Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:55 WIB | Jumat, 23 November 2018

Acara Akhir Pekan 24 – 25 November 2018

Ilustrasi. Gorontalo Karnaval Karawo 2018 . (Foto: triptrus.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan tari, Festival Budaya Betawi Nangka Raya, Indocraft 2018, pameran kerajinan biota laut, Festival Beasiswa Nusantara 2018, pameran properti, REI Mega Expo 2018, Superkids Story Competition 2018, pameran makanan dan minuman, dan pameran lukisan, meramaikan acara akhir pekan di Ibukota di penghujung bulan November.

Selain itu, beberapa festival budaya masuk dalam kalender budaya nasional, yakni Gorontalo Karnaval Karawo 2018, Festival Budaya Cirebon 2018 , Borobudur Writer and Culture Festival 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 24 November

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Lengger Laut oleh Otniel Dance Company

Lengger Laut (2014) merupakan salah satu karya penting Otniel Tasman, koreografer muda yang sebelumnya pernah berkarya dalam program Ruang Kreatif Galeri Indonesia Kaya 2017. Karya Lengger Laut baru saja dipentaskan di Teater DeSingel, Belgia, dalam Festival Europalia 2017. Meski pernah dipentaskan di beberapa gedung teater ternama sebelumnya, namun penting untuk dapat dipentaskan di panggung Galeri Indonesia Kaya.

Otniel Dance Community (ODC) adalah komunitas yang berkegiatan dalam bidang kesenian, khususnya seni tari. Komunitas ini digagas oleh Otniel Tasman dan beberapa masyarakat tari di Solo.

Komunitas ini lahir di Solo pada 15 Sepetember 2013, dibentuk dengan tujuan untuk mewadahi pemikiran-pemikiran tentang perkembangan seni tari sekaligus “rumah” dialogis dan ekspresi bagi para koreografer dan penari muda berbakat. Selain itu, komunitas ini juga bergerak dalam bidang edukasi, khususnya dalam bidang seni pertunjukan.

Rise Edukasi Central Park, Mall Central Park, Pukul 14.00 – 16.00, Painting Workshop Rise English Central Park

Rise English Central Park di Mall Central Park Lt 03 Jakarta, dekat Celebrity Fitness, menyelenggarakan acara Painting Workshop yang dibawakan oleh Ms Katryna (Principal dari Rise CP). Pada workshop ini anak-anak akan belajar melukis secara real di atas kanvas, dengan gambar yang sesuai level untuk anak-anak.

Selama workshop melukis ini berlangsung, kita juga akan menggunakan Full Englsih Environment, jadi tidak hanya kemampuan kreativitasnya yang diasah tapi sekaligus juga belajar bahasa Inggris dengan cara yang fun.

Usia untuk bisa ikut acara ini, dari 5 tahun – 12 tahun

Harga tiket masuk: Rp 100.000/peserta. (Semua alat melukis, kanvas, cat, kuas, dan lain-lain sudah disediakan).

Benefit : Certificate, hasil painting bisa dibawa pulang, skill melukis yang baru, pengalaman fun yang memorable

Registration: tiny.cc/risepainting

Untuk informasi lebih lanjut: 0877-6239-0631

Sepanjang Jl Nangka Raya, Tanjung Barat Jakarta, Festival Betawi Nangka Raya

Acara berlangsung pada Sabtu (24/11) – Minggu (25/11).

Festival Betawi kembali hadir di Jalan Nangka Raya, menampilkan banyak keseruan.

Info dan kontak: 0852 8683 2048

Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Indocraft 2018

Acara berlangsung pada Rabu (21/11) - Minggu (25/11), masuk gratis.

Saatnya berburu kerajinan terbaik di Indonesia, batik tradisional dan aksesoris lengkap dari 34 provinsi!

Indocraft ke-15 kembali dengan lebih banyak variasi produk batik dari pakaian mode hingga aksesori fesyen.

Produk yang dipamerkan: Batik Siap-pakai, Kerajinan Batik, Etnik Batik, Aksesoris Batik, Batik Tulis Halus, Batik Klasik, Tenun, Songket, Kerajinan Logam dan Batu, Kerajinan Kayu dan Bambu, Kerajinan Kulit dan Rotan, Perhiasan Perak dan Mutiara.

Pastikan Anda datang ke acara dan temukan kerajinan dan batik favorit Anda!

Info dan kontak: Facebook: Indocraft, Instagram: @pameranindocraft

Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Pukul 10.00 – 21.00 WIB, Pameran  Kerajinan Biota Laut "Warisan" Wasiat Agung Negeri Nusantara 2018

Acara berlangsung pada Kamis (22/11) – Minggu (25/11).

Wasiat Agung Negeri Nusantara (Warisan) adalah wahana sejarah yang berkembang menjadi kegiatan pameran, bertujuan menguatkan rasa cinta, kebanggaan serta apresiasi terhadap bulir keringat pelaku kerajinan warisan dan biota laut atas hasil karya orisinil, eksklusif, unik dan menarik yang begitu dinantikan oleh pemerhati maupun penikmat seni budaya Tanah Air.

Display Produk: Batik Asli Indonesia (Batik Tulis, Batik Kombinasi Tulis dan Cap serta Batik Cap, diproses 100 persen dengan Malam Panas), Tenun Asli Indonesia, Mutiara Asli Indonesia

Peserta Pameran: Produsen/Perajin dan Pedagang Batik Asli Indonesia. Produsen/Perajin dan Pedagang Tenun Asli Indonesia Produsen/Perajin dan Pedagang Mutiara Asli Indonesia

Info dan kontak: Facebook: Warisan Exhibition, Twitter & Instagram: @pameranwarisan, Website: pameranwarisan.com

Area Gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta, Pukul 07.00 – 17.00 WIB, Festival Beasiswa Nusantara 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (24/11) – Minggu (25/11), masuk gratis.

Asosiasi Dosen Indonesia, bekerja sama dengan DPD RI dan Forum Rektor Indonesia, dengan bangga mengundang seluruh putra-putri terbaik bangsa pada pameran Studi D3, S1, S2, S3 beasiswa riset, fellowship, short course, exchange program, grant, hibah, dari lembaga beasiswa Indonesia dan luar negeri, tes IELTS/TOEFL dan coaching clinic bersama IDP dan British Council, coaching clinic proposal research dan proposal essay untuk program S2-S3, workshop persiapan mendapatkan beasiswa, tes minat bakat untuk memilih jurusan studi, orasi beasiswa

#JEMPUTbeasiswa kamu disini!

Registrasi: ngampooz.com, Android : ngamp.us/android, ios : ngamp.us/iphone

organized by : BIG Indonesia

Registrasi harus online: ngamp.us/2Ou8Nrm

Info dan kontak: Telp: 081234567855, Email: panitiafestivalbeasiswa@gmail.com, Website: ngampooz.com

Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Pukul 10.00 – 21.00, Pameran Properti, REI Mega Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (17/11) – Minggu (25/11).

REI Mega Expo 2018, merupakan pameran properti akbar yang menampilkan produk-produk properti terbaik dari developer-developer berkualitas. REI Mega Expo, menjadi sebuah ajang yang sangat tepat bagi warga Ibukota untuk mencari pilihan properti terbaik. REI Mega Expo yang juga menawarkan berbagai paket diskon dan pembiayaan yang menarik dan doorprize hadiah utama 1 unit mobil.

Untuk memeriahkan pameran REI MEGA EXPO 2018, serangkaian program entertainment menarik akan ditampilkan untuk memuaskan mata dan menghibur pengunjung nantinya. Dimeriahkan dengan talkshow dan games, serta pertunjukan band Ibukota dan masih banyak kegiatan seru untuk para pengunjung pameran.

Info dan kontak: Telp: 0811822217, Email: niniek_win@yahoo.com, Website: reimegaexpo.com

Main Atrium Lippo Mall Kemang, Jakarta, Sneakerpeak Kemang Quatro 2018

Acara berlangsung pada Selasa (20/11) – Minggu (25/11).

Sneakerpeak Kemang Quatro, A Sneaker Culture Scenery di Jakarta telah kembali. Ini gratis untuk umum!

Aktivitas yang dapat Anda temukan di sini:  Retail Price Deals, Steal Deal Hours, Mystery Games by IST, Indonesia Pong, Sneaker Talk by Rayi Putra, Mario Lawalata, Adityalogy, Dr Tirta, Sonny Dien, Denis Juherman, dan banyak lagi.

Dapatkan sneaker favorit Anda, dengan harga terbaik di kota hanya di Sneakerpeak Kemang Quatro!

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Kemang, Twitter & Instagram: @lippomallkemang, Situs web: lippomallkemang.com.

Jakarta International Expo (JIExpo), Pameran Makanan dan Minuman Kemayoran, SIAL InterFood 2018

Acara berlangsung pada Rabu (21/11) – Sabtu (24/11).

SIAL Group dan Krista Exhibitions, dengan bangga menghadirkan SIAL INTERFOOD 2018.

Kolaborasi antara dua kekuatan yang kuat dalam industri makanan dan minuman: SIAL GROUP, jaringan pameran makanan terbesar di dunia dengan pengalaman 50 tahun, Interfood, pameran makanan dan minuman terkemuka di Indonesia, berjalan selama 14 tahun.

Jangan lewatkan acara menarik ini. Platform yang menarik membantu perusahaan makanan dan minuman untuk menembus pasar ASEAN yang menjanjikan.

Pendaftaran gratis oleh Undangan atau Pendaftaran Online sampai 7 November 2018

Biaya masuk Rp100.000, mulai 8 November 2018 hingga 20 November 2018, pada hari acara biaya masuk Rp150.000, - berlaku selama 4 hari.

Publik umum dan anak-anak di bawah usia 17 tahun tidak akan diizinkan masuk. Semua pengunjung harus berpakaian resmi, dilarang mengenakan celana pendek dan sandal. Daftar sekarang: sialinterfood.com

Info dan kontak: Facebook: Interfood, Twitter & Instagram: @interfoodexpo, Website: sialinterfood.com

Mall Taman Anggrek Lt 2 Jakarta, Superkids Story Competition 2018

Harga tiket masuk : Rp50.000  

Superparents yang punya Superkids, yang hoby cuap-cuap, atau sedang melatih keberanian berbicara di depan public, diajak join di activity Superkids Indonesia pada bulan Dongeng Nasional 2018.

Kategori: Peserta Kelas 1 – 4 SD/ MI, Bahasa (Tema: Taman Bermain Favoritku/Binatang Kesayanganku), English (Tema: My Favorite Teacher/My Father and Me)

Pendaftaran terakhir 23 November 2018

Pendaftaran: Registrasi Pendaftaran bisa melalui Official Sosial Media Superkids Indonesia dengan mengirimkan Nama dan Nomor telp yang dapat dihubungi oleh panitia.

Melalui link registrasi di website Kiddo Global, https://www.kiddo.global/superkiddoweek/

Registrasi Pendaftaran melalui Sekolah/Tempat Kursus akan di-handle oleh Guru atau PIC yang kami tentukan. Atau bisa mendaftar langsung melalui SMS/ WA Ms.AFIQKA (0812-8232-0602)/ Ms.RIZKA (0878–0878–5856). Format pendaftaran : DAFTAR_NAMA LENGKAP_NAMA PANGGILAN_KELAS_TEMA YANG DIPILIH (Contoh : DAFTAR_YENI MAYASARI_YENI_Kls 3_MY FAVORITE TEACHER)

Pembayaran Pendaftaran bisa melalui PIC yang kami tentukan atau bisa langsung ke nomor rekening Superkids Indonesia – BCA 2875-11-6868 an  Linda/Rosana, Bukti transfer bisa dikirim via email/ WA (hello@superkidsindonesia.com /0812-8232-0602)

Dapatkan Hadiah: Starkids Profile di Official Website Superkids Indonesia, Trophy,  E-Money/ Deposit Bank , Sertifikat, Goodie Bag (Perlengkapan Sekolah), Shooping Voucher/ Gift Voucher

Info dan kontak: Ms.Afiqka (0812-8232-0602)/ Ms.Rizka (0878–0878–5856)

@america Pacific Place, Pukul 18.30 – 20.30 WIB, A Story of Tuscany Temple by Costaroy

Bergabunglah dalam konser yang akrab ini dengan Binsar, saat ia membagikan kisah-kisahnya tentang kehidupan Indonesia di Amerika Serikat melalui lagu.

Minggu, 25 November

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Seloka Swarnadwipa oleh Komunitas Perempuan Menari

Seloka Swarnadwipa menampilkan tari, lagu, dalam bingkai budaya Melayu. Pertunjukan ini bertujuan untuk membangun dan melestarikan kesenian daerah, utamanya Melayu, sebagai bagian dari tekad untuk menumbuhkembangkan kearifan lokal pada anak-anak dan generasi penerusnya.

Komunitas Perempuan Menari didirikan oleh sekelompok ibu yang peduli  terhadap budaya Indonesia. Saat ini anggota Komunitas Perempuan Menari berjumlah 40 orang. Komunitas Perempuan Menari ini telah beberapa kali mengadakan pertunjukan di TIM Jakarta dan beberapa event lainnya.

Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, Pukul 14.00 – Selesai, Pameran Lukisan “Maestro dan Para Pengikutinya” dan Peluncuran Buku “Melacak Lukisan Palsu”

Acara berlangsung pada Kamis (22/11) – Minggu (25/11).

Pameran “Maestro dan Para Pengikutnya” menampilkan 26 karya maestro beserta para epigonnya, seperti Affandi, Dullah, Kok Poo, para epigon Walter Spies, Arie Smit, Gung Man, dan masih banyak lagi.

Pameran ini merupakan suplemen atas peluncuran buku Melacak Lukisan Palsu yang diterbitkan organisasi PPSI (Perkumpulan Pencinta Senirupa Indonesia), sebagaimana niat PPSI untuk memberantas produksi dan peredaran lukisan palsu yang terus marak di Indonesia. Namun di samping memberantas, PPSI juga menyokong para seniman yang mempunyai gaya melukis mirip dengan para maestro, asalkan mereka memakai namanya sendiri. Biasanya para pelukis ini merupakan murid-murid dari sang maestro. Atau seorang pelukis berbakat yang karena cintanya dengan salah satu maestro, sehingga hasil lukisannya pun banyak terpengaruh oleh cara maestro tersebut melukis.

Peluncuran buku Melacak Lukisan Palsu merupakan versi affordable dari buku sebelumnya (Jejak Lukisan Palsu Indonesia). Buku versi populer ini diluncurkan mengingat begitu besarnya minat masyarakat akan kasus pemalsuan lukisan, sehingga Gramedia bersedia menerbitkan buku versi baru ini.

Pembicara: Syakieb Sungkar (Editor Buku Melacak Lukisan Palsu), Agus Dermawan T (Penulis Surga Kemelut Pelukis Hendra Gunawan, Kritikus Seni Rupa)

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara PPSI (Perkumpulan Pencinta Senirupa Indonesia) dan Ciputra Artpreneur,  dengan tujuan ingin menunjukkan bahwa pasar seni rupa masih terbuka luas untuk menyerap karya-karya yang baik dan orisinal, tanpa perlu menyatut nama para maestro seni lukis Indonesia. Dari pameran ini kita bisa melihat, para maestro dan epigonnya, mereka diapresiasi sama baiknya.

Gorontalo, Gorontalo Karnaval Karawo 2018  

Acara berlangsung pada Selasa (20/11) – Minggu (25/11).

Provinsi Gorontalo di Pulau Sulawesi, kembali mengadakan Gorontalo Karnaval Karawo. Karnaval yang menawan ini akan mencakup banyak kegiatan dan pertunjukan yang menampilkan kain khas dari Gorontalo yang dikenal secara lokal sebagai "karawo". Untuk mengenalkan karawo ke seluruh dunia, Pemprov Gorontalo telah menyiapkan sejumlah kegiatan menarik, seperti lagu keluarga karawo, pertunjukan musik, lomba karnaval dan fotografi. Namun, puncak acara akan menjadi Karawo Fashion Festival.

Karawo adalah kain bordir tradisional dari Provinsi Gorontalo yang hanya bisa dibuat dengan tangan. Tidak ada bentuk mesin yang bisa digunakan untuk membuat karya seni unik ini. Sebelumnya, perempuan Gorontalo hanya menggunakan motif bunga untuk menciptakan jenis kain ini. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan desain gambar dan logo burung. Pusat pembuatan kain karawo di Gorontalo ada di Kecamatan Telaga Jaya.

Acara Gorontalo Karnaval Karawo pada tahun ini, merupakan acara yang ketiga kali diselenggarakan sejak tahun 2016. Untuk edisi kali ini akan menampilkan hasil karya perancang Gorontalo dan beberapa daerah yang diundang.

Gorontalo Karnaval Karawo, juga akan mencakup kompetisi untuk perancang busana dan model dalam empat kategori: busana muslim, gaun formal, pakaian kasual dan pakaian kantor. Acara fashion ini akan menjadi kesempatan besar bagi perancang busana muda Indonesia untuk memamerkan keahlian mereka.

Selain untuk mempopulerkan kain “karawo”, Gorontalo Karnaval Karawo 2018, juga bertujuan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Gorontalo. Dengan penyelenggaraan karnaval ini dapat mendatangkan wisatawan lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi perancang busana dan masyarakat setempat.

Pada saat acara karnaval berlangsung, wisatawan yang hadir dapat menyaksikan langsung hasil kain sulam khas Gorontalo yang diperagakan oleh model-model cantik sambil berlenggak-lenggok. Acara Gorontalo Karnaval Karawo 2018 direncanakan sedemikian rupa supaya bisa lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Cirebon, Jawa Barat, Festival Budaya Cirebon 2018

Acara berlangsung pada Rabu (21/11) – Rabu (28/11).

Dalam rangka melestarikan tradisi dan meningkatkan kecintaan terhadap kesenian yang ada di Cirebon, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali menggelar Festival Budaya Cirebon 2018 pada tanggal 21 – 28 November 2018. Festival Budaya Cirebon 2018 menghadirkan berbagai seni tradisional khas Cirebon  seperti seni bray, tari angklung bungko, wayang wong, fashion lokal, kuliner lokal dan lainnya.

Festival Budaya Cirebon mengambil tema “kerata pakasi naga lima” yang merupakan simbol kejayaan kerajaan Cirebon. Paksi nagalima merupakan warisan pusaka dari Cirebon.

Magelang, Jawa Tengah, Borobudur Writer and Culture Festival 2018 

Acara berlangsung pada Jumat (23/11) – Minggu (25/11)

Website : http://borobudurwriters.id

Penyelenggaraan Borobudur Writers and Cultural Festival (BWCF) 2018, yang ketujuh dijadwalkan akan berlansung dari tanggal 23 hingga 25 November di Yogyakarta dan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur Writer and Culture Festiva (BWCF) 2018, akan dimulai dengan peluncuran buku terjemahan I-Tsing tentang kehidupan religius dan spiritual dari tempat-tempat yang ia datangi, termasuk Sumatera, disebut A Record of the Buddhist Religion, sebagaimana dipraktikkan di India dan Kepulauan Melayu (671-695).

Buku ini secara khusus diterjemahkan oleh komunitas Buddhis yang menjadi mitra dalam menyelenggarakan BWCF 2018, dan diterbitkan oleh Direktorat Sejarah di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai festival yang menggabungkan perayaan sastra dan seni pertunjukan, seperti tahun-tahun sebelumnya, BWCF 2018 tidak hanya menyelenggarakan seminar, simposium, dan peluncuran buku, tetapi juga pertunjukan seni. Sesuai dengan tema utama Diary and Traveling, tema kuratorial pertunjukan seni BWCF 2018 adalah: Migrasi.

Penyelenggara juga memberikan kebebasan kepada koreografer untuk mengeksplorasi interpretasi yang lebih mendalam tentang migrasi di luar konteks perjalanan geografis. Migrasi tidak hanya terbatas pada migrasi fisik, tetapi juga bisa menjadi spiritual. Perjalanan ke jiwa. Penyelenggara percaya bahwa materi yang dibahas di BWCF 2018 memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata alternatif, yang tidak hanya memanjakan wisatawan dengan pemandangan yang indah, tetapi juga memperkaya mereka dengan pengetahuan dan sejarah. BWCF 2018 diharapkan dapat menjadi oasis yang menghubungkan peneliti sejarah dan penulis sastra dengan praktisi industri para pelaku bisnis perhotelan, pekerja pariwisata, agen perjalanan, organisasi pariwisata, situs web perjalanan, dan sebagainya. Selain diskusi, BWCF 2018 juga akan menampilkan meditasi pagi, pameran foto, pertunjukan tari yoga dan banyak lagi.

Balai Soedjatmoko Solo, Pukul 19.30 WIB, SALA MONOLOG #5

Acara berlangsung pada Sabtu (24/11) – Minggu (25/11).

Peserta:  Warni Wagu HIimatis (Solo), Teater Serambi Sukowati (Sragen), Teater Bibasari (Salatiga), Teater Soekamto Unisri, Fieldtrip Performing Art (Yogyakarta), Sastra Jejak (ISI Surakarta )

Sala Monolog diambil dari nama desa yaitu desa Sala, yang sekarang menjadi nama Kota  Surakarta, atau yang sering disebut kota Solo. Monolog sendiri adalah satu jenis pertunjukan teater yang menghadirkan 1 orang pemain, aktor/aktris di atas panggung.

Sala Monolog telah menjadi salah satu ruang proses kreatif bagi para pegiat teater, khususnya dalam bentuk monolog. Perhelatan yang menjadi event tahunan ini sudah masuk yang kelima kalinya. Bukan hal yang mudah dilalui, bagi seniman maupun bagi panitia. Latar belakang event ini hadir di kota Surakarta adalah keinginan para penggiat Teater di Surakarta sebagai wadah para aktor atau aktris mengasah kemampuan dalam bermain monolog. Gelaran ini menjadi harapan pula bagi tumbuh kembangnya seni teater di Kota Surakarta.

Event Sala Monolog tidak hanya diselenggarakan pada satu tempat atau lokasi, tetapi juga diadakan di beberapa tempat atau ruang kesenenian di Kota Surakarta. Alasan ini digunakan sebagai ajang perkenalan dan promosi ke publik bahwa Kota Surakarta ini memiliki ruang berkesenian.

Sebelumnya, Sala Monolog pernah diselenggarakan di Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta, Sanggar Seni Kemasan, dan Rumah Banjarsari.

Mall Bekasi Cyber Park Lantai 1 Bekasi, Pukul 10.00 – selesai, Lomba Mewarnai Kamulvit bersama Bobo

Pendaftaran: Rp25.000,- sudah termasuk Majalah Bobo, Kompas & Produk Sponsor

Kategori: PAUD/TK, SD kelas 1-3 dan SD kelas 4-6. Dapatkan hadiah berupa Uang Tunai, Piala dan Bingkisan. Acara terselengara kerja sama Kamulvit B12, Kompas, Bobo dan Mall Bekasi Cyber Park. Segera daftarkan diri anda karena peserta terbatas.

Info dan kontak: Noel : 0822 1351 3454

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home