Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:10 WIB | Jumat, 01 November 2019

Acara Akhir Pekan 2 – 3 November 2019

Peserta menampilkan Tari Sekapur Sirih saat pembukaan Festival Kopi 1000 Kerinci dalam rangkaian Festival Kerinci 2018 di Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Sabtu (6/10/2018). (Foto: Antara/Wahdi Septiawan)

SATUHARAPAN.COM – Beraneka acara akan memeriahkan akhir pekan di awal bulan November 2019 ini. Di antaranya, pertunjukan musik tradisional, pameran farmasi, Jakarta Sneaker Hub 2019, Modern Retail Expo 2019, pameran kerajinan Indocraft 2019, dan festival kuliner.

Selain di Jakarta, kemeriahan juga berlangsung di kota-kota besar lain, lewat penyelenggaraan Bandung Toys & E-sports Expo 2019, Festival KetemuBuku Semarang 2019, dan Pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Surabaya 2019.

Ada beberapa festival budaya yang juga diselenggarakan antara lain: Festival Mahakam 2019 di Kalimantan Timur, Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Sumatera Barat, dan Festival Kerinci di Jambi.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani Anda dan keluarga melewatkan akhir pekan bersama.

Sabtu, 2 November

Summarecon Mall Kelapa Gading 3 Lantai Dasar Jakarta, Jakarta Sneaker Hub 2019

Acara berlangsung pada Kamis (31/10) – Minggu (3/11).

Summarecon Mall Kelapa Gading untuk kedua kalinya menggelar event Jakarta Sneaker Hub, yang menghadirkan sebanyak 22 booth yang menjual ragam brand sneakers dalam dan luar negeri, aksesoris sneakers, hingga peralatan untuk merawat sneakers.

Beberapa booth yang berpartisipasi di antaranya Badass Monkey, KX Start, Crooz, Freshoe Indonesia, Kicks Wipes, GAS Sneakers, Shoes Necessities, Stay Sneakers, True OG, Deck Snejder, Crep Protect, High Gentleman, dan masih banyak lagi. Senada dengan tema yang diusung tahun ini yakni “Rave Party”, dekorasi panggung dan booth didominasi warna-warna neon yang eksentrik seperti pink, hijau, kuning, dan biru.  

Selain berburu koleksi sneakers, pengunjung disuguhi beragam acara menarik yang dapat menambah wawasan seperti Talkshow bersama Hanifrd, Kevinswork, Isser James, dan Augie Fantinus, yang akan membahas mengenai serba-serbi dunia sneakers. Akan berlangsung juga kompetisi seperti Street Dance Competition, dan 3on3 Basketball Competition.

Salah satu program acara yang ditunggu-tunggu para sneakerheads (sebutan untuk para pencinta dan kolektor sneakers), yakni Raffle, juga tidak kalah menarik. Dalam program ini, para sneakerheads bisa mendapatkan sneakers langka incaran para kolektor dengan harga spesial. Caranya adalah dengan membeli kupon undian raffle sesuai dengan jenis sneakers yang ingin didapatkan. Kupon undian raffle dijual mulai dari harga Rp25.000 sampai dengan Rp1.000.000,-. Beberapa sneakers yang akan diikutsertakan dalam program raffle kali ini di antaranya: Air Jordan 1 Travis Scott High, Air Jordan 1 Retro LA to Chicago, Yeezy 700 Magnet, dan masih banyak lagi.

Melengkapi event Jakarta Sneaker Hub, Summarecon Mall Kelapa Gading bekerja sama dengan Digibank mengadakan program bagi-bagi voucher, bagi para pemegang kartu Digibank dimana 100 orang pertama yang mengunjungi booth Jakarta Sneaker Hub bisa mendapatkan voucher sebesar Rp250.000,- pada tanggal 31 Oktober, 2 November, dan 3 Novermber 2019, dan 111 orang pertama bisa mendapatkan voucher sebesar Rp500.000, di tanggal 1 November 2019. Syarat & ketentuan berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Instagram @jakartasneakerhub dan @MKGLaPiazza atau website www.malkelapagading.com

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Indonesia Pharmaceutical Expo (IPEX) 2019

Acara berlangsung pada Rabu (30/10) – Sabtu (2/11)

Pameran Internasional ke-15 tentang Farmasi, Material, Pembuatan Kontrak, Pemrosesan, Teknologi, Mesin Pengemasan, Peralatan dan Layanan.

Featuring: APIs, Intermediates,Natural Extracts, Excipients/Formulation, Custom Manufacturing,Biopharmaceuticals, Fine Chemicals, Lab Equipment, Instruments, Labware, Water Treatment, Enviroment And Quality Control, Technical Publication, Pharmaceutical Products/Medicine, Pharmaceutical Enginering,Material & Packaging,Plant & Machinery for Pharma

Info dan kontak:Email: info@kristamedia.com, Website: interpharma-indonesia.com

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran,  AllPlas InterPlastic Expo 2019

Acara berlangsung pada Rabu (30/10) – Sabtu (2/11).

Allplas Indonesia akan diadakan di PRJ Kemayoran (Gambir EXPO), Jakarta, Indonesia mulai 30 Oktober. Ini akan menjadi Pameran Dagang selama 4 hari yang diselenggarakan oleh PT Kristamedia Pratama (Pameran Krista), yang berfokus pada produk, dan layanan industri Teknik Industri.

Featuring: Plastic Machines and Equipments, Plastic Material and Auxiliary, Plastic Moulds and Equipments, Plastic Products and Plastic Parts, Machinery and Plant for Processing, Raw Materials, Post Processing Machines, Supply & Services

Info dan kontak: Email: info@kristamedia.com, Website: interplasticindonesia.com

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Modern Retail Expo 2019

Acara berlangsung pada Rabu (30/10) – Sabtu (2/11).

Modern Retail Expo 2019, dibuka mulai 30 Oktober hingga 2 November 2019 di Jakarta Exhibition Center, Indonesia. Terinspirasi oleh retail expo, jelajahi perpaduan kualitas dan variasi lokal. Temukan tren terbaru, saksikan peluncuran produk baru, dan belajarlah dari sesi pendidikan kurasi kami.

Info dan kontak: Email: info@kristamedia.com, Website: modernretailexpo.com

Jakarta Convention Center (JCC), Pameran Kerajinan Indocraft 2019

Acara berlangsung pada Rabu (30/10) – Minggu (3/11). 

Indocraft adalah salah satu pameran dagang terkemuka untuk industri batik dan kerajinan di Indonesia. Pameran ini menawarkan platform bagi peserta pameran untuk memamerkan beragam produk fesyen, kerajinan tangan, dan produk interior kepada pengunjung. Indocraft juga merupakan tempat terbaik bagi pengunjung untuk berburu kerajinan yang muncul dalam beragam produk seni etnis di seluruh kepulauan Indonesia.

Info dan kontak: Facebook: Indocraft, Instagram: @pameranindocraft, Website: pameranindocraft.com

Main Atrium, Ground Floor, Emporium Pluit Mall, Jakarta, Festival Kuliner Kampung Halaman 2019

Acara berlangsung pada Rabu (23/10) – Minggu (3/11).

Siapa yang kangen menyantap makanan khas kampung halamanmu? Yuk, dateng ke Kuliner Kampung Halaman di Emporium Pluit Mall. Nikmati beragam kuliner khas Nusantara yang akan membuat Anda seperti sedang berkunjung ke kampung halaman. Mulai dari makanan berat hingga cemilan ringan, semuanya bisa dijumpai!

Dengan partisipasi dari 45 kuliner terbaik Indonesia, antara lain: Depot Nasi Campur Tambak Bayan, Nasi Krawu Buk Tiban Khas Gresik, RM Tinoor Manado, Warung Ce masakan Khas NTT, Cuanki Bandung Mang Udin, Cwie Mie Malang Regia, Bakso Sumsum Mejiku, Nasi Ulam Pancoran Budi, Soto Betawi H. Ma’ruf, Nasi Goreng Cumi Hitam, Ayam Goreng Calypso Bdg, Ibun Sate Padang Danguang-danguang Asli Payakumbuh, Rujak Shanghai Encim Pancoran, Empal Gentong Bu An, Nasi Kapau Bukit Tinggi, Es Durian Iko Gantinyo Padang, Ketan Susu Kemayoran 1958, Serabi Solo 88, Pisang Goreng Srikaya Ahou,  Baso Goreng PIK, Batagor Cuplis, Pempek Ny Huang, Rujak Idola Singkawang, Es Sinar Garut Putra Abah, Serabi Hijau 11 Bersaudara, Dawet Ireng Wong Ndeso, Es Cincau Mang Toyib, Toge Goreng, Es Podeng Gareng, dan masih banyak lagi!

Info dan kontak: Facebook: Emporium Pluit Mall, Twitter: @EmporiumPluit, Instagram: @emporiumpluitmall

The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka Lt 3, Jakarta, Mother & Baby Fair Jakarta 2019 Season 2

Acara berlangsung pada Rabu (30/10) – Sabtu (2/11).

Mother & Baby Fair 2019 kembali hadir menyapa Moms & Dads yang ada di Jakarta.

Mother & Baby Fair, merupakan pameran produk Ibu dan Anak terbesar dan terlengkap di Indonesia. Mother & Baby Fair menyediakan berbagai perlengkapan untuk ibu hamil, bayi, balita, dan keluarga, mulai dari produk esensial untuk ibu dan anak, fashion, mainan, produk kesehatan, furniture, hingga makanan dan minuman.

Info dan kontak: Facebook: Mother and Baby Indonesia, Instagram: @motherbabyind, Website: motherandbabyfair.com

Graha Manggala Siliwangi, Jl Aceh 66 Bandung, Pukul 10.00-21.00, National Roadshow Bandung Toys & E-sports Expo 2019

Acaraberlangsung pada Sabtu (2/11) – Minggu (3/11), tiket masuk Rp30.000.

Penggemar berat main game dan koleksi mainan, wajib datang nih ke acara satu ini! National Roadshow Bandung Toys & Esports Expo.

Info dan kontak: 08111986999, Facebook: Neo Organizer, Twitter & Instagram: @neoorganizer

Gedung Wanita, Jl Sriwijaya 29 Semarang, Festival KetemuBuku Semarang 2019

Acara berlangsung pada Jumat (1/11) – Kamis (7/11).

Siap buat KetemuBuku Semarang? Ayo nabung dari sekarang buat borong buku-buku pilihanmu.

Daftar kegiatan: Pasar Buku, Diskusi dengan Penulis Idola, Pentas Seni Kontemporer, Lomba-lomba yang Riang Gembira

Info dan kontak: Telp: 082136059888, Facebook: Pameran Buku, Twitter & Instagram: @pameranbuku

Grand City Convex Surabaya, Pukul 10:00 – 22:00 WIB, Pameran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Surabaya 2019

Acara berlangsung pada Rabu (30/11) – Minggu (3/11).

Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Surabaya,yang dulu bernama Pameran Otomotif Surabaya (POS) berlangsung di Grand City Convex Surabaya, dengan membawa konsep dan program-program baru yang lebih menarik dari acara-acara sebelumnya.

IIMS Surabaya merupakan seri terakhir pelaksanaan setelah IIMS Jakarta & IIMS Makassar sepanjang tahun 2019. Mengusung konsep carnival dan mengadopsi teknologi digital yang diimplementasikan pada elemen pameran, diharapkan dapat menjadi salah satu pameran otomotif bergengsi yang diadakan di kota Surabaya. Tidak hanya pameran otomotif, kami menyelenggarakan program konten yang lebih menarik yaitu Competition, Entertainment, dan Education.

Indonesia International Motor Show Surabaya semakin meriah dengan beragam atraksi dalam konsep karnaval, mulai dari pameran mobil, motor, area jual beli, kompetisi, pergelaran kuliner, musik, dan juga sarana edukasi, dan masih banyak lagi suguhan menarik lainnya yang akan tersedia di area indoor dan outdoor pameran.

Pengalaman yang tak terbatas juga disajikan dalam beberapa program unggulan yang melibatkan komunitas serta vlogger lokal, kami juga mengadakan supporting event seperti Family Fun Rally, Coffee & Riding, Workshop, program CSR (kunjungan dari sekolah), serta penampilan dari band nasional yang akan turut meramaikan malam puncak pameran ini.

Info dan kontak: Facebook: Indonesia International Motor Show, Twitter & Instagram: @iims_id, Website: indonesianmotorshow.com

Pluit Village Mall Jakarta, Satgas: Sate, tongseng, Gulai, Sop

Acara berlangsung pada Jumat (1/11) – Minggu (3/11).

Festival kuliner yang enak memanjakan lidah dan perut Anda,  Daftarkan unit usaha Anda segera !!

Info dan kontak: Whatsapp: 0812 95558815 (Christy), Instagram: @satgas_id

Minggu, 3 November

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Tradisional Sandiwara Pekaba oleh Ranah PAC

Dalam kebudayaan Minangkabau, Tukang Kaba merupakan seorang juru kisah tradisional. Ia menyampaikan kisah bersamaan dengan memainkan alat musik. Pertunjukan musik tradisional Minangkabau pada umumnya mensyaratkan adanya posisi Tukang Kaba. Tukang Kaba tersebut menyampaikan kabar dan cerita bukan dengan menceritakan begitu saja, namun dengan berdendang sembari diiringi dengan irama musik khas seperti rabab, selawat dulang dan saluang.

Tukang Kaba tak hanya dipahami sebagai juru kisah semata. Peran Tukang Kaba juga sebagai penyiar kejadian yang sedang berlangsung. Ia bisa memelintir cerita, bahkan mengubah cerita tertentu menjadi versinya sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah tukang kaba juga digunakan sebagai metafora. Tukang kaba dapat berarti orang yang suka memberi nasihat baik kepada orang, atau orang yang pembohong, penghasut, dan penyebar dusta.

Tukang Kaba modern, dapat dilekatkan pada empat profesi yang populer bagi orang Minang, yaitu ulama, politisi, pedagang, dan penulis. Sebagaimana Tukang Kaba, empat profesi tersebut sama-sama mensyaratkan kecerdasan berbahasa yang mesti tinggi, hebat, lincah, dan lihai.

Pertunjukan Sandiwara Pekaba, berkisah tentang pertarungan antar jurucerita dalam menunjukkan siapa yang paling hebat di antara mereka. Biasanya, di tengah gelanggang yang penuh lalu-lalang manusia, para juru cerita menguji kehebatannya. Semakin banyak orang berkumpul di dekatnya, mendengar, merespons, bahkan mencoba menandingi ceritanya, maka kelihaiannya sebagai juru cerita semakin teruji.

Namun, setiap juru cerita sebenarnya menginginkan tantangan lain. Diam-diam, para juru cerita tersebut menghendaki pertarungan antarsesama juru cerita, sebuah kehendak yang sudah tersimpan sejak lama dalam diri para juru cerita.

Kemampuan bermain dengan kata-kata tak lagi menjadi senjata andalan. Kata-kata, bagi mereka, hanyalah mainan belaka. Para juru cerita butuh pamungkas yang berbeda. Mereka sepakat untuk mengembalikan kata-kata ke bunyi, memeragakan langsung narasi ke dalam kosa tubuh. Para Pekaba kemudian bersiasat agar tak tergelincir pada satu saja jurus. Kadang, bebunyian membuahkan makna, tetapi ada masa ketika tubuh mengemban beban bahasa, sementara bahasa lisan sendiri hanyalah siasat untuk terus memproduksi gerak dan bunyi.

Tepian Mahakam Samarinda Kalimantan Timur, Festival Mahakam 2019

Acara berlangsung pada Jumat (1/11) – Minggu (3/11).

Festival Mahakam adalah event akbar tahunan di Kota Samarinda yang dimulai sejak tahun 1999. Acara ini berlangsung setiap akhir pekan di minggu pertama bulan November setiap tahunnya. Tujuan dilaksanakannya event ini untuk mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda serta menjadikan Festival Mahakam sebagai event yang wajib dikunjungi setiap tahunnya.

Festival Mahakam 2019, event yang satu ini cukup bergengsi karena juga jadi sorotan turis asing yang bahkan sengaja datang ke sana untuk menyaksikannya.  

Sungai Mahakam sebagai ikon festival akan melombakan berenang menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu naga, balap kapal tambangan, power boating, perahu dompeng hingga jet ski. Selain itu, tidak ketinggalan atraksi budaya akan turut ditampilkan berupa penampilan seni musik, tarian daerah, dan beberapa kegiatan lomba seni. Arena lomba dan aneka kegiatan membentang sepanjang jalan Gajah Mada, RE Martadinata hingga Atrium pusat perbelanjaan Big Mall Jalan Untung Surapati, yang berhadapan langsung dengan Sungai Mahakam.

Kota Pariaman Sumatera Barat, Tour de Singkarak (TdS) 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (2/11) – Minggu (10/11).

Setelah diperjuangkan selama tiga tahun, lomba balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019, akan melewati rute Gunung Kerinci hingga Danau Kerinci di Provinsi Jambi. Dengan demikian, ajang itu diharapkan semakin menarik minat kunjungan wisata ke Pulau Sumatera. Tour de Singkarak berlangsung 2-10 November 2019 dengan start di kota Pariaman dan finish di Padang, menempuh jarak total 1.263 kilometer.

Tour de Singkarak merupakan kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat.

Kejuaraan pertama kali diselenggarakan pada 2009. Kejuaraan ini telah menjalin kerja sama dengan Amaury Sport Organisation yang menjadi penyelenggara Tour de France di Prancis. Di tingkat dunia dari jumlah penonton menduduki peringkat ke-5, setelah Tour de France, Giro d’Italia, Vuelta a Espana, dan Santos Tour Down Under. 

Sesuai dengan namanya, Singkarak yang merupakan danau terbesar di Sumatera Barat menjadi bagian dari jalur lintasan Tour de Singkarak. Selain itu, beberapa kawasan wisata lain juga menjadi bagian dari jalur lintasan, termasuk Lembah Harau, Kota Tambang Sawahlunto, Istana Pagaruyung, Danau Maninjau, Kelok 44, Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Danau Di atas, dan Danau Dibawah.

Kabupaten Kerinci, Jambi, Festival Kerinci

Acara berlangsung pada Minggu (3/11) – Kamis (7/11).

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci atau sekarang disebut Festival Kerinci, mulai dilaksanakan pada tahun 1999, kemudian menjadi program rutin Pemerintah Kabupaten Kerinci, Pemerintah Provinsi Jambi, dan Kementerian Pariwisata RI.

Danau Kerinci atau masyarakat sering menyebutnya sebagai Danau Gedang, berjarak sekitar 16 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Sementara jarak dari Kota Jambi sekitar 420 kilometer. Secara administrasi Danau Kerinci berada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau.

Danau ini termasuk salah satu wisata yang banyak dikunjungi di Provinsi Jambi. Even wisata yang rutin digelar setiap tahun ini cukup berhasil mendongkrak kunjungan wisata ke Kabupaten Kerinci. Kegiatannya adalah menampilkan berbagai macam atraksi kesenian masyarakat Kerinci seperti tari rangguk, pencak silat tradisional Kerinci, tari niti mahlinggai yang bernuansa mistik, lagu daerah, dan seni budaya lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan selama Festival Kerinci tahun 2019  yakni Arung Jeram di Sungai Batang Merangin di kabupaten Kerinci, yang dimulai pada masa pra Festival 1 November, dan berakhir pada 5 November. Lomba sepeda gunung, digelar 2 November. Atraksi Paralayang juga ikut memeriahkan Festival Kerinci pada pembukaan yang digelar 4 November di Dermaga Danau Kerinci.

Pada 5 November acara resepsi nikah massal gratis di Dermaga Danau Kerinci, dan akan diikuti pasangan pengantin, minimal 5 pasangan dan maksimal 10 pasangan pengantin per kecamatan. Acara akan diisi dengan jamuan kuliner tradisional khas Kerinci dan penampilan seni budaya.

Pada 6 November diselenggarakan acara petik teh massal, sekaligus memecah rekor MURI di perkebunan teh Kayu Aro. Kegiatan ini akan diikuti 3.805 orang. Selain itu akan menampilkan kesenian lokal dan luar daerah seperti Mukomuko, Sumbar, dan Padang Panjang.

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home