Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:32 WIB | Jumat, 22 Juni 2018

Acara Akhir Pekan 23- 24 Juni 2018

Ilustrasi. Pameran Seni Rupa Kelompok Satu Atap Instink. Bentara Budaya Yogyakarta, (Foto: bentarabudaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara-acara di bulan Juni ini masih diwarnai suasana libur Lebaran, seperti beberapa acara yang digelar, antara lain, festival kuliner, Ancol Lebaran Festival di Jakarta, Jogja Holiday Fair di Yogyakarta, Spirit of Ramadan di Solo. Selain itu ada juga pameran lukisan di Bali dan pameran seni rupa di Yogyakarta.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 23 Juni

Allianz Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, pukul 06.00 – 15.00 WIB, Allianz Ecopark Culinary Carnival

Acara berlangsung pada Sabtu (23/6) – Minggu (24/6).

Khusus 23-24 Juni 2018, di area Ecomarket yang ada di dalam Allianz Ecopark, Ancol, digelar Allianz Ecopark Culinary Carnival. Tersedia makanan dan minuman yang enak-enak dan bisa memanjakan perut! 

Daftar kuliner: Es Tebu, Lontong Sayur, Nasi Gudeg Jogja, Martabak, Jelly Drink, Dimsum, Bubur Kacang Ijo, Mie Ayam, Jagung Rebus, Ice Cream, Pempek, Roti Bakar, Cincau, Waffle, Siomay,  Kebab, Nasi Bakar, Sandwich, Bubur Ayam, Ketan Susu, Puding, Spagetti, Sosis, Juice, Angkringan, Otak Otak, Nasi Pecel, Serabi, Soto, Nasi Uduk.

Info dan kontak: Telp: 021-29 222 222, Facebook: Taman Impian Jaya Ancol, Instagram: @ancoltamanimpian

Festival Walk, Pluit Village, Jakarta, Pluit Village Street Food Festival

Acara berlangsung pada Jumat (22/6) – Minggu (24/6).

Street Food Festival Pluit Village kembali digelar, menyajikan mulai dari tahu gejrot sampe pisang nugget. Nobar jadi semakin asyik dengan beragam jajanan khas Indonesia! Setiap belanja Rp100.000 dapet Es Kepal Milo!

Daftar Kuliner: Sang Pisang, Cwi Mie Malang, Seblak Bandung, Kerak Telor, Cilok Buron, Es Kepal Milo, Bakso Alay, Tahu Gejrot, Empek Empek, Sate Padang, Kopiloe

Info dan kontak: Facebook: Pluit Village Mall, Twitter: @pluitvillage, Instagram: @pluit_village

@america Pacific Place, pukul 14.00 – 16.00, Pemutaran Film The Beauty of Togetherness: Eid Movie Festival - Aloha

Musim liburan ini, nikmatilah waktu bersama keluarga dan teman-teman Anda dengan film-film yang akan membawa Anda dan orang-orang yang Anda cintai lebih dekat!

@america Pacific Place, pukul 18.00 – 20.00 WIB, Pemutaran Film, The Beauty of Togetherness: Eid Movie Festival - Sing

Mengajak menikmati musim liburan bersama keluarga dan teman-teman, dengan menikmati film-film yang akan membawa Anda dan orang-orang yang Anda cintai lebih dekat!

Alun-Alun Selatan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pukul 09.00-21.30 WIB, Gebyar Idul Fitri Kota Solo

Acara berlangsung pada Rabu (20/6) – Sabtu (23/6).

Ada event seru buat semua orang Solo! Event dalam rangka menyambut hari Idulfitri. Bakal ada bazar, mulai dari kuliner, fashion, dan berbagai produk lain.

Buat yang ingin ikut berjualan di bazar, langsung saja hubungi 081333644883, Ada 50 stand tersedia buat kalian.

Info dan kontak: Telp: 081333644883, Instagram: @yoyonainggolan

Main Atrium Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, Jogja Holiday Fair

Acara berlangsung pada Rabu (13/6) – Minggu (24/6).

Jogja Holiday Fair (batik expo, fashion, accessories, craft, etc) 

Special Promo: Get disc. up to 50 persen, khusus Hari Raya untuk special tenant dari special Plaza Ambarrukmo.

Rayakan Hari Idulitri dengan keluarga dan sahabat tercinta, hanya di Plaza Ambarukmo.  

Info dan kontak: Facebook: Metamorf Promosindo, Instagram: @metamorf_eo

The Park Mall Solo Baru Solo, Spirit of Ramadan

Acara berlangsung pada Sabtu (9/6) – Senin (25/6).

Menyambut momen Lebaran, The Park Mall Solo Baru mengadakan serangkaian acara sale besar-besaran hingga 70 persen untuk semua produk.

Dan acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh warga Solo dan sekitarnya yaitu kuliner festival dengan tema Pawon Ramadan “Taste Of Solo Cuisine” di mana terdapat 84 stand kuliner khas Solo dan total ratusan menu makanan.

Info dan kontak: customer service (0271) 624545 

Bentara Budaya Yogyakarta, pukul 9.00 – 21.00 WIB, Pameran Seni Rupa Kelompok Satu Atap

Acara berlangsung pada Sabtu (23/6) – Sabtu (30/6).

Pameran Instink menampilkan potret tingkah polah manusia dalam serangkaian upaya menyusun kuasa pun para korban sesama manusia. Kritik satire dimunculkan dalam serangkaian simbolisasi manusia, binatang, dan ekspresi-ekspresi personal sebagai ungkapan pembacaan fenomena.

Pameran ini akan berbicara tentang manusia tanpa membabi buta. Berjalan pada ikhtiar bahwa kita harus bebas dari segala kekhawatiran dan rasa berdosa dan senantiasa mencintai kehidupan. Jika apa yang banyak digambarkan para seniman ini tentang tingkah kebinatangan manusia, arogansi dan sikap-sikap memakan sesamanya, atas nama apa pun demi kepentingan apa pun, maka frasa yang tepat untuk membingkai serangkaian wacana artistik ‘instink’ ini adalah  “Tuhan Telah Mati, dan Kita Semua Yang Telah Membunuhnya“.

Bentara Budaya Bali, pukul 19.00- selesai, puisi pertama Ketut Syahruwardi Abbas yang bertajuk “Antara Kita”

Pustaka Bentara kali ini akan membincangkan buku kumpulan puisi pertama Ketut Syahruwardi Abbas yang bertajuk “Antara Kita“. Diterbitkan Penerbit Buku ARTI (2018), antologi ini memuat 72 sajak yang ditulis Abbas antara tahun 1993 hingga 2017.

Tecermin dalam sajak-sajak tersebut pergulatan sang penyair dalam interaksinya dengan lingkungan, Tuhan, manusia, dingin, panas, dan sebagainya. Misalnya puisi berjudul “Dari Bangsal RS“, yang ditulis Abbas setelah ia berada di antara hidup dan mati di rumah sakit. Juga puisi menyentuh berjudul “Kadek“, dipersembahkan kepada sahabatnya yang telah berpulang, Kadek Suardana, seorang tokoh teater Bali.

Buku “Antara Kita“ akan dibahas oleh Dr Gde Artawan (akademisi, sastrawan) dan Puji Retno Ardiningtyas (pengamat sastra, peneliti Balai Bahasa Bali). Selain dialog, acara akan dimaknai pula pembacaan puisi dan pentas musikalisasi puisi.

Ketut Syahruwardi Abbas lahir di Pegayaman, Buleleng, tahun 1959. Ia menulis sajak, cerpen, esai, makalah agama dan budaya, dan lakon drama. Sedini muda ia telah bersentuhan dengan kesusastraan. Beberapa kali memenangi lomba penulisan puisi, cerpen, dan lakon drama yang diadakan oleh Harian Bali Post, Fakultas Sastra Universitas Udayana, maupun lembaga-lembaga lain. Tamat SMA, Abbas sempat memasuki Akademi Teater Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta – LPKJ (Kini Institut Kesenian Jakarta – IKJ).

Tak lama di sana, ia kembali ke Bali menekuni jurnalistik, memulai kariernya di sebuah media yang diterbitkan sebuah lembaga ke-Hindu-an, Karya Bhakti. Lalu sempat bergabung dengan Bali Post Minggu, Harian Nusa Tenggara, dan Majalah Berita Editor.

Sejak remaja, Abbas juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya sanggar teater seperti Teater Vivo dan Sanggar Putih, juga terlibat di Sanggar Minum Kopi. Kini ia duduk sebagai Penasihat di Jatijagat Kampung Puisi, Denpasar. Tulisannya dimuat tersebar di berbagai media antar lain: Bali Post, Harian Nusa Tenggara, Koran Tokoh, Harian Republika, dan Kompas.

Sajak-sajaknya terhimpun dalam berbagai antologi seperti Antologi Serumpun (bersama penyair-penyair Brunei, Malaysia, Indonesia, dan Singapura) terbitan Yayasan Panggung Melayu (2015), Antologi Puisi Hari Puisi Indonesia 2016 “Matahari Cinta Samudera Kata“ terbitan Yayasan Hari Puisi Indonesia dan Yayasan Sagang (2016), Antologi Puisi “Klungkung: Tanah Tua, Tanah Cinta“ diterbitkan Yayasan Museum Nyoman Gunarsa (2016), Antologi Puisi “Dendang Denpasar Nyiur Sanur“ (Pemkot Denpasar, 2012), Antologi Puisi “Edisi Hitam Putih“ diterbitkan Yayasan Wayan Pendet tahun 2006, Antologi Puisi Indonesia “Teh Ginseng“ Sanggar Minum Kopi (1993), juga Antologi Puisi Buleleng.  

Cerpen-cerpennya diterbitkan dalam buku kumpulan cerpen bersama tentang Kota Denpasar.  Selain masih produktif menulis dan menjadi pembicara di berbagai seminar, ia juga masih aktif menjadi sutradara dan pemain teater.

Main Atrium, Festival Citylink Bandung, Holiday Festival with Robocar Poli

Acara berlangsung pada Senin (11/6) – Minggu (15/7).

Live Show & Meet and Greet Robocar Poli, pada pukul 15.00 – 16.00 , Get Free Voucher 25,000 & 50.000

Info dan kontak: Facebook: Festival Citylink, Twitter: @festcitylink, Instagram: @festivalcitylink

Minggu, 24 Juni

Sepanjang Pantai Ancol, mulai dari Bunderan Timur Ancol sampai Parkir Karnaval, Ancol Lebaran Festival 2018

Acara berlangsung pada Minggu (24/6).

Ancol Lebaran Festival 2018, Parade Nusantara Seaside Carnival, akan memeriahkan Lebaran tahun ini. Ancolovers bisa menyaksikan langsung dan berkesempatan foto secara gratis.

Parade ini dapat disaksikan di Sepanjang Pantai Ancol, mulai dari Bunderan Timur Ancol sampai Parkir Karnaval.

Datang dan meriahkan, habiskan keseruan Lebaran tahun ini di Ancol bersama kelurga tercinta pastinya dan sahabat atau pasangan kamu..

Info dan kontak: Telp: 021-29 222 222, Facebook: Taman Impian Jaya Ancol, Instagram: @ancoltamanimpian

Pluit Village Mall, Jakarta, Meet & Greet with Spongebob & Patrick

Acara berlangsung selama bulan Juni hingga akhir Juli 2018.

Spongebob & Patrick berlibur di Pluit Village!

Ayo main ke Pluit Village dan bertemu langsung dengan karakter kartun favorit semua orang!

Jadwal Event Summer Fun di Pluit Village:

Meet & Greet: 9, 10, 15, 16, 17, 23, 24, 30 Juni 2018 dan 1, 7, 8 Juli 2018, Pukul 16.00 – 19.00 WIB  

Jellyfish Hunt: 15, 22, 29 Juni dan 6 Juli 2018 Pukul 16.00

Face Painting Competition: 16, 23, 30 Juni dan 7 Juli 2018, Pukul 17.30 – Selesai

Jellyfish Costume Competition: 17 dan 24 Juni dan 1, 8 Juli 2018, Pukul 17.30 – Selesai  

Yuk, ajak keluarga dan teman-teman kamu ke Bikini Bottom, cuma di Pluit Village Mall!

Info dan kontak: Facebook: Pluit Village Mall, Twitter: @pluitvillage, Instagram: @pluit_village

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home