Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:38 WIB | Jumat, 14 Juli 2017

Acara Akhir Pekan 15 -16 Juli 2017

Ilustrasi. Pertunjukan Wayang Kontemporer Kawamura Koheysai's. (Foto: bentarabudaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara yang digelar di Ibukota, antara lain pertunjukan teater, wayang, musik, pameran dan perlombaan amatir radio, toys fair, dan masih banyak lagi, akan mewarnai akhir pekan Anda.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 8 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00, Pertunjukan Pentas Baca Mata Jiwa oleh Landung Simatupang

Pertunjukan pentas-baca oleh aktor, sutradara teater, dan pembaca Indonesia, Landung Simatupang, menampilkan petikan dari Mata Jiwa (karya Marinta Singarimbun dan Amalia Firman, 2016), buku fenomenal kata dan foto tentang seluk-beluk komunitas Bali Aga di Desa Tenganan, Bali, dengan tenun gringsingnya yang indah, bernilai ritual magis, dan dikagumi dunia.

Pianis andal Yudi Hari Purnomo (Jakarta) mengiringi pembacaan dengan komposisi ciptaannya sendiri, didukung tari oleh Enji Sekar Ayu (Solo) dengan koreografinya sendiri, dipadu tayangan karya fotografi Amalia Firman (Bandung) tentang Desa Tenganan dan kain Gringsing yang langka. Tata artistik digagas oleh Eko Prawoto, arsitek-seniman dengan nama internasional.

Lahir di Yogyakarta tahun 1951, sejak tahun 1971 Landung sering melakukan pembacaan publik untuk cerita pendek, esai dan tulisan kreatif lainnya. Di samping akting dan penyutradaraan teater, Landung juga menerjemah, menyunting, menulis, memandu workshop, dan mengisi suara. Tahun 1999, Landung bergabung dengan Black Swan Theatre Company Australia.

Pada tahun 2015 terlibat dalam pementasan repertoar musik dan puisi Don Quixote karya Goenawan Mohamad di Ubud dan Singapura, terlibat juga dalam reading and translation performance: Servants of the Word (pementasan karya penerjemahan buku Centhini dan Pengakuan Pariyem) di Berlin, Frankfurt, Ubud dan Singapura, serta menjadi narator pada pementasan Opera Tari Gandari dalam acara Frankfurt Book Fair di mana Indonesia saat itu terpilih sebagai tamu kehormatannya.

Bentara Budaya Bali, pukul 19.00 - selesai, Pertunjukan Wayang Kontemporer Kawamura Koheysai's Shadow & Music

Sebuah pertunjukan wayang kontemporer dengan dalang Kawamura Koheysai akan tampil di Bentara Budaya Bali dengan lakon ‘Pulau Walak Pulau Fiksi’. Uniknya, dalam pertunjukan ini, Kawamura Kohey tampil seorang diri, termasuk menghadirkan latar musik buah karyanya berikut permainan bayang-bayang dan cahaya di sebalik layar.

Penonton akan disuguhi kreasi permainan tangan dan wujud rupa tertentu yang imajinatif. Dalam lakon ini akan dikisahkan tentang suatu pulau fiksional atau antah berantah bernama Pulau Walak.

Bentuk pertunjukan Kawamura Koheysai's Shadow & Music ini bersifat interaktif dimana percakapan-percakapan para tokoh wayang akan bersahutan dengan penonton yang diajak terlibat sebagai bagian dari cerita. Penonton juga akan diajak menyanyikan lagu-lagu selaras estetika pertunjukan ini yang mengedepankan interaksi guyub hangat antara kreator (dalang) dan publik (pemirsa).  Bentuk pertunjukan dan workshop shadow puppet ini juga pernah diselenggarakan di Bentara Budaya Bali pada tahun 2014, menghadirkan kelompok Budrugana-Gagra asal Tbilisi, Georgia.

Kawamura Koheysai dikenal sebagai seniman multitalenta asal Jepang. Sebagai dalang wayang kontemporer, ia bukan hanya tampil seorang diri (solo play), bahkan juga menciptakan sosok-sosok wayang berikut musik latarnya. Sedari tahun 1999, ia menekuni kesenian Bali serta secara khusus belajar seni wayang kontemporer kepada Larry Reed (San Fransisco).

Berkat inovasi dan kreativitasnya ia memperoleh penghargaan Juara Seni dari The Gotoh Memorial foundation (Jepang/2016). Ia sempat memberikan workshop dan pentas di Bentara Budaya Jakarta serta menyajikan pertunjukan di tanah air seperti Yogyakarta, Bali, dan Kalimantan.

Minggu 16 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00, Pertunjukan Musik  Alunan Indah Dari Indonesia Tengah

Acara ini menampilkan lagu- lagu daerah dari Indonesia Tengah dengan spektrum musik yang luas bertujuan menggali wawasan keberagaman budaya khususnya Indonesia Tengah dengan gaya musik yang beragam.

Otti Jamalus akan ditemani oleh Yance Manusama, Adikara Fardy, dan Otti Jamalus Music House Singer. Otti Jamalus, dikenal sebagai pianis, penyanyi dan pelatih vokal yang pernah tampil dalam berbagai genre musik, khususnya Jazz.

Beliau pernah mengisi berbagai Festival Jazz baik dalam maupun luar negeri dan juga berkolaborasi dengan musik tradisi Indonesia. Saat ini ia dikenal sebagai vocal coach (pernah melatih Sundari Soekotjo, Bunga Citra Lestari, Titi dj, dan penyanyi Indonesia lainnya) Otti Jamalus juga kepala sekolah/ founder dari Otti Jamalus Music House.

Ancol Beach City, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Pameran dan Perlombaan Amatir Radio, Jakarta Amateur Radio Fair 2017

Acara berlangsung pada Sabtu (15/7) – Minggu (16/7)  

Dalam rangka merayakan HUT Kota Jakarta ke-490, dan HUT ORARI yang ke-49 serta HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, ORARI Daerah DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan amatir radio yang diberi nama Jakarta Amateur Radio Fair 2017 atau JARF 2017. Acara itu dihadiri oleh amatir radio diseluruh Indonesia yang berjumlah kurang lebih 50.000 anggota bahkan oleh amatir radio dari negara tetangga di Asia Tenggara seperti dari Jepang, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kegiatan JARF 2017 akan diisi dengan beberapa perlombaan amatir radio (amateur radio games) seperti: Mobile ARDF, Walking ARDF, Slalom Test, Kode Morse dan Morse Runner, Message Handling (Set Up Emegency), Logging Contest, Atari, Eyeball QSO, QSL Card Challenge, Otomotive Games

Selain itu pada JARF 2017 juga akan menggelar Bazaar dan Bursa, Workshop serta Pameran yang diperuntukan bagi anggota amatir radio serta untuk partisipan lainnya yang akan memperkenalkan hasil karya dibidang teknik radio kepada masyarakat sekitar.

Info dan kontak: Facebook: Jakarta Amateur Radio Fair, Twitter: @jarf2017, Instagram: @jarf.2017, Website: jarf2017.com

Grand Metropolitan, Bekasi, Bekasi Toys Fair 2017

Berlangsung pada Sabtu (8/7) – Minggu (30/7)

Jangan lewatkan acara-acara seru & toys exhibition di Bekasi Toys Fair 2017, dengan program acara: Toys Exhibition, Competition, Cosplay, Meet & Greet, Community, Entertainment

Info dan kontak: Facebook: Grand Metropolitan, Twitter: @grandmetmall, Instagram: @grandmetropolitan, Website: grandmetropolitan.co.id.

Metro 10 Meruya, Jl Meruya Selatan No 19, Kembangan, Jakarta Barat (Sebelah Alfa Midi), Pukul 09.00 - 13.00, Donor Darah Metro 10

Yuk hadir di acara Donor Darah yang terbuka untuk umum. Untuk 25 Pendonor darah pertama akan mendapatkan souvenir yang menarik dari Metro 10

Info dan kontak: Margaretha / Morgan : (021) – 5890 7754 ext.81 / 0818 0629 4610. Aviation Film Fest: Air Force One

@america Pacific Place, Pukul .14:30 WIB -16:30, Aviation Film Fest: Air Force One

Simulator penerbangan F-16 asli akan hadir ke @america! Jadi mari melompat ke kursi pilot dan melayang tinggi dengan film-film terbaik Amerika mengenai penerbangan.

@america Pacific Place, Pukul.17:30 WIB - 19:30,  Aviation Film Fest: Behind Enemy Lines

Simulator penerbangan F-16 asli akan hadir ke @america. Jadi mari melompat ke kursi pilot dan melayang tinggi dengan film-film terbaik Amerika mengenai penerbangan.

 

 

 

Back to Home