigade Orgil merupakan lakon kocak penuh ironi yang menggambarkan sebuah zaman ketika yang gila dan tidak gila telah sulit dibedakan.

Kartika Expo Center, Balai Kartini Jakarta, Pameran Pernikahan 9th Edition Gebyar Pernikahan Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Jumat(10/8) – Mnggu (12/8).

Setelah sukses menggelar Gebyar Pernikahan Indonesia 8th edition di semester pertama tahun 2018, Parakrama Organizer & Manten House kembali mempersembahkan sebuah pameran pernikahan tradisional terbesar di Indonesia, Gebyar Pernikahan Indonesia 2018 (9th edition) di Kartika Expo Center, Balai Kartini Jakarta pada tanggal 10 – 12 Agustus 2018 mendatang.

Diikuti oleh hampir 200 vendor pernikahan, khususnya vendor tradisional terbaik yang ada di Jakarta & sekitarnya, GPI 2018 akan menjadi solusi bagi para calon pengantin yang ingin mencari pilihan serta penawaran terbaik dari vendor-vendor peserta yang mungkin tidak didapatkan di pameran-pameran lainnya.

Didukung oleh sponsor dan supporting lainnya, GPI 2018 akan menghadirkan beragam acara, program-program menarik yang akan menambah wawasan calon pengantin untuk mempersiapkan hari pernikahan. Ditambah berbagai hadiah hingga sebuah grand prize mobil dapat menjadi milik Anda para pengunjung, calon pengantin yang menghadiri GPI 2018.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai 9th edition of Gebyar Pernikahan Indonesia silakan kunjungi gebyarpernikahanindonesia.com

Info dan kontak: Facebook: Gebyar Pernikahan Indonesia, Instagram: @gebyarpernikahanindonesia, Website: gebyarpernikahanindonesia.com

Lapangan Banteng, Jakarta, Pameran Flora dan Fauna, Flona Synergreen 2018

Acara berlagsung pada Jumat (10/8) – Senin (10/9).

Acara ini akan kembali menghadirkan aneka flora dan fauna, dan pastinya akan lebih meriah dan menarik. Flona Synergreen 2018 akan menghadirkan Pet Market, Mini Zoo, Plants Market, Organic Market dan Booth Aneka Kuliner (F&B).

Kapan lagi ada sensasi kebun binatang dan indahnya taman beraneka tanaman di tengah-tengah Kota Jakarta, dan yang pasti anak-anak juga akan seneng banget!

Ajak keluarga, saudara dan teman untuk hadir ke acara Flona 2018!

Info dan kontak: Telp 1: 021-72799818, Telp 2: 0878-85856276, Telp 3: 0812-96506801, Telp 4: 0878-88456726, Instagram: @dinaskehutanandki

@america Pacific Place, pukul 10.30 – 13.00 WIB, Movie Club: Lima

Tonton film omnibus yang merefleksikan ideologi nasional Indonesia, Pancasila. Bergabunglah di sesi diskusi bersama dengan pembuat film di akhir pemutaran! Lola Amaria, Producer and Co-Director, Sinar Ayu Massie, Script Writer, dimoderasi oleh Asmi Nur Aisyah

Metropolitan Mall Bekasi, Pameran Trend Property Expo Bekasi

Acara berlangsung pada Rabu (1/8) – Minggu (12/8).

Trend Property Expo merupakan salah satu pameran properti yang menyajikan berbagai pilihan hunian menarik dari berbagai developer terpercaya, dan yang pasti menjadi favorit untuk Anda.

Info dan kontak : (021) 29030769

Atrium CyberMall Malang, Lomba Mewarnai Celebrate Independence Day 2018

Biaya pendaftaran: Rp 35.000

Info dan kontak: Baby 0821 3219 4348 / Reza 0822 4571 4346

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 19.30 WIB – selesai, International Gamelan Festival 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (11/8) – Selasa (14/8).

Performers pada Sabtu (11/8):  Gema Swarayatgita (Jakarta), Surya Kencana A (Hongaria)

Performers pada Selasa (14/8): 7 MM – Suwandi (Surabaya), Univ MARA – Prof. Shahanum (Malaysia), Malire – Dedy Satya (Bandung)

Solo sedang bersiap menerima “kepulangan/mudik/mulih/homecoming“-nya lebih dari 50 kelompok gamelan dari dalam dan luar negeri, dalam pergelaran International Gamelan Festival (IGF) 2018. Sekurang-kurangnya 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri, serta belasan peneliti/ahli gamelan, akan pulang kampung (home coming) ke Solo untuk tampil di IGF 2018, antara tanggal 9-16 Agustus 2018.

Homecoming adalah tema besar dari penyelenggaraan IGF kali ini. IGF mengundang kelompok-kelompok gamelan yang berdiaspora di berbagai belahan dunia dan dalam beraneka corak perkembangan serta fungsi. Tercatat setidaknya 20 kelompok gamelan dari 10 negara akan bersua 41 kelompok gamelan Slendro, Pelog, serta Kraton. Bersama mereka akan menghibur para pencinta gamelan Nusantara. Soft Opening yang akan dilaksanakan dengan menghadirkan 72 kelompok gamelan yang akan menabuh bersama-sama.

Opening Ceremonial, diawali dengan pergelaran komposisi karawitan oleh kelompok gamelan dari kelurahan-kelurahan, sanggar, dan pelajar di Solo Raya. Sesudah itu dikumandangkan Gendhing Ketawang Puspowarno, dilanjutkan gelaran komposisi karawitan hasil kolaborasi para komponis yang telah mencapai puncak penjelajahan artistik Gamelan. Mereka adalah Rahayu Supanggah (Solo), Wayan Yudane (Bali), dan Taufik Adam (Jakarta).

Gamelan Situs Istana, pada panggung pertunjukan tersebut juga akan menghadirkan konser gamelan yang berasal dari situs-situs istana di antaranya Keraton Kasunanan (Solo), Pura Mangkunegaran (Solo), Puri Paku Alam (Yogyakarta), Kasultanan (Yogyakarta), Kasultanan Kanoman Cirebon (Cirebon), Puri Pliatan - Teges (Bali), dan juga Kasultanan Banjar (Kalimantan Selatan).

Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara, Tomohon International Flower Festival 2018

Acara berlangsung pada Rabu (8/8) – Minggu (12/8).

Setiap bulan Agustus Kota Tomohon yang dijuluki sebagai kota bunga, yang letaknya dekat Manado ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, akan kembali meriah lewat acara Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018. Jadi, pastikan Tomohon menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya. Pada acara ini, Kota Tomohon yang sejuk akan ditutupi dengan berbagai bunga yang berwarna-warni dan indah.

Acara yang penting dari Tomohon International Flower Festival atau Festival Bunga Internasional Tomohon adalah Turnamen Bunga atau yang juga dikenal dengan Parade Bunga yang akan berlangsung di sepanjang jalan utama di Tomohon yang menampilkan float yang dihiasi dan dibawa oleh berbagai kecamatan di Sulawesi Utara, perusahaan besar serta provinsi peserta lainnya dari seluruh Indonesia, dan dari negara lain.

Festival ini, akan menampilkan pawai keindahan bunga-bunga dari berbagai daerah. Selain menarik gadis-gadis muda berbakat dari seluruh penjuru negeri, kontes ini bertujuan menanamkan dan menyebarkan rasa cinta pada bunga. Selain itu akan ada Pameran Seni dan Budaya Nusantara yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya dari seluruh Indonesia. Menyajikan segala hal yang perlu Anda ketahui tentang bunga serta pariwisata dan bisnis, Pameran Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi.

Special Event: Tournament of Flower (TOF), kegiatan pawai kendaraan hias bertaraf internasional yang akan diikuti oleh Perwakilan Negara Sahabat, Kabupaten/Kota se-Indonesia dan Perusahaan Swasta/BUMN/BUMD. Peserta kendaraan hias akan dinilai oleh tim pakar independen bertaraf nasional dengan kriteria yang ditetapkan panitia

Kontes Ratu Bunga, adalah Kontes bertaraf Nasional, yang akan menjaring para putri terbaik se-Indonesia, yang memiliki bakat dan kemampuan serta rasa cinta akan bunga, sehingga mampu menjadi Duta yang mempromosikan pariwisata melalui bunga;

Pameran Bunga/Florikultura, Ekshibisi bunga yang akan menampilkan kekayaan florikultura dalam beragam desain unik dan menarik.

Pergelaran Seni Budaya Nusantara akan menampilkan kekayaan Nusantara melalui ragam seni dan budaya dari berbagai daerah, baik di Sulawesi Utara maupun Indonesia secara keseluruhan.

Info dan kontak: Website: tomohonflowerfestival.com

Tojo Una Una, Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, Festival Pesona Lipuku 2018 Kepulauan Togean

Acara berlangsung pada Senin (6/8) – Minggu (12/8).

Festival Pesona Lipuku 2018 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una Una dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tojo Una Una, sehingga diharapkan akan lebih banyak wisatawan yang berkunjung.

Dalam Festival Pesona Lipuku 2018 ini akan terdapat berbagai kegiatan yang menarik, di antaranya adalah fun bike, bela diri tradisional, kuliner, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, olahraga, bahkan berbagai perlombaan seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu. Acara ini selanjutnya akan menampilkan masakan lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram.

Kepulauan Togean dikenal dengan pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Tempat ini juga memiliki hutan mangrove yang memiliki 33 jenis mangrove. Sejauh yang bisa dilihat mata, ada tanaman rindang yang merupakan sumber makanan utama hewan dugong.

Sebagai bagian dari Segitiga Terumbu Karang selain Filipina dan Papua Nugini, Kepulauan Togean memiliki salah satu pemandangan bawah laut terindah di Indonesia. Terumbu karang di tempat ini sangat sehat dan alami. Pada tahun 2004 Kepulauan Togean dinobatkan sebagai taman nasional oleh pemerintah.

Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Festival Lembah Baliem 2018

Acara berlangsung pada Rabu (8/8) – Jumat (10/8).

Festival ini, adalah satu kesempatan ketika semua suku yang beragam dari dataran tinggi Wamena dan Lembah Balliem seperti Dani, Lani, dan Yali berkumpul bersama untuk merayakan festival tahunan mereka. Pada kegiatan festival akan banyak pertunjukan yang diperankan oleh beragam suku yang kebanyakan mempersembahkan simulasi perang antarsuku maupun keluarga dan beberapa tarian tradisional dari berbagai suku di Baliem dan Wamena.

Simulasi perang antarsuku tersebut digelar selama dua hari yang menampilkan sekitar 26 kelompok yang terdiri atas 30-50 pejuang. Adegan pertempuran ini diiringi dengan musik tradisional Papua Pikon. Pikon adalah alat musik yang terbuat dari kulit kayu yang menghasilkan suara saat ditiup. Suara yang tercipta menghasilkan musik yang menenangkan. Tidak banyak orang yang bisa memainkan instrumen ini karena membutuhkan keahlian khusus.

Diselenggarakan oleh Kabupaten Jayawijaya, festival ini bertujuan mengenalkan dan melestarikan nilai dan budaya suku tradisional Lembah Baliem.

Festival Lembah Baliem akan disempurnakan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya yang menarik, termasuk tarian tradisional Papua, balap babi, Lempar Tombak Rotan Puradan, permainan Tombak Sikoko, pertunjukan musik tradisional Papua, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat merasakan arti sebenarnya dari orang Papua, dengan mengenakan kostum tradisional koteka, dan menghitamkan kulit sehingga mereka juga bisa menjadi bagian dari perayaan.

Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan, Festivals Pagaralam Heritage Trail 2018

Acara berlangsung pada Rabu (8/8) – Sabtu (11/8).

Menjelajahi situs-situs warisan budaya dan alam di tanah Besemah menjadi kegiatan utama dalam event "Pagaralam Heritage Trail" 2018. “Besemah” merupakan sebutan untuk wilayah Pagaralam dan sekitarnya, yang konon nama itu diambil dari nama ikan, semah, yang dulu banyak ditemui di wilayah tersebut. Banyak versi mengenai cerita asal-usul nama Besemah.

Seperti diketahui, Pagaralam adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan, yang sebelum tahun 2001 merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Lahat. Berada pada ketinggian 100-1000 mdpl dan terletak di kaki Gunung Dempo, kota ini sangat kaya akan potensi wisata alam, juga situs peninggalan kebudayaan Megalitikum.

Kekayaan itulah yang bakal dieksplorasi dalam gelaran Pagaralam Heritage Trail. Diselimuti kesejukan hawa pegunungan, para pengunjung/peserta akan diajak menyusuri perkebunan teh, menjelajah desa-desa tua sampai menikmati keharuman kopi hutan. Penelusuran heritage trail (jejak warisan bersejarah) sendiri, akan dimulai dari Gua Macan yang menjadi awal mula migrasi manusia, lalu menyusuri situs-situs megalitik hingga menjelajah ke danau di kaldera Dempo.

Selama empat hari, peserta akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. Selain berwisata dan sedikit bertualang, para peserta juga diajak menyelami kebudayaan dari peradaban purba melalui peninggalan-peninggalan yang ada. Pagaralam yang terletak di antara Bukit Barisan dan Gunung Dempo pastilah kaya akan bebatuan cadas, dan bebatuan inilah yang digunakan oleh manusia purba (prasejarah) untuk membuat arca, dolmen, menhir, makam batu, lesung batu dan sebagainya. Ada lebih dari 20 area di Pagaralam yang diyakini sebagai situs megalitik.

Berkait wisata alam, selain kebun teh di lereng Dempo dan Gunung Dempo (3.159 mdpl) sendiri, Pagaralam memiliki sejumlah destinasi lain yang wajib dikunjungi, antara lain Danau Merah Rimba Candi, Danau Tebat Gheban, Rimba Candi, Air Terjun Curup Mangkok, Curup Tujuh Kenangan dan Air Terjun Lematang Indah, Batu Gong, dan masih banyak lagi.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Telepon: +62 711 357348, Email: info@dipardass.go.id, Situs web: www.dipardass.go.id.

Minggu , 12 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Keroncong Kemerdekaan oleh Dony Koeswinarno dan Keroncong Indonesiaku feat. Mutiara Sukardi, Irsa Andrea, Marcellina Ingrid, Areess Cak Rocker, Junio Fernandez

Dony Koeswinarno & Keroncong Indonesiaku akan menampilkan lagu-lagu bertemakan Kemerdekaan. Sesuai dengan tema acara yaitu Keroncong Kemerdekaan. Selain lagu-lagu bertema Kemerdekaan yang menggugah rasa cinta Tanah Air Indonesia, Dony Koeswinarno & Keroncong Indonesiaku juga akan membawakan beberapa lagu yang di ambil dari album solonya.

Dony Koeswinarno S.Sn lahir di Surakarta, 26 Maret. Lulusan dari Fakultas Seni Pertunjukan Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini mempunyai pengalaman tampil di beberapa pergelaran musik di Tanah Air maupun mancanegara serta berkolaborasi dengan banyak musisi di dalam dan di luar negeri. Selain tampil rutin di beberapa festival musik jazz di Indonesia, di antaranya JakJazz, Java Jazz Festival, Solo City Jazz, Batam Jazz Festival, Bangka Jazz Festival, NgayogJazz dan juga aktif di dunia industri rekaman sebagai bintang tamu serta beberapa konser musik di Tanah Air.

Dia juga pernah terlibat aktif di beberapa orkestra di Indonesia, di antaranya Twilite Orchestra, Jakarta Concert Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Dwiki Dharmawan “World Peace Orchestra” dan yang lainnya. Pada tanggal 9 Maret 2009 Dony bersama Pitoelas Horn Section terlibat dalam konser Natalie Cole di Jakarta.

Pada bulan Agustus 2017 Dony Koeswinarno merilis album solo pertamanya dengan judul Dony Koeswinarno. Konsep dari album ini adalah perpaduan musik Keroncong dan Jazz yang dikemas dengan gaya “Kekinian” (Keroncong Jazz Kekinian).

Start dari PIK Avenue Jakarta, pukul 5.00 – Selesai, My Little Pony Friendship Run

Tanggal: 12 Agustus 2018

Memanggil semua pencinta My Little Pony! Bawalah anak-anak Anda dan bergabunglah dengan My Little Pony Friendship Run.

Setiap kuda pacuan adalah sihir .. Temukan Harmony Elemen Anda dari Twilight Sparkle, Applejack, Fluttershy, Pinkie Pie, Rainbow Dash, dan Rarity untuk Koleksi Racepack imut Anda. Ajak teman-teman terbaik Anda dan bagikan persahabatan ajaib Anda dengan kami!

Beli tiket online dan Dapatkan Disc. Rp. 50.000 untuk Racepack dengan Kode Promo MLPSEDAYU

Untuk pendaftaran: Indofunrun.com/mylittleponyrun

Kunjungi stan kami di Concierge Lobby atau MLP Friendship Run Ticket Booth Sebelah Departemen Barang - GF untuk Informasi Lebih Lanjut!

Info dan kontak: Facebook: PIK Avenue, Instagram: @pikavenue, Situs web: indofunrun.com/mylittleponyrun

 

Editor : Sotyati

Back to Home