Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:04 WIB | Jumat, 11 Mei 2018

Acara Akhir Pekan 12 - 13 Mei 2018

Ilustrasi. Karnaval Asia Afrika 2018. (Foto: triptrus.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di bulan Mei,  akan diramaikan berbagai acara antara lain,  konser musik tradisional, festival budaya dan kuliner, Festival olahraga Bintan Triathlon 2018, juga Festival Karnaval Asia Afrika di Bandung

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 12 Mei

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15.00 WIB,  Pertunjukkan Musik Tradisional, Ajo Piaman si Pemimpi oleh Darak Badarak (Padang Pariaman)

Komunitas Darak Badarak berdiri 7 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 3 Maret 2010, dari sekumpulan anak-anak muda Pariaman yang mempunyai sebuah mimpi dan tujuan yang sama untuk memajukan Kota Pariaman dengan musik tradisional, modern dan kontemporer. Kondisi sosial yang terjadi pada masa itu menjadi pemicu lahirnya komunitas ini. Banyaknya anak muda usia sekolah yang memiliki banyak waktu luang namun tidak dimanfaatkan dengan positif, bahkan ada beberapa anak drop out dari sekolah, mulai mengenal obat-obat terlarang serta membentuk perkumpulan-perkumpulan yang berorientasi kepada aktifitas-aktifitas negatif.   Para remaja ini semakin hari semakin jauh dari rasa cinta dan penghargaan pada seni budaya tradisional, khususnya seni budaya Pariaman, Kebanyakan mereka lebih tertarik dengan musik modern dan menganggap seni musik tradisional sebagai hal yang kuno. Melihat beberapa kenyataan diatas, sebagai seorang seniman dan mahasiswa, pendiri merasa terpanggil untuk memanfaatkan keilmuan, ketrampilan dan jiwa seni untuk menanggulangi masalah ini dengan cara mengajak anak-anak diatas bergabung bersama untuk berlatih seni tradisional sambil secara bertahap melakukan perbaikan pada semangat, pola fikir dan tingkah laku anak-anak tersebut.

Area Parkir Persia Mal Artha Gading Jakarta, Pawrents Day Out!

Acara berlangsung pada Jumat (4/5) – Minggu (13/5)

Akan ada apa aja sih? Gathering Pet Lovers Community, Bazaar, Pet Shows, Standup Comedy, Bahkan ada Food Festival nya juga lho!

Jangan lupa ajaak teman-teman mu untuk ikutan , karena ada lomba Komunitas dengan Anggota Hadir paling banyak Berhadiah Rp14 Juta.

Last but Not least ada Undian tiket pesawat PP Jakarta-Singapore setiap hari hanya dengan berbelanja minimal Rp100.000,- di Tenant, dan akan ada Doorprize juga lho.

For More Info please Contact : 08996768668 (Ajeng)

Ancol Lagoon, Jakarta, Ancol Kampoeng Minangkabau Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (10/5) – Minggu (13/5)  

Selama 4 Hari dunsanak, akan dimanjakan dengan kuliner khas Minang sebut saja makanan bubur kampiun, Bika, Sala Lauk, Lamang Tapai, Gulau tunjang, Nasi Kapau,Sate danguang-danguang, Itiak lado hijau.  Nah tidak hanya makanan, Dunsanak juga akan disajikan dengan berbagai kesenian khas Minang seperti salawat dulang, dan permainan tradisional KIM.  Serunya lagi Dunsanak bisa Melihat Arak-arakan khas Minang dan  kesenian Randai.

Selain Makanan dan kesenian Tradisional Minang. Dunsanak juga akan dimanjakan dengan tarian khas Minang seperti Tari pasambahan, tari Piriang dan Penyanyi asal Minang dengan berbagai Genre seperti Kintani, Rapper Minang, Uda Dayu Koto dan @youtubersminang yang terkenal dengan lagu Kampuang.

Yuk, rasakan sensasi tanah rantau rasa #Kampoengminang

Sepanjang Jalan Raya Rawa Domba, Duren Sawit, Jakarta,  Jakarta Culture Fest 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (12/5) – Minggu (13/5)

Datang dan ramaikan Jakarta Culture Fest. Menampilkan: Pagelaran Budaya Betawi, Pagelaran Budaya Nusantara, Pelangi Nusantara Fest, Pameran Produk Unggulan, Bazaar Kerajinan Betawi, Kuliner Betawi, Kuliner Nusantara

Info dan kontak: Telp: 081280079048, Website: bazaarjakarta.com

Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta, Durian Fair Blok M Square

Acara berlangsung pada Selasa (8/5) – Senin (14/5)

Sebelum kita masuk Bulan Ramadan, buat kamu Durian Lovers jangan sampai ketinggalan menikmati berbagai jenis buah durian dari seluruh Indonesia dan keseruan makanan olahan durian. Semua ada di Durian Fair kali ini!

Info dan kontak: Facebook: Blok M Square, Twitter & Instagram: @blokmsquare, Website: blokm-square.co.id

Sepanjang Jl Andara Kel. Jatibaru Kec. Cinere Kota Depok,  Festival Pangsi Jatibaru – Depok

Acara berlangsung pada Sabtu (12/5) – Minggu (13/5)  

Kembali hadir lagi bazaar di Kota Depok dalam Rangka Hut Kota Depok Ke-19 dan Milad Forkabi Ke-17.

Pageran Budaya Betawi: Gambang Kromong, Lenong, Tandjidor, Parade Baju Pangsi, Parade Ondel-ondel, Marawis & Hadrah, Pentas Silat Betawi, Pentas Aneka Tari Betawi

Infomasi Pemesan: Wa/Tlp : 0852 8683 2048, Office K : 021 8459 7874, web : https://arisipromobazaar.wordpress.com

Bentara Budaya Jakarta, Pukul 15.30 – Selesai, Workshop Bersama Bentara Muda Melukis Karakter Potehi di atas Kain

Dalam workshop kali ini, Bentara Muda mengajak kita untuk melukis karakter tokoh dalam wayang potehi di atas kain. Teknik melukis ini tentu memiliki perbedaan dibandingkan dengan melukis di atas medium lain, sebagaimana lokakarya Bentara Muda yang telah digelar selama ini, yakni di atas daun, kaca, topeng gerabah, talenan, dan sebagainya. Daftarkan diri anda segera dengan mengirimkan email ke bentarabudaya@gmail.com.

Aphitheatre Discovery Shopping Mall, Kuta, Bali,  Ice Cream Festival 2018 – Discovery Shopping Mall Bali

Acara berlangsung pada Sabtu (12/5) – Minggu (13/5)

Rasakan kenikmatan dari 20 menu kreasi Ice Cream di Ice Cream Festival 2018. Juga nikmati All U Can Eat Serba Rp 10.000, untuk semua ice cream yang kamu suka seperti Brownie Ice Cream, Chocoreo, Waffle Ice Cream, Banana Split, Ice Cream Cookies dan masih banyak lainnya!

Info dan kontak: Instagram 1: @icecream_fest, Instagram 2: @discoveryshoppingmall

Parkir VIP Hartono Mall Solo, Festival Sate Hartono Mall Solo

Acara berlagsung pada Kamis (10/5) – Minggu (13/5)

Yakin nih ngga mau cobain aneka sate khas nusantara?, Selain itu ada juga lhoo aneka sate ekstrem?

Daripada penasaran datang saja langsung ke Festival Sate Hartono Mall Solo. Aneka sate nusantara ada di sini. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik. Menghadirkan:  Sate Manuk Londo, Sate Buntel Kambing Guling, Sate klathak, Sate Kuda, Sate Kerbau, Sate Kere, Sate Torpedo, Sate Jeroan, Sate Ponorogo, Sate Padang, Sate Buah, Sate Ikan, Sate Madura, Sate Kelinci, Aneka Sate Ekstrem

Info dan kontak: Facebook: Hartono Mall Solo, Twitter: @_hartonomall, Instagram: @hartono.mall

Kawasan Wisata Terpadu Nirwana Gardens di Pulau Bintan, Festivals Bintan Triathlon 2018

Acara berlangsung pada Jumat (11/5) – Minggu (13/5)

Menjadikan diri Anda bersama keluarga sehat dan bergembira di akhir pekan tentunya sangat menyenangkan. Dan semua itu bisa didapat dengan bergabung dalam Bintan Triathlon.  

Sebagai pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Bintan bisa ditempuh dalam waktu 55 menit pelayaran dengan menggunakan feri dari Singapura. Event olahraga bertaraf internasional ini diorganisasi oleh Tribob, sebuah perusahaan manajemen olahraga yang berkedudukan di Singapura, dan didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.

Bintan Triathlon diharapkan akan diikuti oleh ribuan atlet dari 30 negara, termasuk Indonesia, yang berlomba dalam tiga cabang olahraga: berenang, bersepeda dan berlari. Bersiaplah memacu adrenalin untuk beradu keterampilan dan ketahanan dalam lomba yang kompetitif ini, dan tentunya sembari menikmati keindahan surga tropis.

Yang menyenangkan dalam Bintan Triathlon adalah,  bahwa Anda bisa mengajak semua anggota keluarga untuk ikut lomba. Ada Family Package untuk keikutsertaan orangtua dan anak-anaknya. Jadi, event ini tidak sekadar lomba yang serius, melainkan juga ada hiburan, aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, dan pesta besar.

Narahubung: Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Telepon: +62 771 315677; +62 771 315822, Email: pariwisata_kepri@yahoo.com, Situs web: http://kepri.travel

 

Minggu, 13 Mei

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Tradisional, Selayang Ritual Tabot oleh Rafflesia Percussion

Kali ini Rafflesia Percussion mempersembahkan, sebuah pertunjukan alat musik dol yang berasal dari Bengkulu, yang dilakukan dengan atraksi para penabuh. Dengan Hentakan irama ritmis dari tabuhan alat musik ini mampu memberikan kemeriahan tersendiri.

Pertunjukan ini mengangkat cerita tentang Ritual Tabot yang dilaksanakan pada tanggal 1-10 Muharram, untuk mengenang wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW. Istilah Tabot berasal dari kata Arab “Tabut” yang secara harfiah berarti “Kotak Kayu” atau “Peti”. Ritual ini memiliki beberapa tahap yang akan dibahas di pertunjukan ini.

Rafflessia Percussion, merupakan seniman Dol Bengkulu yang Dibentuk oleh Sanggar Seni Olah Raflessia. Sanggar tersebut berdiri pada tahun 1986 di TMII. Berkegiatan kesenian Bengkulu seperti, musik, tari dan olah vocal khas Bengkulu.

Raflessia Percussion telah banyak melakukan pertunjukan, antara lain opening ceremony Piala Dunia 2018 di Trans TV, penyambutan tamu negara dari Saudi Arabia Raja Salman di Istana Presiden (Bogor), Juara 3 IDP (Indonesia Drum & Perkusi) Festival 2018, Festival Siak Bermadah.

Jalan Braga Pendek dan Jalan Soekarno Bandung, Karnaval Asia Afrika 2018,

Karnaval Asia Afrika atau Asian African Carnival,  mulai diselenggarakan saat peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika tahun 2015. Acara yang berlangsung sehari ini senantiasa meriah dan memperoleh sambutan yang luar biasa. Untuk tahun ini, karnaval yang menjadi menu utama dalam pergelaran Asia Africa Week 2018 ini akan diselenggarakan pada 13 Mei 2018.

Diprakarsai oleh Pesona Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kota Bandung, event tahunan ini bertujuan untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika, sekaligus mempromosikan dan merayakan Indonesia ke seluruh dunia.

Parade diikuti oleh para peserta dari negara-negara anggota Asia Afrika, dan dari sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia. Mereka mengenakan kostum terbaik, dan tentunya unik, yang merepresentasikan tradisi dan budaya masing-masing. Arak-arakan kolosal semacam ini sangatlah sayang bila dilewatkan, apalagi bila Anda adalah penghobi fotografi, banyak momen dan warna-warni indah yang menarik diabadikan dengan kamera Anda.

Tak hanya parade atau arak-arakan, para peserta karnaval juga mempersembahkan aneka atraksi seni, yang tentunya sangat menarik untuk ditonton, juga dipotret. Selain itu, masih banyak hal-hal lainnya yang menarik antara lain festival kuliner, pameran interaktif, workshop, dan talkshow.

Jika pada tahun sebelumnya hanya ada satu panggung hiburan, tahun ini Karnaval Asia Afrika menyediakan dua panggung. Menurut informasi, panggung itu akan hadir di Jalan Braga Pendek dan Jalan Soekarno. Setidaknya ini mengindikasikan bahwa acara tahun ini akan lebih semarak dan meriah. Di panggung-panggung tersebut artis-artis lokal maupun nasional siap menghibur.

Akses ke lokasi acara pastilah sangat mudah karena seluruh rangkaian acara berlangsung di pusat kota Bandung. Bagi yang dari luar kota Bandung, banyak pilihan transportasi dan akomodasi di seputar ibukota Jawa Barat ini.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Telepon: +62 22 7273209; +62 22 7103605, Email: disparbud@disparbud.jabarprov.go.id;, pariwisatakebudayaanjabar@yahoo.co.id, Situs web: www.disparbud.jabarprov.go.id

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home