Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:50 WIB | Jumat, 25 Agustus 2017

Acara Akhir Pekan 26-27 Agustus 2017

Ilustrasi. drama musikal Kanisius Anak Walikota . (Foto: ciputraartpreneur.com)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara di penghujung bulan Agustus akan meramaikan akhir pekan Anda, antara lain : konser musik, pentas seni, drama musikal, parade paduan suara hingga ke parade budaya. Selain itu juga ada kompetisi costplay.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 26 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, Pukul. 15:00 WIB, Konser Musik Gemilang Indonesia Pusaka oleh Willy Aviantara & Friends

Pertunjukan Gemilang Indonesia Pusaka akan menampilkan konser berdurasi satu jam dengan membawakan sejumlah lagu karya Ismail Marzuki dan Guruh Soekarno Putra yang ditampilkan dalam format aransemen orkestra dan dukungan multimedia serta dibawakan oleh penyanyi dan penampil muda berbakat antara lain : Harris Kristanto (penyanyi-pencipta lagu), Vice Versa (grup penyanyi wanita), Jane Callista The Voice Kids Indonesia  (penyanyi cilik), Morietnez  The Voice Kids Indonesia (penyanyi remaja) dan Mellody Arben (pemain biola profesional) serta didukung tata artistik berbasis multimedia oleh Wisnu Kumoro, busana & aksesoris oleh desainer Yudistira, Alfons Lee & Hans Virgoro.

Willy Aviantara adalah seorang pencipta lagu dan penata musik yang juga pemerhati musik Indonesia. Willy mendapatkan sejumlah penghargaan antara lain dari Festival Lagu Anak Indonesia dari Kementerian Pariwisata RI, Festival Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara, UNFPA Jingle Competition, dan lain-lain.

Convention Exhibition (ICE) BSD city Pentas Seni  Skyavenue  SMA Labschool Kebayoran Jakarta.

SKYAVENUE adalah acara yang menampilkan dan memberi nilai beragam bentuk seni dan kreativitas pemuda Indonesia. Diadakan setiap tahun oleh siswa SMA Labschool Kebayoran, Gelaran akbar milik SMA Labschool Kebayoran, ‘Sky Avenue’ bakal digelar lagi nih ditahun 2017 ini, dengan mengangkat tema “Disclosure of the Unorthodox”, dengan tema visual kami, Cultural Pop Art, dalam abstraksi era baru, penuh warna, dan unik dimana semua etnis dan budaya berkumpul sebagai satu dalam bentuk seni, sehingga menciptakan sebuah merek baru. Suasana yang beragam, kaya dan agung dalam seni

Di Tahun ini Sky Avenue akan menghadirkan 8 musisi papan atas. Ada dari Adhitia Sofyan yang baru mengeluarkan mini album ‘8 Tahun’,penyanyi solo Tulus, Band Rock alternatif seperti Barasuara, The Changcuters. Lalu ada duo Endah & Rhesa. Band besutan Yovie Widianto juga akan hadir yaitu Kahitna dan Yovie And Nuno. Sampai Raisa yang baru aja mengeluarkan video klip ‘Usai Di Sini’ juga bakal mengisi pensi ini. Akan ada 2 kolaborasi dari musisi yang tampil. Yang pertama ada Adhitia Sofyan dan Endah & Rhesa, seperti yang kita tahu, kalau mereka ini lekat dengan gitarnya setiap kali manggung. Beberapa kali mereka terlihat tampil dalam 1 panggung, dan di Sky Avenue mereka kembali berkolaborasi  😀

Kolaborasi lainnya juga ada dari Arsy Widianto dengan Kahitna. Arsy Widianto sendiri adalah musisi muda berbakat yang mengikuti jejak ayahnya, Yovie Widianto. Rencananya dalam waktu dekat ini Arsy Widianto juga akan merilis karya perdananya. Tapi sebelumnya, mungkin kamu harus kenal lebih lanjut lagi sama Arsy Widianto di Sky Avenue nanti!

Harga tiket masuk : Presale Rp. 80000, Rp. 100000, Normal Rp. 120000 Early Entry Rp. 100000 *All Prices exclude tax **For VIP tickets, contact Azalea (0856 100 6070)

Order Online :  via rajakarcis.com, Order Offline

Contact us, Media Partner Hanna (082110926323), Ticketing Azalea (08561006070), Food & Beverages Anggi (081808712103), Apparel Alco (081617194000), Sponsorship Daffa (081315679447) sponsorship@skyavenue.id

BINUS International Joseph Wibowo Center (JWC), Pameran dan Kompetisi Costplay, BIJAC no Tanjoiwai 10: Mou Ichido Asobimashou

Berlangsung pada Sabtu (26/8) – Minggu (27/8)

Harga tiket masuk: Rp 30.000

BIJAC no Tanjoiwai 10 adalah acara untuk merayakan ulang tahun ke-10 BIJAC dengan melanjutkan kembali tradisi event yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Event ini akan menampilkan berbagai macam stand dan komunitas. Selain itu, BIJAC no Tanjoiwai 10 juga akan membawakan kembali Maid Cafe, Obake Yashiki dan Kompetisi Cosplay.

Ciputra Atrepreneur Theater lt 13 Ciputra World Jakarta,  Drama Musikal Kanisius Anak Walikota

Acara berlangsung pada Jumat (25/8) – Sabtu (26/8)

Memperingati ulang tahunnya yang ke 90, Kanisius School Jakarta menyajikan drama musikal Kanisius Anak Walikota, sebuah kisah tentang kehidupan Petrus Kanisius dalam perjalanannya untuk menjadi seorang Saint dan pelindung Sekolah Kanisius.

Harga tiket: Gold: Rp. 500.000, Platinum - Rp 750.000, Diamond Rp 1.500.000

Auditorium Driyarkara Yogyakarta, Pukul. 18.00 WIB, Parade Paduan Suara Mahasiswa Ode Bulan Agustus#3

Merayakan 72th Indonesia Merdeka dan 54 th Kompas Gramedia, Bentara Budaya menggelar parade paduan suara bertajuk “Ode bulan Agustus #3“ 

“Ode bulan Agustus“ digagas sebagai ungkapan rasa cinta tanah air, upaya menggugah semangat nasionalisme, lewat lagu-lagu yang dibawakan dalam paduan suara.  Acara diikuti oleh sekitar 30 kelompok paduan suara di perguruan tinggi  dengan menggandeng beberapa lembaga untuk bekerjasama seperti ISI Surakarta dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang telah menyediakan venue untuk tempat penyelenggaraan di Solo dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  dan tentunya beberapa perguruan tinggi lain yang berpartisipasi.

“Ode bulan Agustus“, pertama kali digelar pada tahun 2015 dan diikuti oleh 28 kelompok paduan suara,  dirancang bukan sebagai lomba atau kompetisi, melainkan ajang pertemuan untuk saling berbagi rasa cinta Tanah Air lewat lagu yang bertema patriotisme dan lagu daerah.   Perhelatan ini oleh Bentara Budaya diharapkan akan menjadi hajatan tahunan, dan dapat  menjadi semacam acara “tujuhbelasan“ lewat nyanyian dari kaum muda kepada bangsa. Penampil:  Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Cantus Firmus Universitas Sanata Dharma Yogyakarta (USD),  Duta Voice Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Gita Swara Dewantara Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa (UST), Narawungngi Dasandriya (NADA) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Vocalista Paradisso Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Miracle Voice (UII), PSM UGM (Universitas Gadjah Mada) . Bintang tamu: Grisadha dan UKM Karawitan.

Bentara Budaya Bali, Pukul.18.30 WITA, Menulis Naskah Film Kelas Kreatif Bentara

Serangkaian Kreatif Bentara diadakan lokakarya penulisan naskah film bersama narasumber Gede Basuyoga Prabhawita. Sebelumnya juga sempat diadakan Kelas Kreatif dengan program pembekalan tentang Penyutradaraan, Resensi Seni & Kritik Film, Scoring, dan HAKI dalam Sinema.

Gede Basuyoga Prabhawita lahir di Denpasar, 15 Desember 1989. Ia menyelesaikan studi S-2 Penciptaan Film di ISI Surakarta. Ia pernah menjadi  Penata kamera pada film “Valdano“, meraih penghargaan Karya Terbaik I Seni Media Rekam dalam Dies Natalis ISI Surakarta ke-46. Ia merupakan Penulis Naskah film “Pilihanku“ yang meraih sejumlah penghargaan antara lain Film Terbaik Salam Award ke I ISI Surakarta (2011), Film Terfavorit Salam Award I ISI Surakarta (2011), Nominasi Tarung Solo Festival Film Solo (2012), Nominasi Salatiga Film Festival (2012). Ia juga menulis naskah untuk video “Menebar Kasih Menuai Cinta“ yang meraih Juara 1 Kontes Video Iklan Layanan Masyarakat “Great Love Award“ tahun 2016 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kini menjadi dosen di Jurusan Film dan Televisi ISI Denpasar.

Minggu 27 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Konser Musik,The Heritage 2 oleh Gabriel Harvianto dan Wishnu Dewanta

Setelah sukses dalam konser pertamanya yang mengusung tema Sumatera, Gabriel Harvianto dan Wishnu Dewanta kembali menyelenggarakan konser kecil yang bertajuk The Heritage 2, dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia. Pada kesempatan ini harmoni tradisional Jawa akan dijadikan tema utama, yang juga akan diisi oleh lagu-lagu nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia. Selain itu, lagu-lagu yang merupakan komposisi orisinil dari Wishnu Dewanta juga akan dibawakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Lagu-lagu tersebut akan dibawakan dengan konsep chamber orchestra dan juga akan dibawakan dengan arransemen yang baru, percampuran antara musik modern dan tradisional. Adapun yang turut berpartisipasi dalam acara ini antara lain Bellevoix Chamber Orchestra, Muhammad Nur Ikhsan, Sri Rezeki, Alsa, dan LIB3RO. Acara ini diharapkan dapat memberikan suguhan penampilan yang baik bagi masyarakat Indonesia dengan merasakan kembali keindahan lagu-lagu nusantara dengan karakteristiknya yang begitu kaya.

Gabriel Harvianto mendalami vokal sejak usia 8 tahun bersama alm. Elfa Secioria, di Bandung dan Jakarta. Tergabung dalam Elfa’s Jazz & Pop Singers dan mengikuti festival paduan suara di beberapa negara dari tahun 2000-2008. Menjadi instruktur vocal dari tahun 2002 hingga sekarang. Mengikuti beberapa produksi Musikal : Musikal Laskar Pelangi (2010-2012), Drama Musikal Sangkuriang (2013), Drama Musikal Gita Cinta (2013), Drama Musikal Timun Mas (2013), Drama Musikal Tresna (2014) dan Drama Musikal Khatulistiwa (2016) serta menjadi runner up Dangdut Academy Celebrity 2 Indosiar (2017).

Monas – Thamrin – Bundaran HI – Patung Sudirman, Jakarta, Parade Budaya ASEAN 50 2017

Dalam rangka memperingati usia emas ‘Association of Southeast Asian Nations’ (ASEAN), Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia akan mengadakan Parade ASEAN 50 pada 27 Agustus 2017 di Jakarta. Parade ASEAN 50 itu akan menampilkan keunikan ragam budaya dari negara-negara ASEAN, khususnya Indonesia, menampilkan pertunjukkan aneka kostum, tarian dan gerak, musik, “marching band”, serta atraksi dan keterampilan lainya.

Rangkaian Parade ASEAN 50 itu rencananya akan bergerak sepanjang 3,4 kilometer dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Patung Jenderal Sudirman, Jakarta.

Parade ASEAN 50 akan melibatkan 2.000 hingga 3.000 peserta yang menampilkan aneka pertunjukan menarik dan inovatif bersamaan dangan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day) di Jakarta.

Parade ASEAN 50 juga akan menyajikan aneka kuliner khas dari negara-negara anggota ASEAN serta ragam informasi tentang peluang kerja sama ASEAN bagi masyarakat Indonesia.

Info dan kontak: Kementerian Luar Negeri Telp: 021-3441508, Email: paradeasean50@kemlu.go.id, Website: kemlu.go.id

Bentara Budaya Yogyakarta, Pukul. 10.00 - 18.00 WIB, Workshop Musik vokal dan gerak  Dendang Kencana 2017

Dendang Kencana merupakan program yang dijalankan oleh Kompas Gramedia sebagai bentuk kepedulian atas langkanya lagu anak dan langkanya anak menyanyikan lagu anak. Kelangkaan ini membuat anak-anak lebih fasih menyanyikan lagu-lagu orang dewasa yang seringkali liriknya tidak sesuai dengan usia tumbuh kembang anak.

Nama Dendang Kencana, diberikan oleh Bapak AT Mahmud (alm) pada tahun 1990. Saat itu penerbit Grasindo, menerbitkan buku lagu karya Pak AT Mahmud dan Pak Daljono. Untuk memasyarakatkan lagu-lagu anak dalam buku tersebut, dibuatlah Lomba Paduan Suara Anak tingkat TK dan SD.  Workshop Musik, Vokal dan Gerak serta Lomba Paduan Suara Anak akan menggunakan lagu-lagu karya pemenang Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana 2017.

JIEXPO Hall B3 Kemayoran,  Battle of The Toys 2017

Bagi Anda para pecinta atau kolektor mainan dan action figures, tentu tidak akan melewati acara akbar yang berhubungan dengan mainan, games ataupun hobi. Nah, rasanya tepat bila Anda mencatat dan siap-siap meluangkan waktu untuk berburu koleksi di ajang Battle of The Toys 2017

Akan diselenggarakan di JIEXPO Hall B3, pada 26-27 Agustus 2017, acara ini memang ditujukan bagi para pecinta mainan untuk mencari, berburu, dan melengkapi koleksi action figures favorit. Tapi tidak hanya sekedar koleksi, ragam acara seperti cosplay, lelang koleksi, kompetisi foto hingga meet and greet bisa jadi keseruan tersendiri.

Yang bikin tambah seru, Bank BCA menyediakan 1.000 tiket masuk event ini, Gratis! Caranya mudah. Kamu cukup follow Line Bank BCA dan redeem melalui VIRA.

Tapi tunggu! Tersedia harga khusus untuk tiket masuk bila menggunakan Kartu Kredit BCA, Debit BCA, Sakuku, atau Flazz, dengan rincian sebagai berikut: Harga khusus tiket masuk untuk pembelian early bird sebesar Rp 45.000 bagi Pengunjung yang menggunakan Kartu Kredit BCA, atau Sakuku di http://www.loket.com

Harga khusus tiket masuk untuk pembelian di lokasi (on the spot) sebesar Rp 50.000 bagi pengunjung yang menggunakan Sakuku. Sebagai tambahan, ada juga potongan diskon 10 persen untuk transaksi pembelian merchandise bagi kamu yang menggunakan

Gambir EXPO JIEXPO Kemayoran, Weekdays: 12:00-22:00 WIB, Weekend: 10:00-24:00 WIB, The Biggest Shopping, Culinary, Entertainment Retail Festival

Acara berlangsung pada Selasa (15/8) – Minggu (27/8)

Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (HIPPINDO) mempersembahkan dua acara besar sebagai kado Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-72.

Happy Birthday Indonesia Festival yakni festival yang memadukan acara belanja, kuliner dan hiburan berskala massif di Gambir Expo kompleks JIEXPO Kemayoran Jakarta pada tanggal 15 – 27 Agustus 2017. Pengunjung dapat menikmati pengalaman belanja yang belum pernah ada di Indonesia, diskon besar produk branded dalam dan luar negeri, mulai dari produk fashion, gadget, produk kecantikan, kesehatan, hingga produk keperluan rumah tangga. Setelah puas belanja pengunjung bisa menikmati kuliner layaknya pesta, pagelaran budaya, musik, fashion show bahkan Jember Fashion Carnival dihadirkan khusus untuk memeriahkan acara ini.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home