Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:01 WIB | Jumat, 10 Januari 2020

Acara Akhir Pekan 11 – 12 Januari 2020

Kesenian Rakyat Barong Caplok dari Kediri. (Foto: indonesiana.id)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di bulan Januari 2020 ini akan dimeriahkan beberapa acara antara lain: pertunjukan musik, Jakarta wedding expo, International Education Expo 2020, arena bermain anak-anak, dan Kesenian Rakyat Barong Caplok di Taman Mini Indonesia Indah.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 11 Januari

JIExpo Kemayoran Jakarta, Jakarta Mega Wedding Festival 

Acara berlangsung pada Jumat (10/1) – Minggu (12/1), harga tiket masuk: Online Rp20.000 (3 hari).

Menghadirkan pameran pernikahan dan jewellery terlengkap dan terbesar.

HTM online: http://infojmwf.com/eticket/main.php

Info dan kontak: Telp.: 62202202

Floating Stage Pantai Festival Ancol Jakarta, Musik Spesial Januari 2020

Acara berlangsung pada Sabtu (4/1) – Sabtu (18/1).

Sambut 2020 Music Special Symphony Of The Sea kembali dimulai dengan Line Up: @souljahmusik, @sisitipsi, @endanksoekamti, @pwgofficial, @pasbandofficial, @penerbangroket 

Ajak temen kalian untuk datang. Acaranya gratis, hanya membayar tiket masuk Ancol saja.

Ancol Customer Care  021 29 222 222, Hotline SMS  0812 8799 2222

Swissotel PIK Avenue Mall (Ballroom), Jakarta Utara, Pukul: 13.00-18.00 WIB, International Education Expo 2020 Terbesar di Jakarta

Event besar pameran pendidikan International Education Expo, yang telah sukses memberangkatkan ratusan pelajar Indonesia untuk kuliah ke luar negeri di setiap tahunnya, kini hadir kembali di awal tahun 2020 dengan menghadirkan puluhan universitas ternama yang lebih bervariasi dari berbagai negara, serta ratusan jurusan kuliah terlengkap yang beraneka ragam seperti, Business and Marketing, Culinary, Hospitality, Game Design, Fashion Design, Computer Programming, Animation, Science, Communication, Engineering, Medicine, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, buat kamu yang masih bingung menentukan universitas serta jurusan kuliah ke luar negeri, biaya kuliah, proses serta syarat pendaftaran, IELTS / TOEFL, akomodasi, serta jenjang karier, kalian wajib untuk datang ke International Education Expo 2020.

Hadiri pameran pendidikan terbesar awal tahun 2020 dan terbaik di Jakarta, dapatkan ratusan jurusan kuliah tersedia + beasiswanya. Gratis.

@america, Pacific Place Mall Lantai 3 Jakarta, Pukul 18:30 - 20:30, #RoadtoSuperbowlLIV: American Football 101

Para pencinta sepak bola Amerika di Indonesia mengadakan pertemuan sebelum Superbowl LIV. NFL Fans Indonesia akan membahas prediksi mereka untuk pertandingan besar serta membantu Anda memahami aturan bermain sepak bola Amerika.

Minggu, 12 Januari

Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Pukul 14.00 – Selesai, Kesenian Rakyat Barong Caplok

Kota Kediri memiliki Tari Barong, yang dalam bahasa Jawa disebut sebagai caplokan, dikenal sebagai Tari Seribu Barong (Tari Sewu Caplokan). Caplokan memiliki arti membuka dan menutup mulut. Tarian ini memiliki keunikan yang berbeda dengan tarian lain, yaitu gerakan bersifat lebih bebas dan cenderung cepat dengan aura tarian magis dan sakral.

Nilai filosofis tarian Barong, yaitu menceritakan seorang raja dengan kekuatan penuh ketika perlawanan saat terjadi peperangan. Hal itu ditunjukkan pada beberapa gerakan Tari Barong, seperti saat penari memutar badan seolah menghindari serangan lawan dan gerakan maju ke depan dengan mulut terbuka yang seolah-olah menyerang lawan.

Sifat keantagonisan dalam tarian ini memberikan filosofi sebuah keagungan dan kekuatan yang tak terkalahkan. Namun, seiring berjalannya waktu Tari Barong tidak hanya mencerminkan keantagonisan. Beberapa pertunjukan memperlihatkan bahwa Tari Barong bisa dikemas dengan lebih jenaka dengan disisipkan gerakan makan dan minum.

Ketika berbicara tentang tarian maka tidak terlepas dengan kostum. Kostum Tari Barong terlihat sangat antagonis dan megah, dengan warna bernuansa hitam dan merah. Warna hitam memberikan makna sebuah kesakralan dan warna merah memberikan makna keberanian, pantang menyerah dan siap menerima kemenangan. Aksesoris yang menempel pada kostum Tari Barong identik dengan bentuk menyerupai naga dan sapi, hal itu terlihat jelas pada bagian wajah kostum yang merupakan kombinasi dari gambar naga dan sapi. Alasan digunakannya kedua hewan ini yaitu mengandung arti atau ilusi keagungan dan keberanian dari sosok Tari Barong.

Penari yang menarikan Tari Barong memiliki syarat khusus, yaitu seorang laki-laki yang sudah mengalami pubertas dan belum melakukan pernikahan (perjaka). Karena terdapat filososfi bahwa seorang raja pada zaman kerajaan lampau merupakan perjaka yang tangguh, dan memang siap untuk melaksanakan peperangan.

Pada masa lampau Tari Barong hanya dipentaskan pada hari besar, seperti: hari besar Jawa, peringatan hari besar Indonesia dan perayaan-perayaan pesta pernikahan.

Tari Seribu Barong merupakan wahana pemersatu dari budaya Barong dan Jaranan di seluruh Indonesia. Hal ini dikarenakan penari yang terlibat tidak hanya berasal dari dalam Kota Kediri, melainkan juga dari Yogyakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, Ponorogo, Palembang dan Bontang.

Mercure Hotel Alam Sutera (Ballroom), Tangerang, Pukul: 13.00-18.00 WIB, International Education Expo 2020 Terbesar di Tangerang

Masuk gratis!

International Education Expo 2020 Terbesar di Tangerang

Event besar pameran pendidikan International Education Expo yang telah sukses memberangkatkan ratusan pelajar Indonesia untuk kuliah ke luar negeri di setiap tahunnya, kini hadir kembali di awal tahun 2020 dengan menghadirkan puluhan universitas ternama yang lebih bervariasi dari berbagai negara serta ratusan jurusan kuliah terlengkap yang beraneka ragam seperti, Business and Marketing, Culinary, Hospitality, Game Design, Fashion Design, Computer Programming, Animation, Science, Communication, Engineering, Medicine, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, buat kamu yang masih bingung menentukan universitas serta jurusan kuliah ke luar negeri, biaya kuliah, proses serta syarat pendaftaran, IELTS / TOEFL, akomodasi, serta jenjang karir, kalian wajib untuk datang ke International Education Expo 2020. Hadiri pameran pendidikan terbesar awal tahun 2020 dan terbaik di Tangerang, dapatkan ratusan jurusan kuliah tersedia + beasiswanya. Gratis!

Lippo Mall Kemang, Jakarta, Pukul 10.00-22.00 WIB, Arena Bermain PlayScape Discovery Center

Acara berlangsung pada Kamis (10/1) – Minggu (12/1).

Harga tiket masuk Rp100.000/jam (weekdays) dan Rp130.000/jam (weekend)

Bagi Anda yang masih mencari kegiatan untuk menghibur dan mendidik anak-anak di saat liburan, PlayScape Discovery Center adalah pilihan yang tepat !

PlayScape adalah tempat bermain dengan konsep edutainment yang membuat anak-anak aktif bermain dengan tema Perjalanan Luar Angkasa. Ada beberapa jenis playground berisi ‘stations’ dengan beragam konsep, di antaranya adalah PlayScape Discovery Center. Tempat ini merupakan wahana bermain multimedia interaktif dengan tema eksplorasi luar angkasa, tata surya dan ilmu pengetahuan yang dibagi ke dalam beberapa zona yang akan menimbulkan rasa ingin tahu anak – anak mengenai luar angkasa.

Planetarium akan memperkenalkan anak-anak mengenai sistem tata surya dengan balon planet besar. Zona ini juga memiliki sebuah teleskop yang dapat membuat anak-anak belajar mengenai rasi bintang di Galaksi Bima Sakti.

Sementara itu, Moon Jump dapat membuat anak-anak merasakan ringannya berjalan di bulan. Wall Defender dengan permainan interaktif luar angkasanya dan UV Sand Play dengan pasir berpendarnya, melatih kemampuan motorik dan sensorik anak-anak.

PlayScape Discovery Center juga memiliki zona yang terkait dengan ilmu pengetahuan seperti Wind Tunnel, di mana anak-anak belajar mengenai gaya angin, gravitasi dan aktif melakukan uji coba dengan berbagai jenis dan bentuk.

Anak-anak dapat bermain dan mengeksplorasi seluruh zona secara mandiri atau dalam group bersama teman-teman dan orang tuanya.

Info dan kontak: Instagram: @ playscape.id, Website: www.playscape.id, Whatsapp: 087881637119

Bentara Budaya Bali, 14.00 - 17.00 WITA, Bentara Muda Goes to Campus #6

Mengawali tahun 2020 Bentara Budaya Bali dan Bentara Muda Bali kembali menyelenggarakan program Goes to Campus ke perguruan tinggi atau sekolah terpilih. Kali ini, bekerja sama dengan UKM Jurnalistik IKIP PGRI Bali, Bentara Muda Bali Goes to Campus mengetengahkan diskusi kreatif seputar seluk-beluk dunia jurnalistik selaras pula upaya alih pengetahuan sebagaimana selama ini diniatkan melalui agenda Kelas Kreatif Bentara.

Sebagaimana terduhulu, akan diketengahkan sosialisasi program Bentara Budaya, terutama terfokus pada generasi muda. Akan dihadirkan tayangan film dokumenter terpilih dan arsip program guna membangun pemahaman lebih mendalam perihal Bentara Budaya Bali sebagai lembaga seni budaya yang didedikasikan oleh Kompas Gramedia.

Bentara Muda Bali Goes to Campus menyasar langsung kampus-kampus atau perguruan tinggi, institut maupun sekolah-sekolah terpilih. Program ini diniatkan mendorong terciptanya pergaulan kreatif bagi generasi muda selaras minat dan bakatnya, seturut upaya membangun budaya membaca buku bermutu juga mengapresiasi film-film pilihan.

Sebelumnya, Bentara Muda Bali Goes to Campus telah hadir dan menyelenggarakan berbagai program kreatif serta sosialisasi, di antaranya bekerja sama dengan Udayana Science Club dan BEM FISIP Universitas Udayana (April 2018), LPM Kanaka Universitas Udayana (April 2018), HMPS Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (Oktober 2018), Senat FPBS IKIP PGRI Bali (November 2018) dan Badan Eksekutif Mahasiswa UNHI Denpasar (Desember 2018).

Editor : Sotyati

Zuri Hotel
Back to Home