Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:01 WIB | Jumat, 16 November 2018

Acara Akhir Pekan 17 – 18 November 2018

Ilustrasi. Festival Ya'ahowu 2018 Nias Sumatera Utara (Foto: pedomanwisata.com)

SATUHARAPAN.COM – Agenda acara di petengahan bulan November diramaikan oleh beberapa acara  di Ibu Kota di antaranya pertunjukan tari, pameran properti, Pameran Kemayoran Plastics & Rubber Indonesia 2018, Festival Filantropi Indonesia (FIFEST) 2018, pameran otomotif, festval kuliner. 

Selain itu juga beberapa acara di gelar  digelar , yakni  acara kreativitas anak muda dalam Main Bareng di PlayTime Bandung, BEKRAF Festival 2018 di Surabaya, festival Tanjung Kelayang 2018  di Bangka Belitung, , Festival Ya'ahowu 2018 Nias,  Jogja International Heritage Walk 2018 .

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 17 November

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Dua Wajah Tradisi Peran di Istana dan Masyarakat oleh Didik Nini Thowok

Pertunjukan ini menampilkan sejarah tradisi lintas gender pada zaman Hamengku Buwono (HB) ke VII dan tradisi yang berkembang di masyarakat (khusus daerah Banyumas) yang keduanya tertulis di dalam Babad maupun buku kuno seperti Centhiini, sampai dengan kreasi tari Dwimuka karya Didik Nini Thowok.

Tarian ini ditampilkan oleh penari tunggal Didik Nini Thowok, dengan uraian sejarah tari tersebut melalui tampilan video dalam bentuk tembang Jawa dan narasi penari, sebagai seorang seniman tari lintas gender, yang dilakukan sejak usia belasan tahun, sampai sekarang sudah selama 50-an tahun. 

Didik Hadiprayitno, atau lebih dikenal sebagai Didik Nini Thowok lahir di kota kecil Temanggung di Jawa Tengah pada 13 November 1954 Lulusan ASTI yang sekarang disebut ISI (Institut Seni Yogyakarta Indonesia) pada tahun 1982. Direktur LKP Natya Lakshita Tari/Natya Lakshita Dance School dan Didik Nini Thowok Entertainment. Nama Didik Nini Thowok telah dikenal luas di Indonesia sebagai pemrakarsa gaya tari yang unik dengan menggabungkan unsur tari klasik, folk, serta tarian modern. Ia juga salah satu dari beberapa seniman yang melanjutkan tradisi lama "Tradisional Cross Gender" dalam bentuk tarian. Namanya sebagai salah satu maestro tari dikenal luas di dunia tari Indonesia maupun internasional karena interpretasinya yang luar biasa dalam tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Pukul 10.00-21.00 WIB, REI Mega Expo 2018

REI Mega Expo 2018, merupakan pameran properti akbar yang menampilkan produk-produk properti terbaik dari developer2 berkualitas. REI Mega Expo menjadi sebuah ajang yang sangat tepat bagi warga ibukota untuk mencari pilihan properti terbaik. REI Mega Expo yang juga menawarkan berbagai paket diskon dan pembiayaan yang menarik dan doorprize hadiah utama 1 unit mobil.

Untuk memeriahkan pameran REI Mega Expo 2018, serangkaian program entertainment menarik akan ditampilkan untuk memuaskan mata dan menghibur pengunjung nantinya. Dimeriahkan dengan talkshow & games serta pertunjukan band ibu kota dan masih banyak kegiatan seru untuk para pengunjung pameran.

Info dan kontak: Telp: 0811822217, Email: niniek_win@yahoo.com, Website: reimegaexpo.com

Jakarta International Expo (JIExpo), Pameran Kemayoran Plastics & Rubber Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Rabu (14/11) – Sabtu (17/11)

Plastik & Karet Indonesia, saat ini adalah satu-satunya plastik dan karet yang didedikasikan di Indonesia dengan satu-satunya fokus melayani kebutuhan industri-industri tersebut.

Sekarang dalam edisi ke-31 Plastik & Karet Indonesia dikenal dan dihormati di kalangan profesional industry, menarik pemain kunci dan pemimpin dalam industri plastik.

Edisi ke-31 Plastik & Karet Indonesia akan diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo) mulai 14-17 November 2018. Ini adalah pameran terbesar di Jakarta yang memamerkan produk-produk yang berkaitan dengan karet dan plastik.

Acara ini menarik lebih dari 500 perusahaan dari 24 negara, semuanya memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Pemasok dan merek terbaik akan berada di Plastik & Karet Indonesia 2018.

Untuk lebih banyak pengunjung dan rincian peserta, silakan kunjungi: plasticsandrubberindonesia.com

Info dan kontak: Facebook: Plastics & Rubber Indonesia, Website: plasticsandrubberindonesia.com

Jakarta Convention Center (JCC), Festival Filantropi Indonesia (FIFEST) 2018

Acara berlangsung pada Kamis (15/11) – Sabtu (17/11)

Festival Filantropi Indonesia, adalah kegiatan rutin yang dilakukan sekali dalam dua tahun, dan tahun ini akan menjadi festival kedua yang dilaksanakan. Kegiatan ini tidak hanya terdiri dari pameran tetapi juga konferensi, sesi jaringan, pembagian keterampilan, talkshow, forum kemitraan, serta kunjungan lapangan ke berbagai proyek filantropi. FIFEST 2018 akan menampilkan inovasi dalam berbagai kegiatan filantropi di Indonesia dan Asia, juga, strategi efektif dalam membangun kapasitas lembaga-lembaga filantropi di Indonesia untuk pencapaian SDGs.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi: ipfest.filantropi.or.id

Info dan kontak: Facebook: Filantropi Indonesia, Twitter: @filantropiina, Website: ipfest.filantropi.or.id

Balai Kartini Jakarta,  Pameran Otomotif Indonesia Modification Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (17/11) – Minggu (18/11)

IMX adalah, satu-satunya acara yang mengumpulkan 50 mobil modifikasi terbaik di Indonesia (NMAA Top 50) yang secara ketat dipilih oleh kurator modifikasi terbaik dunia (Indonesia, Jepang, AS), di mana mobil terbaik (The Ultimate) akan dicari dari 50 terbaik.

Mobil dimodifikasi  (Tuning Collaboration) bersama sama oleh para modifikator dan produsen otomotif.

IMX akan menghadirkan expo aftermarket dengan nuansa yang berbeda, yang selain akan menghadirkan mobil-mobil terbaik yang menarik untuk dikunjungi, juga menyediakan pilihan kepada pengunjung untuk berbelanja berbagai pernak-pernik aftermarket dengan berbagai promo menarik di dalamnya.

Para modifikator & peserta pameran internasional dari Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat akan berbagi pengetahuan, pengalaman dan praktik mereka di dunia modifikasi mobil.  

Info dan kontak: Telp: 087722281266, Instagram: @imx.id, Website: indonesiamodificationexpo.com

Valet Parking Novotel Mangga 2 Square, Jakarta,  Pesta Mangga dan Apel Manalagi

Acar berlangsung pada Minggu (11/11) – Minggu (18/11)

Urban Story – Jalan Linggawastu Nomor 8, Wastukencana, Kota Bandung, Pukul 13.00 – 18.00, Main Bareng di PlayTime Bandung

Harga tiket masuk  Online Rp 30.000 per orang (include free drink); On the Spot Rp50.000 per orang ( include free drink).

Buat kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama teman, keluarga atau orang-orang tersayang dengan kegiatan yang seru, dateng aja ke PlayTime Bandung. Boardgame.id kembali ingin mengajak kalian semua untuk meningkatkan quality time dengan bermain board game bersama-sama dengan di PlayTime Bandung edisi Essen Loots.

Nanti akan ada PlayTime Coach yang akan senantiasa menemani, memandu dan mengajarimu bermain board game yang disediakan. Kamu cukup datang bersama teman atau keluargamu dan tinggal pilih mau bermain board game yang mana. Oiya. jumlah kursi terbatas, jadi pastikan untuk daftarkan dirimu lewat Goers sebelum kehabisan.

Daftarkan dirimu lewat Goers: http://goers.co/playtime17nov

Come to PlayTime and let’s have a good time!

*Board game yang disediakan adalah untuk umur minimal 8 tahun ke atas

Info dan kontak : Info : http://boardgame.id/playtime-essen-loots-nov-17/, Kontak : isa@boardgame.id / 089-8712-0785 (Isa)

Sepanjang Jl. Raya Gardu, Condet – Jakarta Timur, Pukul 08.00 sd 22.00 WIB, Bazaar Rakyat Karya Pemuda Balekambang Part II

Acara berlangsung pada Sabtu (17/11) – Minggu (18/11)

Hallo Sahabat jakarta kembali kami hadirkan Dalam rangka bulan bakti Karang Taruna ang Ke-58th, Bazaar Rakyat ( Karya Pemuda Balekambang Part II )

Dalam Bazaar Rakyat yang di gelar di sepanjang jalan raya gardu ini,  pastinya akan di isi dengan hiburan menarik,  dan salah satu bintang tamu yang tidak asing lagi adalah Lenong Maja.

Dan pasti nya dalam pagelaran Bazaar Rakyat ini kami juga menyertakan acara dan lomba seru seperti : Lomba Paud Se-Balekambang, Senam Bersama, Tari”an Betawi, Lenong Maja, Gambus, Pencak Silat, Makanan Khas Betawi, Bazaar Multi produk

Bagi kamu yang berminat gabung dalam bazaar multi produk yang kami adakan caranya mudah kamu hanya perlu menghubungi nomor di bawah ini : 0812 9865 7474, 0852 8683 2048

Dengan kualifikasi Sbb :

Fashion Pria & Wanita, Property, Banking, Automotive, Home aplliances, Toys, Gadget, Baby Stuff, Cosmetic, Medicine, exterior, interior, Hand Craft, Foods, Dll.

Galaxy Mall 6th Floor, Surabaya, KEPO TROPICAL Weekend Market

Acara berlangsung pada Jumat (16/11) – Minggu (18/11)

Segera hadir KEPO TROPICAL Weekend Market , pasar ini akan sangat menarik dan tidak dapat diprediksi. Ada lebih dari 1000 lebih menu F & B dan 80 lebih  penyewa

Info dan kontak: Facebook: Galaxy Mall, Instagram: @galaxymallsby, Website: galaxymallsurabaya.com

Grand City Surabaya,  BEKRAF Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (15/11) – Sabtu (17/11)

Halo Surabaya!

Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF) kembali menggelar BEKRAF Festival.Akan ada 45 gelaran program kerja BEKRAF yang terbagi dalam empat konsep acara utama yaitu gelar wicara (talkshow), lokakarya (workshop), pertunjukan (performance), dan pameran (exhibition).

Info dan kontak: Facebook: BEKRAF Festival, Website: bekraf.go.id

Minggu, 18 November

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Jelajah oleh Swargaloka

Jelajah,  merupakan kisah perjalanan Swargaloka selama beberapa tahun terakhir dalam kiprahnya pada Tari Kreasi berbasis Tradisi. Berakar Dari Tari Gaya Surakarta kemudian menjelajah ke daerah Banyuwangi, DKI Jakarta, dan Lamandau Kalimantan Tengah.

Kisah Perjuangan Swargaloka dalam berkarya digambarkan dalam rasa gerak etnik tari tradisi Indonesia yang dimunculkan dalam bentuk dan gagasan yang baru. Perbedaan dari tari berbagai etnis dileburkan kedalam satu paduan gerak yang dinamakan gerak Nusantara, dengan tetap mempertahankan esensi dari muatan lokal setiap daerah.

Didirikan dengan nama Swargaloka Art Department di Yogyakarta, pada tanggal 17 Juni 1993, yang bertujuan untuk mewadahi kreativitas para seniman alumni perguruan tinggi seni, dan memberikan peluang berkarya bagi para seniman.

Hingga tahun 2016 telah tercatat sekitar 100 kegiatan besar yang dilakukan oleh Swargaloka. Selain pementasan Drama Wayang, Swargaloka memiliki kegiatan unggulan berupa ; Festival Tari Puspa dan Satwa (FESTA), Festival Tari Kreatif Nusantara (FTKN) dan pementasan “Tujuh Belas Berbagi Lewat Seni”.

Bentara Budaya Yogyakarta,  Pukul 19.00 WIB, Panggung Kesenian 20 Tahun SPOER

SPOER adalah komunitas musik jalanan yang bermarkas di Taman Giwangan Asri B3 Kotagede, Yogyakarta. Untuk menandai ulang tahunnya yang kedua puluh, mereka hendak mengumpulkan kembali para anggotanya yang aktif maupun yang sudah tidak aktif  dengan berkesenian dan bersilaturahmi.

Pameran Foto Dies Natalis Universitas Sanata Dharma Yogyakarta ke – 63

Tanjung Kelayang, Bangka Belitung,  Festival Tanjung Kelayang 2018

Acara berlangsung pada Kamis (15/11) – Senin (19/11)

Kabupaten Belitung di Provinsi Bangka Belitung,  akan menggelar Festival Tanjung Kelayang . Festival ini akan menyajikan 10 kegiatan pendukung seperti festival kuliner khas hasil laut, festival layang-layang, Bangka Belitung Fashion Carnaval, festival vlog dan lomba photo, pameran pariwisata dan pameran photo, festival band dan lain-lain.

Festival Tanjung Kelayang 2018, diselenggarakan untuk semakin mempopulerkan Tanjung Kelayang sebagai ikon kawasan KEK Pariwisata di Provinsi Bangka Belitung.

Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara, Festival Ya'ahowu 2018

Acara berlangsung pada Jumat (16/11) – Selasa (20/11)

November mendatang, beberapa atraksi budaya langka dan kemegahan  lainnya dari kepulauan Nias, di lepas pantai timur Sumatera Utara, akan dipresentasikan dalam Festival Ya'ahowu 2018, yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 16 sampai 20 November 2018 , dan dipusatkan di Gunungsitoli, kota terbesar di Pulau Nias.

Lebih dikenal sebagai surga selancar, dengan rolling barrel yang berada di Samudera Hindia, Nias, nyatanya, menyembunyikan budaya megalitik kuno yang masih sangat hidup hingga saat ini. Di sini bukan hanya desa megalitik lengkap, namun budayanya masih tumbuh sampai saat ini. Ini akan menjadi sorotan dari Festival Ya'ahowu.

Selama 5 hari penuh berturut-turut, pagelaran seni dan tradisi budaya yang menarik dari seluruh Pulau Nias akan menyoroti festival tersebut. Semua pemerintah kabupaten bersama masyarakat Nias akan menampilkan pertunjukan terbaik mereka. Di antaranya adalah tradisi melompat batu legendaris yang disebut Fahombo, serta permainan rakyat unik lainnya seperti Rago Ue, Fafusi, Fabelugama, dan Fabiri.

Tahun ini, Festival Ya'ahowu akan diselenggarakan bersama dengan  4 kabupaten dan 1 kota yang berada di Pulau Nias.

Festival Ya'ahowu akan dimulai pada tanggal 16 November dengan pameran produk terbaik, kerajinan tangan, dan beberapa makanan kuliner yang paling nikmat. Pada saat bersamaan, festival patung dan ukiran tradisional akan dimulai dengan menampilkan pengrajin terbaik dari seluruh pulau.

Sore hari, sebuah parade budaya khusus akan berlangsung dari Lapangan Merdeka ke Taman Ya'ahowu. Parade ini akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari semua kabupaten dan kota di Pulau Nias, yang juga akan diikuti oleh pejabat dan kepala pemerintahan masing-masing kabupaten dan kota, yang akan mengenakan kostum tradisional tradisional Nias.

Pertunjukan seni dan budaya akan berlanjut keesokan harinya di Lapangan Merdeka di Gunungsitoli, pertandingan dan kompetisi rakyat akan digelar serta kompetisi dayung tradisional di laut. Selanjutnya akan ada Malam Gunungsitoli khusus akan menjadi puncak perayaan, yang akan menutup festival dengan pertunjukan seni tradisional, kontemporer dan populer, yang menampilkan bintang-bintang nasional populer yang ditunggu-tunggu di dunia musik.

Dalam penjelasannya, disebutkan bahwa kata Ya'ahowu adalah ucapan khas kelompok etnis Nias. Ini terdiri dari dua kata, yaitu howu-howu yang berarti berkah, dan bila ditambah dengan kata Ya, itu berarti semoga Tuhan memberkati anda.

Sementara ombak Nias terkenal di seluruh dunia karena massive break . Ombak yang sempurna pertama kali ditemukan di Nias oleh peselancar asal Australia, sehingga pulau ini sekarang menjadi rumah bagi Kejuaraan Surfing Terbuka Indonesia di pantai Lagundri.

Candi Prambanan, Yogyakarta,  Jogja International Heritage Walk 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (17/11) – Minggu (18/11)  

Jogja International Heritage Walk merupakan event berjalan terbesar di Indonesia. Candi Prambanan & Imogiri yang eksotis  dengan atmosfir yang bagus akan menjadi bagian dari rute. Ini akan memberikan pengalaman yang berbeda karena mereka lebih dekat dengan alam, Sang Pencipta dan nilai sejarah yang telah tersimpan selama berabad-abad.

Acara ini diselenggarakan oleh Jogja Walking Association, Royal Silk Foundation dan PT Taman Wisata Candi (TWC). Kali ini,  memiliki konsep yang diusung tidak hanya kesehatan (kesehatan), tapi juga aksi kesadaran lingkungan (green environment), pendidikan dan komunikasi, dan pariwisata dan ekonomi.

Selain itu, Indonesia adalah satu-satunya negara ASEAN yang terdaftar sebagai anggota International Marching League (IML).

Tahun lalu, sebanyak 7.500 orang ambil bagian dalam acara Jogja International Heritage Walk, 285 di antaranya adalah wisatawan mancanegara, ikut ambil bagian dalam acara. Turis internasional ini berasal dari negara-negara seperti Belanda, Belgia, Jerman, Prancis, Austria, Australia, Jepang, Korea Selatan , Rusia, China, Taiwan, Amerika Serikat dan Kanada.

Jogja Heritage Walk dibagi menjadi tiga kategori: 5 kilometer, 10 kilometer dan 20 kilometer. Peserta harus melewati beberapa candi seperti Kedulan, Sari, Sambisari dan Prambanan serta tempat wisata lainnya seperti Jembatan Silik di Dusun Karantengah, Kedungmiri, Sriharjo dan Jembatan Oya.

Acara ini juga memiliki kegiatan pendukung lainnya yaitu lomba Family Fun Walk, Coloring and Umbrella Painting dan perjalanan edukasi Himpunan Pewaris Medang dan Kampung Hompimpa.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home