Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:12 WIB | Jumat, 12 Oktober 2018

Acara Akhir Pekan 13 – 14 Oktober 2018

Ilustrasi. Rudy Wowor, seniman berdarah Indonesia-Belanda ini, mengajar seni tari di Eksotika Karmawibangga Indonesia (EKI) Dance Company lebih dari satu dekade. EKI Dance Company mempersembahkan “Mari Menari” yang diselenggarakan pada Sabtu (13/10), untuk mengenang Rudy Wowor yang berpulang 5 Oktober 2018. (Foto: Antaranews.com/HO/Instagram @legacypictures)

SATUHARAPAN.COM – Pertengahan bulan Oktober ini Ibukota diramaikan oleh beberapa acara,  di antaranya pertunjukan tari, musik dan vokal, wedding festival 2018, pameran kesehatan untuk lansia, pameran kerajinan CRAFINA 2018, pameran kecantikan Cosmobeaute Indonesia 2018, Japan Travel Fair, dan bazaar multiproduct.

Selain Ibukota Jakarta, beberapa acara juga digelar untuk menyemarakkan daerah, seperti di Lampung yaitu Lampung Fair 2018, pameran lukisan Indonesia Art Mart 2018 di Surabaya, juga Festival Pesona Budaya Garut 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu  13 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 – 19.00 WIB, Pertunjukan Tari Mari Menari oleh Eki Dance Company

Acara ini merupakan ungkapan apresiasi yang setinggi-tingginya atau tribute untuk Rudy Wowor, seniman, aktor, penari, koreografer, maestro balet Indonesia, dan tentu saja teman dan guru dari penari dan koreografer di Indonesia.

Kepergian aktor sekaligus pengajar tari Rudy Wowor di usia 76 pada Jumat (5/10/2018), meninggalkan duka mendalam tidak hanya bagi dunia film, tapi juga dunia seni tari. Maklum saja, seniman berdarah Indonesia-Belanda ini pernah mengajar seni tari di Eksotika Karmawibangga Indonesia (EKI) Dance Company lebih dari satu dekade.

Pertunjukan ini menghadirkan beberapa tarian yang terinspirasi baik dari film-film, tarian-tarian, ataupun project-project yang telah ditekuni oleh Rudy Wowor selama masa ia berkarya.

Tarian-tarian yang akan dihadirkan merupakan karya dari Rudy Wowor yang dipentaskan ulang serta karya dari murid-muridnya. Selain itu, penari-penari yang terlibat dalam pertunjukan ini, sebagian besar adalah murid-murid dari Rudy Wowor yang ingin memberikan apresiasi bagi kerja keras Rudy Wowor selama ini sebagai seniman Indonesia.

Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) adalah sebuah dance company professional, yang memadukan unsur tradisi dan kontemporer dalam karya-karyanya. EKI didirikan tahun 1996 oleh Aiko Senosoenoto dan Rusdy Rukmarata. Keduanya terinspirasi oleh semangat Karmawibhangga, sederet relief Candi Borobudur yang kini terkubur, yang menebarkan paham keterbukaan pemikiran dan potret yang jujur dari masyarakat pada zamannya.

Selama sepuluh tahun terakhir ini, EKI juga telah melahirkan sejumlah pementasan musikal di antaranya: Madame Dasima (2001), China Moon (2003), Lovers and Liars (2004), Battle of Love (2005), Freakin Crazy You (2006), Miss Kadaluwarsa (2007), Jakarta Love Riot (2010), Kabaret Oriental (2012).

Hall D JIExpo – PRJ Kemayoran Jakarta, Jakarta Mega Wedding Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (12/10) – Minggu (14/10).

Harga tiket masuk: Rp20.000 (untuk 3 hari)

Info dan kontak: Telp.: 021-62202202

ICE BSD City, Tangerang, Pameran Kesehatan Lansia Senior Citizen Expo 2018

Acara berlangsung pada Jumat (12/10) – Minggu (14/10).

Minimnya fasilitas publik dan layanan kesehatan yang ramah bagi warga lanjut usia (lansia), merupakan salah satu bukti nyata kurangnya kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam menghargai warga senior. Berkaitan dengan itu, Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) 1993, bekerja sama dengan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) menggelar Senior Citizen Expo pada Oktober 2018 untuk kali pertama.

Konten acara yakni pameran akbar alat kesehatan, alat bantu serta obat-obatan, pameran arsitektur rumah yang ramah bagi Warga Senior. Talk show untuk awam, hiburan, quiz, penampilan Senior Citizen Talent.

Acara Temu Ilmiah Geriatri 2018.

Senior Citizen Expo merupakan kegiatan pertama di Indonesia yang digelar untuk membangun kepedulian masyarakat terhadap warga senior untuk menuju gerakan Indonesia Ramah Lansia.

Info dan kontak: Telp: 08111535532, Email: seniorcitizenexpo@gmail.com, Facebook: Senior Citizen Expo

Main Atrium, Emporium Pluit Mall, Jakarta, Kompetisi Cosplay Emporium Toys Week 2018

Acara berlangsung pada Selasa (9/10) – Minggu (14/10).

Siap untuk pameran mainan terbesar dan bazaar terbaik tahun ini? Kami hadir untuk Anda, Emporium Toys Week 2018.

Kenakan kostum cosplay terbaik Anda dan bergabung dengan kompetisi cosplay kami, battle of cosplay bersama Naru, Erlan, Ryuuta, dan Roby Kazuya sebagai The Judges, untuk memenangkan total hadiah Rp50 juta untuk semua pemenang.

Untuk pendaftaran, silakan hubungi: WA / SMS ke SAS: 0818 0741 2212, Email ke: toysweekemporium@gmail.com

Penyelenggara juga menyiapkan kegiatan yang menyenangkan untuk Anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman, seperti: pertemuan cosplay dan Greet dengan Gundam, Transformer, Power Rangers, DC Superheroes, Marvel Superheroes.

Biaya Pendaftaran Rp150.000/event (Maks. Pemain 40, DartsLive Member Only)

Kontak person: 0819 0888 8514 (Hendry)

Hadiah: Juara: Rp 5.000.000, Juara 2: Rp 3.000.000, Bersama 3: Rp 1.000.000

Info dan kontak: Facebook: Emporium Pluit Mall, Instagram: @emporiumpluitmall, Situs web: emporiumpluit.com

Jakarta Convention Centre (JCC), Pukul 10.00 – 21.00 WIB, Pameran Kerajinan CRAFINA 2018

Dengan tema Sumber Daya Alam untuk Produk Kreatif untuk Gaya Hidup, CRAFINA 2018 diharapkan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat yang dapat mewakili karakteristik masyarakat Indonesia, tetapi juga menyediakan sarana promosi bagi industri kerajinan Indonesia untuk memamerkan, memperkenalkan, dan memasarkan hasil.

Pameran ini tidak hanya sekadar ajang promosi tetapi sebagai wahana interaksi dan pertukaran informasi bagi para perajin, pengusaha, produsen kerajinan tangan Indonesia untuk membangun jaringan yang lebih luas. Melalui pameran ini, perajin, pengusaha, produsen dan masyarakat diundang untuk mengeksplorasi kekayaan budaya Indonesia yang multikultural.

Pameran CRAFINA juga, terus fokus untuk menampilkan produknya dalam produk kerajinan yang mencakup enam kategori dasar manufaktur dan bertujuan untuk meningkatkan orisinalitas produk kerajinan Indonesia sehingga lebih eksklusif dan memiliki nilai jual yang tinggi di pasar internasional.

Profil Peserta Pameran: produser dan perajin, pengumpul, asosiasi produsen kerajinan, agen manajemen perajin, kementerian terkait, administrasi provinsi, administrasi kotamadya, administrasi distrik, kantor kementerian provinsi, dewan kerajinan nasional dan provinsi, bank, serta perusahaan pendukung lainnya

Tampilan produk: suvenir, barang hadiah, produk interior, peralatan rumah tangga, barang dekoratif, perhiasan, fashion dan aksesoris

Info dan kontak: Facebook: Crafina, Twitter: @crafina, Instagram: @thecrafina, Situs web: crafina.com

Jakarta Convention Centre (JCC), Pameran Kecantikan Cosmobeaute Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Kamis (11/10) – Sabtu  (13/10).

Serangkaian pameran kecantikan Cosmobeaute yang didirikan sejak 2005, Cosmobeaute Indonesia digagas sebagai cabang pada tahun 2006. Cosmobeaute menawarkan kesempatan sempurna untuk mempercepat perusahaan Anda, di satu tempat dan pada satu waktu.

Tidak ada cara yang lebih efisien untuk mengembangkan bisnis Anda di kawasan Asia Tenggara. Cosmobeaute lebih dari sekadar pameran. Ini adalah format unik yang meluas menjadi jaringan dan pencocokan bisnis yang memberikan peluang unik yang kuat bagi merek dan pemasok untuk melakukan bisnis, serta membangun merek mereka. Peserta pameran dari seluruh dunia termasuk Eropa, Korea, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan banyak lagi.

Profil produk exhibitor berdasarkan: Perfumery, Kosmetik dan Kebersihan Pribadi, Produk Kesehatan Alami, Makanan & Minuman Kesehatan, Suplemen diet, Produk Perawatan Profesional, Peralatan dan Solusi untuk Salon Kecantikan, Salon Furnishing Spa & Fasilitas Kesehatan, Peralatan Pengemasan & Pengepakan, Kontrak Manufaktur & Label Pribadi (OEM / ODM), Bahan baku, Produk & Peralatan Estetika Medis, Pengembangan dan Desain Produk

Pameran ditujukan terutama untuk Pemilik Salon Kecantikan & Spa, Salon Rambut dan Kuku, Importir, Hotel, Sekolah Kecantikan, Produsen Produk Lokal, Pusat Aesthetic and Wellness, Department Store, Supermarket, Apotek & Toko Rantai, Pusat, Kebugaran/Klub, Rumah Pengantin, Publikasi Perdagangan, Asosiasi, Lembaga Pemerintahan

Info dan kontak: Whatsapp: 088214306958, Facebook: Cosmobeauté Indonesia, Instagram: @cosmobeauteindonesia, Situs web: cosmobeauteasia.com/Indonesia.

Plaza Festival Lt 1 (Depan Food Colony), Jl HR Rasuna Said No C22, Bazaar Multiproduct Jakarta

Acara yang berlangsung pada Senin (8/10) - Minggu (14/10).

Podjok Production kembali menyelenggarakan acara bazaar denngan kualifikasi tenant: aksesoris, tas, sepatu, kosmetik, dan lain-lain. 

CP: 0858 9166 9585, 0812 8253 3867

Food Society, Grand Atrium dan Mozaic Walk, Kota Kasablanka Jakarta, Pukul 10.00-22.00 WIB, Japan Travel Fair  

Acara berlangsung pada Jumat (12/10) – Minggu (14/10).

Japan National Tourism Organization (JNTO) Jakarta kembali menyelenggarakan Japan Travel Fair (JTF), yang ke-10. Selain destinasi wisata populer, JTF kali ini akan memperkenalkan 5 daerah wisata alternatif di Jepang untuk wisatawan Indonesia, yaitu: Daerah Chugoku (Prefektur Hiroshima, Okayama), Daerah Kansai (Prefektur Wakayama, Kota Kobe), Daerah Kyushu (Prefektur Fukuoka, Kagoshima, Kumamoto, Miyazaki, Nagasaki, Oita, Saga), Daerah Tohoku (Prefektur Akita, Aomori, Fukushima, Iwate, Miyagi, Yamagata), Prefektur Okinawa

Terdapat pula sejumlah penawaran menarik selama JTF berlangsung, antara lain: Tiket pesawat PP ke Jepang dengan penawaran istimewa dari 5 maskapai penerbangan: All Nippon Airways, Cathay Pacific Airways, Garuda Indonesia, Japan Airlines, dan Singapore Airlines. Periode perjalanan hingga September 2019.

Paket wisata menarik, JR Pass, tiket theme park, SIM Card/WiFi, hotel dan lainnya dari 21 agen perjalanan; Lucky draw tiket PP ke Jepang untuk semua pengunjung JTF setiap harinya. Hadiah langsung dari JNTO untuk setiap transaksi di agen perjalanan yang ada di pameran.

Turut hadir pula eksibitor dari Jepang, termasuk pengelola transportasi bus, kereta dan shinkansen, hotel, pusat perbelanjaan Don Quijote, serta pemerintah daerah untuk mempromosikan daerah pariwisatanya masing-masing, seperti Himeji, Matsumoto dan Yokohama, serta Prefektur Kanagawa, Okayama, Okinawa, dan Shizuoka sehingga pengunjung berkesempatan memperoleh informasi destinasi baru mengenai wisata di Jepang.

JTF merupakan acara rutin yang diselenggarakan dua kali dalam setahun, masing-masing pada semester satu dan dua setiap tahunnya. JTF kali ini didukung oleh 21 agen perjalanan, 5 maskapai penerbangan, BNI dan Sabre TN Indonesia.

Info dan kontak: Telp: 1500383, Website: jnto.or.id

Grand City Surabaya, Jatim Fair 2018

Acara berlangsung pada Selas (9/10) – Minggu (14/10)

Melanjutkan sukses tahun sebelumnya, Jatim Fair 2018 tetap akan menjadi puncak rangkaian kegiatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke -73 tahun 2018, pameran terbesar di Indonesia Timur  ini , menampilkan berbagai Potensi Kinerja Prestasi yang telah diraih oleh kalangan usaha, pemerintah, dan masyarakat Jawa Timur khususnya dan daerah lain di Indonesia.

Rangkaian Acara: Opening & Clossing ceremony, Forum Bisnis, Talkshow & Demo produk, Fashion show, Festival Band dan Gelar Seni Daerah, Pentas artis dan Band Nasional, Launching product display sampling, Aneka lomba dan Door prize setiap hari, Pesta mainan anak indoor & outdoor, Bazar & Gebyar diskon.

Informasi selengkapnya mengenai dapat diakses di jatimfair.com

Info dan kontak: Twitter & Instagram: @jatimfair, Website: jatimfair.com

Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Jogja Halal Fest 2018

Acara berlangsung pada Kamis (11/10) – Minggu (14/10).

Serba halal dan syariah untuk para sobat Muslim, yang dinanti oleh muslimpreneur untuk meningkatkan usahanya dengan berbagai strategi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Jogja Halal Festival akan dibuka. Ikuti semua rangkaian acaranya. Masuk gratis!

Menghadirkan Pameran: Rumah Sakit Islam, Travel Umroh Haji, Sekolah Islam, Bank dan Asuransi Syariah, Salon Muslimah, Muslim Fashion, Halal Food, Property Syariah

Talkshow Bisnis bersama Jody Waroeng Group dan Rex Marindo Upnormal, Tabligh Akbar bersama Ustad Salim A Fillah “Cara Berbisnis Rosulullah”, Kajian bersama Peggy Melati Sukma Perjalanan Menembus Palestina, Galeri Halal ADITV Mencari Host, Milad ADITV : Meet & Greet Pemeran Film “Hanum & Rangga”

Info dan kontak: Telp 1: 08987409444, Telp 2: 082136386669

Website: jogjahalalfest.com

PKOR Way Halim, Lampung, Lampung Fair 2018

Acara berlangsung pada Jumat (12/10)- Sabtu (27/10).

Lampung Fair 2018 diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung dengan melibatkan kedutaan besar Timur Tengah, China, Jepang, dan Korea Selatan serta negara-negara sahabat di Asia Tenggara lainnya melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri. Selain itu juga akan menghadirkan 10 provinsi se-Sumatera dalam menampilkan pameran pembangunan infrastruktur di wilayah masing-masing.

Tema Lampung Fair 2018 adalah “ The Biggest Fair in Sumatera” yang lebih menekankan pada investasi daerah. Festival ini, merupakan yang terbesar, terlama dan terlengkap di provinsi Lampung. Beragam hiburan dan lomba akan dihadirkan untuk menarik para pengunjung.

Daftar kegiatan: International Zone, Festival Seni Budaya Lampung, Rekor MURI, Festival Music & Solo Song, Miss Lampung Fair 2018, Drumband Competition, Festival Barongsai, Food Festival, Kicau Burung Kontes, Pasar Malam, Wahana Permainan Anak, Zona kuliner, Pesta Kembang Api, Tman Lampion, Job Fair & Beasiswa

Informasi lebih lengkap mengenai Lampung Fair 2018 dapat diakses di lampungfair2018.com.

Info dan kontak:  Telp: 82298389469,Facebook: Lampung Fair, Website:  lampungfair2018.com

Atrium Utama Royal Plaza Surabaya, Moslem Fashion Festival 2018

Acara berlangsung pada Juat (12/10) – Minggu (14/10).

Moslem Fashion Festival 2018 yang ke-9 akan kembali digelar di Atrium Royal Plaza Surabaya. Event Fashion Busana Muslim ini mengangkat tema Neo Moda. Tedapat berbagai rangkaian acara yaitu Moslem Fashion Parade, Moslem Fashion Bazaar, dan Competition.

Pada MFF tahun ini, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), akan menghadirkan koleksi rancangan terbaru dari 8 anggotanya. Kehadiran inovasi desain berbentuk abstrak terstruktur, tidak terduga, fleksibel dan dinamis dalam siluet maupun tekstur ini, diharapkan mampu menjadi acuan tren busana muslim tahun mendatang serta menumbuhkan bibit-bibit perancang muda berbakat.

Daftar kompetisi: Moslem Model Search, 12 Oktober 2018, Fashion Illustration Competition, 13 Oktober 2018, Moslem Design Scarf, 14 Oktober 2018, Lomba Selfie on the Spot, 12-14 Oktober 2018.

Pendaftaran peserta lomba melalui: gg//formulirlombamff2018

Info dan kontak: Whatsapp: 0818502505 (Belinda), Instagram: @appmijatim_official

Minggu , 14 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Musik dan Lagu Melodi Tempo Doeloe Oslan Husein oleh Junior Soemantri bersama Intan Soekotjo

Oslan Husein adalah seorang penyanyi berdarah Minangkabau yang populer di Jakarta pada era 1950 an. Beberapa lagu yang pernah dibawakannya adalah Kampuang Nan Jauah di Mato dan lagu klasik yang selalu diputar setiap Idul Fitri yaitu Selamat Hari Lebaran.

Gaya penampilan serta lirik lagu yang jenaka ala Oslan, rupanya menginspirasi Junior Soemantri, penyanyi, dan pencipta lagu untuk membawakan ulang karya-karya milik Oslan Husein. Salah satu karya Oslan yang pernah dibawakannya adalah Pasar Baru.

Junior Soemantri akan tampil ditemani musisi-musisi dari Senandung Orquesta bersama bintang tamu Intan Soekotjo.

JX International Surabaya Surabaya, Jawa Timur, Indonesia Art Mart 2018 di Surabaya

Acara berlangsung pada Jumat (12/10) – Minggu (21/10).

Surabaya, Kota Pahlawan dan kota terbesar kedua di Indonesia akan lebih meriah dengan kehadiran pelukis ternama di penyelenggaraan Indonesia Art Mart atau  Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11.

Indonesian Art Mart atau Pameran Pasar Seni Lukis Indonesia PSLI dikenal sebagai ajang pertemuan para pelukis realis terbesar dan sedang berlangsung lebih dari satu dekade. Diikuti tak kurang dari dua ratus pelukis yang memamerkan karya mutakhirnya, forum ini juga menjadi ajang kompetisi untuk melukis tujuan terbaik pariwisata indonesia melalui penghargaan Pesona Award.

Pameran Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) ke-11 sudah merupakan rangkaian kegiatan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka ulang tahun Provinsi Jawa Timur yang ke-73 tahun. Pembukaan PSLI direncanakan akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur.

Pameran Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2018 yang berlangsung selama 10 hari ini juga akan diisi dengan pementasan teater, musik, dan tari kontemporer. Menyambut penyelenggaraan Asian Games 18, tahun ini disemarakkan oleh kehadiran pelukis dari berbagai negara Asia.

Tahun lalu, Pameran Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) diikuti oleh 193 pelukis terbaik yang berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Banten, Bali, Lombok, Lampung, dan Bengkulu. Adapun nilai transaksi selama pameran tersebut lebih dari Rp 3 miliar.

Garut, Gebyar Pesona Budaya Garut 2018

Acara berlangsung pada Minggu (14/10) – Kamis (18/10).

Ketika menyebut nama Garut, mungkin orang selalu tertuju pada dodol Garut yang memang sudah kondang sejak dulu. Kepopulerannya tak sebatas di dalam negeri, melainkan juga sampai mancanegara. Dodol Garut seperti sudah menjadi buah tangan wajib bila orang berkunjung ke Garut.

Namun Garut pastinya bukan sekadar dodol. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini juga kaya akan tradisi dan budaya. Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG) menjadi semacam ajang untuk menunjukkan kekayaan tersebut, sekaligus untuk melestarikan seni-budaya dan sebagai promosi kepariwisataan wilayah tersebut.

Digelar mulai 14 sampai 18 Oktober 2018, GPBG 2018 akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya, yang diharapkan bisa menjadi daya tarik kuat untuk mendatangkan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Atraksi seni-budaya itu meliputi kirab Cingcot, Domba catwalk, batik Garutan, pertunjukan seni, dan beberapa atraksi menarik lainnya. Selain itu, ada pula pameran dan bazar hasil kerajinan setempat, misalnya kerajinan kulit berupa tas, jaket dan sepatu.

Sejak dulu sebenarnya Garut sudah populer, bahkan memasuki abad ke-20 ia punya julukan sebagai “Swiss van Java” atau Swiss-nya Jawa. Kala itu Garut dikenal sebagai salah satu destinasi wisata paling menarik di dunia, terutama wisata alamnya. Kabarnya, banyak orang terkenal berlibur di Garut untuk menikmati bentang alamnya yang mengagumkan.

Sejumlah destinasi yang menarik dikunjungi antara lain Pantai Rancabuaya dengan air terjun mininya, Pantai Taman Manalusu, Curug Mala, Curug Cibadak, Pantai Cijeruk, Curug Ciarjuna, Curug Nyogong, dan Kebun Mawar Situhapa. Jika Anda menggemari petualangan, ada Gunung Guntur yang menarik untuk didaki; ketinggiannya 2.249 meter di atas permukaan laut.

Tentunya masih ada tempat-tempat lain yang juga menarik, seperti Gunung Piramida Sadahurip yang sempat ramai diperbincangkan – berkait rumor adanya sebentuk piramid di dalam gunung, hutan pinus Leuweung Oko, pemandian air panas Sukasono, Puncak Guha, dan hutan mati Gunung Papandayan, dan lain-lain.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Telepon: +62 22 7273209; +62 22 7103605. Email: disparbud@disparbud.jabarprov.go.id; pariwisatakebudayaanjabar@yahoo.co.id, Situs web: www.disparbud.jabarprov.go.id

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home