Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:59 WIB | Jumat, 26 Oktober 2018

Acara Akhir Pekan 27 – 28 Oktober 2018

Ilustrasi. Festival Likurai Timor 2018. (Foto: pedomanwisata.com)

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan musik dan puisi, pertunjukan tari dan lagu tradisional Korea, festival kuliner, Indonesia Comic Con 2018, pameran budaya dan industri kreatif, meramaikan acara dipenghujung bulan Oktober di Ibukota.

Selain itu, beberapa daerah menggelar festival budaya, di antaranya Festival Likurai Timor 2018 di NTT, Kemilau Madura 2018, Festival Danau Sentarum Betung Kerihun di Kalimantan Barat, dan Nusa Dua Fiesta 2018.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 27 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik dan Puisi Nyanyian Puisi Joko Pinurbo (A Tribute to Joko Pinurbo) oleh Oppie Andaresta bersama Sha Ine Febriyanti dan Indah Ariani

Puisi sastrawan Indonesia Joko Pinurbo dinyanyikan Oppie Andaresta dengan aransemen apik dan menyentuh yang melibatkan musisii sekelas Windy Setiadi. Ine Febriyanti, aktris teater ambil bagian membacakan puisi berkolaborasi dengan musik. Indah Ariani, seorang pengamat dan pelaku seni juga akan turut membacakan puisi Joko Pinurbo.

Oppie Andaresta adalah penyanyi, pencipta lagu, dan produser musik yang sampai saat ini sudah menghasilkan 10 album rekaman. Karyanya diakui dan jadi pembicaraan para kritikus musik dan pendengar musik Indonesia. Oppie dianggap berpengaruh khususnya dalam gambaran musisi perempuan Indonesia. Lirik lagunya selalu membawa pesan sekaligus “statement” tentang  kehidupan sosial, perempuan, alam dan juga cinta dengan balutan musik pop balada blues.

Tahun 2001 Oppie mulai eksplorasi ke arah world music. Pada album 4 Hitam ke Putih ia berkolaborasi dengan musisi international seperti pemain tabla legendaris Pavan Kumar (india), Ron Reeves (Australia), Kim Sanders (Australia).

Pada tahun 2010 Oppie bekerja sama dengan musisi perempuan sebagai produser dan music director yang menghasilkan album “Tentang Perempuan”, sebuah karya tentang pemberdayaan perempuan. Tahun 2011 Oppie dinobatkan sebagai duta lingkungan hidup oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Tahun 2012  Oppie membuat album untuk anak dengan isu lingkungan, menjawab keprihatinan tentang miskinnya lagu anak Indonesia. Bersama WWF Oppie bekerja sama membuat tur edukasi lingkungan mengunjungi sekolah melalui musik dan dongeng.

Pada Desember 2015 Oppie tampil pada perhelatan dunia Climate Change Conference di Paris membawakan lagu ciptaannya tentang global warming berjudul “The Change is Real” dan November 2016 kembali menyanyi pada forum Climate Change Conference di Maroko.

Oppie baru saja merilis album Baju Bulan dimana ia menyanyikan puisi karya penyair Joko Pinurbo.

Teater Ciputra Artpreneur Jakarta, Pertunjukan Tari dan Lagu Tradisional Korea

Dipersembahkan oleh Pusat Kebudayaan Korea (KCC) dan diselenggarakan oleh Yes24 ENT Indonesia, sebagai bagian dari  A Week of Intangible Korean Cultural Heritage 2018, akan hadir dalam pesona musik dan tarian dari Lagu dan Tari Tradisional Korea.

Pertunjukan ini akan menampilkan sejumlah cerita dalam lagu dan tarian. Namhaean Byeolsingut (Shamanic Rite of the Southern Coastal Region) adalah acara komunal yang bersifat shaman yang berdoa untuk kedamaian dan keamanan bagi sebuah desa.

Yongseon Noreum (Yongseon Dance), adalah ritual tarian yang terdiri atas Shamanic Rite of the Southern Coastal Region dengan nilai seni tinggi dan signifikansi unik di Yongseon, pertunjukan ini menyajikan lagu-lagu dan irama riang gembira yang menjadi ciri musik tradisional Korea yang didasarkan pada improvisasi.

Gyobangchum (Tari Gyobang), kombinasi gerakan yang baik yang menyoroti wanita yang bermartabat dan tindakan dinamis yang penuh energi dan kegembiraan.

Nyanyian Pansori, dinyanyikan oleh satu orang dengan ketukan drum.

Daegeum Sanjo pertunjukan instrumental, musisi, Won Jang-hyeon, melakukan solo sanjo dengan daegeum (seruling bambu melintang panjang). Penampilannya ditandai dengan teknik musik canggih yang menciptakan nada-nada yang menggabungkan keheningan dengan kegembiraan.

Tarian tradisional Korea yang disebut Jangguchum, tarian penari dengan janggu (pinggang ramping) tergantung di bawah pinggangnya, saat dia menari. Samulnori dan Jindo Bukchum  artinya secara harfiah berarti bermain dengan empat instrumen, Jindo Bukchum (tari drum Jindo), yang dikembangkan di Pulau Jindo, adalah tarian yang dimainkan dengan memainkan drum laras yang mengusung pundak penari.

Orang Korea sangat menyukai Arirang, lagu rakyat tradisional Korea yang sudah lama ada. Selama bertahun-tahun, melodi Arirang telah terdiversifikasi di seluruh semenanjung di masing-masing wilayah. Para ahli memperkirakan ada sekitar 60 gaya yang berbeda dari lagu tersebut, lebih lanjut dipecah menjadi sebanyak 3.600 versi. Berfokus pada status unik dari lagu tersebut, Arirang kemudian terdaftar secara resmi dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNSECO pada tanggal 6 Desember 2012, melambangkan lagu kebangsaan dunia.

Harga Tiket: Gratis

Situs web untuk informasi lebih lanjut: bit.ly/TraditionalKorean

Area Parkir Aeon Mall BSD City, Tangerang, Ice Cream Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (25/10) – Minggu (28/10).

Ice Cream Lovers harus membeli Kupon Menu di Indomaret dan Aeon Store terlebih dulu. Harga 1 kupon untuk 1 menu: Rp10.000, jadi kalau mau menikmati 5 menu es krim cukup mengeluarkan Rp50.000.

Selain di Indomaret dan Aeon Store, kupon juga bisa dibeli On The Spot. 1 kupon per menu Rp10.000.

Harga tiket masuk gratis. Open Gate jam 14.00 – semua menu habis. 

Info dan kontak: Facebook: JakCloth, Instagram: @icecream_fest

Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta, Chocotoberfest 2018

Acara berlangsung pada Kamis (25/10) – Minggu (28/10).

ChocotoberFest yang pernah dilakukan tahun lalu, sekarang kembali lagi. Memasuki area festival, akan disambut nuansa sirkus dan berbagai patung hewan sirkus yang terbuat dari cokelat di setiap booth area. Tak kalah dengan tahun kemarin, aroma beragam cokelat yang keluar dari booth menanti untuk dikunjungi dan dicicip.

Selain itu, juga bisa menyaksikan kompetisi Junior Chocolatier, Chocolate Fashion Show, Baking Demo, dan berbagai macam kompetisi yang berhubungan dengan cokelat. Di sini, juga bisa belajar bagaimana membedakan cokelat asli dan yang bukan cokelat.

ChocotoberFest dirancang untuk Anda pencinta cokelat. Acara ini sangat cocok untuk keluarga . Sambil menikmati berbagai rasa cokelat yang ada, anak-anak juga bisa belajar mengenai cokelat dan akan diajarkan pula ‘Painting with Chocolate’ pada kids area.

Pernah dengar chocolatier kelas dunia? Sebut saja Frank Haasnoot, Yoshiaka Uerzaki, Davide Comaschi, Marike van Beurden, Vincent Vallée, dan Hisashi Onobayashi. Mereka adalah jawara cokelat yang memenangi kompetisi pada 2011, 2012 dan 2015.

Akhirnya di tahun kedua ini, ChocotoberFest membuka kembali ajang Junior Chocolatier Competition. Sebuah kompetisi ahli cokelat junior ini untuk menggali bakat-bakat muda, menjadikan mereka chocolatier yang membawa cita rasa cokelat Indonesia ke pentas dunia. Saksikan final kompetisi di ChocotoberFest pada tanggal 25-28 Oktober 2018.

Info dan kontak: Facebook: Chocotoberfest 2018, Instagram: @chocotoberfest, Website: chocotoberfest.com

Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, Pukul 10.00 – 20.00 WIB, Mother & Baby Fair 2018 Season 2

Jangan lewatkan pameran produk ibu dan anak terbesar, dan temukan berbagai produk unggulan hanya di MBFair2018! Pameran ini akan kembali menyediakan berbagai produk dan informasi untuk ibu, bayi, balita, ibu hamil dan ibu menyusui.

Banyak diskon sampai 70 persen. Dapatkan juga berbagai promo menarik dari puluhan tenant hanya selama MBFair2018.

Jangan sampai ketinggalan. Info lebih lanjut, hubungi 085811055030 via WhatsApp (office hour, 10.00-17.00).

Info dan kontak: Facebook: Brightspot Market, Twitter & Instagram: @motherbabyind, Website: motherandbabyfair.com

Jakarta Convention Center (JCC), Indonesia Comic Con 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (27/10) – Minggu (28/10).

Acara pop culture yang paling tunggu-tunggu di akhir tahun, Indonesia Comic Con 2018, Ayo buruan beli tiketnya dan jangan lupa mampir ke Indonesia Comic Con.

Bagi kamu yang belum tahu, acara ini merupakan tempat spesial bagi para penggemar anime, film, komik, manga, video game dan dunia seni. Jika biasanya Indonesia Comic Con 2018 identik dengan cosplay dan bintang tamu dari pemeran film dan serial tv yang akan datang, kali ini sedikit berbeda. Buat penggemar seni, Indonesia Comic Con 2018 akan dihadiri oleh beberapa seniman dengan karya-karya uniknya. Akan ada banyak kejutan seni yang tidak akan terbayangkan sebelumnya.

Para pegiat komik dengan ide-ide karakter, gambar dan jalan cerita yang seru juga akan hadir di gelaran Comic Con 2018. Salah satunya adalah Ciayo Comics yang sudah memiliki beberapa seri komik yang bervariasi. Selain komik-komik dari Ciayo dan M&C, kamu pastinya juga ingin tahu, seri komik apa saja yang akan dikenalkan dalam waktu yang akan datang.

Penggila permainan konsol atau video game wajib datang ke Indonesia Comic Con 2018. Tahun lalu, saja para gamers sudah terpuaskan dengan permainan seperti Tekken 7, Capcon hingga Marvel yang tentu saja akan membuat kamu betah dan selalu ingin mencoba untuk memenangkan, mengetahui trik, dan memilii game-game tersebut. Pria-wanita, muda-tua, pastinya ingin memiliki beragam mainan hingga action figure yang tampil megah. Jika ditahun 2017, persaingan action figure dari DC dan Marvel cukup dominan, maka kali ini, tentunya akan lebih luar biasa lagi. Salah satunya yang paling dinanti adalah mainan dari Live 4 Toys yang direncanakan akan hadir pada Indonesia Comic Con 2018.

Nah, ini yang paling ditunggu ketika di event Indonesia Comic Con 2018. Untuk tahun ini, akan ada King TW dan Chiciro Chang yang menjadi menghangatkan suasana Indonesia Comic Con 2018. Penasaran seperti apa keseruannya, yuk, pesan tiketnya sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian tiket langsung saja kunjungi indonesiacomiccon.com

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Comic Con, Twitter: @IndoComicCon, Instagram: @indocomiccon, Website: indonesiacomiccon.com

Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, IDEAFEST 2018

Acara berlangsung pada Jumat (26/10) - Sabtu (27/10).

IDEAFEST adalah acara tahunan yang ditujukan untuk menghubungkan dan menginspirasi komunitas kreatif. Pergelaran ini membawa peserta untuk bertemu langsung dan mendapatkan inspirasi dari banyak tokoh dengan berbagai pencapaian baik di bidang kreatif.

Tahun ini IDEAFEST 2018 akan mengusung beberapa agenda, di antaranya konferensi, Ideatalks (workshop), Texpo (pameran), dan O2O Bazaar. Sedangkan tema yang diangkat adalah: ‘C’. We believe that success lead by the big capital ‘C’. Creative, Connect, Creation, Confident, Collaborate, Challenge, Chance.

Visi yang dibawa IDEAFEST ialah menciptakan keseimbangan dan keberlanjutan industri kreatif. IDEAFEST diharapkan dapat membawa pembuat film, pembuat konten kreatif, pendiri startup, musisi dan semua pemain dalam industri kreatif untuk bersinergi membangun semua sektor industri bersama-sama.

IDEAFEST pertama kali diadakan pada tahun 2011 sebagai festival dua tahunan. Tahun lalu IDEAFEST berhasil mengundang lebih dari 5000 peserta, menyajikan lebih dari 80 sesi dengan 150 pembicara. Beberapa nama pengisi acara termasuk Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), Casey Neistat (YouTuber), Tyler Brule (Editor in Chief of Monocle Magazine), Nadim Makarim (CEO GO-JEK), Raisa Andriana (Penyanyi), dan beberapa lainnya.

Acara ini terbuka untuk siapa saja yang tertarik dengan industri kreatif. Informasi lebih lanjut dan pemesanan, kunjungi: ideafest.id

Info dan kontak: Facebook: Ideafest, Instagram: @ideafestid, Website: ideafest.id

Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Pameran Hospitality Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Rabu (24/10) – Sabtu (27/10).

Tiga pameran perdagangan internasional yang akan menampilkan tren positif pada desain perhotelan akan diadakan di bawah 1 atap besar pada 24 - 27 Oktober 2018 di JIExpo Kemayoran:

Furniture & Craft Indonesia - International Furniture & Craft Fair Indonesia, Hotel Sourcing Indonesia - Pameran Dagang Internasional untuk Pemasok Hotel di Indonesia, Mozaik Indonesia - Acara Perdagangan Internasional untuk Gaya Hidup Interior, desain hospitality project

Pameran ini akan mengundang 7000  lebih dari seluruh profesional, desainer interior, hoteliers, desainer komersial, pengembang, perusahaan pembelian, serta restoran dan industri kafe, untuk mengumpulkan inspirasi dan ide, bertemu muka dengan jaringan dengan pemasok produk dan industry hospitality

Tidak perlu bingung lagi karena Hospitality Indonesia akan mencantumkan perusahaan paling terpercaya yang menyediakan sumber interior berkualitas tinggi.

Kunjungi situs web kami dan daftarkan diri Anda untuk mendapatkan entri gratis Anda.

Info dan kontak: Facebook: Hospitality Indonesia, Instagram: @ hospitality.indonesia, Situs web: hospitality-indonesia.com

Marketing Gallery Cimanggis City, Jl Raya Bogor, Depok (500m dari Jl Akses UI/Kelapa Dua), Cimanggis City, Pukul 10.00-Selesai, Bulan Batik Eksotiknesia

Harga tiket masuk: Gratis.

Bersuka cita menutup bulan Oktober sebagai bulan batik dengan kegiatan menarik bertajuk “EksotikNesia” Beberapa kegiatan di antaranya : #talkshow batik by Iwan Amir, #trunkshow BADUI’S project, #trunkshow Desain Mode POLIMEDIA, Demo batik and booth by Batik Setu Babakan, Demo makeup and booth by Wardah

Acara ini merupakan acara apik dari Apartemen Cimanggis City dengan konsep hunian apartment dan ruko,unit ekslusif,akses dan lokasi terbaik.

www.cimanggiscity.com

Info dan kontak: 021 3000 6868 / +62 838 9350 4086

Grand City Mall Surabaya, Gunpla Festival 2018

Acara berlangsung pada Rabu (17/10) – Minggu (28/10).

Jangan sampai ketinggalan promo credit card menarik dengan Blibli Instore dengan pembelanjaan minimal IDR 350.000 dapatkan discount 15 persen, maksimum IDR 150.000. Dan untuk pembelian dengan cash /debit Gunpla selama Gunpla Fest 2018 dapatkan langsung voucher cashback BliBli Multitoys. Voucher cashback mulai dari IDR 50.000 hingga IDR 500.000. Buruan selama persediaan masih ada.

Yuk ajak keluarga, teman-teman, pacar untuk nikmati weekend di Grand City Mall!

Info dan kontak: Facebook: Grand City Surabaya, Twitter: @GrandCitySBY, Instagram: @grandcitymall

Halaman Benteng Vasternburg, Kota Surakarta, Pameran Budaya dan Industri Kreatif – The 10th Jaringan Kota Pusaka Indonesia

Acara berlangsung pada Rabu (24/10) – Sabtu (27/10).

Harga tiket masuk gratis.

JKPI (Jaringan Kota Pusaka Indonesia) merupakan organisasi di antara pemerintah kota dan kabupaten yang mempunyai keanekaragaman Pusaka Alam atau Pusaka Budaya (tangible and intangible) yang bertujuan untuk bersama-sama melestarikan Pusaka Alam atau Pusaka Budaya sebagai modal dasar membangun masa depan .

Dalam rangka memeriahkan 10 tahun Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Sinergi Event bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemkot Surakarta dan dukungan stake holder terkait, menyelenggarakan “Pameran Budaya dan Industri Kreatif” dalam meghadapi daya saing Negara ASEAN dan mensinergikan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan daerah serta pelaku usaha daerah dalam promosi yang efektif  maju dan berkesinambungan di pasar nasional maupun internasional .

Info dan kontak: Sinergi Event Jl Slamet Riyadhi no 1 Gdg Grha Soloraya (Ex Bakorwil II) lantai 1, Telp (0271) 6793216 CP. Claudia 082138113C859, Citra 081228546638, Hotline 087833292000

PKOR Way Halim, Lampung, Lampung Fair 2018

Acara berlangsung pada Jumat (12/10) – Sabtu (12/10).

Lampung Fair 2018 diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung dengan melibatkan kedutaan besar Timur Tengah, China, Jepang, dan Korea Selatan, serta negara-negara sahabat di Asia Tenggara lainnya, melalui kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri. Selain itu juga akan menghadirkan 10 provinsi se-Sumatera dalam menampilkan pameran pembangunan infrastruktur di wilayah masing-masing.

Tema Lampung Fair 2018 adalah “The Biggest Fair in Sumatera” yang lebih menekankan pada investasi daerah. Festival ini merupakan yang terbesar, terlama dan terlengkap di Provinsi Lampung. Beragam hiburan dan lomba akan dihadirkan untuk menarik para pengunjung.

Daftar kegiatan: International Zone, Festival Seni Budaya Lampung, Rekor MURI, Festival Music & Solo Song, Miss Lampung Fair 2018, Drumband Competition, Festival Barongsai, Food Festival, Kicau Burung Kontes, Pasar Malam, Wahana Permainan Anak, Zona kuliner, Pesta Kembang Api, Tman Lampion, Job Fair & Beasiswa.

Informasi lebih lengkap mengenai Lampung Fair 2018 dapat diakses di lampungfair2018.com

Info dan kontak: Telp: 82298389469, Facebook: Lampung Fair. Website:  lampungfair2018.com

Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Festival Budaya Irau Malinau 2018

Pesta rakyat yang dikemas dalam sejumlah pertunjukan seni dan budaya ini, merupakan festival dua tahunan, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Festival Budaya Irau Malinau (FBIM) selalu diadakan bersamaan dengan perayaan hari jadi kabupaten tersebut.

FBIM 2018 berlangsung pada 26 Oktober 2018 dan menyuguhkan beragam kegiatan dari pertunjukan seni dan budaya hingga lomba-lomba, pameran serta hiburan. Tahun ini merupakan Irau yang kesembilan dan perayaan HUT ke-19 Kabupaten Malinau.

Pertunjukan tari menampilkan antara lain, tarian perang dan tarian penyambut tamu yang dilakukan oleh sejumlah perempuan. Ada penampilan tari tunggal dan tari berpasangan. Gelaran seni dan budaya lainnya meliputi Anyat, Saung, baju-baju yang terbuat dari manik-manik, parang dan obat-obatan tradisional Belengla.

Upacara pembukaan FBIM dihadiri kepala-kepala suku Dayak di Malinau, dan pada saat itu pula ditampilkan berbagai tarian yang menggambarkan ungkapan rasa syukur kepada para leluhur. Lomba yang menarik di antaranya adalah lomba tari Dayak yang diikuti para peserta dari suku-suku Dayak yang terdapat di wilayah tersebut. Bisa disaksikan pula lomba tradisional lainnya seperti lomba menyumpit, kicau burung, dan panjat pinang.

Di stan-stan yang didirikan di lokasi acara, para pengunjung bisa melihat kesenian dan hasil karya yang dihasilkan oleh suku Dayak dan suku-suku lainnya yang ada Malinau. Sejumlah stan suku Dayak biasanya menyediakan berbagai jenis aksesori langka khas suku tersebut. Tak hanya itu, makanan tradisional pun tersedia di beberapa stan.

Selain sebagai media promosi seni, budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif daerah Malinau, FBIM juga menjadi semacam wadah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antarsuku. Harapannya, keanekaragaman suku dan budaya di Malinau dapat selalu terjaga dan terjalin erat.

Narahubung: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Telepon: +62 552 21567, Email: humasprovkaltara@gmail.com, Situs web: www.kaltaraprov.go.id

Minggu, 28 Oktober

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater dan Musik Muhammad Yamin Bahasa Bangsa oleh Angelina Enny, Dika Chasmala, Dion Janapria, Putri Ayudya, dan Teater Kedai

Pertunjukan ini didedikasikan untuk pujangga sekaligus pahlawan nasional kita: Muhammad Yamin. Diiringi dengan gitar akustik, gerak pemikiran Yamin akan dilakonkan secara dramatik berkelindan dengan puisi-puisinya, membawa kita kembali ke masa awal pergerakan nasional untuk melebur dalam semangat persatuan bangsa.

Angelina Enny, penulis yang merambah ke bidang seni pertunjukan. Bukunya “Nokturnal Melankolia” (2017)  telah dialihwahanakan ke dalam bentuk monolog “Melakoni Nokturnal Melankolia” dan teater “Melankolia” (2018). 

Dika Chasmala, violinis yang aktif di berbagai pertunjukan dan festival internasional. Ia bersama Kolintang Kawanua Jakarta mendapatkan medali emas pada World Folklore Championship 2018 di Bulgaria.

Dion Janapria adalah gitaris dan pengajar musik dengan spesialisasi musik pertunjukan, konsep improvisasi, gitar jaz, ansambel, dan sejarah musik. Ia juga pendiri Gulir Bunyi, sebuah program edukasi independen yang berfokus pada multidisiplin improvisasi bunyi.

Putri Ayudya adalah aktor dalam berbagai genre film Indonesia, menjadi pemateri dan fasilitator seni peran di beberapa komunitas. Saat ini Putri memulai debutnya di pasar Asia bersama film kolaborasi Indonesia-Tiongkok. Ia juga aktif di kegiatan sosial terkait bencana alam dan pendidikan.

Teater Kedai adalah alumni Kelas Akting Salihara yang aktif terlibat dalam berbagai festival dan produksi seni pertunjukan antara lain: Barabah dan Penagih Utang (2016), Kucing Hitam (2016), Ciu dan Tembakau (2017), Melankolia (2018).

Kantor Pemasaran Citra Land Cibubur, Jln Raya Cileungsi Km 4, Cileungsi Bogor, Citra Land Cibubur Photography Contest Tema: Main Gate Citra Land, Pukul 7.30- selesai,

Biaya pendaftaran: Rp 50.000,- sudah termasuk goodie bag dan konsumsi

Lomba ini di support Majalah NGI Indonesia, dan akan ada sharing session bersama Rahmad Azhar Photographer NGI Indonesia. Dapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah. Jangan lewatkan kesempatan ini karena bukan hanya kontes tapi acara ini merupakan ajang silaturahmi dan kumpul-kumpul teman-teman komunitas fotografi. Segera daftarkan diri anda karena peserta terbatas.

Info dan kontak: Noel : 0822 1351 3454

Nusa Dua, Bali,  Nusa Dua Fiesta 2018

Acara berlangsung pada Jumat (26/10) - Minggu (28/10).

Nusa Dua Fiesta adalah acara tahunan yang memadukan musik, budaya, seni dan olahraga untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi semua pengunjung.

Nusa Dua Fiesta 2018 diadakan oleh ITDC tepatnya di Pulau Peninsula, festival ini diikuti oleh industri dan administrasi lokal yang mewakili pameran promosi nasional dan regional. Anda akan menemukan pameran seni, pertunjukan budaya dan acara olahraga yang berlangsung selama beberapa hari di bagian selatan pulau di Nusa Dua.

Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1996 dan kini telah menjadi salah satu festival terbesar di Bali. Masyarakat didorong untuk menghadiri acara yang menyenangkan ini.

Diadakan selama tiga hari, pesta dibuka dengan sebuah upacara di semenanjung Nusa Dua, dan diikuti oleh pertunjukan musik, tarian budaya serta kios pasar, warung makan dan parade di malam hari dengan pelampung. Selain itu, Event Nusa Dua Fiesta 2018 ini juga menampilkan berbagai informasi potensi daerah, pemasaran produk dan jasa unggulan nasional, pariwisata dan industri, perdagangan, kerajinan dan UKM yang ramah lingkungan.

Entertainment live adalah bagian besar dari festival ini dengan aksi lokal dan internasional yang dimainkan sepanjang hari festival. Anda juga akan menemukan fashion show dan kompetisi termasuk kompetisi 'latte art' dan seni melukis tubuh. Acara ini juga mempromosikan kesadaran lingkungan, jadi Anda juga akan memperhatikan orang-orang lokal yang membersihkan daerah jalan dan pantai untuk menghormati acara ini. Festival ini diakhiri dengan berkumpulnya ribuan orang yang melakukan Mentari Pulau Dewata. Setelah pertunjukan ini, live band dan DJ akan memutar musik sampai larut malam.

Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Festival Likurai Timor 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (27/10) – Minggu (28/10).

Festival Likurai Timor (FLT) ini merupakan sebentuk upaya pemerintah NTT untuk melestarikan budaya Likurai, dan diharapkan menjadi pintu masuk bagi wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata di wilayah Timor Barat.

Likurai adalah salah satu tarian tradisional yang terkenal di Timor Barat, terutama di Belu. Di zaman dulu, tarian ini dilakukan untuk menyambut para pahlawan desa yang baru pulang dari perang. Kini, tari Likurai kerap ditampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu penting, upacara adat, pertunjukan seni dan festival budaya.

FLT bisa dikatakan sebagai pesta tari kolosal, karena tarian Likurai dilakukan oleh ribuan penari dari Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, dan negara tetangga Timor Leste. Perlu diketahui, Belu adalah kota di Indonesia yang berbatasan dengan wilayah negara Timor Leste, yang dulu berjuluk Timor Timur ketika masih bersatu dengan Republik Indonesia.

Festival digelar di puncak bukit Fulan Fehan, yang terletak di Desa Dirun, Kecamatan Lakmanen, Kabupaten Belu. Fulan Fehan sendiri adalah merupakan satu destinasi wisata yang berupa hamparan luas padang sabana. Sebagai latar belakang Gunung Lakaan yang dikitari bebatuan karang dan ditumbuhi kaktus liar, Fulan Fehan menawarkan pemandangan yang khas dan indah.

Tari Likurai biasanya dibawakan oleh penari laki-laki yang membawa pedang dan penari perempuan dengan kendang kecilnya atau tihar. Kepopuleran tari Likurai kian melambung setelah sukses memecahkan rekor MURI pada Oktober 2017 untuk jumlah penari tradisional terbanyak, yakni 6.000 penari.

Di samping memiliki wisata budaya yang menawan, Pulau Timor, khususnya Timor Barat, juga menawarkan wisata alam yang tak kalah menarik. Ketika berada di Belu, sempatkan untuk mengunjungi wisata batu alam Fatuleu, Pantai Kolbano, Teluk Gurita dan lain-lain.

Narahubung: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Telepon: +62 380 826384, Email: dinparekrafntt@gmail.com, Situs web: http://tourism.nttprov.go.id

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kapus Hulu, Kalimantan Barat, Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (27/10) – Senin (29/10).

Setelah sukses menyelenggarakan acara yang sama pada tahun sebelumnya, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau di Kabupaten Kapus Hulu, Provinsi Kalimantan Barat akan kembali hidup dan meriah lewat penyelenggaraan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018.  

Kabupaten Kapuas Hulu masih menjadi tujuan wisata utama di Provinsi Kalimantan Barat, karena ini didukung oleh keragaman dan keunikan budaya yang masih melestarikan keasliannya sampai sekarang disamping keindahan pemandangan alam, keunikan dan spesies endemik.

Tanaman dan hewan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini sesuai dengan daya tarik wisata di Indonesia yaitu budaya dan alam.

Penyelenggaraan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 adalah sebuah hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah), pemerintah pusat (Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum) dan LSM (WWF Kalbar, Dian Tama, Earth Race, PRCF Indonesia, Kompakh, ASPPUK, Lanting Borneo, dll.).

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 akan menampilkan pameran kerajinan dan masakan lokal, dan berbagai kompetisi seperti kompetisi sumpit, kompetisi gasing, kompetisi kano dan lomba minum madu, yang diharapkan melibatkan 2.000 peserta.

Acara terakhir akan diadakan di dekat Danau Sentarum dimana untuk semakin memeriahkan acara ini akan mengundang artis-artis popular dan favorit saat ini.

Kapuas Hulu terkenal dengan keindahan dua objek wisata andalannya, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihun.

Danau Sentarum yang terbentuk pada zaman es merupakan rumah bagi 510 spesies tumbuhan, 33 di antaranya merupakan tanaman endemik sedangkan 10 spesies lainnya adalah spesies baru. Selain itu, Taman Nasional Danau Sentarum juga menampung 141 spesies mamalia, 29 spesies endemik dan 64 persen adalah hewan asli. Tempat ini juga merupakan rumah bagi 266 spesies ikan, di mana 78 persennya merupakan spesies endemik, menjadikan Taman Nasional Danau Sentarum sebagai salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia.

Kabupaten Pamekasan dan Sumenep, Kemilau Madura 2018

 Acara berlangsung pada Minggu (28/10) – Senin (29/10)

Pada awalnya, Kemilau Madura hanya diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan, yang acaranya merupakan rangkaian dari perayaan hari jadi kabupaten tersebut. Namun, pada tahun ini event tersebut menjadi hajatan seluruh kabupaten yang ada di Pulau Madura. Pasalnya, Kemilau Madura telah masuk daftar 100 Wonderful Events Indonesia 2018.

Gelaran ini, mempersembahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang berasal dari empat kabupaten di Pulau Garam itu, yakni Sampang, Bangkalan dan dua kabupaten yang telah disebut sebelumnya.

Kegiatan-kegiatan budaya menarik yang bakal menjadi suguhan dalam helatan selama dua hari itu antara lain Karapan Sapi klasik, lomba Sape Sono, karnaval Daul, Batik on the Street, dan pesta seni tradisional.

Pastilah Pulau Madura tak sekadar memiliki kesenian dan kebudayaan yang unik, melainkan juga punya sejumlah destinasi wisata alam nan indah. Jadi, selain menyaksikan Kemilau Madura, sempatkanlah pula mampir ke sejumlah destinasi seperti Bukit Jaddih (Bangkalan), Air Terjun Toroan (Sampang), Bukit Kapur Arosbaya (Bangkalan), Bukit Tinggi Daramista (Sumenep), Pemandian Sumber Pocong (Bangkalan), Telaga Kermata (Sumenep), dan beberapa lainnya.

Sebagaimana wilayah Lombok di Nusa Tenggara Barat yang memiliki gili-gilinya, Madura juga memiliki sejumlah gili yang menawarkan bentang alam tropis nan eksotis, di antaranya Gili Pandan, Gili Iyang, Gili Genting dan Gili Labak.

Narahubung: Dinas Pariwisata Kabupaten Pamekasan, Telepon: +62 823 3037 2748 (Sonny) ; +62 81 851 2220, Email: Satutujuankreatif@gmail.com

Jakarta, Jakarta Marathon 2018 

Melanjutkan kesuksesan semua edisi sebelumnya, pada tahun 2018 ini, Mandiri Jakarta Marathon 2018 kembali diselenggarakan. Acara berlangsung pada Minggu (28/10) merupakan event lomba lari terbesar di Indonesia ini akan kembali mengubah jalan-jalan Ibukota Jakarta menjadi jalur lari kolosal bagi ribuan pelari pada. Acara olahraga besar ini akan dipandu oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai sponsor utama.

Jakarta Marathon merupakan marathon pertama yang diselenggarakan untuk publik dan memperoleh pengakuan Internasional. Diikuti lebih dari 10.000 peserta, menjadikan event ini yang terbesar dalam bidangnya. Dikenal juga sebagai Mandiri Jakarta Marathon, kegiatan ini awalnya di dukung oleh Kementerian Pariwisata, kini menjadi kegiatan publik.

Seperti biasa, Jakarta Marathon 2018 akan menampilkan 5 kategori loba yaitu: Full Marathon (42.195KM), Half Marathon (21 kM), 10 k, 5K, dan 1.3Km Maratoonz (Sprint Anak-anak).

Pada lomba sebelumnya Jalur Awal dan Selesai berada di Monumen Nasional Ikon (Monas), balapan melewati beberapa landmark paling bergengsi di Jakarta termasuk Kompleks Batavia Lama dan Alun-alun Fatahilah, Masjid Istiqlal dan Katedral Katolik, serta Bundaran Hotel Indonesia. Rute Jakarta Marathon disertifikasi oleh Association of International Marathon and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF) pada tingkat ketinggian 0 m / km.

Tahun lalu, Jakarta Marathon diikuti lebih dari 16.000 pelari. Di antaranya 1.585 adalah atlet internasional dan penggemar lari dari tidak kurang dari 50 negara dengan total  hadiah uang tunai sebesar Rp774 juta.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: http://thejakartamarathon.com.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home