Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 05:56 WIB | Jumat, 27 Juli 2018

Acara Akhir Pekan 28 – 29 Juli 2018

Ilustrasi. Cheng Ho Festival 2018 di Semarang (Foto: pedomanwisata.com)

SATUHARAPAN.COM – Agenda acara di penghujung bulan Juli ini,  akan diramaikan oleh beberapa acara di Ibu Kota dan beberapa kota lainnya di antaranya pertunjukan musik, Festival mode, pameran otomotif, Festival kuliner, Pameran Lukisan. Selain itu juga Planetarium dan Observatorium Jakarta akan mengajak Anda untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total.

Tak lupa  beberapa acara menarik yang akan memeriahkan akhir pekan ada antara lain, Festival Pesona Bunaken 2018 di Manado, dan Cheng Ho Festival 2018 di Semarang  

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 28 Juli

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan Musik Badendang Oleh Kawan Lamo

Kawan Lamo, adalah sekumpulan teman teman lama yang kesemuanya bergerak di bidang musik dan berasal dari daerah Sumatera Barat. Beberapa orang dari mereka adalah produser musik, penyanyi dari berbagai genre.

Cinta terhadap ranah kelahiran mereka di Minangkabau dan ingin mengangkat kembali lagu-lagu Minang lama ke segala lapisan masyarakat adalah salah satu tujuan Kawan Lamo mengadakan Badendang ini.

Festival Walk Pluit Village, Jakarta,  Festival Soto & Sate – Pluit Village

Acara berlangsung pada Jumat (27/7) – Minggu (29/7)

Hi Culinary Lovers! Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati berbagai macam soto dan sate di Festival Soto & Sate. Jangan lupa bawa temen-temen dan keluarga serta pacar kamu! Ada lomba makan Sate Biawak pada Sabtu(28/7)  pukul 19.00 juga loh. Menangkan total hadiah hingga Rp1.000.000 dan Goodie Bag,  Pendaftaran Gratis, langsung aja daftar di Customer Service Pluit Village Mall lantai GF. Pendaftaran paling lambat  Sabtu (28/7)  pukul 16.00. Untuk mengikuti Festival Soto Sate serta lombanya wajib follow @pluit_village yah!

Info dan kontak: Facebook: Pluit Village Mall, Twitter: : @pluitvillage, Instagram: @pluit_village

Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran,  Pameran Otomotif, Mobile Legends South East Asia Championship (MSC) 2018 - Acara berlangsung pada Jumat (27/7) Minggu (29/7)

Inilah Event terbesar yang kalian tunggu-tunggu!

Kompetisi Mobile Legends Termegah di Asia Tenggara, dari 7 negara dan 6 wilayah, 10 tim telah diundang ke MSC 2018 Party of Legends! Total hadiah sebesar Rp1,4 miliar akan diperebutkan oleh para pemain Mobile Legends profesional dari tujuh negara.

Dukung tim favorit kalian agar menjadi juara MSC 2018 Party of Legends hanya di Jakarta International Expo Hall B3. Event ini gratis dan kalian pasti tidak akan menyesal! Acara ini juga akan disiarkan langsung di Facebook!

Harga tiket masuk: Gratis

Info dan kontak: Facebook: Mobile Legends: Bang Bang, Instagram: @realmobilelegendsid

Lower Ground Floor, Lippo Mall Puri Jakarta, Pukul 10.00 – 22.00 WIB, Festival Belanja The Meet Market : Tree House,

Acara berlangsung pada Senin (23/7) – Minggu (5/8)

Hello Guys, Jangan lewatkan, lihat Anda dan Happy Shopping!

Jadi teman-teman, sampai jumpa di sana!

Info dan kontak: Email: puri.allaccessjakarta@gmail.com, Facebook: I Love Bazaar Jakarta, Instagram: @ilovebazaarjkt

Ground Floor, Mal Taman Anggrek, Jakarta, Pameran Properti Ancol Properti – Mal Taman Anggrek

Acara berlangsung pada Senin (23/7) – Minggu (5/8)

Sedang mencari hunian yang ideal atau ingin berinvestasi di bidang properti?

Langsung datang saja ke pameran ini dan dapatkan harga spesial untuk properti yang Anda inginkan.

Info dan kontak: Telp: 021-29222222, Facebook: Ancol Properti, Twitter & Instagram: @ancolproperti

Gandaria City, Jakarta, Jakarta Modest Fashion Week 2018

Acara berlangsung pada Kamis (26/7) –Minggu (29/7)

Acara Mode Fashion Modern Dunia

Seri acara fashion paling bergengsi yang didedikasikan untuk industri mode, dengan lebih dari 400 juta liputan media, 5 benua peserta.

Pelopor Pekan Mode Modest, dengan bangga mengumumkan bahwa acara pertama 2018,  akan diadakan di Jakara. Ikutlah bersama kami dalam perjalanan di mana kami mengambil peristiwa yang sangat dinantikan bagi dunia.

Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) akan diadakan di Summer 2018, dan diselenggarakan oleh co-founder Modest Fashion Week, Think Fashion dan #Markamarie Creative.

Acara yang akan digelar selama 4 hari antara lain: 25 fashion Shows, 50 Brand Booths, Businnes Matching, Workshops, Talk Show,

Daftarkan sekarang dan temukan informasi lebih lanjut tentang JMFW di sini: jakartamodestfw.com

Info dan kontak: Facebook: Modest Fashion Weeks, Instagram: @modestfashionweeks, Website: jakartamodestfw.com

Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta,  Festival Kuliner Gelar Pangan Nusantara 2018

Acara berlangsung pada Jumat (27/7) – Minggu (29/7)

Gelar Pangan Nusantara hadir kembali dengan mengusung tema “Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global” di Balai Kartini.  

Rangkaian kegiatan: Pameran, Talkshow, Presentasi Produk, Bazaar Bahan Pangan Murah oleh Toko Tani Indonesia,  Wisata Edukasi, Aneka Lomba, Hiburan dan Doorprize.

Info dan kontak: Telp 1: 081212917060 (Yunani), Telp 2: 081513140701 (Prita)

Level GF, Kuningan City, Jakarta,  Festival Belanja Streetwear Market

Acara berlangsung pada Jumat (27/7) – Minggu (29/7)

Apakah Anda siap untuk perdagangan StreetWear lainnya? Salah satu platform terbesar kami, StreetWear Market kembali. Bersiaplah, karena kami membawakan Anda barang-barang segar dalam pakaian dan aksesoris.

Info dan kontak: Facebook: Kuningan City, Twitter & Instagram: @kuningan_city, Website: kuningancity.com

@america Pacific Place,  Pukul 19:00 WIB - 20:30 WI, Hollywood Movie Songs with Ukeleles

Jelajahi legenda "kutu melompat," yang juga dikenal sebagai Ukulele! Bergabunglah bersama kami untuk mendengarkan lagu dari film favorit kamu yang diputar di alat musik unik yang dibuat dan dipopulerkan di negara bagian ke-50 Amerika, Hawai'i.

Grand Metropolitan Bekasi,  Bekasi Toys Fair 2018

Acara berlangsung pada Jumat (6/7) – Minggu (29/7)

Surganya mainan anak kini ada di Bekasi! Bawa semua adik, anak atau keponakan kalian untuk datang ke Bekasi Toys Fair.

Yuk bahagiakan mereka dengan mendaftarkannya pada event atau kompetisi berikut Ini: Kids Fashion Show, Coloring Competition, Meet And Greet, Drama Musical, Magician Show, Acrobat Show, Kids Voices, Music Performance

Akan semakin meriah karena ada Toys Exhibiton, Play Ground dan special guest Naura! Ingat, mulai besok datang ke Bekasi Toys Fair di Grand Metropolitan Bekasi!

Info dan kontak: Facebook: Grand Metropolitan, Instagram: @grandmetropolitan

Bundaran Tarian Langit Kota Harapan Indah, Bekasi,  Ice Cream Festival Bekasi 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (28/7) – Minggu (29/7)

Kamu penggemar berat es krim? Yuk datang ke Ice Cream Festival 2018

Rasakan kenikmatan dari 20 menu kreasi Ice Cream. Semua serba Rp.10.000!

Berikut varian es krim yang bisa kamu nikmati: Es Kopyor Kacang Merah, Donat Ice Cream, Cappuccino Cincau, Crispy Banana Ice Cream, Chocoreo, Rujak Ice Cream, Soda Float Bubble, Waffle Ice Cream, Pan Fried Caramel Banana, Es Campur Kekinian, Brownies Ice Cream, Mango Jelly Ice Cream, Fruit Salad, Bread Toast Ice Cream, Burger Ice Cream, Jasuke Ice Cream, Ice Cream Cookies, Choco Waffle Cream, Choux Ice cream, Green Tea Bread Puding Walls

Info dan kontak: Instagram: @icecream_fest

Atrium Utama Grage City Mall, Cirebon,  Pameran Lukisan : “Menoreh Keelokan Nusantara”

Acara berlangsung pada Jumat (27/7) – Jumat (5/8)  

Kunjungi Pameran Lukisan Terbaik dari karya Pelukis Jawa Barat,

Pelukis: Basuki Bawono, Bambang Kuswindarto, Punto, Zufli Akmansyah, Iyan Riyana. Pematung : Imam, dan workshop dari Surya Dewantara (Dewan Naturalis Cirebon).

Ikuti berbagai event seni antara lain: Exhibition Art, Pemecahan Original Rekor Indonesia Penari Topeng Terbanyak, Demo lukis Model & Lelang Karya, Workshop Batik, Workshop Drawing, Workshop Mewarnai Topeng, Lomba Photo Contest, Lomba Menari Kreasi, Talk Show (Dialog seni & Budaya)

Info dan kontak: Twitter: @gragecitymall2, Instagram: @gragecitymall

Metro Indah Mall, Bandung , Serdadu (Serba dari Durian)

Acara berlangsung pada Kamis (26/7) – Minggu (29/7)

Untuk kalian para pecinta durian, jangan lewatkan Serdadu atau Serba dari Durian. Nikmati juga promo Rp 50.000 untuk makan durian sepuasnya yang berlaku pada tanggal Kamis (26/7) dan Jumat (27/7) 2018 dan diskon 15 persen untuk pria pada Minggu (29/7) dan wanita pada Sabtu(28/7).

Info dan kontak: Facebook: Metro Indah Mall, Twitter & Instagram: @mim_bandung, Website: metroindahmall.com

Bunaken, Manado, Sulawesi Utara,  Festival Pesona Bunaken 2018

Acara berlangsung pada Kamis (26/7) – Jumat (27/7)

Event wisata, yang masuk dalam Wonderful Indonesia tahunan, Festival Pesona Bunaken 2018, akan kembali diadakan di Pulau Bunaken di Manado, Sulawesi Utara.

Festival Pesona Bunaken 2018, diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan maksud untuk melestarikan alam dan budaya di Pulau Bunaken, sehingga dapat memberikan jaminan keberlangsungan pariwisata setempat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Festival Pesona Bunaken 2018, akan diisi dengan beberapa kegiatan menarik, seperti pertunjukan seni dan budaya, permainan bola voli, lomba dayung perahu, pembersihan Bunaken, lomba menghias perahu Katinting, snorkeling, permainan tradisional dan pesta ikan bakar.

Bunaken adalah pulau seluas 8,08 km² di Teluk Manado, terletak di sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Taman laut di sekitar Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional yang juga mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen dan Mantehage. Di Taman Laut Bunaken, Anda akan menemukan "putri duyung" yang sebenarnya, dan Anda juga bisa melihat sekilas kehidupan laut. Di dalam Taman Laut Bunaken, pengunjung dapat melihat berbagai kehidupan laut yang aneh dan berwarna-warni di sepanjang dasar lautnya. Selain Bunaken, Manado juga memiliki tempat wisata lain yang menarik seperti Danau Tondano, Pulau Siladen dan Taman Nasional Tangkoko. Manado juga terkenal dengan masakan tradisionalnya, seperti ayam woku belanga, cakalang fufu, bubur tinutuan dan ayam rica-rica.

Kategori Event: Perayaan Keagamaan, Perlombaan, Marathon, Live Music, Festival dan Pameran.

Minggu, 29 Juli

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan Tari dan Musik, Horas Samosir, Pagelaran Halak Hita Oleh Punguan Ompung Guru Tolpang feat. Iis Sugianto dan Christine Panjaitan

Karya ini, ditampilkan dalam format drama tari yang mengisahkan tentang seorang tokoh yang berasal dari daerah Batak Toba yang sukses di perantauan kota Jakarta dalam membangun negeri. Beliau adalah orang yang memiliki integritas dan daya juang yang tinggi dalam menjalani hidup, sehingga dapat melanjukan studi ke Amerika dan mengabdikan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil.

LKB Widatra FBS Unimed, merupakan singkatan dari Warisan Seni Budaya Nusantara, yang bergerak dalam bidang kesenian di Indonesia, yang sering menampilkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Dalam kegiatan kali ini, bertindak sebagai koreografer adalah Martozet SSn, MA ,yang aktif mengajar di Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Medan dan pernah mengadakan pertunjukkan di 26 negara, seperti Swiss, German, Russia, Belanda, Perancis, Australia, Yordania, dan negara lainnya. Dalam acara ini kami untuk memperkenalkan budaya yang ada di Indonesia khususnya etnik Batak Toba yang berkembang di Sumatera Utara.

Planetarium dan Observatorium Jakarta, Plaza Ismail Marzuki,  Jumat (27/7) pukul 23.00, Sabtu (28/7) Pukul 6.00,  Gerhana Bulan Total

Planetarium dan Observatorium Jakarta, kembali mengajak masyarakat untuk bersama-sama menikmati Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada bulan Juli ini. Informasi lebih lanjut kunjungi website kami ya (planetarium.jakarta.go.id). Jangan lupa untuk membaca ketentuan pendaftaran secara teliti

Bintaro Xchange Park, Tangerang, Tamasya Mesin Waktu

Tempat: Harga tiket masuk: Dewasa : Rp.50.000, Anak-anak : Rp.20.000

Tamasya Mesin Waktu,  persembahan dari @generasi90an x @bxchange_mall !! Sebuah festival untuk kamu Generasi 90an & keluarga.

Akan ada banyak aktivitas seru untuk kamu bernostalgia tahun 90an bersama keluarga atau teman-teman. Gak ketinggalan juga penampilan penuh nostalgia dari @glennfredly309 !! Ada juga @yurayunita dan Wayang yang dijamin bikin kamu kangen masa-masa 90an.

Tiket bisa dibeli on the spot ya.. yuk ajak keluarga & teman-teman mu !! See you there.

Info dan kontak: Facebook: Bintaro Jaya Xchange, Instagram: @bxchange_mall, Website: bintarojayaxchange.com

Area Parkiran Botani Square, Bogor, Pukul  08.00-13.00 WIB,  Bogor Breakfast Festival 2018

Nikmati 1000 porsi laksa secara gratis dalam Bogor Breakfast Festival . Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association BPC Bogor Raya, Cianjur dan Sukabumi bekerjasama dengan Disparbud Bogor, PHRI Kota Bogor dan Botani Square Mall.

Info dan kontak:

Facebook: Botani Square Mall

Instgarm: @botanisquaremall

Semarang, Jawa Tengah,  Cheng Ho Festival 2018 Semarang  

Cheng Ho Festival 2018 Semarang merupakan peringatan  perjalanan Laksamana Cheng Ho Sampai ke Indonesia. Dengan menghidupkan kembali kenangan akan pelayaran bersejarah laksamana Cheng Ho, dari China ke perairan Indonesia. Pemerintah provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan para pemimpin Klenteng Tay Kak Sie, Klenteng Sam Poo Kong, dan Komunitas Cina Semarang, akan memimpin Festival Budaya Cheng Ho (Cheng Ho Festival ) 2018.

Festival akan dimulai dengan doa dan ritual, dan menyoroti pertunjukan seni, seminar dan pertemuan bisnis, dengan puncak pawai budaya mulai dari Klenteng Tay Kak Sie yang pindah ke Klenteng Sam Poo Kong.

Ribuan orang, akan mengikuti parade budaya 6 Km yang membawa patung Laksamana Cheng Ho, di tempat lain yang lebih dikenal dengan nama Zheng He. Parade budaya mengikuti pelayaran yang dilakukan oleh laksamana hebat dan armadanya saat mereka mencapai Semarang.

Sejak memulai ekspedisi di tahun 1405 sampai dia meninggal dunia pada 1433, Laksamana Cheng Ho melakukan 7 (tujuh) ekspedisi internasional berturut-turut, mengunjungi 37 negara selama 28 tahun. Dalam ekspedisi ini, laksamana meminta negara-negara dari Asia, Timur Tengah, dan Afrika. Dalam 5 ekspedisinya ke Nusantara, Cheng Ho berhasil mengenalkan teknologi dan gaya hidup China kepada penduduk. Di setiap tempat yang ia kunjungi, sang laksamana juga menanamkan perasaan persaudaraan yang kuat dengan penduduknya dengan membangun masjid dan rumah doa yang menunjukkan akulturasi, memadukan budaya Islam dengan tradisi dan kepercayaan lokal dan cara hidup orang Tionghoa.

Dalam salah satu pelayarannya pada abad ke-15, laksamana menginjakkan kaki di pantai utara Jawa di Pantai Simongan, Semarang. Menemukan sebuah gua kecil di lereng bukit yang berbatu, Cheng Ho memilih tempat berdoa dan kemudian membangun sebuah klenteng kecil di lokasi tersebut.

Di tahun-tahun berikutnya Sam Poo Kong (juga dikenal sebagai Gedung Batu) dibangun di tempat dimana Cheng Ho berdoa dan bermeditasi. Klenteng ini masih berdiri sampai sekarang dan merupakan klenteng tertua di Semarang.

Bentara Budaya Solo,  Pertunjukkan Musik Balada – Balada #19        

Bersama : Artaxiad (Grego - Solo), Astakosala (Solo) , NOS (Ucok - Jogja), Kidung dalam Senyuman (Rian Garyati - Jakarta)

Acara musik yang diadakan setiap minggu kelima ini akan menampilkan, Artaxiad (Grego - Solo), Astakosala (Solo) , NOS (Ucok - Jogja), Kidung dalam Senyuman (Ryan Gayatri - Jakarta). Mengawinkan musik tradisional dengan musik barat terkadang mengundang cibiran. Namun demikian, hal itu tak menggoyahkan tekad sejumlah pemuda ini untuk terus berkarya. Mereka bergabung dalam orkes gamelan moderen Artaxiad Gamelan Orchestra. Astakosala Volk, sebuah grup musik new age asal Solo. Astakosala Volk sendiri baru terbentuk awal 2016 dan beranggotakan tiga orang, mereka adalah Desy (vokal), Rhema (komposer dan keyboard), dan Nartoe (bass). Dan poin mendasar dari Astakosala Volk ialah bait-bait sastra dari kakawin Jawa kuno sampai ke masyarakat Jawa. NoS berasal dari bahasa Portugis yang artinya “kita“. Group ini didirikan tahun 2012 oleh Ucok Hutabarat dengan mengusung konsep instrumental. Balada – Balada hadir kerap kali  menampilkan grup-grup balada, folk, dan sejenisnya yang membahas tak melulu soal asmara, sering juga mereka memainkan lagu-lagu bertema sosial-politik.

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home