Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:18 WIB | Jumat, 20 Januari 2017

Acara Akhir Pekan 21-22 Januari 2017

Devdan Mini Show. (Foto: Galeri Indonesia Kaya)

SATUHARAPAN.COM – Aneka acara seperti pemutaran film, pameran seni rupa, pertunjukan musik, tari tradisional, digelar di Ibu Kota dan kota-kota besar lain di Tanah Air, memeriahkan akhir pekan menjelang Tahun Baru Imlek tahun ini.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

 

Sabtu 21 Januari

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pemutaran Film Calalai in Betweenness dan Dua Sisi, dari Penghibur Sejati hingga Orang Suci

Pemutaran film kali ini mengupas tradisi, tatanan sosial, dan isu gender di beberapa tempat di Indonesia.

Calalai in Betweenness berkisah tentang eksistensi perempuan-perempuan di Sulawesi Selatan, Indonesia, yang hidup dengan budaya Bugis di tengah perkembangan dunia yang modern namun didominasi sistem yang biner. Sejak berabad-abad lalu masyarakat Bugis mengenal adanya keberagaman gender dengan tersirat dalam naskah I La Galigo, yang menyatakan manusia terdiri atas lima gender dan salah satunya adalah Calalai. Siapakah sesungguhnya Calalai?

Dua Sisi, dari Penghibur Sejati hingga Orang Suci merupakan dokumenter yang berkisah tentang dua orang. Ocha (alm) yang berkepribadian riang, dengan pola tingkahnya, berprofesi sebagai drag queen dan menghibur pengunjung klab malam di Ibukota Jakarta. Puang Matowa Saidi (alm) memiliki pembawaan sangat serius dan berwibawa. Ia adalah pemimpin kaum Bissu, kelompok masyarakat yang memiliki posisi penting dalam adat istiadat Bugis di Pangkep, Sulawesi Selatan.

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 09.00 - 21.00 WIB: Pameran Seni Rupa Jalan Dua Pekan

Perupa  I Made Arya Palguna, Eddy Sulistyo, Januri, Valentinus Rommy, Dona Prawita Arissuta,  Hardiana, Katirin, Slamet Soneo Santoso, Ipong Purnomo Sidhi, menggelar pameran di Bentara Budaya Yogyakarta, Kamis (19/1) – Rabu (25/1).

Jalan Dua Pekan, tema yang diambil, adalah nama jalan di Pulau Ketam Malaysia, yang setiap hari dilalui para seniman itu selama dua pekan, saat berpameran di pulau itu, mengikuti art workshop 2016 yang diikuti 120 seniman dari 19 negara. 

Keunikan penduduk di Pulau Ketam yang hidup dikelilingi hutan bakau adalah hidup mengapung di atas air, dengan matapencaharian sebagai nelayan hingga kini dan masih mempertahankan kesederhanaan. Aura dari kehidupan sosial yang unik dan sederhana serta letak geografis yang terpisah dari daratan, menggerakkan inspirasi dan daya kreativitas para seniman untuk berkarya dan mendalami sisi lain Pulau Ketam.

Sabuga Bandung: Konser musik D’HITS Festival 2017

Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung mempersembahkan D’HITS Festival 2017, dengan atraksi utama konser musik D’HITS Festival 2017 Garam Productions, menampilkan Isyana Sarasvati, Teza Sumendra, GAC (Gamaliel, Audrey, Cantika), DJ Ari Irham.

Harga Tiket Masuk (HTM): Tribune A North: IDR 200,000, Tribune A South: IDR  200,000, Tribune B North: IDR 250,000, Tribune B South: IDR 250,000, Festival: IDR 350,000. Info dan Kontak: Garam Productions 082112377088.

 

Minggu, 22 Januari

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pertunjukan tarian tradisional Di Balik Layar Devdan Show

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, pukul 15.00 menggelar pertunjukan tarian tradisional, “Di Balik Layar Devdan Show” oleh Bali Nusa Dua Theatre.

Ruang Kreatif bersama Bali Nusa Dua Theatre ini mengangkat Devdan Show yang menjadi bagian dari pertunjukan regulernya. Orang-orang di balik Devdan Show akan mengulas latar belakang, konsep pertunjukan, persiapan dan proses dalam melaksanakan pertunjukan regular ini agar selalu bagus dan sesuai standar.

Selain itu penonton dapat melihat Devdan Mini Show yang merupakan sekilas cuplikan dari pertunjukan spektakuler Devdan Show, yang tampil secara regular di Bali Nusa Dua Theatre, menampilkan kekayaan dan keragaman Budaya Indonesia melalui tarian tradisional dan akrobat yang dikemas modern.

Devdan Show yang selalu diselenggarakan di Bali Nusa Dua Theatre (BNDT) empat kali seminggu terdiri atas 40 penari menampilkan tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bali, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Papua. Pertunjukan yang menghibur sekaligus mendidik ini dilengkapi pula dengan efek-efek panggung yang canggih seperti hujan, letupan api dan beragam pertunjukan sulap serta tarian balet udara.

Selama tiga tahun berkecimpung di industri pariwisata Bali, BNDT berhasil terlibat dalam beberapa acara berkelas internasional, seperti pertunjukan terbatas untuk Pertemuan Menteri Keuangan APEC dan pertunjukan terbuka finalis Miss World tahun 2013, pertunjukan terbatas untuk seluruh pembeli dalam acara Bali Beyond Travel Fair tahun 2013 dan 2015, dan yang terbaru pertunjukan terbatas untuk peserta Internal Palm Oil Conference pada November 2016.

Kawasan Pasar Gedhe, Kota Solo, pukul 14.00 WIB: Solo Imlek Festival 2017

Memperingati Tahun Baru Imlek, Kota Solo berbenah dan sangat serius menyiapkan momen ini agar menjadi daya tarik dan memberikan kesan spesial pada tahun ini. Serangkaian acara disiapkan dalam tema Solo Imlek Festival.

Acara ini berlangsung pada hari Selasa (17/1) – Kamis (26/1) 2017, di Kawasan Pasar Gedhe, Kota Solo. Nuansa Imlek pun sangat terasa saat kita melewati kawasan itu, mulai dari lampion merah mewarnai area Pasar Gede dan juga berbagai ornamen khas Imlek. Perayaan Tahun Baru Imlek 2017 di Pasar Gede Solo dimeriahkan 5.000 Lampion. Tak lupa, atraksi barongsai dan pesta kembang api akan membuat momen ini menarik perhatian.

Berikut jadwal rangkaian acara Imlek di Kota Solo:

-Gapura Imlek, Lampion 12 Karakter Zodiak China, Pemajangan 5000 Lampion Mulai pada Selasa (17/1)  di Pasar Gede – Jl Jend Sudirman Solo.

-Donor darah pada Jumat (21/1), pk 10.00 WIB di Solo Paragon Mall.

-Pemecahan Rekor Muri Kaligrafi Aksara Jawa Sepanjang 500 M, pada Minggu (22/1) , pk 10.00 WIB di Solo Paragon Mall.

-Grebeg Sudiro Minggu (22/1), pk 14.00 WIB di Pasar Gede.

Acara lain yang memeriahkan Solo Imlek Fair antara lain: Festival Kuliner,  Panggung Hiburan (Warna-warni Budaya Indonesia), Batik Fashion Show, Barongsai, Shufa (Seni Tulis Kaligrafi Aksara China), Fortune Teller,  Street Magician, Pernak-pernik Imlek, dan hiburan lain.

Karnaval Budaya, Pukul 13.00 WIB – selesai, dengan rute: Pasar Gede - Jl Jend Sudirman - Jl Mayor Sunaryo - Jl Kapten Mulyadi - Jl RE Martadinata - Jl Cut Nyak Dien - Jl Ir H Juanda - Jl Jend Urip Sumoharjo.

Atrium Utama Senayan City:  Chinese Tea Legacy by Dilmah

Senayan City di Jakarta Selatan menggelar acara Chinese Tea Legacy by Dilmah, berlangsung dari  18,20-21, dan 26, 27, 28, 29 Januari 2017.

Tanpa dipungut biaya, pengunjung diajak merasakan kemeriahan Tahun Baru  Imlek dengan keluarga dan teman-teman di Senayan City, melihat berbagai pameran teh di Atrium Utama Senayan City dan menikmati warisan teh Cina premium Dilmah yang disajikan untuk Anda dan keluarga!

Program acara: Makanan dan minuman gratis, pertunjukan bartender tea mix, chinese tea ceremony.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home