Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:09 WIB | Jumat, 14 September 2018

Acara Akhir Pekan 15 – 16 September 2018

Ilustrasi. Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018 .(Foto: genpinews.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara di Ibukota, di antaranya pertunjukan musik dan tari tradsional, pameran elektronik alat rumah tangga, pameran bisnis kecantikan Beauty Professional Indonesia 2018, menyemarakkan akhir pekan di penggal pertengahan September ini.

Selain itu ada festival budaya yang diselenggarakan di Riau yakni Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018, kemudian Festival Pesona Tanjung Lesung Banten 2018 .

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 15 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik dan Tari Tradisional, Sipakainga oleh Artimbi Studio Bersama Kezia Warouw

Setiap manusia memiliki perjalanan hidup yang sama dan pasti, yaitu lahir dan mati. Dalam kesempatan kali ini Artimbi Studio mengangkat budaya adat istiadat dari daerah Sulawesi Selatan, yaitu Makassar, Bugis, dan Toraja, tentang ritual kelahiran, filosofi kehidupan, juga kematian melalui garapan musik dan tari yang dinamis. Semua yang lahir pasti akan mati, ada awal pasti ada akhir, dan manusia harus saling mengingatkan.

Atas dasar tersebut konsekuensi membentuk Sanggar Seni Artimbi Studio adalah untuk membantu pemerintah dalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan kesenian di Indonesia.

Sanggar Seni Artimbi Studio didirikan pada tahun 2013 dan memiliki motto “ekspresi keberagaman manusia melalui keindahan gerak tubuh”. Tujuan Sanggar Seni Artimbi Studio adalah menggali, melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan seni budaya nasional Indonesia di dalam dan luar negri.

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran Indonesia International Electronic & Smart Appliances Expo (IEAE) 2018

Acara berlangsung pada Kamis (13/9) - Sabtu (15/9).

Indonesia International Electronic & Smart Appliances Expo 2018 adalah pameran internasional untuk memberikan produk elektronik dan alat rumah tangga yang memproduksi akses langsung ke pemasok, agen, dan pedagang. Produsen memiliki kesempatan untuk menampilkan berbagai kualitas dan produk terbaru mereka. IEAE adalah peluang terbaik untuk mendapatkan akses langsung ke pasar Indonesia.

IEAE memberi Anda kesempatan untuk mencari peralatan elektronik dan rumah terbaru. 

IEAE akan menampilkan produk dari semua jenis produk konsumen elektronik dan peralatan pintar, antara lain Consumer Electronics, Mobile Phone & Accessories, Computer Network and Accessories, In-Car Electronics, Security Products & Smart Home, LED & Energy Saving Products, Home Appliances, Electronic Equipment & Components.

Untuk informasi lebih lanjut tentang IEAE 2018, silakan kunjungi ieae.co.id

Info dan kontak: Telp: 021-22604789, Facebook: IEAE, Instagram: @ieae.id, Website: ieae.co.id

Jakarta Convention Centre (JCC), Pameran Beauty Professional Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Kamis (13/9) – Sabtu (15/9).

Indonesia merupakan industri kecantikan terbesar ketiga di Asia. Beauty Professional Indonesia diselenggarakan dengan tujuan menciptakan platform perdagangan segar untuk melengkapi industri yang terus berkembang di mana pemilik Beauty Professional Indonesia dapat menjadi sumber untuk mitra yang tepat dan menjadi tren terbaru.

Beauty Professional Indonesia didedikasikan untuk distributor produk estetika, kecantikan dan industri rambut, perusahaan farmasi, lembaga penelitian dan pengembangan, pemasok bahan dan kemasan produk, salon dan pemilik toko ritel, estetika dan medis alternatif praktisi, serta para profesional kecantikan.

Beauty Professional, menghadirkan pemilik dan profesional bisnis kecantikan lebih dari 178 perusahaan yang memamerkan dan 200 merek dari 23 negara.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi: beautyprofessional.co.id

Info dan kontak: Facebook: Kecantikan Profesional Indonesia, Instagram: @beautyprofessional_id, Situs web: beautyprofessional.co.id

Exhibition Hall – Grand Indonesia Level 5 West Mall, Pukul 11.00- 22.00 WIB, Simply Pop Up Market “Urban Culture Festival”

Acara berlangsung pada Kamis (13/9) – Minggu (16/9).

Urban Culture Festival diikuti lebih dari 80 tenant dengan beragam lokal produk berkualitas seperti Chic Fashion, Unique Accessories, dan Yummy F&B.

Cek info lengkap di IG @garudaorganizer atau www.garudaorganizer.com/upcoming-event

@america Pacific Place, Pukul 18.00 – 20.30, Pemutaran Film Poet and Politician: Love and Understanding All is Forgiven, Because We Have Been

All is Forgiven, Because We Have Been Happy adalah kisah tentang hubungan antara Paul Agusta dan ayahnya, Leon Agusta, seorang aktivis yang mengilhami Paul Agusta. Tonton film ini dan jangan lewatkan kesempatan untuk bertemu dengan aktor.

Cendrawasih Room dan Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Indonesia International Book Fair 2018

Acara berlangsung pada Rabu (12/9) –Minggu (16/9).

Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018, menjadi ajang pertemuan antarpenerbit dan pelaku industri kreatif lain di tingkat nasional maupun internasional.

IIBF juga menjadi sarana para penerbit dan pelaku industri kreatif untuk berinteraksi dengan konsumen. IIBF 2018 dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 12-16 September 2018.

IIBF merupakan pameran tahunan, yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi). Diselenggarakan pertama kali tahun 1980, tahun 2018 adalah penyelenggaraan yang ke-38. Sejak tahun 2014 bertransformasi menjadi pameran buku berskala internasional. IIBF merupakan pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi nasional maupun internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya.

Indonesia adalah produsen buku yang aktif, jumlah buku terbit dan pengarang adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan sekaligus pembeli terbesar di Asia Tenggara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini silakan kunjungi indonesia-bookfair.com

Info dan kontak: Telp: 021-3141907, Email: iibf@ikapi.org, Website: indonesia-bookfair.com.

Minggu, 16 September

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 dan 19.00 WIB, Pertunjukan Teater VERGO, Lelaki Timur Atas oleh Peqho Teater

Vergo awalnya seorang lelaki yang pengecut. Vergo meninggalkan Ambon karena lari dari masalah. Vergo merantau dan terjebak dalam lingkungan kerasnya kehidupan di Jakarta. Di tempat lokalisasi tersebut, Vergo tiba-tiba menjadi ketua di lingkungan itu karena tidak sengaja mengalahkan ketua preman sebelumnya. Dalam lingkungan dan kondisi baru itu, Vergo dituntut bisa mengatasi masalah-masalah mereka, seperti pungli, peredaran narkoba dan Jacky anak buah boss Dhana si mafia narkoba.

Vergo berusaha memperbaiki kualitas hidup warga kampung tersebut. Secara tidak disadari, Vergo sedang belajar menjadi manusia yang bertanggung jawab dan dewasa.

Peqho Teater berdiri sejak 2002, intens mengeksplorasi pertunjukan teater dan drama musikal,  yang bisa dinikmati oleh publik. Beranggotakan mayoritas anak muda dari berbagai kalangan dan profesi. Peqho Teater telah banyak menampilkan pertunjukan di berbagai acara di Indonesia.

Bentara Budaya Bali, Pukul 15.00, Membuat Komik bersama Comicotopia

Komik atau cerita bergambar, memiliki sejarah yang panjang, bukan saja di Indonesia tapi juga di seluruh belahan dunia. Keberadaannya mewarnai perkembangan peradaban manusia, merujuk sejumlah bukti sejarah di Roma, Mesir, hingga Yunani, di mana gambar terpilih dirangkai secara berurutan dan difungsikan sebagai sarana menyampaikan kisahan atau narasi tertentu.

Di Indonesia, sejarah komik diyakini dimulai sejak kehadiran komik strip Put On pada harian Sin Po sekitar tahun 1930an. Sejak itu mucul nama-nama maestro komik Indonesia dengan karya-karya melegenda, antara lain Si Buta Dari Gua Hantu (Ganes TH), serial Mahabharata (RA Kosasih), Gundala Putra Petir (Hasmi), Godam (Wid NS), Panji Tengkorak (Hans Jadalara), Jaka Sembung (Djair), Rio Purbaya (Jan Mintaraga) – yang meraih puncaknya pada periode 1960 hingga 1970an. Tema-tema yang lazim mengemuka adalah pewayangan, superhero dan humor politik.

Kelas Kreatif Bentara kali ini akan mengetengahkan lokakarya membuat komik, kerja sama Komunitas Comicotopia Bali dengan Bentara Muda Bali. Ini merupakan kelanjutan dari workshop dan dialog yang diselenggarakan sebelumnya, yakni seputar  “Sosok Ikonik Dunia Kartun Indonesia“ bersama Jango Pramartha dan Timbang Pandang serangkaian Pameran Ilustrasi Aplikatif dan Komik Tradisi Bali (Juli 2018).

Dibahas pula perkembangan komik di era digitalisasi, yang mendorong para kreatornya terbuka pada berbagai kemungkinan baru penciptaan, baik pilihan tematik, gaya, terlebih cara menghadirkan karya-karya mereka ke ruang publik. Misalnya, kemunculan komik digital di Korea sejak tahun 2002, Webtoon atau komik Internet atau webcomic. Hal mana memungkinkan para komikus menghadirkan komik ciptaannya secara serentak dan seketika diakses di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri belakangan muncul pula portal komik digital yang bernama CIAYO Comics.

Sebagai narasumber adalah Ai Shuma dan Komunitas Comicotopia Bali. Ia merupakan pendiri Komunitas Comicotopia Bali dan pencipta komik “Bhurloka“ yang sudah dipublikasikan di aplikasi web komik Ciayo.

Comicotopia adalah, komunitas yang mewadahi penulis naskah, ilustrator dan komikus yang memiliki minat untuk membuat komik. Komunitas ini terbentuk pada tahun 2014, membuka ruang bagi para anggotanya untuk berkolaborasi dan berbagi ide serta pengembangan cerita juga gambar komik. Anggotanya terdiri dari pegiat komik dari Bali dan luar Bali. Selain berbagi melalui grup online, mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan bertema komik di Bali, seperti Cosmic Fest dan DjaFu.

Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (15/9) – Minggu (23/9).

Provinsi Kepulauan Riau akan kembali menyelenggarakan Festival Bahari Kepri. Festival ini merupakan serangkaian event pariwisata baik bahari, alam hingga budaya, juga permainan tradisional, kreasi dan modern akan ikut menyemarakkan Kepulauan Riau pada event ini.

Dengan semangat untuk menjadikan Kepulauan Riau sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia, Festival Bahari Kepri tiap tahunnya juga disejalankan dengan program Sail Nasional untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri ke yachters dan boaters luar negeri.

Festival yang akan digelar di beberapa tempat termasuk ibu kota Tanjung Pinang, akan menampilkan Tari Dangkong sebagai tarian. Selain penduduk lokal, Kepulauan Riau juga akan menyambut yacht dari negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Selama menginap, rombongan akan dihibur dengan pertunjukan seni setiap malam di gedung-gedung Daerah dan Gonggong.

Beberapa komunitas, seperti kelompok pendaki gunung Pahang, Dunia Melayu Dunia Islam, komunitas fotografi Kuala Lumpur dan kelompok penggemar band Melayu dari Singapura dan Malaysia juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dalam upaya untuk mempromosikan masakan lokal, provinsi Kepulauan Riau dikatakan bermitra dengan Indonesian Chef Association (ICA) dan Batam Tourism Polytechnic (BTP)) untuk memamerkan berbagai hidangan lokal di seluruh festival.

Sore hari, acara tersebut akan dimeriahkan dengan Festival Sungai Carang, yang bertujuan melestarikan budaya Melayu. Ini juga akan menampilkan Festival Gurindam 12, Festival Kuliner, Festival Drum Band dan parade perahu yang didekorasi di malam hari.

Selanjutnya, sorotan lainnya dari festival ini adalah Lomba Perahu Naga Tanjungpinang, yang akan diikuti peserta lokal dan asing. Terakhir, Festival Bahari Kepulauan Riau (Kepri) 2018 akan menampilkan Karnaval Kepulauan Riau yang menawarkan parade budaya dan parade kendaraan yang didekorasi.

Selama karnaval, para pengunjung festival dapat menikmati pertunjukan Mendu Natuna, Gobang dari Anambas, Mak Yong dari Batam dan Bintan, dan Dangkong Dance dari Lingga dan Karimun.

Pantai Tanjung Lesung Pandeglang Banten, Festival Pesona Tanjung Lesung 2018

Acara berlangsung pada Rabu (12/9) – Rabu (19/9).

Pantai Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tak perlu diragukan lagi keelokannya. Tapi bukan sekadar itu yang disuguhkan dalam Festival Pesona Tanjung Lesung (FPTL). Beragam acara dari yang sifatnya olahraga, seni, sampai budaya, digelar dalam gelaran tahunan yang biasanya dipadati pengunjung ini.

Banyak program menarik yang akan disuguhkan dalam FPTL 2018. Pada Rhino Triathlon, para peserta akan menyusuri pantai, hutan dan sawah dengan bebegig-nya (orang-orangan sawah). Sementara itu, kolecer (kincir angin) yang riuh akan banyak dipasang di sepanjang jalan yang dilalui.

Di samping itu, biasanya Pemerintah Provinsi Banten juga menggelar sejumlah acara yang tak kalah unik dan menarik, seperti festival bebegig dan kolecer, lomba bebegig dan kolecer, bazar kuliner khas Banten, pameran 7 Wonders of Banten, dan lain-lain.

Di Desa Wisata Cikadu, pengunjung disuguhi pameran hasil kerajinan seni, ragam busana dan kuliner tradisional. Yang pasti, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, sekaligus menikmati momen-momen sunset nan elok dan romantis. Di tempat yang sama, pengunjung bisa bermain standup paddle board, kayak dan joy sailing. Pada puncak acara, ada pertunjukan Salakanegara, yang diakui sebagai kerajaan tertua di Nusantara.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, Telepon: +62 254 267060, Email: ppid.disbudpar@bantenprov.go.id; sekretariatdisbudpar@gmail.com

Situs web: disbudpar.bantenprov.go.id

Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Pameran Fun & Experience Yogyakomtek 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (15/9) – Rabu (19/9).

Rasakan pengalaman teknologi terbaru dan dapatkan hadiahnya!

Teknologi intel serta aneka produk IT dan gadget terbaru dihadirkan langsung di Yogyakomtek.Tidak hanya mendengar, tidak hanya melihat, tapi benar-benar bisa langsung mencoba dan merasakannya.

Info dan kontak: Facebook: Pameran Komputer Apkom Jogja, Instagram: @apkomyogyakarta

Editor : Sotyati

Back to Home