Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 20:37 WIB | Jumat, 28 Juni 2019

Acara Akhir Pekan 29 – 30 Juni 2019

Festival Bakar Tongkang 2019 di Bagansiapi-api Riau. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan minggu di penghujung  bulan Juni ini,  masih dalam suasana libur sekolah , beberapa acara yang di gelar antara lain, pertunjukan musik dan tari Konser Cerita Neona oleh Neona, pertunjukan drama musikal Lutung Kasarung oleh Seni Budaya Khatulistiwa, festival kuliner, The 11th Gebyar Pernikahan Indonesia 2019, Halal Indonesia Expo 2019, Festival Belanja  Mommy N’ Me , Kids Playland “Let’s Bounce In Giant Inflatable, dan  festival  budaya Bakar Tongkang 2019 di Bagansiapi-api Riau.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

.Sabtu, 29 Juni 2019

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Musik dan Tari Konser Cerita Neona oleh Neona

Neona makin dikenal sebagai pelaku seni cilik yang memiliki banyak talenta, diantaranya tari modern, seni peran dan terutama tarik suara. Gayanya yang penuh spontanitas dan enerjik menjadi pesona tersendiri bagi mereka yang melihatnya. Di bulan Neona memasuki usianya yang ke-10 tahun, bersama dengan Galeri Indonesia Kaya, Neona ingin berada lebih dekat dengan pecinta musik Indonesia terutama penggemar cilik yang diberi nama Kawan Ney lewat pementasan bertajuk Cerita Neona.

Perpaduan rangkaian lagu, gerak tari dan cerita yang berkisah tentang asa dan rasa seorang anak pada hal-hal yang disukai dan disayanginya dalam hidup. Didukung oleh regu penari D'Neo, penampilan khusus oleh bintang tamu dan tentunya aksi panggung Neona, membuat pementasan Cerita Neona ini sayang untuk dilewatkan.

Anodya Shula Neona Ayu atau yang dikenal dengan Neona lahir di Jakarta pada tanggal 13 Juni 2009, adalah seorang penyanyi anak Indonesia. Neona merupakan putri ke-3 dari pasangan Nola Be3 dan Baldy serta juga merupakan adik dari Naura.

Di usianya yang kini menginjak 10 tahun, Neona sudah mengeluarkan 3 (tiga) single antara lain  berjudul : Aduh Neik, Ada Deh & Warbiasyak. Ke-3 single ini mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat. Terbukti, video klip Aduh Neik sudah dilihat lebih dari 14 juta kali.

Selain itu, Neona juga merupakan brand ambassador dari beberapa produk ternama di Indonesia, telah membintangi 2 (dua) film layar lebar, yaitu : Naura & Genk Juara dan Flight 555 dan juga perform diberbagai acara baik di TV maupun event off air.

Lantai GF – Baywalk Mall Pluit, Jakarta, Festival Makanan Vegetarian

Acara berlangung pada Sabtu (29/6) – Minggu (30/6)

Festival Makanan Vegetarian

Baywalk Mall Pluit bekerjasama dengan Sekolah Guang Ming Jakarta – GMEC dan Yayasan Guang Ji Indonesia .

Di meriahkan oleh Graduation, Pentas Seni, dan Pameran Edukasi dari Putra dan Putri Sekolah Guang Ming Jakarta – GMEC.

Info dan kontak: Telp: 021-2962-8000, Facebook: Baywalk Mall, Instagram & Twitter: @baywalkmall_jkt

Kartika Expo Center, Balai Kartini Jakarta, The 11th Gebyar Pernikahan Indonesia 2019

Acara berlangsung pada  Jumat (28/6) – Minggu (30/6)

Setelah sukses menggelar Gebyar Pernikahan Indonesia 10th edition di semester pertama tahun 2019, Parakrama Organizer kembali mempersembahkan sebuah pameran pernikahan tradisional terbesar di Indonesia, The 11th Gebyar Pernikahan Indonesia 2019 di Kartika Expo Center, Balai Kartini Jakarta pada tanggal 28-30 Juni 2019 mendatang.

Diikuti oleh hampir 200 vendor pernikahan khususnya vendor tradisional terbaik yang ada di Jakarta & sekitarnya, GPI 11 akan menjadi solusi bagi para calon pengantin yang ingin mencari pilihan serta penawaran terbaik dari vendor2 peserta yang mungkin tidak di dapatkan di pameran-pameran lainnya.

Didukung oleh sponsor & supporting lainnya, GPI 11 akan menghadirkan beragam acara, program-program menarik yang akan menambah wawasan calon pengantin untuk mempersiapkan hari pernikahan. Ditambah berbagai hadiah harian hingga sebuah grand prize Mobil Honda All New Brio dapat menjadi milik anda para pengunjung, calon pengantin yang menghadiri GPI 11.

Acara ini dengan bangga dipersembahkan oleh Parakrama Organizer.

Dalam rangka memeriahkan HUT kota Jakarta, Gebyar Pernikahan Indonesia edisi ke 11 mengangkat tema Pengantin Betawi.Sebagaimana daerah lain, suku Betawi memiliki tradisi unik dalam upacara pernikahan. Percampuran budaya dari beragam negara yang pernah singgah ke kota Jakarta seperti India, Tionghoa,Arab, Eropa dan Melayu sedikit banyak memengaruhi tradisi yang berkembang, termasuk upacara pernikahan. Dialog yang spontan, rileks dan terkesan ceplas-ceplos menjadi salah satu ciri khas yang bukan hanya menarik tapi juga penuh makna.

Dari gaya pakaian pengantin Betawi, ada tiga budaya asing yang melekat dalam prosesi pernikahan. Pengantin pria dipengaruhi budaya Arab. Sedangkan busana pengantin wanita dipengaruhi adat Tionghoa. Beberapa ornamen menunjukan unsur kebudayaan dari jaman kolonial Belanda.

Info dan kontak: Facebook: Gebyar Pernikahan Indonesia, Instagram: @gebyarpernikahanindonesia, Website: gebyarpernikahanindonesia.com

Exhibiton Hall B, JCC, Halal Indonesia Expo 2019

Acara berlangsung pada Kamis (27/6) – Minggu (30/6)

Harga tiket masuk gratis

Datang dan kunjungilah pameran terbesar produk halal Indonesia. Temukan lebih dari ribuan produk halal se-Indonesia

Event yang juga berlangsung: 17th GEBYAR WISATA & BUDAYA NUSANTARA 2019, 19th INDONESIA AGRO FOOD EXPO 2019

Hadiri juga kajian yang akan berlangsung! yang juga didukung oleh MUSLIM BIKE WEEK!

Jakarta Convention Center (JCC), Pukul 10.00-20.00 WIB, Festival Belanja  Mommy N’ Me

Acara berlangsung pada Jumat (28/6) – Minggu (30/6)

Harga Tiket Masuk : Gratis

Yuhuu momsss! Mau belanja untuk kebutuhan si kecil dan dapat diskon besar-besaran setelah libur lebaran? Yuk cusss mampir ke Mommy n’ Me tanggal 28-30 Juni 2019 di Jakarta Convention Center.

Jangan lupa sisain uang belanjaan akhir bulan buat belanja disini ya moms.. Karena kita ada program crazy attack lagi lohh, diskon hingga 80 persen di jam 10.00 – 12.00 WIB setiap harinyaa.

Bisa belanja dari pagi hingga malam, habis belanja bisa dapat hadiah pula moms, jangan lupa tukar kupon lucky draw dan bawa pulang hadiahnya yaa.. Seru kan?

Cek di @Imbex.rpe untuk info seputar brand- brand yang berpartisipasi serta promo-promo lainnya ya.

Save the date and see you there moms!

Info dan Kontak: Facebook: Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo, Instagram: @imbex.rpe, Website: maternitybaby-expo.co.id

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.00 WITA, Sinema CERITA PEREMPUAN PARUH BAYA

Acara berlangsung pada Sabtu (29/6) – Minggu (28/6) 

Sinema Bentara kali ini menghadirkan upaya-upaya sineas lintas bangsa, peraih berbagai penghargaan nasional dan internasional, menampilkan kisah-kisah perempuan paruh baya yang mengahadapi berbagai problematika, termasuk situasi ekonomi, sosial dan kultural yang tidak mudah. Bagaimana sosok Malena (2000) dalam film garapan sutradara Giuseppe Tornatore, perempuan berparas cantik yang hidup bersama ayahnya, ditinggal pergi berperang oleh suaminya. Ia mesti bertahan hidup di tengah gunjingan masyarakat mengenai pernikahannya, serta berupaya survive dengan melakoni pekerjaan yang mengundang cemooh dan hinaan.

Juga sosok Juliette, seorang perempuan paruh baya yang memiliki anak, tinggal di perumahan pinggiran Paris dalam film La Vie Domestique (2012) karya sutradara Isabelle Czajka. Semasa hidupnya, ia dimonopoli oleh tugas-tugas kecil sehari-hari dan pekerjaan rumah tangga. Suatu hari, ia memiliki janji pertemuan di Paris yang penting untuk karirnya, akankah ia bisa berdamai dengan pilihannya?

Di sisi lain, kita dapat menjumpai sosok perempuan paruh baya pada film India bertajuk Kahaani (2012) karya sutradara Sujoy Ghosh. Perempuan itu bernama Vidya Bagchi, tengah hamil besar; bekerja sebagai software engineer di London. Ia datang ke Kolkata untuk mencari suaminya yang hilang. Petualang Vidya yang penuh hambatan serta tantangan, mungkinkah akan membawanya pada kebahagiaan?

Sutradara Sammaria Simanjuntak dalam film Demi Ucok (2012), peraih Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Wanita Terbaik pada Festival Film Indonesia 2012 ini, berkisah tentang sosok Glo yang mendapati dilema antara kebebasan diri atau memenuhi mimpi Ibunya untuk memiliki pasangan hidup sesegera mungkin.

PLANET SAINS (Jalan Cikutra Barat, Pasir Reuma No. 84 Bandung),  Pukul 09.00-11.00 WIB, Liburan Anak Juni 2019 (Penemu Fisika)

Siapa yang ingin menjadi the next ALHAZEN Sang Penemu Kamera dan ALJAZARI Penemu Robotika Modern?

Mari bergabung bersama Planet Penemu  Calon Ilmuwan Fisika Indonesia. Belajar berbagai konsep fisika yang dikemas dengan eksperimen-eksperimen yang menarik, mudah, dan menyenangkan untuk si kecil

Apa saja kegiatan yang bakalan si kecil lakukan: Mengenal fisika dalam kehidupan sehari-hari, Movie Time: Transportasi Masa Depan, DIY: Electric Car, Workshop Sains: Baterai Buah, Sulap Fisika

Tautan lokasi: https://goo.gl/maps/CwdKBt1MhMK2

PESERTA usia 5-12 tahun

Biaya Program : Rp. 200.000/anak

Fasilitas yang didapatkan: Instruktur berpengalaman, Alat dan Bahan Kegiatan, Bawa pulang DIY electric car, Mencoba berbagai alat peraga IPTEK sederhana

Pendaftaran: http://bit.ly/daftarpenemufisika

Informasi lebih lanjut WA ke 089504242011 (Kak Nabila)

Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Bandung,  Big Bad Wolf Book Sale Bandung 2019

Acara berlangsung pada Jumat  (28/6) – Senin (8/7)

Harga tiket masuk: Gratis

Wolfies, siapkan dirimu untuk Bazar Buku Terbesar di Dunia!

Pertama kali di Bandung, Sarang Serigala dibuka! Yuk, temani aku bergembira di The Big Bad Wolf Book Sale Bandung 2019! Diskon mulai dari 60 persen  – 80 persen  + Penawaran Spesial dengan Kartu Kredit BCA. Jutaan buku bakalan digelar 24 Jam Non-Stop selama 11 hari + 2 hari Preview Sale Day istimewa

Yuk catat tanggalnya! Bazar berlangsung pada tanggal 28 Juni – 8 Juli 2019, di Indonesia Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan.

Jangan lupa like dan share kabar gembira ini, serta ikuti media sosial aku untuk info-info terbaru!

Oiya, yuk share buku impianmu di kolom komentar ya Wolfies!

Info dan kontak: Facebook: Big Bad Wolf Books, Twitter & Instagram: @bbwbooks_id, Website: bigbadwolfbooks.com/id

Minggu, 30 Juni 2019

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Drama Musikal Lutung Kasarung oleh Seni Budaya Khatulistiwa

Cerita Lutung Kasarung adalah,  sebuah pertunjukan drama teater ini dipandu oleh seorang pendongeng yang menceritakan cerita daerah (rakyat) dari Jawa Barat kepada cucunya. Pertunjukan dikemas dalam bentuk drama musikal yang mengandung unsur gerak tari, vokal dan teater dengan nuansa Jawa Barat. Mayoritas pemain adalah anak-anak, beberapa anak remaja dan tokoh pemain dewasa, diiringi musik live yang akan mengiringi dengan warna musik dari Jawa Barat.

Seni Budaya Khatulistiwa (SBK),  merupakan wadah para seniman seniwati muda yang memiliki rasa kecintaan yang besar terhadap seni dan budaya Indonesia,  serta kesamaan misi untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya Indonesia yang hidup di kota Jakarta.

CoHive D.Lab, Menteng, Jakarta,  Pukul 13.00 – 16.30, Millennials In Between “Being Prepared Is Better Than Being Late” – CoHive D.Lab,

Harga Tiket Masuk : Rp 100.000

Fasilitas   : Certificate, Snacks, Seminar Kit

Pada zaman millenium saat ini, pengelolaan keuangan bagi kaum muda terbilang sangat tidak bisa diandalkan. Kami tidak ingin semakin banyak kaum muda seperti kami lebih dalan tenggelam akan ketidaktahuan ini.

Ketidaktahuan apakah harus nabung atau tidak?

Ketidaktahuan apakah harus ngumpulin uang buat nikah atau mobil?

Ketidaktahuan apakah harus investasi atau tidak?

Ketidaktahuan apakah milih teman atau milih sahabat untuk dijadikan pacar?

Dan masih banyak lagi.

Kegalauan ini kami rumuskan dalam konsep “Millennials in Between”,  dimana nanti kami akan hadirkan sosok inspiratif dan professional untuk membantu Anda terbebas akan perangkap “diantara” tersebut terutama dalam meluruskan niat Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial selama hidup.

Konten Event : Talkshow, Dialog interaktif

Bersama : Andhika Diskartes (Chairman Ruphiah), Merdianti Octavia (Influencer)

Info dan Kontak: Hotline : 081284636619, Instagram : millennialsinbetween, CoHive D.LabJadwal Talkshow Jakarta

Forum MKG 3, Mal Kelapa Gading, Jakarta,  Pukul 10.00-21.00 WIB, Kids Playland “Let’s Bounce In Giant Inflatable!”

Acara berlangsung pada  Selasa (18/6) – Minggu (30/6)  

Harga Tiket Masuk (HTM):      Weekdays (Senin-Kamis) :

Rp 50.000,-/anak/jam Weekend (Jumat-Minggu) : Rp 70.000,-/anak /jam, Untuk pendamping : Rp 20.000,-/orang

Untuk mengisi liburan sekolah si kecil, yuk ajak bermain ke Kids Playland di Summarecon Mall Kelapa Gading.

Info dan Kontak: Facebook: Mal Kelapa Gading, Twitter & Instagram: @mkglapiazza, Website: malkelapagading.com

Bagansiapi-api, Riau, Festival Bakar Tongkang 2019 di Bagansiapi-api Riau

Acara berlangsung pada Jumat (28/6) – Minggu (30/6)

Di kota Bagansiapi-api, ibu kota Kabupaten Rokan Hilir di provinsi Riau, keputusan penting para migran Cina pertama yang meninggalkan tanah air mereka dan menetap di Riau di pulau Sumatra,  setiap tahun diperingati melalui festival yang disebut Bakar Tongkang, yang berarti Membakar Kapal (terakhir) tempat mereka berlayar.

Tahun ini, tradisi kuno yang unik ini akan kembali diadakan pada tanggal 28 hingga 30 Juni 2019. Dirayakan setiap tahun pada hari ke-16 bulan ke-5 menurut kalender Cina, tradisi yang juga dikenal sebagai Go Gek Cap Lak (dari kata Go berarti 5 dan Cap Lak yang berarti ke-16),  disorot dengan aksi simbolis membakar replika kapal tradisional Tiongkok sebagai puncak festival.

Festival Bakar Tongkang adalah,  acara tahunan terbesar di Kabupaten Rokan Hilir. Selama festival, ritual dan doa oleh para peserta di kuil utama mendahului, diikuti oleh prosesi budaya, berbagai atraksi oriental yang berbeda seperti Barongsai (Tarian Singa) diadakan, serta panggung hiburan yang disiapkan untuk para pemain yang berasal dari Medan, Singkawang (Kalimantan Barat) serta dari negara tetangga Malaysia, Taiwan, dan Singapura membawakan lagu-lagu Hokkien.

Di puncak festival, yang merupakan pembakaran replika kapal besar, kerumunan mengantisipasi dengan cemas di mana tiang utama akan jatuh. Warga setempat percaya bahwa arah di mana tiang utama jatuh apakah menghadap ke laut atau menghadap ke pedalaman) , akan menentukan nasib mereka di tahun mendatang. Jika tiang jatuh ke laut, mereka percaya bahwa keberuntungan sebagian besar akan datang dari laut, tetapi ketika jatuh di darat, maka keberuntungan untuk tahun itu sebagian besar akan datang dari darat.

Replika kapal dapat berukuran hingga 8,5 meter, lebar 1,7 meter dan berat hingga 400Kg. Kapal akan disimpan selama satu malam di Kuil Eng Hok King, diberkati, dan kemudian dibawa dalam prosesi melalui kota ke situs di mana ia akan dibakar. Prosesi Tongkang juga melibatkan atraksi Tan Ki di mana sejumlah orang menunjukkan kemampuan fisik mereka yang luar biasa dengan menusuk diri mereka dengan pisau atau tombak tajam namun tetap tidak terluka, agak mirip dengan tradisi Tatung di Singkawang di Kalimantan Barat. Sesampainya di lokasi, ribuan potongan kertas doa kuning akan melekat pada kapal membawa doa-doa dari orang-orang untuk leluhur mereka, sebelum kapal itu akhirnya dibakar.

Diyakini berasal pada tahun 1826, festival ini berakar dalam sejarah ketika para imigran Cina pertama kali menginjakkan kaki di daerah tersebut dan kemudian memberikan nama tersebut ke tanah yang sekarang dikenal sebagai Bagansiapi-api. Dipercayai bahwa leluhur Bagansiapi-api adalah orang Tang-lang keturunan Hokkien yang berasal dari Distrik Tong'an (Tang Ua) di Xiamen, Provinsi Fujian, di Cina Selatan yang meninggalkan tanah airnya dengan kapal yang memiliki pangkalan datar. yang digunakan untuk mengangkut pasir dan mineral yang ditambang dan kemudian dikenal sebagai 'tongkang'. Awalnya, ada 3 kapal tongkang dalam ekspedisi, namun hanya satu kapal yang mencapai pantai Sumatra. Dipimpin oleh Ang Mie Kui, kapal berhasil tiba di pantai Riau karena mengikuti lampu kunang-kunang yang berkedip-kedip yang secara lokal dikenal sebagai 'siapi-api'. Sesampainya di tanah tak berpenghuni yang terdiri dari rawa-rawa, hutan, dan padang rumput, mereka memutuskan untuk menetap di sini, akhirnya memberinya nama Bagansiapi-api atau "Tanah Kunang-kunang". Bersumpah untuk tidak pernah kembali ke tanah air mereka, para migran ini membakar tongkang dan dengan demikian menjadi nenek moyang kelompok etnis Cina di daerah tersebut.

Hall Lt. 2 Plaza Ambarrukmo Yogyakarta, Miniature Scale & Railway Expo 2019

Acara berlangsung pada Jumat (28/6) – Minggu (30/6)

Miniature Lovers jangan lupa datang dan ramaikan:  Miniature Scale & Railway Expo

Please come and join with us

Akan ada banyak acara menarik juga loh selama event  berlangsung

Info dan kontak: Telp: 081802750808, Instagram: @jogja.miniature

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home