Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:30 WIB | Jumat, 12 April 2019

Acara Akhir Pekan 13 – 14 April 2019

Hip Hope Papua oleh Indonesia Art Movement. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Pergelaran wayang, pertunjukan musik, festival kuliner, Pameran  Women’s Day Market, dan lomba mewarnai, akan memeriahkan akhir pekan Anda bulan April ini. Selain itu ada beberapa acara digelar yang sangat menarik untuk dilewatkan yaitu Majapahit Travel Fair (MTF) 2019 di Surabaya, The 14 th Batik Bordir Aksesories Fair 2019 Soga n Terakota Jawa Timur.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 13 April

Galeri Indonesia Kaya tanggal, Pukul 15.00 WIB, Wayang Dongeng Lakon "Si Kancil Tobat" oleh Teater Ruang Hening

Di dalam garap Wayang "Kancil Tobat" ini berdurasi kurang lebih satu setengah jam, dengan mengkombinasikan rel pakem Wayang Purwa, yang meliputi: Jejeran, Kedhatonan, Paseban, Bedholan, Jejer Sabrang, dan sebagainya, dengan gagasan dialog yang dikombinasikan antara video mapping dan video art.

Video Art adalah, jenis seni yang bergantung pada gambar bergerak dan terdiri atas video atau audio data. Sedangkan Video Mapping adalah sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi, sehingga dapat menciptakan ilusi optik pada objek-objek. Kombinasi ini berasal dari beragam instrumen yang akan membentuk satu kesatuan harmoni pewayangan. Selain itu ada juga adegan teatrikalnya. Di dalam garap Wayang Kancil ini pengkarya mengkolaborasikan antara garap teater dan garap wayang.

Kancil Tobat bercerita tentang bagaimana saling hasut dan adu domba, dapat merusak keharmonisan dan persatuan bangsa. Seperti yang dilakukan si Kancil kepada teman-temannya, menciptakan suasana kacau balau dalam hutan.

Ruang Hening berdiri pada tanggal 17 September 2015, di Muncul, Banyubiru, Kab Semarang, Jawa Tengah, di rumah Bapak Agus. Dari buah pemikiran bersama yaitu Prawoto Susilo (Owod), Aziz, Ari, dan Arsa, terbentuklah Teater Ruang Hening. Teater ini bergerak dalam seni teater, dan lebih ke nguri-uri kearifan budaya lokal terutama ‘Jawa dengan bahasa Jawanya’. Kebanyakan pementasannya menggunakan naskah bahasa Jawa.

Pentas yang dipentaskan sepanjang 2015 hingga 2018 adalah Mijil, Asmaradhana, Kinanti dan Megatruh. Pentas digelar di dalam kota terutama Kabupaten Semarang, Salatiga dan sekitarnya, keliling kampung dan juga pentas keliling kota yaitu Bojonegoro, Pekalongan, Wonogiri, Yogyakarta, Ambarawa dan kota-kota lain, menggunakan konsep ‘Gerilya Budaya’.

@america, Pacific Place Mall 3rd Floor Jakarta Selatan, Pukul 18.30 - 20.30, Tribute@america: One Night with STEVO

Bernyanyilah bersama untuk lagu-lagu Maroon 5 favorit Anda dan rasakan "gerakan seperti Jagger."

Mal Mangga Dua Jakarta, NaMi Festival (Aneka Nasi dan Mie Nusantara)

Acara berlangsung pada Selasa (9/4) – Minggu (14/4).

Acara NaMi Festival (Aneka Nasi dan Mie Nusantara) bagi food lovers di #malmanggadua pada tanggal 9-14 April 2019. Kesempatan untuk mencoba berbagai macam menu makanan terenak seperti: Nasi Bigul Bali, Nasi Langgi Semarang Waroeng Mas Semlo, Sego Ayam Semarang Waroeng Mas Semlo, Nasi Jamblang Dapoer Aulia, Nasi Prasmanan Sunda Teh Rini & Bakmi Tasik, Nasi Ulam Betawi & Bakso Penyet, Baso Sapi Asli khas Solo Ibu Dicky, Bakso Bakar, Pentol & Ceker Pedas, Soto Mie Bogor Kabita, Pecel Mie Pasar Baru, Mie Amoy, Mie Gomak Sari Deli, Mie Aceh, Bakmi Gang Kelinci, Mie Goreng Iga Penyet & Ayam Taliwang Roemah Terasi, Mie Celor & Pempek Lala, Es Rajel, Es Kopdur Jesjos, Es Durian Nan Salero, Es Selendang Mayang & Tahu Gejrot, Pondok Coklat, Es Krim Goreng & Es Krim Bakar, Serabi Solo Ujung Notosuman, Kue Ape & Kue Cubit, Asinan Betawi & Rujak Juhi, Es Pisang Ungu

Dapatkan cashback sebesar Rp 5000 setiap transaksi menggunakan Kartu Brizzi dan hadiah menarik setiap pembelian dengan total transaksi sebesar Rp 100.000 di stand kuliner.

Info dan kontak: Facebook: Malmanggadua, Twitter: @mal_manggadua

Rame Rame Food Carnival, Lantai 2 (area rumput sintetis), Tangcity Mall, Tangerang, Rame Rame Mie Baso

Acara berlangsung pada Jumat (29/3) – Minggu (14/4).

Manjakan lidah dengan berbagai kuliner berbahan dasar mi dan bakso dalam Rame Rame Mie Baso! Tangcity Mall memilih secara eksklusif 30 tenant makanan favoritmu untuk hadir selama 17 hari mulai 29 Maret sampai dengan 14 April 2019.

Jangan lupa ikuti lomba Mie Baso Battle, pada Sabtu, 6 & 13 April 2019. Pendaftaran Gratis!

Info dan kontak: Facebook: Tangcity Mall, Twitter: @tangcity, Instagram: @tangcitymall

Lippo Mall Kemang Lt 1, Jakarta, Kampoeng Kouliner Banyak Rasa Tetap Indonesia

Acara berlangsung pada Sabtu (13/4) – Minggu (14/4).

Ragam kuliner: Ayam Taliwang, Mie Kocok Marika, Master Nasi Pedas Bali, Gudeg Pejompongan, Siomay Lonjong, Cakwe Galaxy, Pempek Palembang Jembatan Ampera, Gelato 21, Es Cendol dan Selendang Mayang, Bartender, Rujak Juhi Cabang Veteran.

Sekolah Avicenna Cinere (Jl Flamboyan Blok F, Cinere), Lomba Menggunting, Menempel dan Mewarnai – Depok

Sabtu  13 April 2019, pendaftaran: gratis!

Lomba Menggunting, Menempel, dan Mewarnai - Depok

Kegiatan ini diikuti oleh anak TK. Ketentuan dan peralatan yang perlu dibawa sudah tercantum dalam flyer

Info dan kontak: 087879122601 (Bu Iqo), 081395102702 (Bu Laila)

Atrium Marvell City Mall, Jl Ngagel No 123 Surabaya, Pameran  Women’s Day Market

Acara berlangsung pada JUmat (12/4) – Minggu (21/4), tiket masuk gratis.

Detail acara: Pameran Beauty & Fashion Wanita, Acara Talkshow : Woman Talk (Perempuan dengan Pendidikan, Hobby, dan Profesi) Women Coffee Talk & Live Brewing, Manfaat Mendongeng untuk Anak (Bip bip Consultant), Seminar “Persiapan Pra-Nikah Menuju Pernikahan yg Bahagia”, Women Zumba Party, Lomba Mendongeng Anak

Info: Dini (081233976377)

Minggu, 14 April

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Hip Hope Papua oleh Indonesia Art Movement

Karya “Hip Hope Papua” adalah bentuk representasi suara minor, serta sebuah harapan kami generasi muda (komunitas Hip Hop) di Papua khususnya Kota Jayapura, dengan melihat fenomena-fenomena tentang kerusakan alam di Papua.

Spirit cinta terhadap alam Papua , diterjemahkan ke dalam bentuk pertunjukan hip hop baik itu musik rap dan street dance yang dikombinasikan dengan beberapa instrumen musik, vokal dan ragam gerak tari Papua.

Grand City Convex, Surabaya, Majapahit Travel Fair (MTF) 2019  

Acara berlangsung Kamis (11/4) – Minggu (14/4).

Majapahit International Travel Fair atau MITF, merupakan event pariwisata tahunan berskala internasional terbesar di wilayah Indonesia Timur. Event ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur selama 3 hari.

Kegiatan utama MITF adalah Travel Exchange (Travex), antara pelaku bisnis pariwisata (seller), dari dalam negeri dan buyer dari dalam dan luar negeri. Sedangkan rangkaian kegiatan pendukungnya antara lain meliputi pameran dan bursa pariwisata, Forum MICE, penampilan kesenian, fam trip serta aneka lomba. MITF tahun ini mengusung tema “Explore Tourist Village".

Travel Fair ini tentunya menampilkan produk, fasilitas, dan layanan berkualitas tinggi yang istimewa.

Pameran pariwisata terbesar di Jawa Timur, Majapahit Travel Fair (MTF) 2019 dilaksanakan di Grand City Convex, Surabaya. Acara ini akan secara khusus menyoroti Adventure Tourism untuk wisatawan milenial. Adventure Tourism diangkat untuk meningkatkan minat para pelancong muda. Selain itu, juga membidik pencari petualangan untuk mengeksplorasi keajaiban menakjubkan yang ada di Jawa Timur.

Rangkaian acaranya termasuk mendaki ikon Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru pada dini hari. Juga menyaksikan api biru di sekitar Gunung Kawah Ijen. Selain itu surfing ombak barrel di G-Land Banyuwangi, menyaksikan karapan sapi Madura, hingga menikmati liburan keluarga di Taman Jatim Batu-Malang.

Acara ini terbuka untuk umum. Selain pemeran dan bursa pariwisata, juga akan menghadirkan family trip, pertunjukan kesenian serta berbagai lomba.  

Selain Tabel-Top Business Meeting, MTF juga menampilkan produk, fasilitas dan jasa pariwisata, serta ada pula trip bagi para buyer, seller, dan exhibitor ke beberapa destinasi pariwisata penting di Jawa Timur.

Jumlah peserta Travex tahun ini ditargetkan 140 peserta, terutama buyer dari luar negeri sebanyak 90 orang, berasal dari 23 negara. Yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, China, Hong Kong, Jepang, India, Sri Lanka, Pakistan, Australia, Belgia, Kanada, Republik Ceko, Hungaria, Italia, Belanda, Polandia, Rusia, Saudi Arabia, Ukraina, serta Uni Emirat Arab.

Sedangkan untuk buyer dalam negeri, sebanyak 50 peserta. Untuk seller ada 82 industri pariwisata, terdiri atas 75 industri pariwisata dari Jawa Timur dan 7 industri pariwisata dari Jakarta, Banten, Bali, Yogyakarta, NTT, dan NTB.

Exhibition Hall Grand City Surabaya, The 14 th Batik Bordir Aksesories Fair 2019 Soga n Terakota Jawa Timur

Acara berlangsung pada Rabu (10/4) – Minggu (14/4). masuk gratis.

Menampilkan produk: Batik Sogan Terakota dari 38 kabupaten/kota Jawa Timur, batik, bordir, tenun, sulam, songket, fashion, mode & trend 2019, aksesoris, perhiasan jewelry, produk kulit, tas, sepatu, perawatan kesehatan, poduk kecantikan, kulit.

Acara:  Pemilihan Duta Batik Jatim, Talkshow batik bersama pengamat dan kolektor batik, Fashion show dari Persana, Gratis Konsultasi Desain dengan APPMI, Aneka workshop dari APBJ, Persadir, dan Peraba, Talkshow IIDI ( Ikatan Istri Dokter Indonesia ), Talkshow digital marketing dan branding untuk UKM oleh Universitas Ciputra

Didukung oleh:  Berbagai asosiasi terkait seperti KCBI Komunitas Cinta Berkain, Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur (APBJ), Perkumpulan Pengusaha Bordir (Persadir), Persatuan Pengusaha Busana (Persana), Perajin Perhiasan Aksesoris dan Batu Mulia Jawa Timur (Peraba), Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI), dan lain-lain.

Info: 0822-30000-678, Instagram: @batikfairsby, Website: http://batikbordirfair.com/

Editor : Sotyati

Back to Home