Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:42 WIB | Jumat, 25 Oktober 2019

Acara Akhir Pekan 26 – 27 Oktober 2019

Pesona Nusa Dua Fiesta 2019. (Foto: travesia.co.id)

SATUHARAPAN.COM – Akhir di penghujung bulan Oktober 2019 ini akan dimeriahkan pertunjukan musik angklung, pameran interior, kompetisi fotografi, konser musik, festival budaya Korea, Ubud Writer & Readers Festival 2019, Medan International Coffee Festival (MICF) 2019, Pesona Nusa Dua Fiesta 2019, dan Electric Jakarta Marathon 2019. 

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 26 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Musik Angklung, When Culture Becomes a Pride oleh Rumah Angklung Indonesia

Rumah Angklung Indonesia menggelar pertunjukan angklung kontemporer yang berkolaborasi dengan alat musik modern, serta membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia dengan gubahan khas Rumah Angklung yang unik.

Tak hanya itu, Rumah Angklung Indonesia baru saja kembali dari Italia setelah berhasil bermain angklung untuk klub sepak bola favorit beberapa musisinya, yaitu AC Milan. Kesuksesan kelompok ini membawakan anthem klub AC Milan di stadion San Siro sebelum pertandingan juga akan dibahas dalam pertunjukan kali ini, setelah mereka membawakan lagu klub sepak bola ternama tersebut di Galeri Indonesia Kaya.

Rumah Angklung Indonesia didirikan pada Desember 2011 oleh anak-anak muda Indonesia yang peduli terhadap budaya dan seni musik tradisional Indonesia. Tercatatnya angklung dalam UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia menjadi sebuah titik motivasi bagi para pendiri Rumah Angklung dalam bermusik. Harapannya, dengan aktifnya kelompok ini, angklung dapat dilestarikan dan diwariskan ke generasi berikutnya.

JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Pameran Interior, Mozaik Indonesia 2019

Acara berlangsung pada Rabu (23/10) – Sabtu (26/10)

Pameran ini adalah ekosistem yang sempurna untuk interior berbasis desain produk profesional dengan pemikiran global. Mozaik Indonesia menciptakan momentum untuk solusi desain yang cerdas yang akan membentuk tren masa depan di industri desain interior.

Highlights: Business Design Forum, Design Award, Conferences & Workshop, Design Installations, Mock up Rooms Sleep Eat

Info dan kontak: Instagram: @mozaik.indonesia,  Website: mozaikindonesia.com

Jakarta: Pluit Village, Pukul 07.30-18.30 WIB, Kompetisi Fotografi, Canon PhotoMarathon Indonesia 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (26/10)

Canon PhotoMarathon Indonesia 2019 adalah  ajang kegiatan serta kompetisi fotografi terbesar di Asia digelar untuk ke-11 kalinya.

Indonesia telah diperhitungkan dan dilibatkan sebagai salah satu negara peserta Canon PhotoMarathon Asia ini sejak tahun 2009, dengan nama Canon PhotoMarathon Indonesia dan diselenggarakan oleh PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

Daftarkan diri Anda sekarang juga di id.canon/id/campaign/photomarathon-id dan dapatkan biaya registrasi khusus early bird.

Tak hanya lomba fotografi, Anda juga dapat mengikuti sharing fotografi bersama fotografer profesional.

Pendaftaran offline dapat dilakukan melalui Canon Image Square: Jakarta: Focus Nusantara Jl. Panglima Polim IX No 10, Tel: (021) 29307575, Focus Nusantara Jl Tanah Abang II No 77, Bursa Kamera Profesional, Mal Ambasador Lantai Dasar No 43-45, Jl Prof Dr Satrio, Jakarta Selatan, Tel: (021) 5760118

Bandung: PT Datascrip Jl Lengkong Besar No 3-A, Bandung 40261 TEl. (022) 4219439, 4219429, Focus Nusantara, Jl Banda No 38, Gedung Jonas Photo, Bandung 40115, Tel. (022) 8588-0866, Yogyakarta: Gudang Digital, Jl Affandi No 6-8, Yogyakarta. Tel (0274) 580066, Solo: Vista Digital, Jl Abdul Muis No 1, Tel (0271) 661189, Semarang: Focus Nusantara, Gedung Jonas Photo, Jalan Diponegoro No 45, Tel. (024) 76425000

Info dan kontak: Telp: 021-29226000

Aeon Mall BSD City Tangerang, JakCloth Goes to BSD 2019

Acara berlangsung pada Kamis (24/10) – Minggu (27/10).

Harga tiket masuk: Gratis

Belanja di 90 clothing brands keren, vermak pakaian gratis, merchandise gratis, JakFood kuliner serba Rp 5.000

Dan jangan lupa di tanggal 26-27 Oktober ada⁣ Festival Pasta Bisa @festivalpastabisa

Nikmati 20 menu spaghetti dan pasta serba Rp 10.000

Info dan kontak: Facebook: jakcloth, Twitter & Instagram: @jakcloth

Lapangan Penerbad Pondok Cabe, Pukul 14.00 – Selesai, Konser Musik Soundlizer “Unity In Diversity”

Harga Tiket Masuk Presale: Rp 60.000, Normal: Rp 70.000 OTS: Rp 75.000

Dalam kehadirannya Soundlizer konser musik festival ini mengusung misi “Unity in Diversity” (perbedaan dalam persatuan), yaitu misi yang filosofis dari kehadiran karya seni bermusik membuat siapa saja dapat menikmatinya.

Bersama , SMS Proz (Sukma Mitra Selaras), lineup keren lokal seperti D’Sheriff, Nocturnal, Biang Kerok, Koin, Tony Q Rastafara, Sisitipsi, dan pastinya Superman is Dead.

Info dan Kontak: Instagram : soundlizer, Website : soundlizer.com

Taman Avros Medan, Medan International Coffee Festival (MICF) 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (26/10) – Minggu (27/10)

Medan International Coffee Festival (MICF) 2019 adalah proses berkelanjutan dari kegiatan event tahunan yang sudah berlangsung sejak dari tahun 2014 hingga tahun 2019 ini.

Khusus pada tahun ke-6 ini MICF mengusung tema ”Coffee Business Expose”. Pada event ini akan melihat secara menyeluruh bagaimana sebenarnya bisnis kopi itu secara total. Semuanya itu akan dirangkum ke dalam suatu acara yg bernama ‘MICF Academy’. Semua akan dijelaskan ke dalam beberapa bagian, antara lain: Signature Coffee Competition, MICF Academ, Barista Class, Cupping Class, Manual Brewing Class Cafe Set Up “How To Build Ur Own Café, Coffee Gallery/Exhibition, Roasting Demo, Manual Latte Art Demo, Coffeemilkology, Signature Style Beverage (Mixology), Coffee Selfie/ Group Selfie Contest.

Info dan kontak: Facebook: Medan International Coffee Festival – MICF/ Twitter: @medancoffeefest

Lapangan Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Pukul 18:00 – 23:00, Konser Musik Expressive Sound Of Petroleum (ESP)

Expressive Sound of Petroleum (ESP) merupakan suatu event musik dan seni yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta, Pentas seni yang diselenggarakan tidak hanya acara musik, tetapi juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di bidang sosial dan budaya.

Guest Stars: Barasuara, Fstvlst, The Megahits

Tiket bisa didapatkan langsung di: Lantai dasar Gd Teknik Perminyakan UPN “Veteran” Yogyakarta

Info dan Kontak: Line: @ESP.HMTM, Twitter: ESP.HMTM, Instagram: @ESP.HMTM, Youtube: ESP HMTM

Minggu, 27 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 dan 19.00 WIB, Pertunjukan Musik PROFES(EN)I oleh Jakarta Movement of Inspiration

Pertunjukan ini bercerita tentang 3 anak muda yang memiliki rutinitas yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, pekerjaan yang berbeda, beban hidup dan latar belakang yang berbeda, namun memiliki satu tujuan yang sama berjuang untuk selalu menyempatkan dan menyisakan waktu mereka untuk berkarya di penghujung rutinitasnya yang panjang. Mereka ingin membuktikan seni juga profesi, di luar profesi yang mereka jalankan setiap harinya.

JKTMOVEIN (baca: Jakarta Move In) adalah organisasi seni pertunjukan di Jakarta, yang dikenal dengan karya-karya drama musikalnya yang melibatkan pemuda melalui audisi terbuka. Proses produksi drama musikal yang berkisar 6 (enam) bulan didesain untuk melatih para pemuda yang terpilih sebagai pemeran, musisi, maupun kru untuk memaksimalkan bakatnya dan mengeksplorasi diri dalam berbagai bidang kesenian yang membentuk sebuah drama musikal.

Para pemuda dilatih dalam dalam kultur tim yang multidisipliner, kompak, dan kolaboratif sehingga dapat menghasilkan karya seni yang bermakna baik di atas maupun di balik panggung. Sejak 2014, JKTMOVEIN telah menerima 6428 pendaftaran untuk bergabung. Karya terbesar JKTMOVEIN adalah Musikal Petualangan Sherina, bekerja sama dengan Miles Films, yang telah sold out sebanyak 12 kali pertunjukan di bulan September 2017 dan Februari 2018.

Taman Ganesha (Jl Ganesha Sebrang Gerbang Utama ITB, Pukul  09.00-11.00 WIB, Liburan Anak

Kegiatan Playdate Kali ini, menemukan jalan menuju terwujudnya mimpi Eyang Habibie menerbangkan pesawat R80 melalui permainan maze, membuat pohon impian dari anak-anak Indonesia untuk dunia, merakit sendiri roket botol berbahan bakar air, meluncurkan sendiri roket botol ke udara, memodifikasi roket botol menjadi celengan untuk berpartisipasi dalam program Patungan Membeli Pesawat untuk Indonesia

 Peserta: 5-12 tahun,  Biaya: Rp 100.000/anak

Pendaftaran sampai 25/10/19, Daftar melalui http://bit.ly/daftarplaydateps atau ke 089504242011 (WA only)

Taman Baca, Indus Restaurant, dan Neka Art Museum, Jl Raya Sanggingan, Ubud, Bali, Ubud Writer & Readers Festival 2019

Acara berlangsung pada Rabu (23/10) – Minggu (27/10).  

Salah satu event literasi terbesar di Indonesia dan termasuk yang terbaik di dunia, Ubud Writers & Readers Festival 2019 (UWRF), kembali diadakan tahun ini.

Acara ini merupakan tahun ke-16 setelah pertama kali digelar sejak tahun 2004 silam. Ubud Writers & Readers Festival merupakan proyek tahunan yang digagas oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati, dan pertama kali dicetuskan oleh Janet DeNeefe sebagai healing project atas bom Bali pertama.

Acara ini juga merupakan wadah bagi para seniman dan pengunjung untuk dapat mendiskusikan ide, gagasan, dan keprihatinan bersama. Kini, di tahun 2019, UWRF mengangkat ‘Karma’ sebagai tema festival tahun ini. Seperti pada tema-tema sebelumnya, tema UWRF 2019 juga diambil dari filosofi Hindu yang kali ini dikenal secara umum oleh semua orang.

Dalam festival tahun ini, akan ada lebih dari 180 pembicara dari berbagai disiplin ilmu, seperti penulis, seniman, pegiat, sutradara, cendekiawan yang berasal lebih dari 30 negara, yang akan berkumpul dan meramaikan UWRF 2019. Acara ini akan dihadiri di antaranya oleh Bara Pattiradjawane, Dian Sasmita, Didiet Maulana, Garin Nugroho, Butet Manurung, Faisal Oddang, Lindy West, Marlowe Bandem, Rio Helmi, Rudi Waisnawa, Saras Dewi, Laksmi Pamuntjak, Seno Gumira Ajidarma dan lain-lain.

Sejumlah acara akan digelar seperti panel diskusi, lokakarya, acara special, pemutaran film, peluncuran buku, pameran seni, pastinya akan memuaskan kita para pencinta literasi seni budaya yang ada di Indonesia.

Pengunjung dapat membeli tiket festival ini melalui TryBooking, Eventbrite atau via transfer bank. Panitia juga menyediakan penjualan tiket secara langsung di Box Office yang terletak di Festival Hub di Jalan Raya Sanggingan.

Detil Free Events (tak berbayar) juga dapat dicek melalui website www.ubudwritersfestival.com. Harga tiket festival yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 4,4 juta.

Peninsula Island, Nusa Dua, Badung, Denpasar, Bali, The Nusa Dua Bali, Pesona Nusa Dua Fiesta 2019

Acara berlangsung pada Jumat (25/10) – Minggu (27/10).

Pesona Nusa Dua Fiesta 2019 merupakan besutan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang menyasar khusus generasi millenial. Acara ini akan diisi oleh band-band papan atas Indonesia.

Akan diisi berbagai kegiatan antara lain: Body Painting, Face Painting, Fire Dance, Laser Dance, Parade Show, Traditional Dance, Music Performance, Food Corner, Kids Station, Foodtruck

Bintang tamu antara lain:  Padi Reborn, Fourtwenty

Pada pembukaan acara, 25 Oktober nanti, pengunjung dapat menyaksikan sajian Colossal Dance dan pertunjukkan Band HIVI.

Sedangkan di hari kedua, ada Padi Reborn akan menghentak panggung pertunjukan. Sementara pada hari ketiga, giliran Fourtwnty yang akan menghibur para pengunjung.

Bukan itu saja, selama tiga hari penyelenggaraan, pengunjung juga dapat berbelanja produk kerajinan dan menikmati beragan sajian kuliner. Konsepnya bakal memadukan budaya tradisional dan modern di lokasi event.

Plaza Utara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Electric Jakarta Marathon 2019

Ibukota Jakarta bakal kembali menggelar ajang lari Jakarta Marathon untuk ketujuh kalinya sejak 2013. Jakarta Marathon edisi ketujuh akan berlangsung akhir pekan ini. Event ini mendapat dukungan penuh dari salah satu BUMN, PT PLN.

Pada tahun ini, ajang lari marathon bertaraf internasional itu bakal mengusung tajuk Electric Jakarta Marathon 2019 yang bakal digelar pada 27 Oktober 2019 di

Electric Jakarta Marathon 2019 tercatat diikuti 16.500 pelari. Adapun 1.421 pelari berasal mancanegara yakni,  Malaysia, India, Amerika Serikat, Perancis, Belanda, Italia, Korea Selatan, Singapura dan Jepang.

Sejak Jakarta Marathon mulai dihelat pada 2013 lalu, Jepang selalu menjadi penyumbang peserta asing terbanyak.

Jakarta Marathon merupakan ajang yang sudah terdaftar di Federasi Atletik Internasional (International Association of Athletics Federations/IAAF), dan diselenggarakan di minggu akhir bulan Oktober setiap tahunnya dengan lima kategori nomor lari yang dilombakan, Full Marathon (42,195 kilometer/km), Half Marathon (21 km), 10K (10 km), 5K (5 km), dan Maratoonz (1 km) untuk anak-anak usia 5 hingga 10 tahun.

Rute lomba yang akan dilalui para peserta pun telah melewati proses kalibrasi,  dan memperoleh sertifikasi dari Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF).

 

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home