Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:37 WIB | Jumat, 17 Agustus 2018

Acara Akhir Pekan 18 -19 Agustus 2018

Ilustrasi. Sandeq Race Festival 2018 adalah perlombaan perahu tradisional suku Mandar yang unik di Sulawesi Barat diselenggarakan pada Sabtu (11/8) - Jumat (17/8). (Foto: festival-indonesia.id)

SATUHARAPAN.COM – Agenda acara di penggal pertengahan bulan Agustus ini bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Indonesia. Beberapa acara akan diramaikan oleh tema HUT Kemerdekaan RI, antara lain pertunjukan teater Siluet Sjahrir oleh Main Teater, festival jajanan traditional “Djadjanan Djoeang 2018”, juga  beberapa festival budaya yang digelar di beberapa daerah, International Angklung Festival Kuningan 2018, Perlombaan perahu tradisional suku Mandar Sandeq Race Festival 2018 di Sulawesi Barat, Festival Teluk Ambon 2018, Pesona Lombok-Sumbawa 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 18 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Siluet Sjahrir oleh Main Teater

Pertunjukan ini adalah pertunjukan teater yang berlatar pada tahun 1945 di rumah Sjahrir, dengan pola pemanggungan realis dan artistik realis tahun tersebut, didukung visual mapping untuk memperkuat peristiwa. Artistik dalam pertunjukan ini dibuat minimalis, hanya sebagai sebuah penanda ruang dan waktu tanpa detail rumit.

Penggunaan artistik yang minimalis ini, memungkinkan pertunjukan untuk mendapat ruang yang lebih luas di wilayah visual mapping. Penggunaan visual mapping juga dapat menjadi penggerak peristiwa di beberapa adegan yang mengharuskan si tokoh menceritakan ulang peristiwa lain dalam pertunjukan.

Diharapkan melalui konsep garap yang menekankan pada pola penuturan pemain dengan artistik yang minim tersebut, penonton dapat lebih jelas memaknai setiap detail pertunjukan tanda terganggu dengan artistik yang terlalu berlebihan.

Mainteater Bandung, adalah lembaga nirlaba yang dibentuk tahun 1995 oleh beberapa teaterawan dari Indonesia dan Australia. Mainteater telah menjelajahi beragam kemungkinan pementasan, antara lain: pementasan teater untuk anak-anak, penyajian monolog yang berangkat dari akar tradisi, pemanggungan naskah Indonesia dalam dua bahasa, serta pengadaptasian monolog ke dalam bentuk teater fiskal tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Auslan), serta naskah-naskah baru yang belum pernah dipentaskan di Indonesia dan naskah lama dengan intrepretasi baru. Proses kreatifnya mengangkat potensi multikultural dan cross culture yang ada di masyarakat dan dapat mempresentasikan karya dalam konteks budaya yang luas.

Food Plaza & Fresh Market Pantai Indah Kapuk, pukul 8.00-22.00 WIB, Festival Nasi Campur Legendaris Pantai Indah Kapuk (PIK)

Acara berlangsung pada Kamis (16/8) – Rabu (22/8).

Untuk pertama kalinya, Festival Nasi Campur Legendaris akan diadakan di Food Plaza PIK. Beberapa tenant nasi campur legendaris di Jakarta akan berkumpul di festival ini. Maka untuk para pencinta nasi campur, jangan sampai ketinggalan event ini.

Informasi selanjutnya dapat mengunjungi Instagram @foodplazapik. Sampai jumpa di Festival Nasi Campur Legendaris Food PLAZA PIK

Atrium India Mal Artha Gading, Festival Jajanan Tradisional “Djadjanan Djoeang 2018”

Acara berlangsung pada Selasa (7/8)-Sabtu (8/9).

Mal Artha Gading menghadirkan Festival Jajanan Tradisional “Djadjanan Djoeang 2018”. Cicipi dan nikmati kelezatan beragam kuliner Nusantara! di Atrium India @malarthagading!

Sajian kuliner yang ada di Festival Jajanan Tradisional, antara lain, Aneka Jus Buah, Arumanis Kerupuk, Bacang, Bakso Podomoro, Batagor Bandung, Cilok, Es Cincau, Es Doger, Es Jeruk, Kerak Telor Ayam, Kerak Telor Bebek, Kue Ape & Kue Cubit, Lekker, Kue Rangi, Pempek, Sate Padang Ajo Ramon, Serabi Solo Ujung Notosuman, Siomay, Soto Mie, Tahu Gejrot, Tape Uli.

Mal Ciputra Jakarta, Fesival Kuliner Kampoeng Legenda 2018

Acara berlangsung pada Rabu (8/8) – Minggu (19/8).

Bersiaplah untuk datang ke Kampoeng Legenda yang akan menghadirkan banyak stand makan untuk memanjakan lidah Anda. Bawa semua teman dan keluarga untuk datang serta menikmati aneka menu makanan dari 70 stand makanan legendaris yang akan berpartisipasi pada acara ini!

Info dan kontak: Facebook: Mal Ciputra Jakarta, Twitter & Instagram: @malciputrajkt

Bahagia Kopi (The Saparua), Jalan Ambon Citarum Bandung, pukul 13.00 – 18.00 WIB,  PlayTime Merdeka

Harga Tiket Masuk: Online Rp 30.000 per orang (include free drink); On the Spot Rp50.000 per orang (include free drink).

Indonesia berulang tahun yang ke-73 di bulan Agustus ini. Biar lebih meriah, bagaimana kalau dirayakan dengan memainkan board game-board game asli Indonesia?

Berhubung bertema kemerdekaan, PlayTime kali ini akan lebih banyak menghadirkan board game karya anak bangsa ketimbang board game luar negeri. Indonesia saat ini memiliki lebih dari 20 judul yang sudah rilis lho! Mulai dari Mat Goceng, Waroong Wars, Laga Jakarta, Perjuangan Jomblo, The Art of Batik dan lainnya.

Board game Indonesia banyak, bukan cuma Monopoly atau Ular Tangga, jadi kita bisa memainkan judul-judul board game Indonesia di atas. Acara akan dimulai darijam 1 siang sampai 6 sore.

Cukup datang bersama teman atau keluarga, dan tinggal pilih mau bermain board game yang mana. Karena jumlah kursi terbatas, silakan mendaftar lewat Goers sebelum kehabisan.

Daftar PlayTime Merdeka via Goers: http://goers.co/pt-merdeka

Pembelian tiket PlayTime on the spot juga tersedia, hanya saja jumlahnya terbatas dan harganya berbeda.

Info dan kontak :  Info : http://boardgame.id/playtime-merdeka-bandung-18-agusuts/ Kontak : isa@boardgame.id / 089-8712-0785 (Isa

Planet Sains (Jalan Cikutra Barat, Pasir Reuma No 84 Bandung), pukul 09.00-11.00 WIB, Klab Anak Planet Sains Periode 17 “Sains di Balik Roti”

Acara berlangsung pada Sabtu (18/8) – Sabtu (25/8).

Apa yang terlintas di pikiran saat mendengar kata roti? Makanan satu ini biasa disantap di pagi hari bersama susu dengan tambahan selai cokelat dan keju.

Kali ini Klab Anak Planet Sains, akan mengajak si kecil berkreasi dan mengulik Sains pada Roti dengan berbagai aktivitas sains yang seru dan menyenangkan. Apa saja aktivitasnya?

Menguji Amilum, membuat Playdough dari bahan yang aman untuk anak, membuat Pizza Maker, eksperimen Sains Peniup Balon Ragi

Biaya 2 pertemuan atau 2 hari: Rp200.000 per anak sudah termasuk alat dan bahan kegiatan, hasil karya dibawa pulang. Kegiatan ini diperuntukkan untuk anak usia 4-12 tahun.

Informasi dan Pendaftaran: 089504242011 (Kak Tyas)

ITC Mega Grosir Surabaya,  i-Tech City Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (10/8) – Minggu (19/8).

Halo IT Lover, jangan lewatkan i-Tech City Festival. Sebuah pameran IT yang akan menghadirkan vendor dan tenant yang terpercaya, dan pastinya dengan harga dan kualitas barang yang terjamin.

Kami juga mengadakan lomba AOV dan Mobile Legend untuk segala usia dengan total hadiah Rp6.000.000! Tunggu apa lagi daftar kan tim jagoanmu, kalahkan musuh-musuh dan menangkan hadiahnya.

Biaya pendaftaran Rp100.000/tim. Untuk pendaftaran dan informasi lomba silakan hubungi kontak yang tertera.

Info dan kontak: Whatsapp: 087853416234, Line: @igamerworldsby, Instagram: @itechcityitc

Primavera Residence, Jl Bojong, Bojong, Klapanunggal, Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat,  Open House dan Lomba Futsal Primavera Cup

Dalam rangka menyambut 17 Agustus 2018, Primavera Residence mengadakan Open House dan Lomba Futsal untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI

Pendaftaran: ambil dan isi formulir di Kantor Pemasaran Primavera Residence

Biaya Pendaftaran: Rp100.000/team

Contact Person: Andia 0857-8129-6836, Candra 0818-0851-8660

Sulawesi Barat, Sandeq Race Festival 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (11/8) – Jumat (17/8).

Perlombaan Perahu Tradisional Suku Mandar yang unik di Sulawesi Barat. Sandeq adalah perahu tradisional Suku Mandar, salah satu kelompok etnis tertua di seluruh Austronesia. Sebagai ikon bangga Sulawesi Barat dan dianggap sebagai kapal tercepat di dunia tanpa mesin, sandeq bisa berlayar selama 20 sampai 30 knot (50 km/jam).

Dahulu kala, perahu ini digunakan sebagai transportasi untuk berdagang dan menangkap ikan di laut. Passandeq (Pelaut Mandar), melakukan inovasi dan bodi sandeq lebih dirampingkan. Sandeq pun dilombakan untuk menguji kecepatan dan ketangkasannya membelah ombak. Sandeq Race dikenal sebagai perlombaan perahu tradisional dengan Tag Line “The Hardest, The Longest and The Fastest”.

Sandeq Race Festival 2018 merayakan gagasan masa lalu dan sebagai wujud penghormatan kepada semangat leluhur orang Mandar yang tinggi. Perlombaan itu benar-benar unik, karena Anda akan menyaksikan nelayan bertelanjang kaki di kano cadik bambu, tanpa teknologi, mesin, atau navigasi, mencoba melaju lebih cepat satu sama lain. Bersiaplah untuk terpesona oleh lomba berlayar paling seru  di Indonesia.

Kontak: Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat, Telepon: (+64 26) 2321817, Email: office@dispopsulbar.com

Kuningan, Jawa Barat, International Angklung Festival Kuningan 2018

Acara berlangsung pada Jumat (17/8).  

Kabupaten Kuningan kembali menggelar International Angklung Festival Kuningan 2018 pada Jumat (17/8) 2018, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Indonesia. Festival ini berkaitan dengan latar belakang sejarah tepatnya pada saat Perjanjian Linggar Jati. Pada waktu itu, angklung yang merupakan alat musik tradisional bisa memainkan musik-musik internasional sehingga mampu membawa diplomasi.

Alat musik tradisional Indonesia, angklung telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tanggal 16 November 2010, tanggal ini sekaligus dirayakan sebagai “Hari Angklung Sedunia”.

Tahun 2017, Kuningan dideklarasikan sebagai kabupaten angklung. Hal ini untuk mengingat Daeng Sutigna yang telah melahirkan karya besar yang sudah diakui dunia yaitu angklung.

Kabupaten Kuningan sudah sering menyelenggarakan acara yang berkaitan dengan alat musik angklung seperti lomba musik angklung antarsekolah, pertunjukan orkestra angklung hingga kolosal yang melibatkan ribuan orang. Pada saat ini, angklung sudah menyatu dalam Kebudayaan Kuningan. Festival Angklung ini akan diisi dengan berbagai nilai-nilai budaya kuningan termasuk tamasya ke situs-situs budaya dan sejarah di Kabupaten Kuningan.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Telepon: +62 22 7273209; +62 22 7103605, Email: disparbud@disparbud.jabarprov.go.id; pariwisatakebudayaanjabar@yahoo.co.id, Situs web: www.disparbud.jabarprov.go.id

Ambon, Maluku,  Festival Teluk Ambon 2018

Acara berlangsung pada Jumat (17/8) – Senin (20/8).

Dalam rangka memanfaatkan sebagian besar Teluk Ambon untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan ke Provinsi Maluku, Pemerintah Provinsi Maluku menyelenggarakan acara tahunan Festival Teluk Ambon. Festival Teluk Ambon 2018 ditetapkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya selama empat hari, berlangsung pada tanggal 17 - 20 Agustus 2018 di Ambon.

Festival ini mengangkat keindahan yang terdapat di Teluk Ambon. Dikemas bersama dengan berbagai perhelatan lomba bercirikan kebaharian yang sangat erat dengan kehidupan masyarakat Maluku, yang berorientasi pada laut, antara lain lomba memancing, Perahu Semang Laki-Laki dan Perahu Semang Prempuan, Lomba Hawaian Band, dan Arumbae Manggurebe, yang menjadi laga pamungkas dalam festival ini.  

Lomba Arumbae Manggurebe yang kini dikenal sebagai lomba adu cepatan perahu, menyimpan nilai histori sebagai sarana yang digunakan pejuang untuk mengusir penjajah dari tanah Maluku .

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Rosmin Tutupoho mengatakan, festival tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain diluncurkan oleh Menteri Pariwisata, acara tersebut akan menampilkan berbagai kegiatan, seperti karnaval etnik, parade perahu dekoratif, lomba memancing dan acara lainnya. Selain itu, akan dilaksanakan pula lomba nyanyi grup band kemudian Aquathlon, bersepeda, dan goyang Tobelo.

Minggu, 19 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Tom Ibnur: Sang Guru oleh Komunitas Tari Telapak Hitam

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Sang Guru adalah seseorang yang mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, bisa menjadi kakak, orang tua, teman, dan sosok yang memberi inspirasi kepada kami anak didiknya. Telapak Hitam, berniat memberi penghormatan terhadap Sang Guru, dalam memelihara warisan ilmu berupa tarian, atau koreografi. Kami akan merawat apa yang telah Sang Guru berikan.

Melalui kekayaan tari dan budaya Nusantara, Sang Guru telah menciptakan ratusan tari kreasi baru. Sebagai seniman dia juga mendalami rancang busana dan manajemen kesenian. Beliau menjadi bagian banyak komunitas tari. Sebut saja Sanggar Argahari, Taratak Indonesia, Sangrina Bunda, IKJ, Liga Tari Mahasiswa UI Krida Budaya, Sanggar Putih Melati, Sanggar Aruni, OJAI, dan masih banyak lagi.

Penampilan kali ini akan membawakan beberapa tarian hasil karya Sang Guru, yang akan dibalut dengan cerita sederhana. Tari Piring, Tari Indang, Tari Zapin, Tari Panen, Tari Sa’ayun, Tari Sor-sor, Tari Barabah adalah tarian yang akan ditampilkan dengan indah dan dengan penuh cinta oleh anak-anak didik Sang Guru.

Keringat, tekad, usaha keras dan semangatnya menjadi pengobar rasa bagi anggota keluarga yang mengenalnya. Rasa cinta kami tidak akan lekang oleh waktu. Tom Ibnur adalah sosok pahlawan di hati kami. Beliaulah Sang Guru.

Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang,  Masha and The Bear on Ice

Masha dan The Bear on Ice di Indonesia Convention Exhibition (ICE) 19 Agustus 2018, mewakili adaptasi modern yang unik dari serial anime Masha and The Bear yang populer di seluruh dunia. Pertunjukan ini adalah pertunjukan spesial di atas es berlisensi pertama dan satu-satunya, dengan karakter unik dan terkenal, Masha and The Bear. Ada lebih dari 30 skater, penari dan akrobat dalam kostum berwarna-warni yang tampil dalam pertunjukan ini.

Informasi dan pemesanan tiket dapat dilihat di mashabear-jakarta.com

Info dan kontak: Website: mashabear-jakarta.com

Bentara Budaya Bali, pukul 18.00 WITA, Sinema Bentara #KhususMisbar Pujian bagi Tanah Air

Acara berlangsung pada Sabtu (18/8) – Minggu (19/8).

Dunia kini disatukan oleh informasi yang serba digitalisasi, sehingga batas-batas sosial kultural masyarakat seringkali menjadi maya. Apa yang terjadi di belahan benua lain dapat seketika dan serentak disaksikan pula di Indonesia atau negeri-negeri manapun.

Melalui tajuk “Pujian bagi Tanah Air“,  Sinema Bentara kali ini mengetengahkan sejumlah film terpilih Indonesia dan mancanegara, yang sama-sama mengkritisi dan menimbang ulang apa itu nilai-nilai kebangsaan serta nasionalisme, di tengah perjuangan penegakan kemanusiaan yang bersifat lintas bangsa.

Dengan demikian, nilai-nilai kepahlawan ataupun kebangsaan bisa bersifat positif, terhindar dari fanatisme atau Chauvinisme, yang mudah dikobarkan melalui berita-berita hoax di media sosial yang memungkinkan timbulnya pribadi yang terjangkiti virus radikalisme dan kekerasan dalam bentuk apapun.

Film-film yang diputar antara lain: Enam Djam Di Jogja (Indonesia, 1951, Durasi: 116 menit, Sutradara: Usmar Ismail); Merah Putih (Indonesia, 2009, Durasi: 108 menit, Sutradara: Yadi Sugandi); Les Chevaliers Blancs (Prancis, 2015, Durasi: 112 menit, Sutradara: Joachim Lafosse); Shoeshine (Italia, 1948, Durasi: 93 menit, Sutradara: Vittorio De Sica).

Sebagaimana sebelumnya, acara ini masih diselenggarakan dengan konsep misbar, mengedepankan suasana nonton bersama yang akrab, guyub, dan hangat. Adapun program kali ini didukung oleh  Sinematek Indonesia, Bioskop Keliling BPNB Bali Kemendikbud RI, Konsulat Kehormatan Italia di Denpasar, Pusat Kebudayaan Prancis Institut Français d’Indonésie, Alliance Française Bali, dan Udayana Science Club.

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home