Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:05 WIB | Jumat, 18 Oktober 2019

Acara Akhir Pekan 19 – 20 Oktober 2019

Festival Danau Sentarum 2019. (Foto: pesona.travel)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di penggal pertengahan bulan Oktober 2019 akan dimeriahkan pertunjukan musik tari, pameran cosmobeaute Indonesia 2019, festival dansa, festival kuliner, Jakarta Fashion Week 2020, The Resonanz Children’s Choir, dan Festival Danau Sentarum 2019 di Kalimantan Barat.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 19 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Kintsugi: A New Ballet about Love, Betrayal and Abuse oleh Elhaq Latief

Kintsugi: A New Ballet about Love, Betrayal and Abuse adalah sebuah pertunjukan tari bergenre ballet dan kontemporer, yang membawa isu tentang kekerasan dalam berpacaran. Pertunjukan yang berdurasi kurang lebih 60 menit ini mengambil inspirasi dari pengalaman pribadi penciptanya. Elhaq Latief ingin meningkatkan kesadaran terhadap isu penting yang kadang terlewati, serta membentuk pemikiran bahwa kekerasan dalam pacaran itu bukan hal yang biasa dan tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Elhaq Latief (Muhammad Qardhawi Gad Elhaq) adalah koregrafer yang berbasis di Indonesia. Sejak 2008 ia bekerja sebagai aktor, penyanyi, penari, dan koreografer profesional di industri teater di Jakarta. Namun, kariernya benar-benar dimulai ketika ia ditawari peran sebagai Corps de Ballet di produksi Ballet Sumber Cipta "The Nutcracker" pada tahun 2009.

Latief memulai pengalaman teater pertamanya ketika dia berusia 13 tahun di Melbourne, Australia. Zombie Prom adalah produksi teater pertamanya oleh Hawthorn Secondary College. Latief menemukan bakatnya dalam musik, akting, dan menari selama SMP, juga mempelajari piano, trompet dan seruling. Pada akhir 2009 ia kembali ke Jakarta dan bersekolah di Global Jaya International School, yang menumbuhkan bakatnya dalam menyanyi, menari, dan berakting.

Latief sekarang sedang mengejar gelar komunikasi dari London School of Public Relations, Jakarta (LSPR). Ia dulu belajar balet di Sekolah Ballet Sumber Cipta di bawah asuhan Farida Oetoyo, maestro balet Indonesia. Selain itu, ia mempelajari gaya tari lain seperti kontemporer, jazz, dan hip hop.

Pada tahun 2016, Latief berpartisipasi dan menerima beasiswa oleh program YES ASEAN Musical Theatre, program oleh Kedutaan Besar AS untuk komunitas ASEAN untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya teater musikal (Broadway). Pada tahun 2019, Latief terpilih untuk terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk training dalam bidang teater yang diadakan oleh Galeri Indonesia Kaya Djarum Foundation.

Latief adalah anggota dari Jakarta Performing Arts Community (JPAC), tempat dia berkembang dan berkarya sebagai koreografer. Karya-karya koreografinya seperti The Nightmare Before Christmas (2014), Burlesque The Musical (2015), Broadway ke Java (2016), West Side Stroy (2017), Dreamgirls (2018), LSPR’s Dance On (2018) dan banyak lagi.

Jakarta Convention Center (JCC), Cosmobeaute Indonesia 2019

Acara berlangsung pada Kamis (17/10) – Sabtu (19/10).  

Cosmobeauté Indonesia 2019, sebagai pameran B2B (business-to-business) terbesar di Indonesia, menghubungkan produsen, eksportir, distributor, dan agen dari berbagai produk dan layanan terkait industri kecantikan dari seluruh dunia ke pasar kecantikan Indonesia yang tengah mengalami perkembangan pesat, dan negara sekitarnya.

Tahun ini, Cosmobeaute Indonesia dengan bangga memperkenalkan Supply Chain Area, segmen pameran baru yang khusus didedikasikan untuk meningkatkan tumbuhnya merek kecantikan skala kecil dan menengah, di pameran tahunan Cosmobeaute Indonesia yang akan digelar pada tanggal 17-19 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC).

Selama pameran berlangsung akan ada banyak kegiatan, pertemuan bisnis, acara, workshop, dan seminar yang diselenggarakan Cosmobeaute Indonesia bekerja sama dengan berbagai asosiasi pendukung dan peserta pameran. Rangkaian acara tersebut menyediakan banyak platform bagi peserta pameran dari luar negeri untuk berjejaring dengan distributor di Indonesia, begitupun bagi perusahaan dalam negeri untuk memamerkan produk dan jasa mereka.

Info dan kontak: Whatsapp: 088214306958, Facebook: Cosmobeaute Indonesia, Website: cosmobeauteasia.com

Bende Park Ancol, Festival Dansa Karasel Enam Lapan

Harga tiket masuk :Rp 85.000 (Presale 2)

Hilangkan risau sejenak dan ikut berdansa bersama alunan disko dalam euforia nostalgia bersama dalam Karasel 2019.

Menampilkan guest star: Feast, Glenn Fredly, Fourtwnty, Diskopantera

Info dan Kontak: Hotline : 087 887 096 829

Bandung Indah Plaza, October Food Vaganza 2019

Acara berlangsung Senin (7/10) – Kamis (31/10).

Selama bulan Oktober ini, ada yang spesial di Bandung Indah Plaza: BipCoustic setiap Rabu, BIP Shopping Party Sabtu, 12 Oktober 2019, Eating Competition Jumat, 18 Oktober 2019, BIP Fashion & Dance Flashmob Sabtu, 26 Oktober 2019, Photo Contest #BIPFashionDestination Jumat, 25 Oktober 2019, BIP Music Festival Sabtu, 19 Oktober 2019.

Info dan kontak: Twitter: @BIP_BDG, Instagram: @bandungindahplaza

Jogjatronik Mall, Yogyakarta, Jogjatronik DigiFood Festival 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (12/10) – Minggu (20/10).

Pameran gadget terlengkap dan termurah hadir lagi di Yogyakarta. Kapan lagi bisa nge-print gratis sepuasnya, tukar tambah laptop bayar kapan-kapan, atau bayar Rp99.000 udah bawa pulang hp baru.

Jogjatronik Digifood Festival pada tanggal 12-20 Oktober 2019 juga menggelar flash sale dengan harga murah, banjir promo gede-gedean, dan banyak gratisan untuk pembelian handphone, komputer, dan aksesoris lainnya.

Serunya lagi ada festival kuliner di area parkir LG Jogjatronik Mall dengan menu yang dijamin enak-enak semua. 

Info dan kontak: Facebook: Jogjatronik Mall, Twitter: @jogjatronik, Instagram: @jogjatronikpromo

Minggu, 20 Oktober

Senayan City Jakarta, Jakarta Fashion Week 2020

Acara berlangsung pada Sabtu (19/10) – Jumat (25/10).

Sukses mengadakan acara pekan mode selama 11 tahun terakhir, Jakarta Fashion Week 2020 yang akan diadakan sepanjang tanggal 19-25 Oktober 2019 di Senayan City kembali hadir dengan 76 show lebih dari 250 label dan desainer, baik nasional mau pun internasional.

Lebih dari 2.800 koleksi terbaru desainer nasional mau pun internasional, beberapa di antaranya adalah desainer Indonesia Fashion Forward, seperti Toton, Peggy Hartanto, BYO, Major Minor, Sean Sheila, Danjyo Hiyoji, Rani Hatta, PVRA, Novita Yunus, Friederich Herman, Bateeq, ATS The Label, Cotton Ink, Monday to Sunday, Day And Night, Jenahara, dan masih banyak lagi menjadi sebagian nama yang patut dinanti. Serta beberapa desainer nasional lainnya, Oscar Lawalata, Sejauh Mata Memandang, Natalia Kiantoro, Rama Dauhan, Diniira, dan seterusnya.

Mitra internasional yang turut memperkaya konten Jakarta Fashion Week tahun ini adalah British Council, Japan Fashion Week Organization, Korea Model Association, Korea Creative Content Agency, dan Tunis Fashion Week. Mitra terbaru, Tunis Fashion Week, mempersembahkan Seif Dean Loufat dari Tunisia.

Beberapa desainer sempat memberikan bocoran koleksi mereka yang tentunya semakin memicu rasa penasaran para pencinta fashion dalam konferensi pers yang diadakan di Fashionlink x #BLCKVNUE, Senayan City, tanggal 2 Oktober 2019. Ada juga beberapa desainer yang mengisahkan beberapa kolaborasi dengan para mitra Jakarta Fashion Week, seperti Lazada, UBS Gold, Daliatex, dan lain-lain, dalam konferensi pers yang menyuguhkan penganan persembahan Wondernuts, Gouw Heritage, Sunpride, Aqua, dan Duta Juice.

Selebrasi industri mode nasional ini akan menghadirkan perelaran bertabur desainer ternama dan berbagai kolaborasi internasional serta acara menarik lainnya yang akan menambah wawasan dan referensi mode Anda. Akan ada banyak kejutan baru yang akan semakin membuat gemerlap dunia mode nasional semakin menarik.

Ada beberapa projects digelar di dalam ajang Jakarta Fashion Week.  

Indonesia Fashion Forward merupakan langkah nyata Jakarta Fashion Week untuk menjadikan mode Indonesia sebagai industri sejati yang kapabel menembus pasar internasional. Fashionlink merupakan gagasan yang dicetuskan oleh Feminagroup dalam rangka menjembatani interaksi antara para desainer, pelaku industri, serta konsumen mode, baik di dalam maupun luar negeri.

Lomba Perancang Mode (LPM) Menswear Femina Group merupakan batu loncatan bagi perancang masa depan Indonesia. 

Jakarta Fashion Week Model Search, atau yang disingkat JFW Model Search, selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu sebelum Jakarta Fashion Week berlangsung.

Lomba Perancang Aksesori, sebagai lomba merancang aksesori bergengsi yang digelar Femina Group merupakan batu loncatan bagi perancang masa depan Indonesia.

Info dan Kontak: Facebook: Jakarta Fashion Week, Twitter: @JKTfashion, Instagram: @jfwofficial, Website: jakartafashionweek.co.id

Ciputra Artpreneur Theater, The Resonanz Children’s Choir

Penampilan musik yang dimeriahkan oleh The Resonanz Children’s Choir, Jakarta Concert Orchestra, dengan konduktor Avip Priatna.

Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Festival Danau Sentarum 2019

Acara berlangsung pada Rabu (23/10) – Jumat (25/10).

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) digelar dalam rangka upaya mendorong industri pariwisata dari Kuching ke Batang Ai sampai Danau Sentarum. Selain itu, acara ini diharapkan dapat menghidupkan daerah perbatasan agar lebih maju dan sejahtera.

Peserta Festival Danau Sentarum akan disuguhi dengan pameran produk kreatif masyarakat dan kuliner setempat.

Untuk memeriahkan acara ini, panitia akan menggelar konser musik, perlombaan sumpit internasional, perlombaan gasing, dan aneka perlombaan lain. Festival Danau Sentarum akan mengajak untuk menyusuri danau, menggunakan  alat angkutan air tradisional, yaitu Banding dan Perau Tambe.

Selain itu wisatawan juga akan disuguhi  karnaval budaya, festival minum madu, pergelaran seni budaya, Danau Sentarum Expo, dan festival musik etnik.

Putussibau adalah ibu kota Kabupaten Kapuas hulu, dari kota ini wisatawan bisa berkunjung ke Taman Nasional Betung Kerihun. Selain menjelajahi taman nasional, wisatawan juga dapat melihat langsung burung enggang gading yang merupakan satwa maskot Provinsi Kalimantan Barat.

Selanjutnya wisatawan bisa mendaki Bukit Tekenang yang berada di tengah Danau Sentarum dan memiliki ketinggian 112 meter, dari puncaknya kita bisa menikmati pemandangan Danau Sentarum yang terhampar seluas 132 ha. Mampirlah ke Tanjung Lokang, desa asal suku Dayak Punan. Di sekitar desa itu terdapat gua-gua tempat leluhur suku Dayak Punan dulu tinggal dan dimakamkan.

Sebagai daerah yang berpenghasilan ikan air tawar terbesar di Kalimantan Barat, tidak heran bila makanan khas Kapuas Hulu berbahan utama ikan bernama kerupuk basah. Bahan utama kerupuk basah adalah ikan toman dan ikan belida, daging kedua ikan ini dicampur dengan sedikit tepung, lalu dikukus setelah jadi kerupuk basah dihidangkan dengan saus sambal yang mirip dengan saus sambal otak-otak.

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home