Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:58 WIB | Jumat, 02 November 2018

Acara Akhir Pekan 3 – 4 November 2018

Ilustrasi. Festival Mahakam 2018 Kalimantan Timur (Foto: triptus.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara di Ibukota di antaranya pertunjukan tari, festival kuliner, KAI expo, festival blogger dan netizen Kompasianival 2018, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, pameran properti dan otomotif, pameran buah dan sayur Nusantara, dan Indonesia Diecast Expo 2018, meramaikan akhir pekan pada penggal awal November ini.

Tidak ketinggalan beberapa daerah menggelar festival budaya, yakni Festival Mahakam 2018 di Samarinda Kalimantan Timur dan Festival Rakyat Banda 2018 di Maluku

Berikut acara pilihan Redaksi Satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 3 November

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Yadnya Dewata oleh LKB Saraswati

Penampilan tiga genre seni meliputi seni wali (sakral), seni bebali (pelengkap upacara), dan balih-balihan (hiburan) selalu menyertai upakara persembahan ini. Pertunjukan ini menampilkan 2 tarian lepas tradisonal Bali sebagai tari pembuka, kemudian ditutup dengan sebuah garapan tari Yadnya Dewata, sebuah persembahan kepada Dewata (jagat raya).

LKB Saraswati didirikan pada tanggal 3 April 1968 di kantor Direktorat Pembinaan Kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nama Yayasan Kesenian Bali Saraswati. Pendirinya adalah komunitas kesenian Bali di Jakarta yang memiliki kepedulian terhadap kesenian Bali. LKB Saraswati mendapat kehormatan pergelaran pertama kali pada tanggal 10 November 1968 dalam forum peresmian pembukaan Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Sejak berdiri telah membuka beberapa kursus tari dan gamelan Bali. Hingga kini telah membina tidak kurang dari 4725 orang penari Bali dan lebih dari 1.500 kali mengadakan pergelaran baik di dalam maupun di luar negeri.  

Pluit Village Mall, Jakarta, Festival Mi dan Nasgor Nusantara

Acara berlangsung pada Jumat (2/11) – Minggu (4/11).

Apa saja yang ada di Festival Mi dan Nasgor Nusantara? Berikut daftarnya: Mie Koneng Cianjur, Nasgor Cianjur, Mie Selon Blora, Nasgor Kencur Blora, Mie Belitung Tjhai, Mie Titi Makassar, Nasgor Makassar, Mie Celor Palembang, Mie Gomak Medan, Nasgor Teri Medan, Bakmi Amoy Jakarta, Es KopDur JesJos, Mie Jawa, Nasgor Mawut, Mie Balap, Mie Kluntung Surabaya, Nasgor Surabaya, Mie Ongklok Wonosobo, Soto Mie Bogor, Nasgor Jambal, Pecel mie, Mie Cakalang, Nasgor Roa & Cakalang, Mie Aceh, Nasgor Aceh, Mie Kangkung, Mie Titee & Kopyok, Nasgor Babat Semarang, Dawet Semarang, Nasgor Kambing Tegal, Nasgor Kulit Pete, Nasgor Mangkokan Betawi, Mie Goreng Kekian, Nasgor Bali, Cwie Mie Malang, Bakso Boedjangan

ICE BSD CITY, Tangerang, Pukul 10.00-21.00 WIB, KAI Expo 2018 – ICE BSD CITY

Acara berlangsung pada Sabtu (3/11) – Minggu (4/11), harga tiket masuk Rp20.000.

Ada diskon tiket KA sampai 73 persen hanya di #KAIEXPO2018! Dan juga promo menarik:

Bandung – Surabaya mulai dari Rp150.000 an, Jakarta – Surabaya/Yogyakarta mulai dari 100.000 an, Yogyakarta – Malang/Surabaya mulai dari 100.000 an, Banyuwangi – Surabaya mulai dari 100 ribuan, Jakarta – Bandung mulai dari 50.000 an, Semarang – Jakarta/Surabaya mulai dari 50.000 an dan masih banyak lagi

Promo hanya berlaku pada periode keberangkatan mulai dari 5 November 2018 hingga 2 Februari 2019

Selain ada tiket promo, di #KAIEXPO2018 juga akan ada Coloring Competition, Cosplay Competition, Diorama Competition dan Railway Talkshow

Jl Madrasah, Pekayon, Pukul 08.00 sd 22.00 WIB, Kalisari – Jakarta Timur,  Bazaar Multiproduct 

Acara berlangsung pada Sabtu (3/11) – Minggu (4/11).

Kesuksesan mengadakan event Festival Budaya Betawi Kalisari, mendorong penyelenggara menghadirkan kembali Bazaar Multiproduct di Jl Madrasah, Pekayon, Kalisari – Jakarta Timur

Dalam pergelaran Pesona Pekayon Kalisari ini kami juga menyertakan acara dan lomba seru seperti: Lomba Menggambar & Mewarnai, Tari-tarian Betawi, Gambus, Pencak Silat, Makanan Khas Betawi, Bazaar Multiproduk

Dengan kualifikasi: Fashion Pria & Wanita, Property, Banking, Automotive, Home aplliances, Toys, Gadget, Baby Stuff, Cosmetic, Medicine, exterior, interior, Hand Craft, Foods, dll.

More Info : 0838.0690.1642 (Only WA), 0838.9911.3110 (HP)

METROTEN Meruya, Jl Meruya Selatan No 19, Kembangan, Jakarta Barat, Pukul 10.00 – selesai, Lomba Membuat Hiasan Magnet

Harga tiket masuk: Rp25.000 atau gratis pendaftaran setiap pembelanjaan Rp3.000.000 di METROTEN.

Lomba Membuat Hiasan Magnet

Anda sering membuat kerajinan tangan dan berminat untuk berlomba? METROTEN bersama TEKIRO mengadakan Lomba Membuat Hiasan Magnet .

Juara I: Ryu Drill 10mm Voucher Belanja Rp300.000 Souvenir dari METROTEN &Tekiro. Juara II: Voucher Belanja Rp200.000 Souvenir dari METROTEN & Tekiro. Juara III: Voucher Belanja Rp150.000 Souvenir dari METROTEN & Tekiro.

Info dan kontak: Morgan / Sri : 021-58907754 ext. 84 / 0815 8513 6410

Lippo Mall Kemang Jakarta, Festival Blogger dan Netizen Kompasianival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/11) – Sabtu (3/11).

Kompasianival, ajang kopi darat blogger dan netizen terbesar se-Indonesia, akan kembali hadir di tengah-tengah kita. Diselenggarakan pada 1-3 November 2018 di Lippo Mall Kemang, Kompasianival kali ini menghadirkan tema “8eyond Generation” yang mengajak masyarakat untuk tidak lagi mengkotak-kotakan diri dalam batasan generasi tertentu.

Rangkaian acara Kompasianival pun kali ini dibuat sedikit berbeda. Tidak hanya sesi talkshow bersama sederetan tokoh dan pakar di bidangnya, selama penyelenggaraan acara akan ada juga sesi-sesi workshop dimana kalian bisa terjun langsung berkarya mengasah keterampilan bersama.

Acara ini dibuka untuk umum dan gratis. Yang perlu kamu lakukan adalah cukup dengan mendaftar online saja di kompasianival.com. Periode pendaftaran peserta akan dibuka sampai tanggal 3 November 2018. Sementara untuk sesi workshop akan dibuka dengan sistem seleksi melalui kompetisi dan ada juga yang berbayar.

Daftarkan segera Kompasianival 2018, kunjungi kompasianival.com, kemudian klik menu/tombol “Daftar” yang ada di bagian atas dan tengah halaman website. Isi data yang ada di form pendaftaran peserta, klik “Jadi Peserta” Proses pendaftaran online telah selesai. Simpan email tersebut sebagai bukti kamu telah mendaftar online. 

Info dan kontak: Facebook: Kompasiana, Website: kompasianival.com

 SMESCO Exhibition Hall, Jakarta, Pukul 09.00-20.00 WIB, Pameran Halal INDHEX 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/11) – Sabtu (3/11), masuk gratis.

Untuk meningkatkan promosi dan edukasi ke masyarakat mengenai produk halal, sebagai salah satu lembaga sertifikasi halal yang diakui di dunia Internasional LPPOM MUI berinisiatif menggelar kegiatan sosialiasasi dan promosi halal melalui Pameran Indonesia Internasional Halal Expo (INDHEX) 2018 yang mengangkat tema “Meningkatkan Daya Saing Produk Indonesia Melalui Sertifikasi Halal”.

INDHEX 2018 diharapkan bisa menjadi ajang promosi dan peningkatan daya saing produk halal Indonesia, khususnya dalam menghadapi era perdagangan bebas. Melalui promosi dan sosialisasi ini diharapkan muncul loyalitas konsumen produk halal Indonesia yang dapat meningkatkan peran serta Indonesia dalam perdagangan produk halal di dunia Internasional.

Kami mengajak perusahaan bersertifikat halal, masyarakat serta pemangku kepentingan untuk ikut serta berpartisipasi dan mengunjungi pameran halal terbesar di Indonesia INDHEX 2018. Selain berbelanja dan melihat berbagai produk bersertifikat halal MUI, pengunjung bisa untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti games, talkshow, aneka lomba dan kegiatan acara lainnya. Setiap hari ada hadiah doorprize juga.

Info dan kontak: Facebook: Halal Indonesia, Twitter & Instagram: @halalindonesia, Website: halalmui.org.

ICE BSD City, Tangerang, Pameran Properti dan Automotif Drive Home Expo 2018

Acara berlangsung pada Jumat (2/11) – Minggu (4/11).

Siapkan diri Anda untuk menyambut Pameran Properti dan Automotif paling juara tahun ini, dapatkan promo menarik seperti DP 0 persen, cicilan uang muka, promo bebas biaya KPR, dan masih banyak lagi penawaran eksklusif lainnya. Bahkan, akan ada program khusus bagi pengunjung yang membeli properti dan mobil sekaligus.

Nikmati potongan harga spesial Grab bagi pengunjung Drive Home Expo 2018 dengan memasukkan kode GFBDriveHome.

Info dan kontak: Website 1: rumah.com, Website 2: mobil123.com

Senayan City, Jakarta, Jakarta Culinary Feastival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (1/11) – Minggu (4/11), masuk gratis.

Jakarta Culinary Feastival 2018 akan diadakan pada 1-4 November di Senayan City. Edisi kelima dari festival kuliner Ismaya Live akan memiliki 4 pilar utama festival yang rasa, menyesap, belajar, dan menyenangkan.

 Tahun ini, JCF juga menyelenggarakan kompetisi koki bekerja sama dengan Le Cordon Bleu, yang disebut The Chef Hunt 2018 di mana pemenang akan tampil live di festival.

Apa yang akan Anda temui?

-Fork Tent (di seberang Lobby Selatan Senayan City)

Terletak di seberang Lobby Selatan Senayan City, Fork Tent adalah rumah bagi semua hal pencuci mulut, kopi, dan pasar yang memamerkan bisnis, yang berkaitan dengan dunia kuliner termasuk pemasok makanan, sekolah kuliner, dan peralatan dapur, di antara banyak lainnya. Masterclass dan workshop gratis kami berlangsung di dalam Fork Tent, serta berbagai pesta lainnya.

 -Spoon Tent (Di seberang Panin Tower)

Di sisi lain Senayan City adalah Spoon Tent yang memiliki beberapa pilihan restoran terbaik dan Festival GO-FOOD yang terkenal yang menampilkan 20 mitra favorit GO-FOOD di kota. Kegiatan di dalam Spoon Tent meliputi pengalaman Chef's Table, talkshow, demo memasak, demo bar, penampilan musik, dan banyak lagi.

Bergabunglah bersama : Chef’s Table, The Chef Hunt 2018, Celebrity Chef Cooking Theatre, Coffee Workshop, Cooking Demo, Curated Food Market, Everybody Can Cook, Food Photography, Kids Cooking Class, Masterclass, Music Performances, Mystery Box Challenge, Talkshow, More Feastivity rolling out soon

Info dan kontak: Facebook: Jakarta Culinary Feastival, Instagram: @jakartaculinaryfeastival, Situs web: jakartaculinaryfeastival.com

Jakarta Convention Center (JCC), Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018

Acara berlangsung pada Rabu (31/10) – Minggu (4/11).

Harga tiket masuk: Rabu-Kamis: Rp20.000, Jumat-Minggu: Rp30.000.

Pameran otomotif dua tahunan, Indonesia Motorcycle Show (IMOS), selain jadi ajang untuk memamerkan produk-produk sepeda motor terbaru, IMOS 2018 memiliki kekhasan melalui berbagai acara menarik seperti Safety Riding Course, yang berisi penjelasan mengenai berkendara yang baik dan aman sebelum mengikuti kegiatan Test Ride.

Aktivitas menarik lain yang digelar di outdoor adalah Moto Meetup yaitu ajang kopdar komunitas pencinta motor dan acara komunitas lainnya, seperti Jamboride, Honda Community Gathering Road to Honda Bikers Day 2018, Vintage & Custom Bike Show, Sleep Engine Party, Helmet Custom Paint Show, All About Restoration, Vespa Fun Skill Contest, Dyna Battle Competition, dan Retro Club Lucky Draw.

Tidak hanya itu, masih ada lagi program menarik lainnya seperti Bazaar Promo Helm ‘NHK Predator 2V’ dengan harga spesial yang diselenggarakan pada 31 Oktober hingga 2 November 2018. Menutup program-program menarik tersebut, akan diselenggarakan juga talkshow yang membahas mengenai sepeda motor listrik. Talkshow ini melibatkan para pakar yang kompeten di bidangnya.

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Motorcycle Show, Twitter: @IMOS_ID, Website: indonesiamotorcycleshow.id

AEON Mall BSD City, Tangerang, Farm To Table – Pameran Buah dan Sayur Nusantara

Acara berlangsung pada Minggu (25/10) – Minggu (4/11).

Sahabat AEON Mall BSD, catat jadwal berbagai hiburan serta lomba dalam acara Farm of Table di Main Atrium, AEON Mall BSD City ajak keluarga dan teman kalian, jangan sampai ketinggalan ya. Selain buah dan sayur segar, Farm To Table akan ada:

Pojok Aneka Buah Langka, yang menjual berbagai buah yang sudah jarang ditemukan di pasaran seperti Durian Merah Kalimantan, Gandaria, Jamblang, Jambu Jamaica, Alkesa, Matoa dan lain-lain, Pojok Aneka Bunga & Tanaman, Pojok Organik, Pojok Microgreen

Ayo dukung produk serta petani lokal bersama AEON Mall BSD City.

Info dan kontak: Twitter: @AEONMallBSDCity

Teras Berlian, Blok M Square, Jakarta, Festival Kuliner Zone Dessert: All About Sweet 2018

Acara berlangsung pada Senin (26/10) – Minggu (4/11).

Zone Dessert: All About Sweet 2018

Buat kalian sweetlovers, jangan sampai lewatkan event yang seru di akhir tahun ini.

All About Sweet hadir di Blok M Square, kalian akan disuguhi berbagai macam jenis cemilan makanan dan minuman yang unik dan menarik yang akan terbagi dalam 4 zona area sweet.. Penasaran?

Info dan kontak:  Telp: 72780271, Facebook: Blok M Square, Twitter & Instagram: @blokmsquare

East Atrium & Loft Deluxe, Living World Alam Sutera, Serpong, Tangerang, Living World Fish Festival 2018

Acara berlangsung pada Senin (26/10) – Minggu (4/11).

Living World Fish Festival kembali, penuh kegiatan yang menyenangkan untuk semua keluarga Datang dan lihat Ikan air tawar dan ikan laut, bergabunglah dengan kegiatan dan banyak lagi semuanya

Bergabunglah dengan anggota Live Card kami sekarang & nikmati hak istimewa Anda.

Info dan kontak: Facebook: Living World,Alam Sutera, Twitter: @thelivingworld, Instagram: @livingworld_alamsutera

Taman Krida Budaya, Malang, Ngalam Batik Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (29/10) – Minggu (4/11).

3Koneksi proudly present “Ngalam Batik Festival 2018” Dalam rangka memperingati hari batik . Akan dimeriahkan oleh puluhan perajin batik, aksesoris etnik, dan berbagai stand kuliner.

Daftar acara: Pameran Batik, Inovasi Produk Batik, Talkshow Membatik, Pagelaran Seni Budaya, Live Musik, Aneka Lomba Bertemakan Batik, Kuliner, Doorprize Belanja

Info dan kontak: Telp: 081259667595

Kampung Mataraman Jogjakarta, HOTROD Weekend Party 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (3/11) – Minggu (4/11).

“Garis merah” kalender kamu di tanggal 3-4 November 2018 karena HOTROD Weekend Party 2018, akan hadir lagi, kali ini lokasi berada di Kampung Mataraman Ring Road Selatan. Kita memilih lokasi tersebut untuk menambah kesan mobil yang erat dengan modification Traditional Hotrod.

Manjakan mata Anda melihat lalu lalang mobil Amerika yang memamerkan kustom-annya, gratisss untuk semua umur dan golongan. Bawa uang yang banyak buat belanja dan menikmati hidangan di stand lapak yang tersedia di lokasi area event. Tak ketinggalan juga teman-teman dari motor pabrikan Amerika dan sepeda lowrider ikut berpartisipasi dalam perhelatan acara yang disingkat dengan sebutan HWP2018 ini.

Daftar kegiatan: American hotrod kustom show, American motorcycle, Rockabilly, Hotrod convoy, Junkyard, Clothing, Diecast, Food truck, Pinup, Band, Photo contest, Lowrider bike, Pinstriping, Dunk Tank

Info dan kontak: Telp: 081325493801 (Ayu), Instagram: @hotrodweekendparty

ICE – BSD City, Hall 8, Tangerang, Pukul 10.00-21.00 WIB, Indonesia Diecast Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (3/11) – Minggu (4/11), tiket masuk Rp50.000.

Saksikan dan hadirilah pameran miniatur mainan terbesar dan termurah di Indonesia!

Info dan kontak: Isntagram: @indonesiadiecastexpo

Minggu, 4 November

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 1500 WIB, Tari PAGUNO oleh Sanggar Seni Sikambang Manih

Karya tari ini menampilkan berbagi kegiatan budaya dan cerita yang ada di Minangkabau Sumatera Barat. Karya tari yang berbentuk sketsa ini mengupayakan menghadirkan gambaran aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat Minangkabau pada dahulunya.

Surau, bagi masyarakat Minangkabau, tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah atau salat, juga menjadi tempat kegiatan yang edukatif bagi para remaja putra khususnya di malam hari, seni bela diri atau pencak silat dan aktivitas lainnya.

Padusi, mengungkap tokoh perempuan Sabai nan Aluih yang berkepribadian dan perempuan Minangkabau yang lembut namun tegas, bijaksana dan bertindak di atas kebenaran. Dua ide pokok di atas menjadi landasan pengkarya dalam menggarap sebuah karya tari yang menitikberatkan kepada peran fungsi laki-laki dan perempuan di Minangkabau.

Sanggar Seni Sikambang Manih Kota Padangpanjang-Sumatera Barat didirikan tanggal 15 Februari 2004 di Padangpanjang. Sanggar ini dipelopori oleh Susasrita Loravianti MSn dan Emri MSn. Visi Sanggar Seni Sikambang Manih terus berupaya untuk menggali potensi dan mengembangkan talenta diri di bidang seni budaya, khususnya tari dan musik.

Bentara Budaya Bali, Pukul 14.00 WITA, Still Photography bersama Sofyan Syamsul

Kelas Kreatif Bentara kali ini akan mengetengahkan lokakarya tentang Still Photography selaras program pameran fotografi "Melihat yang Tidak Terlihat (Dalam Film Sekala Niskala)" karya Sofyan Syamsul. Sebagai fotografer profesional, Sofyan Syamsul telah terlibat sebagai still photographer dalam berbagai film, di antaranya Memburu Harimau, Sepatu Baru, Ada Apa Dengan Cinta2, Athirah, Kulari ke Pantai, dan The Seen and Unseen.

Ia akan berbagi pengalaman dan pemahaman mengenai proses kreatifnya sebagai seorang still photographer, berikut apa itu still photogaphy serta peranannya sebagai salah satu “catatan di balik layar“ atau behind the scence dari proses pembuatan sebuah film. Apakah still photography hanya sebatas mengabadikan potongan-potongan adegan dalam film, ataukah juga kuasa menghadirkan sisi estetik dan kedalaman pesan di sebalik tiap adegan?

Sofyan Syamsul lahir di Makassar, 30 Januari 1988, menyelesaikan studi S1 jurnalistik di Makassar. Sofyan merupakan seorang fotografer profesional dan aktif dalam perfilman baik berskala komunitas maupun industri di Indonesia.

Samarinda, Kalimantan Timur, Festival Mahakam 2018

Acara berlangsung pada Jumat (2/11) – Minggu (4/11).

Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Kota Samarinda kembali menggelar Festival Mahakam 2018. Acara kali ini merupakan acara yang ke-18 kali digelar sejak pertama kali pada tahun 1999.

Festival Mahakam merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Samarinda dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata dengan maksud untuk mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda, sehingga diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Festival Mahakam 2018 akan diisi dengan perlombaan yang seru seperti lomba menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu tambangan, power boating, perahu dompeng, lomba balap perahu naga, dan jet ski. Sementara untuk semakin menghibur acara ini, di sepanjang tepi  Sungai Mahakam akan digelar pergelaran musik dan kearifan lokal masyarakat setempat seperti festival band, lomba kirab drumband, pentas musik dangdut, pawai budaya, pameran UKM, pameran batu mulia dan kuliner.

Selain itu, akan ada Mahakam Sampe Music Festival, yang menampilkan performa berbagai macam aliran musik dengan menggunakan alat musik tradisional Suku Dayak, yang bernama Sampe atau Sape. Musisi-musisi yang terlibat dalam festival musik ini berasal dari wilayah Kalimantan. Selain musik, Anda juga bisa menikmati kegiatan lainnya seperti lomba tari kreasi daerah pedalaman, Parade Seribu Penari Hudoq yaitu tari tradisional Suku Dayak, Seni Budaya Tajong Samarinda, Mahakam Sunset Gowes, dan masih banyak lagi yang lain.

Banda Neira, Maluku, Festival Rakyat Banda 2018

Acara berlangsung pada Minggu (4/11) – Minggu (11/11).

Festival Rakyat Banda 2018, diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku. Festival ini telah menjadi acara tahunan sebagai bagian dari upaya untuk mengekspos Kepulauan Banda Maluku yang indah ke seluruh dunia.

Pesta ini akan menampilkan banyak atraksi, seperti pertunjukan tarian, musik dan teater, pameran kerajinan tangan, lomba perahu belang tradisional, pameran kuliner dan dialog sejarah.

Pulau Run, salah satu pulau terkecil di Kepulauan Banda, dikenal dengan produksi pala di masa lalu. Pada tahun 1667, Belanda dan Inggris menandatangani Perjanjian Breda, di mana Belanda setuju untuk menukar Manhattan ke Pulau Run.

Untuk Festival Rakyat Banda 2018, investor dari berbagai negara, termasuk China, akan diajak tinggal di Banda, kata gubernur tersebut, menambahkan bahwa provinsi tersebut menyambut baik investasi untuk mengembangkan infrastruktur dan resor di daerah tersebut. Festival ini diharapkan bisa menarik setidaknya 1.500 wisatawan domestik dan mancanegara.

Kepulauan Banda juga terkenal dengan tempat diving dan snorkeling-nya, berkat air yang jernih, kehidupan laut yang melimpah dan terumbu karang yang indah.

Bentara Budaya Yogyakarta, Plein Air Painting Exhibition

Acara pameran berlangsung Minggu (4/11) – Sabtu (10/11).  

On The Way merupakan, pameran lukisan plein air yang diselenggarakan oleh kelompok plein air painting Arbi Putra, Adi Ardiyansyah, Ramadhyan Putri Pertiwi dan Bagus Sadewa. Kegiatan plein air telah dilakukan rutin selama dua tahun yang dilakukan baik secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri.

Pameran On The Way merupakan pameran kedua, setelah pameran sebelumnya diadakan pada September 2017. Pada pameran kali ini tim plein air juga mengundang Bayu Adi Pujo Asmoro untuk ikut serta bersama-sama meramaikan pameran dengan karya-karya on the spot nya. Pameran ini ditulis oleh Laksmi Shitaresmi dan Santos.

Plein Air Painting berarti melukis di luar studio, secara langsung (on the spot)  menghadap objek (Landscape) yang akan dilukis. Plein air painting menambah kepekaan dalam melihat warna-warna, cahaya serta komposisi. Banyak ilmu yang bisa didapatkan seperti bagaimana melukis cepat pada sore hari sebelum langit menjadi gelap serta bagaimana teknik yang tepat dalam melukis keramaian. 

 

Editor : Sotyati

Back to Home