Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:53 WIB | Jumat, 15 November 2019

Acara Akhir Pekan 16 – 17 November 2019

Ya'ahowu Nias Festival 2019 . (Foto: pesona.travel)

SATUHARAPAN.COM – Beraneka acara akan memeriahkan akhir pekan di bulan November 2019 ini. Di antaranya, operet, pertunjukan musik tradisional, pameran internasional perikanan dan makanan laut, pameran produk makanan, dan Indonesia Bagian Timur Expo ke-4.

Selain itu, kemeriahan juga berlangsung di beberapa daerah, antara lain, Festival Tanjung Kelayang 2019 di Belitung, Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2019 di Yogyakarta, Ya'ahowu Nias Festival 2019 di Kabupaten Nias Barat, dan Borobudur Marathon di Magelang Jawa Tengah.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 16 November

Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Pukul 14.00 dan 17.30, Operet Aku Anak Rusun ke2, Selendang Arimbi

Sukses dengan Operet Aku Anak Rusun pada 2017, Veronica Tan kembali menggelar Operet Aku Anak Rusun ke-2 yang bertajuk "Selendang Arimbi". Operet yang diprakasai oleh Soundkestra dan Yayasan Waroeng Imaji milik Veronica Tan ini adalah drama musikal yang mengisahkan kehidupan anak rusun di Jakarta.

"Selendang Arimbi" bercerita tentang seorang anak rusun benama Arimbi, yang bercita-cita menjadi penari. Arimbi harus menghadapi banyak tantangan untuk meraih impiannya itu. Salah satunya kondisi sang ibu yang sedang sakit. Dalam operet tersebut, Veronica ingin mengangkat nilai toleransi, solidaritas, semangat mewujudkan mimpi. Semua itu disajikan dalam tari dan lagu Indonesia.

Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada anak-anak rusun untuk berkreasi di bidang seni. Dari 400 anak yang mengikuti seleksi, Veronica memilih 200 anak dari tiga rusun berbeda, antara lain Rusun Pulogebang, Rawa Bebek, dan Daan Mogot.

Jakarta International Expo (JIExpo), Seafood Show of Asia 2019

Acara berlangsung pada Rabu (13/11) – Sabtu (16/11).

Pameran Internasional tentang perikanan dan makanan laut, bahan-bahan makanan laut, produk dan proses equipment, dan cold chain technology.

Profil pengunjung: Distributors/Wholesalers +, Importers/Exporters, Airlines, Aquaculture Industry, Bars/Clubs, Cruise Lines, Fast Food Chains, Schools, Government/Military, Hospitals, Hotel, Restaurant And Catering Buyers, Institutional Food Service, Resorts & Groceries Buyers

Info dan kontak: Telp: 021-6345861, Email: info@kristamedia.com, Website: seafoodshowasia.com

Emporium Pluit, 2nd Floor Jakarta, Festival Toys Gashapon x Gacha Event 2019

Acara berlangsung pada Senin (11/11) – Minggu (24/11).

Kabar gembira bagi penggemar dan kolektor Gashapon dan Gacha. Tersedia sekitar 100 tower mesin dengan 200 macam item Bandai Gashapon & Takara Tomy Arts Gacha, serta selalu di-update model itemnya selama event berlangsung.

Selain Gashapon dan Gacha, tersedia produk-produk dari Multi Toys seperti produk dari Banpresto, Cosbaby, Bandai dan masih banyak lagi

Info dan kontak: Facebook: Multitoys, Instagram: @multitoys

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Pameran Produk Makanan, Pukul 10.00 – 19.00 (13/11- 15/11), Pukul 10.00 – 18.30 ( 16/11), SIAL Interfood 2019

Acara pameran Internasional ke-19 tentang produk makanan dan minuman, bahan, teknologi dan layanan berlangsung Rabu (13/11) - Sabtu (16/11).

Untuk mengunjungi pameran, pengunjung mendaftar secara online gratis sebelum 31 Oktober 2019, sementara pendaftaran online setelah 31 Oktober2019 akan dikenakan biaya seperti dilansir sialinterfood.com/online-2.

SIAL Group dan Krista Exhibitions dengan bangga mempersembahkan SIAL Interfood, yang akan diadakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Indonesia. Kolaborasi antara dua kekuatan kuat dalam industri makanan dan minuman. SIAL Group, jaringan pameran makanan terbesar di dunia dengan pengalaman 50 tahun, pameran makanan dan minuman terkemuka di Indonesia. Jangan lewatkan acara menarik ini. Sebuah platform menarik yang membantu perusahaan makanan dan minuman untuk melakukan terobosan ke pasar ASEAN yang menjanjikan.

Fitur pameran: Food & Beverage (Products and Technologies) Bakery & Confectionery (Bakery & Confectionery, Machinery, Equipments, Supplies, Ingredients). Food & Hospitality, (Wine & Spirits, Equipments, Supplies, Storage, Services & Related Technology for Hotel, Catering, Restaurant, Cafe, Supermarket). Food Ingredients, (Food Additives, Food Chemicals, Food Ingredients, Food Materials). Herbal & Health Food, (Herbal & Health Food and Food Supplments). Retail & Franchising, (Franchising & Licensing). Coffee, Tea and Cocoa. Fresh and Processed Fruits. Agricultures Products, Halal, Organic and Natural Health Food Products. Frozen food, Fish Seafood and Meat Products.

Info dan kontak: Facebook: Interfood, Instagram: @interfoodexpo, Website: sialinterfood.com

Bentara Budaya Bali, Pukul 19.00 WITA – Selesai, Pertunjukan Musik Tradisional, A Tribute to Wayan Beratha #6, Komponis Kini 2019

Komponis Kini seri #6 kali ini menampilkan sekaa Gamelan Yuganada yang akan mempresentasikan komposisi new music for gamelan yang digarap bersama oleh lima komposer yakni: Wayan Sudirana, Wayan Diana Putra, I Made Reindra Dwipayana, I Kadek Agus Cahaya Suputra, dan I Kadek Janurangga.

Komposisi baru yang dipertunjukkan bertajuk “Aural Independence“, garapan musik yang menempatkan porsi pendengaran sebagai bagian penting daripada porsi visual. Ini sesuai dengan kaidah musik yang memang mengedepankan aspek auditori.

Karya ini dibagi menjadi beberapa bagian yang dengan sengaja dibuat untuk mempresentasikan segala kemungkinan auditif, dan aspek indivualistik dari karakteristik gamelan yang secara tradisi memang selalu mengutamakan unsur kebersamaan atau komunal. Orkestrasi tradisi gamelan dipecah dan digarap berdasarkan instrument family order. Identitas baru teknik permainan, cara kerja penggarapan, dan visi futuristik menjadi dasar pijakan.

Gamelan Yuganada adalah sekaa gamelan Bali dan kelompok seni pertunjukan yang berfokus pada musik dan tarian Bali tradisional dan kontemporer. Kelompok ini berusaha menampilkan bentuk seni pertunjukan terbaik dan layak untuk reputasi internasional.

Program Komponis Kini, mengetengahkan presentasi New Music for Gamelan yang berangkat dari respons kreatif atas karya-karya klasik maupun semangat penciptaan maestro I Wayan Beratha. Selain menampilkan pertunjukan, acara juga akan diperkaya dengan pemutaran video proses cipta dan atau dialog bersama para komposer bersangkutan.

Komponis Kini diprogramkan secara terencana dan berkelanjutan, bertujuan untuk menciptakan atmosfer berkesenian bagi seniman-seniman gamelan di Bali dan di Tanah Air, dengan mengedepankan upaya-upaya penciptaan baru (new music dan new gamelan). Agenda yang digagas Bentara Budaya Bali bersama tiga komposer: I Wayan Gde Yudane, Wayan Sudirana dan Dewa Alit ini berupaya pula memberikan pencerahan bagi publik musik, sekaligus ajang apresiasi agar masyarakat turut merayakan bentuk-bentuk kesenian yang mencerminkan ekspresi kekinian, terpujikan secara artistik dan bermutu tinggi.

Garden Palace Hotel Surabaya, Pukul 10.00 – 21.00, Indonesia Bagian Timur  (IBT) Expo

Acara berlangsung pada Kamis (14/11) – Sabtu (16/11), masuk gratis.

Kembali digelar untuk ke-4 kalinya di Surabaya, Indonesia Bagian Timur  Expo atau IBT Expo. Forum bisnis dan pameran kawasan Indonesia bagian Timur, menampilkan aneka potensi sumber daya  bidang produk kreatif, produk kelautan, perkebunan, kehutanan, pariwisata, dan aneka produk unggulan lain yang dipersembahkan lebih dari  50 peserta dari unsur BUMN, pemerintah provinsi, kabupaten, kota, dan Kementerian Perdagangan.

IBT Expo 2019 menggelar berbagai acara antara lain: Business Forum  Merek Dagang, International Trade Forum tentang Cara Export Halal Food ke Jepang, IBT Digitalks tentang Strategi Marketing Digital, IBT Lifestyle Forum tentang Peluang Bisnis Kuliner di Era Milenial, Forum Perlindungan Kekayaan Intelektual di Era Milenial, Forum IBT Womenpreneur tentang Peluang Wirausaha Wanita Milenial di Era Digital, dan Forum Pebisnis Startup Unicorn.  Semuanya dengan para narasumber yang berpengalaman dan profesional.

Ikuti dan saksikan juga life music, fashion week, serta pemilihan Putra Putri IBT Expo di hari akhir pameran.

Event ini diselenggarakan oleh IBT Center bersama PT Debindo Mitra Tama

Info dan Kontak: Max Gahara 0817 0397 0039, Melanie 0811 3180 880, Tomi 0813 3064 2664, Robby 0856 4518 0455 Instagram : @IBTCenter, Website : www.ibtcenter.co.id

Minggu, 17 November

Ringroad Citywalks Medan, Pusat Promosi Unggulan Daerah (PPUD) Sumatera Utara  2019

Acara berlangsung pada Kamis (14/11) – Minggu (17/11).

Pusat Promosi Unggulan Daerah (PPUD) Sumatera utara 2019 adalah pameran tahunan sektor produk unggulan daerah seperti: batik, fashion, tenun, kerajinan, hasil pertanian dan perkebunan, peternakan, kelautan, dan perikanan, pariwisata unggulan dan peluang investasi, multiproduk.

Kontak person: Alamsyah 081219114630

Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Belitung, Festival Tanjung Kelayang 2019

Acara berlangsung pada Jumat (15/11) – Selasa (19/11).

Festival ini akan menyajikan 10 kegiatan pendukung seperti festival kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, Bangka Belitung Fashion Carnaval, festival vlog dan lomba photo, pameran pariwisata dan pameran photo, festival band dan lain-lain.

Tanjung Kelayang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang ada di Belitung. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Kelayang, di bagian utara pulau, adalah jantung kemegahan Belitung.

Kawasan Candi Prambanan dan Lapangan Desa Wisata Pancoh Turi Sleman Yogyakarta, Jogja International Heritage Walk (JIHW) 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (16/11) – Minggu (17/11).

Jogja International Heritage Walk (JIHW) adalah sebuah kegiatan jalan kaki berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Jogja Walking Association sebagai organizing committee. Konsep yang diusung tidak hanya kesehatan (health), tapi juga gerakan sadar lingkungan (green environment).

Event internasional Jogja International Heritage Walk (JIHW) digelar untuk ke-11 kalinya. Tak hanya jalan kaki, para peserta bisa ikut dalam berbagai event mulai mengumpulkan sampah non-organik, hingga berjalan bareng dengan mainan legendaris asal Jepang, “Tamiya” mini 4WD.

Total peserta asing tercatat 250, yang berasal dari 25 negara antara lain:  Italia, Prancis, Belgia, Korea Selatan, Australia, Sri Lanka, Belanda, Jepang, Maroko, Vietnam, hingga Laos.

Pada event kali ini berbagai komunitas dilibatkan untuk berpartisipasi selama event dua hari di Prambanan dan Turi Sleman seperti Sariswara, Dolpin (Dolanan Pinter), Rapel.id, Balai Arkeologi Yogyakarta, Jogja Raider Hunter, Jogja Street Mini 4 WD, Yoga Exotic Temple dan Omah Parenting.

JIHW 2019 berpusat di dua lokasi berbeda yakni Sabtu (16/11) di Kawasan Candi Prambanan dan Minggu (17/11) di Lapangan Desa Wisata Pancoh Turi Sleman. Peserta akan mengikuti jalan kaki rute 5,10, dan 20 kilometer.

Lapangan Merdeka Ibu Kota Kecamatan Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumut, Ya'ahowu Nias Festival 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (16/11) – Rabu (20/11).

Ya’ahowu Nias Festival 2019 kembali digelar untuk keempat kalinya di Lapangan Merdeka Ibu Kota Kecamatan Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dengan salah satu tujuan menjaring segmen wisatawan milenial.

Festival Ya’ahowu juga dikenal dengan Owasa Ya’ahowu adalah pesta budaya Ono Niha (orang Nias) yang telah dilakukan turun-temurun. Ya’ahowu sendiri kata yang memiliki makna persaudaraan dan perdamaian serta berkat dari mahakuasa.

Kegiatan yang juga masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) 2019 ini menghadirkan 12 acara unggulan yaitu Ya’ahowu Nias Karnaval, pergelaran tarian tradisional khas masing-masing daerah se-Kepulauan Nias, pergelaran atraksi budaya, lomba permainan rakyat, perlombaan olahraga, lomba atraksi silat tradisional, lomba kreasi kerajinan tangan dari bahan sinasa, Festival Kuliner Nias, Yaahowu Idol 2019, Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias 2019, Festival Ya’ahowu Camping Ground, dan hiburan (artis lokal dan nasional).

Ya'ahowu Nias Festival 2019 mengusung tema Nias Ia Truly Island, yang memamerkan penampilan-penampilan kebudayaan khas kepulauan Nias.

Salah satu tarian tradisional asal Nias yang akan diperkenalkan adalah Tari Mayo atau Tari Elang, yang menjadi kesenian tradisional khas daerah tersebut.

Taman  Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Borobudur Marathon

Dalam upaya mempromosikan gaya hidup sehat dan wisata olahraga, pemerintah Jawa Tengah dan Yayasan Borobudur Marathon serta bermitra dengan Kompas menjadi tuan rumah Borobudur Marathon. Sekitar 10.000 pelari bersaing dalam kategori lomba full maraton, half maraton, dan 10 kilometer. Mereka berlari melewati desa-desa di wilayah Borobudur yang asri.

Perlombaan lari yang mengusung tema Synergy & Harmony ini, menawarkan hadiah yang amat menggiurkan bagi para pemenang dan dibagi dalam beberapa kategori lomba. Borobudur Marathon 2019 akan dihelat di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Acara yang dipersembahkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Harian Kompas dan Bank Jateng ini bukan sekadar lomba lari semata. Para peserta Borobudur Marathon 2019 akan disambut hangat oleh masyarakat, mencicipi kuliner khas, dan berbagai hal menarik lainnya di Magelang

Jadwal Borobudur Marathon 2019 digelar pada Minggu tanggal 17 November 2019 di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk Kelas Marathon dimulai pukul 05.00 WIB, Half Marathon mulai pukul 05.30 WIB, dan Kelas 10K mulai pukul 06.00 WIB.

Kategori Perlombaan Borobudur Marathon 2019 dibagi dalam tiga jenis perlombaan, yaitu Marathon, Half Marathon, dan 10K. Marathon terdiri atas Kategori Overall, Kategori Indonesia, dan Kategori Master. Half Marathon terdiri atas Kategori Overall dan Kategori Indonesia. Sedangkan 10K terdiri atas Kategori Overall dan Kategori Indonesia.

Hadiah-hadiah yang diperebutkan dalam Borobudur Marathon 2019 mencapai total ratusan juta rupiah.

Hadiah tertinggi adalah Kelas Marathon Kategori Overall, pemenangnya bisa membawa pulang uang sebesar 180 juta rupiah. Sedangkan hadiah terendah adalah untuk juara 8 Kelas 10K Kategori Indonesia yakni sebesar 3 juta rupiah.

 

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home